Fungsi Zat Besi

Apa Fungsi dan Manfaat Zat Besi?

Diposting pada

Apa Fungsi dan Manfaat Zat Besi? – Tidak dapat dipungkiri bahwa zat besi memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seseorang serta menjaga kesehatan tubuh. Peran tersebut tidak lepas dari fungsi zat besi itu sendiri dalam tubuh manusia yang seharusnya mendukung metabolisme protein, produksi hemoglobin dan sel darah merah. Manfaat lain dari zat besi adalah meningkatkan daya tahan tubuh, membuatnya kuat melawan infeksi. Sebaliknya, kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan penyakit seperti anemia defisiensi besi, anemia kronis, dan gangguan perkembangan.

Fungsi Zat Besi di Dalam Tubuh

Ada beberapa fungsi zat besi, dan semuanya penting untuk tubuh agar selalu dalam keadaan sehat. Fungsi tersebut terdiri dari:


  • Memproduksi Hemoglobin

Zat besi berperan dalam produksi hemoglobin. Ini karena zat besi dapat memberi sel darah merah warna merah tua. Dengan cara ini, produksi hemoglobin akan terus meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin sendiri dapat terpenuhi.


  • Menyalurkan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Setiap organ di dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk bekerja dengan baik. Nah, disinilah zat besi digunakan untuk membawa dan mendistribusikan oksigen antar sel, memastikan seluruh organ di dalam tubuh sudah mendapat oksigen sehingga bisa bekerja secara maksimal.


  • Mengatur Suhu Tubuh

Zat besi juga mengatur suhu tubuh kita. Jika kandungan zat besi dalam tubuh tercukupi, otomatis tubuh dapat menjaga suhu tubuh dengan baik.


  • Membentuk Enzim Tubuh

Enzim dan sejumlah bahan lain seperti sitokrom, mioglobin, dan katalase sangat penting bagi tubuh. Besi menghasilkan enzim dan bahan-bahan ini. Oleh karena itu, jangan sampai tubuh menjadi kekurangan zat besi agar produksi enzim tetap berjalan normal.


Manfaat Zat Besi

Sekarang setelah Anda mengetahui cara kerja zat besi secara umum, sekarang saatnya untuk mencari tahu apa manfaat zat besi ini bagi tubuh. Dengan begini, Anda akan semakin paham akan pentingnya selalu memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.


  • Menjaga Fungsi Organ Tubuh

Manfaat utama zat besi bagi kesehatan, tentu saja, adalah agar semua organ tubuh berfungsi dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, zat besi merupakan penyalur oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh. Ketika kadar zat besi dalam tubuh tercukupi, otomatis suplai oksigen berjalan lancar dan organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.


  • Meningkatkan Sistem Imun

Penting juga untuk menjaga sistem imun, atau sistem imun, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Bagaimana Anda bisa memperkuat sistem kekebalan? Salah satunya, tentu saja, adalah memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan zat besi karena berdampak sangat signifikan pada sistem kekebalan, baik atau buruk.


  • Menjaga Fungsi Otot dan Otak

Zat besi merupakan salah satu zat dalam jaringan otot. Manfaat zat besi adalah untuk membantu suplai oksigen yang berguna selama proses kontraksi otot.

Dari segi fungsi otak, manfaat zat besi adalah otak selalu mendapat suplai oksigen darah yang baik untuk perkembangan otak itu sendiri. Diketahui bahwa otak membutuhkan setidaknya 20% oksigen darah agar berfungsi normal.


  • Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh

Salah satu fungsi zat besi adalah membantu pembentukan enzim. Hal ini secara tidak langsung mengarah pada manfaat zat besi dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh.


  • Mencegah Anemia atau Kurang Darah

Apakah Anda sering merasa pusing dan mudah lelah? Waspada karena ini mungkin menunjukkan bahwa tubuh tidak memiliki kadar darah yang memadai.

Anemia atau anemia sering terjadi pada banyak orang. Masalah kesehatan ini terutama disebabkan oleh tubuh yang rendah zat besi. Karena itu, segera pulihkan kondisi darah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.


  • Menjaga Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

Selama hamil, tentunya para ibu menggunakan tenaga ekstra. Oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, karena zat besi memiliki manfaat untuk menjaga kadar darah pada tingkat normal.


  • Membantu Tumbuh Kembang Janin

Pasokan oksigen ke janin sangat penting untuk tumbuh kembang lambung. Nah, bagi Anda para ibu hamil sebaiknya selalu mencukupi kebutuhan zat besi untuk buah hati, karena manfaat mineral ini adalah untuk membantu perkembangan janin, termasuk perkembangan organnya.


  • Mengoptimalkan Sintesis Neurotransmitter

Manfaat zat besi juga berkaitan dengan pembentukan senyawa kimia yang memproses dan mengirim sinyal saraf, atau yang dikenal sebagai neurotransmitter. Neurotransmitter terdiri dari sejumlah zat seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin, yang penting bagi tubuh untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan sistem saraf agar berfungsi dengan baik.


  • Meningkatkan Kecerdasan

Apakah Anda merasa kurang responsif saat berpikir? Jika iya, jangan panik karena kekurangan zat besi mungkin saja terjadi pada Anda. Di sinilah zat besi penting karena zat besi ternyata berguna untuk meningkatkan kecerdasan, lho! Hal ini terkait erat dengan peran zat besi dalam menyuplai oksigen ke otak agar otak dapat berfungsi secara maksimal.


Jumlah kebutuhan zat besi per orang

Kebutuhan zat besi harian setiap orang dapat bervariasi berdasarkan jenis kelamin, usia dan kondisi tubuh. Berikut penjelasan lebih detail tentang jumlah zat besi yang dibutuhkan pada setiap kelompok.


  • Bayi

  1. Usia 0-6 bulan: 0,27 mg
  2. Usia 7-12 bulan: 11 mg

  • Anak – Anak

  1. Usia 1-3 tahun: 7 mg
  2. Usia 4-8 tahun: 10 mg

  • Laki-laki

  1. Usia 9-13 tahun: 8 mg
  2. Usia 14-18 tahun: 11 mg
  3. Dari 19 tahun: 8 mg

  • Wanita

  1. Usia 9-13 tahun: 8 mg.
  2. Usia 14-18 tahun: 15 mg.
  3. Usia 19-50 tahun: 18 mg.
  4. Usia di atas 51 tahun: 8 mg.
  5. Selama kehamilan: 27 mg.
  6. Saat menyusui 14-18 tahun: 10 mg..
  7. Saat menyusui mulai usia 19 tahun: 9 mg.

Selain itu, kebutuhan zat besi Anda juga akan meningkat jika mengalami kondisi berikut:

  • Gagal ginjal dan didialisis secara rutin.
  • Gangguan pencernaan yang memungkinkan tubuh menyerap zat besi secara optimal, seperti penyakit celiac, penyakit kronik, dan kolitis ulserativa.
  • Terlalu banyak antasida.
  • Baru-baru ini menjalani operasi untuk menurunkan berat badan seperti operasi bariatrik.
  • Dulu berlatih terlalu keras.

Dampak Kekurangan Zat Besi

Ketika Anda melihat betapa pentingnya zat besi bagi tubuh, maka dapat dilihat bahwa kekurangan zat besi membuat tubuh rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan, seperti:


  • Anemia

Tubuh membutuhkan sel darah merah untuk mendapatkan oksigen. Sedangkan hemoglobin yang mengandung zat besi digunakan untuk membuat sel darah merah. Kekurangan zat besi secara otomatis menyebabkan penurunan suplai oksigen, sehingga tubuh dapat mengalami anemia defisiensi besi.


  • Tubuh Jadi Mudah Lelah

Kekurangan oksigen dalam tubuh akibat jumlah sel darah merah yang rendah juga berpengaruh pada kelelahan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kadar zat besi yang cukup agar produksi sel darah merah dapat berjalan normal.


  • Kerontokan Rambut

Benar sekali. Kekurangan zat besi juga dianggap sebagai penyebab masalah rambut rontok. Jika Anda tidak mengalami rambut rontok atau ingin mengatasi kerontokan rambut, makan lebih banyak makanan yang mengandung zat besi, ya!


  • Mengganggu Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan zat besinya agar bayi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal di dalam kandungan. Kekurangan zat besi dapat memicu sejumlah masalah kesehatan bagi bayi, seperti: B. Kelahiran prematur, yang meningkatkan risiko kematian bayi tersebut!


  • Serangan Jantung

Seorang ahli jantung yang juga dosen senior di Fakultas Kedokteran Universitas California di Ezra A. Amsterdam menemukan bahwa ketika anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, jantung berdetak lebih cepat. Hal ini dikarenakan jantung tidak memiliki suplai oksigen yang cukup karena kekurangan sel darah merah dan oleh karena itu perlu kerja ekstra untuk memompa darah.

Jika ini terus berlanjut, yang terjadi selanjutnya adalah jantung terus membesar dan berpotensi menyebabkan gagal jantung.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi dan Manfaat Zat Besi? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: