Pengertian Maketing Mix 7P, Contoh Serta Cara Menggunakannya

Diposting pada

Pengertian Maketing Mix, Contoh Serta Cara Menggunakannya – Sebuah usaha sudah menginginkan semua produknya terjual sesuai dengan target yang direncanakan. Baik itu rencana jangka pendek, mengenah ataupun rencana jangka panjang. Perusahaan harus mempertimbangkan banyak faktor untuk mencapai tujuan tersebut agar tercapai sesuai rencana.

Meskipun tidak semua aspek berlaku didunia nyata, akan tetapi teori yang ada bisa dikatakan mewakili berbagi faktor yang mempengaruhi stretegi pemasaran suatu usaha. Sebelumnya kami telah membahas tentang pegertian 4P dalam makalh kami dan sekarang kami akan membahas apa itu 7P, berikut penjelasannya.


Pengertian Maketing Mix 7P Menurut Kotler dan Keller

Pengertian Maketing Mix 7P, Contoh Serta Cara Menggunakannya

  • Product (produk)

 Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan konsumen. Produk dapat berwujud sub bagian yang menjelaskan dua jenis misalnya barang dan jasa yang ditujukan kepada sasaran pasar.


  • Price (harga)

Harga adalah sejumlah uang yang mempunyai nilai tukar untuk memperoleh keuntungan dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa.

Harga merupakan kumpulan yang bersifat fleksibel yang mana suatu harga bisa stabil dalam waktu tertentu tetapi dalam seketika harga dapat meningkat atau menurun yang terdapat pada pendapatan dari hasil penjualan.


  • Place (tempat)

Tempat memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu perusahaan guna memastikan produknya. Tempat merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia pada konsumen sasaran. Hal ini dikarenakan tujuan dari tempat adalah menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen pada waktu dan tempat yang tepat.


  • Promotion (promosi)

Promosi iyalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya kepada pasar sasaran. Promosi dilakukan dengan menggunakan alat-alat promosi yang ada sebagai cara untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa.


  • People (orang)

 “Proses seleksi, pelatihan, dan pemotivasian karyawan yang nantinya dapat digunakan sebagai pembedaan perusahaan dalam memenuhi kepuasan pelanggan”.


  • Physical evidence (bukti fisik)

 “Bukti yang dimiliki oleh penyedia jasa yang ditujukan kepada konsumen sebagai usulan nilai tambah konsumen. Bukti fisik merupakan wujud nyata yang ditawarkan kepada pelanggan ataupun calon pelanggan”.


  • Process (proses)

 “Semua prosedur aktual, mekanisme dan aliran aktivitas dengan mana jasa disampaikan yang merupakan sistem penyajian atas operasi jasa”.


Contoh Bauran Marketing Mix 7P

Product (Produk)

Produk menjadi wujud dari barang atau jasa yang dikelola sedemikian rupa oleh perusahaan produsen untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat luas dalam bidang-bidang tertentu. Barang atau jasa yang ditawarkan tersebut tidak hanya sekedar produknya saja, melainkan kualitas dari pelayanannya juga. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat produk antara lain: desain produk, kualitas produk, kemasan dan label produk, merek produk, layanan yang diberikan, garansi, dan lain-lain.

Unsur yang harus dilakukan seperti perencanaan jasa yang sesuai, pengembangan terhadap program jasa yang baru atau yang lama agar lebih baik, serta pengambilan tindakan terhadap produk agar lebih mudah dikenal konsumen. Produk yang dihasilkan harus mempunyai kualitas serta keunikan agar bisa meningkatkan daya saing produk di pasaran. Konsumen akan lebih tertarik apabila terdapat produk yang bisa bermanfaat bagi mereka dengan kualitas dan harga terjangkau.


Contoh Strategi Pemasaran Pada Produk

Produk harus benar-benar diperhatikan kualitasnya. Jika Anda sebagai produsen smartphone, tentu berikan pelayanan yang terbaik juga untuk para konsumen seperti membuat service center mudah dijangkau. Ambil contoh produk Samsung yang menciptakan produk terbaik dan terbukti mereka merajai pasar ponsel dunia.


Price (Harga)

Harga juga menjadi salah satu teknik pemasaran dengan menekankan permainan harga. Permainan harga ini bisa membuat calon konsumen mendapatkan persepsi bahwa harga tersebut setara dengan manfaat yang didapatkan. Perusahaan akan menetapkan harga dengan penuh pertimbangan karena akan mempengaruhi pendapatan total dan biaya yang dikeluarkan. Harga menjadi faktor utama penentu posisi yang harus diputuskan sesuai dengan sasaran dari pasar, produk, serta pelayanan.

Dengan sistem manajemen harga yang dinilai tepat dengan kondisi pasar, maka bisa mengatur strategi tentang harga. Hal tersebut bisa meliputi potongan harga atau diskon, biaya ongkos kirim, ongkos produksi, atau sangkutan lainnya yang berkaitan dengan harga. Jadi, Anda perlu fokus terhadap bagaimana cara bisa membuat calon konsumen merasa ketika mereka mengeluarkan uang untuk membeli produk tawaran kita akan sesuai dengan apa yang didapatkan. Hal ini akan membuat kedua belah pihak merasakan manfaatnya masing-masing dan tidak ada istilah “ada yang dirugikan”.


Contoh Strategi Marketing Mix Untuk Price

Besarnya harga di tempat satu dengan tempat yang lainnya biasanya berbeda. Hal ini bisa disebabkan karena pengaruh dari proses pendistribusian produk, ada biaya tambahan lain, transportasi, kurir, dan pengaruh lainnya. Contohnya ketika membeli handphone di India dan di Indonesia memiliki harga yang berbeda walaupun produknya sama.


Place (Tempat)

Strategi marketing mix yang ke 3 yaitu place. Jangkauan dari lokasi usaha menjadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Perlu adanya konsep matang untuk menentukan tempat mana saja supaya strategis dan memiliki peluang akses publik yang meluas. Penempatan lokasi ini bisa berarti secara online maupun secara offline agar mudah dijangkau oleh calon konsumen. Pilihan tempat ini juga menentukan berhasil atau tidaknya strategi marketing yang Anda jalankan karena hal ini menjadi salah satu hal krusial dalam marketing.

Place atau tempat bisa disebut juga dengan distribusi bisnis. Dimana hal ini menjadi tempat meletakkan bisnis yang strategis dalam mengembangkan bisnis dan bisa berkaitan juga dengan penentuan dari harga barang. Semakin jauh tempatnya, maka akan semakin mahal juga marangnya. Jadi, Anda harus bisa mengefisiensikan segala sesuatu untuk mencakup pasar yang akan dimasuki. Anda juga bisa memikirkan pilihan sistem distribusi jika diperlukan seperti pengiriman yang terbaik.


Contoh Strategi Pemasaran Place

Tempat akan mempengaruhi produk di mata konsumen. Misal Anda menjual sandal jepit di pinggir jalan atau di sebuah pameran tentu akan laku, berbeda dengan ketika Anda menjual jam tangan merk Rolex di pinggir jalan. Tentu hal tersebut bisa mempengaruhi calon konsumen yang bertanya-tanya mengenai keaslian dari produk tersebut.


Promotion (Promosi)

Promosi menjadi aktivitas yang pengaplikasiannya menggunakan teknik dengan pengendalian produsen. Mereka bisa mengkomunikasikan informasi secara persuasif dengan kemasan yang menarik mengenai tawaran produk oleh produsen baik secara langsung maupun tidak. Dengan melakukan kegiatan promosi, biasanya akan ada penawaran khusus kepada calon konsumen agar mereka merasa bahwa mereka harus segera membeli produk yang ditawarkan karena akan menguntungkan.

Untuk promosi, terdapat tiga elemen yang bisa perusahaan optimalkan. Ketiga elemen tersebut yaitu salesperson, public relation, dan periklanan. Kamu juga bisa melihat tutorial cara promosi bisnis online yang bisa kamu pelajari pada artikel sebelumnya. Berikut penjelasannya:

  • Salesperson merupakan orang-orang yang akan melakukan penawaran terhadap produk dari perusahaan kepada target pasar.
  • Public relation merupakan orang-orang yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik perusahaan dan menjalankan fungsi branding bagi perusahaan. Hal ini berguna agar brand dari perusahaan menjadi lebih dikenal masyarakat luas dengan hal yang positif.
  • Periklanan menjadi salah satu metode promosi yang dipublikasikan melalui saluran media. Di sini, Anda bisa menentukan ingin menggunakan saluran media yang seperti apa agar tepat sasaran dan sesuai dengan target pasar.

Contoh Strategi Promotion

Mengadakan diskon atau potongan harga kepada para konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk kita. Seperti, beli 1 gratis 1 hingga masa berlaku tertentu.


People (orang)

7p dalam marketing mix berikutnya yaitu people atau strategi yang menyangkut semua orang dalam kegiatan bauran pemasaran. People menjadi objek utama dalam bisnis karena mereka akan memainkan peranannya masing-masing di dalam penyajian pelayanan. Orang-orang ini nantinya yang akan berinteraksi terhadap pelanggan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan rekrutmen dan pelatihan, seragam, cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan, dan cara menghadapi komplain.

Dengan memperhatikan sumber daya manusia yang ada pada perusahaan. Maka akan menjadikan perusahaan tersebut menjadi kuat dalam hal kerjasama dan mendapatkan citra yang baik di mata masyarakat. Selain itu juga dengan memberikan kerjasama yang baik antar karyawan, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon karyawan yang akan mendaftar lainnya.


Contoh untuk People

Anda bisa memasukkan karyawan yang penyabar dan memiliki komunikasi baik di posisi customer service, karena mereka akan bersenggolan langsung terhadap komplain dari konsumen.


Process (proses)

Strategi bauran pemasaran yang ke 6 yaitu process. Proses menjadi tindakan yang perlu diambil dengan kurun waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan seperti sesuai rencana awal. Proses ini juga bisa mengenai prosedur, mekanisme atau aliran aktivitas di dalam bisnis. Hal ini berlaku pada penyampaian produk ke pasar atau pada proses bisnis yang lainnya. Jadi, ketika Anda memiliki proses baik maka akan membantu konsumen dan ketika Anda menerapkan proses yang buruk maka akan ditinggalkan oleh konsumen.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dari proses meliputi standarisasi proses, monitor dari peforma pelayanan yang diberikan kepada konsumen, analisa dan pengelolaan sumber daya, dan melakukan proses yang sesuai dengan standar terbaik kepada konsumen. Serta satu elemen lain yang tak kalah pentingnya yaitu pembuatan SOP bagi sistem kerja di perusahaan. Dengan pembuatan SOP ini, maka akan ada tata cara yang perlu pegawai lakukan untuk mencapai tujuan bersama dengan baik dan benar.


Contoh Strategi untuk Process

Proses ini akan menjadi tumpuan utama bagi pengusaha yang berangkat dari bidang jasa. Misal pemberian proses pembayaran yang instan tentu akan memudahkan masyarakat untuk bisa membeli produk kita dan akan meningkatkan penjualan. Selanjutnya bisa digunakan pembayaran secara online dan tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk mempermudah proses pembayaran, dan proses-proses yang lainnya.


Physical Evidence (Bukti Fisik)

Strategi bauran pemasaran terakhir ini yaitu physical evidence. Physical Evidence ikut serta dalam mempengaruhi keputusan konsumen yang akan membeli dan menggunakan produk kita dalam menjalankan aktivitasnya. Terdapat unsur yang perlu diketahui seperti kondisi geografis, demografis, bangunan fisik, peralatan sosial, dan lain sebagainya. Lingkungan layanan yang diberikan perlu memperhatikan fasilitas, layout ruangan, papan nama, desain interior, dan kondisi lingkungan tentang suhu dan tingkat kebisingan serta elemen-elemen lainnya.

Jadi, dengan memaksimalkan hal yang satu ini maka bisa mengacu kepada kantor Anda seperti ruang tunggu, brosur, koresponden, elemen visual layaknya logo, dan lain-lain yang akan mempengaruhi tingkat kepercayaan dan keyakinan kepada konsumen bahwa mereka akan diberikan pelayanan terbaik di kantor tersebut. Bukan tidak mungkin, hal ini juga akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk dari perusahaan Anda.


Contoh Strategi untuk Physical Evidence

Masyarakat di daerah dataran rendah atau daerah pertanian akan lebih membutuhkan barang pertanian. Perhatikan juga desain interior dari perusahaan Anda yang meliputi perlengkapan bangunan, tata ruang, dan pencahayaan karena hal ini akan menjadi perhatian penting yang bisa mempengaruhi pengunjung.


Cara Menggunakan Marketing Mix 7p dalam Aplikasi Bisnis

Dalam memasarkan suatu produk, Anda harus mempertimbangkan dengan matang ketujuh elemen ini jika ingin produk yang Anda jual laku di pasaran. Karena, suksesnya penjualan suatu produk atau jasa biasanya tidak lepas dari keunggulan salah satu atau salah dua dari elemen-elemen ini. Contoh McD laris manis karena promosi dan lokasi nya, Bukalapak besar karena produk aplikasi, promosi, serta inovasi proses bisnisnya, dan seterusnya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Maketing Mix 7P, Contoh Serta Cara Menggunakannya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: