Pengertian Jurnal: Fungsi, Manfaat, Contoh, Prinsip Pembuatannya

Diposting pada

Pengertian Jurnal: Fungsi, Manfaat, Contoh, Prinsip Pembuatannya – Jurnal merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melakukan pencatatan untuk semua jenis bukti transaksi keuangan yang muncul karena adanya berbagai transaksi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu, akuntansi perusahaan jasa yang biasa menggunakan jurnal itu, karena sesuai prinsipnya semua transaksi dalam perusahaan jasa dapat dicatat secara kronologis, sedangkan pada akuntansi perusahaan dagang lebih efektif menggunakan jurnal khusus.

Pembuatan jurnal umum atau disebut juga penjurnalan mempunyai tujuan diantaranya untuk melakukan identifikasi, melakukan penilaian,dan melakukan pencatatan dampak ekonomi dari sebuah transaksi atau beberapa transaksi dalam perusahaan, kemudian pencatatan ini juga bertujuan untuk mempermudah proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun sesuai transaksi.


Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Pengertian Jurnal Fungsi, Manfaat, Contoh, Prinsip Pembuatannya

Dalam membuat jurnal umum, ada beberapa prinsip dasar yang perlu kalian perhatikan yaitu:

  • Melakukan identifikasi atas bukti transaksi keuangan yang dikerjakan perusahaan, contoh dari bukti transaksi antara lain faktur, kuitansi, nota, memo dan sebagainya.
  • Menentukan akun apa saja yang terpengaruh dengan transaksi yang terjadi dan menggolongkannya kedalan jenis harta, utang ataupun modal.
  • Menetapkan pengurangan atau penambahan terhadap akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan.
  • Menetapkan untuk mendebit atau mengkredit akun yang terkait dengan transaksi yang terjadi, sebelumnya kalian harus sudah menguasai cara menentukan debit-kredit dalam suatu akun.
  • Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum yang sesuai dengan bukti transaksi yang dilakukannya.

Fungsi Jurnal Umum dalam Akuntansi

Jurnal umum dalam siklus akuntansi mempunyai lima fungsi penting untuk sebuah perusahaan jasa, adapun kelima fungsi tersebut adalah:

  1. Fungsi Historis

Setiap transaksi dilakukan secara kronologis, berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi, jurnal menggambarkan kegiatan perusahaan secara berurutan dan terus menerus setiap harinya.


  1. Fungsi Mencatat

Jurnal umum harus mencatat setiap transaksi yang terjadi didalam perusahaan, jangan sampai ada yang terlewat, tiap perubahan modal, biaya, kekayaan dan pendapatan mesti dicatat terlebih dahulu ke dalam jurnal umum, agar pembuatan keuangan perusahaan bisa lengkap.


  1. Fungsi Analisis

Menunjukkan bahwa pencatatan jurnal adalah hasil dari analisa yang berupa debit dan kredit akun yang mengenai jumlah atau nominalnya, analisis ini menyangkut pembagian nama akun, pencatatan dalam debit maupun kredit beserta jumlahnya.


  1. Fungsi Instruktif

Jurnal umum memiliki fungsi memberikan perintah atau petunjuk dalam proses memasukkan data ke buku besar.

Perintah debit dan kredit akun yang terkait sesuai dengan catatan di jurnal, pencatatan di jurnal umum bukan sebatas dokumen transaksi dalam perusahaan tetapi bersifat instruksi.


  1. Fungsi Informatif

Jurnal umum memberikan informasi mengenai transaksi yang terjadi untuk secepatnya dilakukan pencatatan berdasarkan keterangan yang ada.


Manfaat Jurnal Umum

Diantara manfaat dilakukannya jurnal:

  • Mengetahui akan timbul pertambahan atau pengurangan suatu perkiraan.
  • Mengetahui jumlah yang akan dicatat di satu atau lebih perkiraan.
  • Mengetahui jumlah yang di debit atau di kredit bahwa harus seimbang.
  • Dibuat tanda (referensi) supaya dapat diketahui suatu jumlah telah di posting ke perkiraan yang tepat di buku besar sesuai perkiraannya.
  • Dibuat referensi (tanda) agar diketahui suatu jumlah telah dilakukan posting ke perkiraan yang tepat di buku besar, sesuai nomor perkiraannya.

Contoh Jurnal Umum Singkat

PT angin Ribut melakukan transaksi di bulan desember 2030, antara lain:

  • Tanggal 1: Pembelian peralatan kantor tunai sebesar Rp. 3.500.000
  • Tanggal 3: Pembayaran sewa gedung tunai sebesar Rp. 250.000

Saat ini, membuat jurnal umum dapat dilakukan melalui software akuntansi, dengan software akuntansi, kalian tak perlu repot lagi menyusun jurnal umum secara manual, jurnal merupakan software akuntansi online dengan berbagai fitur unggulan, dalam software akuntansi online Jurnal, kalian dapat membuat jurnal umum dengan mudah, cepat dan terperinci, selain itu, software ini juga dapat menyajikan data secara realtime sehingga kalian dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Jurnal: Fungsi, Manfaat, Contoh, Prinsip Pembuatannya, semoga kaalian dapat memahami dan mengerti.

Baca juga artikel tentang: