Berikut Ini yang Termasuk Kegiatan Dalam Fungsi Manajemen Pengorganisasian Adalah?

Berikut Ini yang Termasuk Kegiatan Dalam Fungsi Manajemen Pengorganisasian Adalah?

Diposting pada

Berikut Ini yang Termasuk Kegiatan Dalam Fungsi Manajemen Pengorganisasian Adalah? – Kegiatan apa saja yang termasuk dalam fungsi administratif ini? Saat kami menggunakan fungsi administrasi Nickels, McHugh, dan McHugh, beberapa aktivitas yang terkait dengan masing-masing fungsi administratif adalah sebagai berikut:


  1. Tetapkan tujuan dan sasaran bisnis.
  2. Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis ini.
  3. Tentukan sumber daya yang dibutuhkan.
  4. Menetapkan standar / indikator keberhasilan untuk mencapai tujuan bisnis.

  • Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

  1. Alokasikan sumber daya, rumuskan dan tetapkan tugas, dan tetapkan prosedur yang diperlukan.
  2. Tetapkan struktur organisasi yang mengidentifikasi bidang kewenangan dan tanggung jawab.
  3. Kegiatan untuk membawa sumber daya manusia ke posisi yang paling sesuai.

  • Fungsi Pengimplementasian (Directing)

  1. Pelaksanaan proses kepemimpinan, dukungan dan motivasi tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.
  2. Memberi tugas dan penjelasan tentang pekerjaan secara rutin.
  3. Jelaskan kumpulan kebijakan.

  • Fungsi Pengawasan (Controlling)

  1. Penilaian keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasaran bisnis berdasarkan indikator yang diberikan.
  2. Mengambil tindakan untuk mengklarifikasi dan memperbaiki perbedaan apa pun.
  3. Melakukan berbagai alternatif pemecahan masalah yang berkaitan dengan pencapaian tujuan dan sasaran bisnis.

Mari kita gunakan bisnis restoran, misalnya. Misalnya untuk menjalankan kegiatan usaha restoran yang termasuk dalam kegiatan perencanaan, kita menentukan mengapa kegiatan usaha restoran dilakukan, siapa yang dijadikan konsumen, bagaimana konsumen tersebut menginginkannya dan bagaimana kita dapat bertemu dengan mereka. Apa yang ingin dicapai dengan kegiatan bisnis ini kemudian dituangkan dalam tujuan, strategi dan rencana kegiatan. berikut ini yang termasuk kegiatan dalam fungsi manajemen pengorganisasian adalah? ketika kita menentukan berapa banyak orang yang kita butuhkan untuk menjalankan bisnis restoran atau restoran dan tugas apa, termasuk bagaimana orang-orang itu disuruh melakukannya untuk bekerja dengan kita.

Kegiatan implementasi meliputi, misalnya, proses kerja semua karyawan, proses memotivasi orang untuk pekerjaan yang berorientasi pada kualitas, proses bagaimana kita dapat memahami setiap motivasi dan perubahan yang ada dalam diri manusia. yang akan bekerja sama dengan kami untuk mengetahui cara memahami keluhan yang mungkin diajukan kepada kami. Kegiatan pengendalian dan pemantauan termasuk, misalnya, memeriksa apakah karyawan kita melayani pelanggan dengan baik, bahwa makanan yang disajikan tidak basi, dll. Keseluruhan proses ini akan lebih dipahami jika kita mencoba memahami proses manajemen dari perspektif operasional.

Setiap tugas harus dipresentasikan kepada ahlinya. Yang memiliki rekam jejak yang terbukti. Dan pengalaman juga. Mulai dari pekerjaan besar hingga kecil. Harus dilakukan oleh orang yang tepat. Jangan bermain saat Anda sedang pertunjukan.


Unsur-Unsur Manajemen

Setiap perusahaan memiliki unsur pembentuk sistem manajemen yang baik. Elemen-elemen ini dikenal sebagai elemen manajemen.

Jika salah satu dari mereka tidak sempurna atau tidak ada, itu akan mengakibatkan lebih sedikit upaya untuk mencapai tujuan organisasi atau bisnis. Unsur-unsur  ini meliputi yang berikut ini.


  • Human (Manusia)

Dalam elemen manajemen ini, faktor manusia sangat menentukan. Orang yang menetapkan tujuan dan orang juga melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa manusia tidak ada proses kerja karena manusia pada dasarnya adalah makhluk pekerja.


  • Money (Uang)

Uang adalah elemen yang tidak bisa diabaikan. Uang adalah alat tukar dan ukuran nilai.

Besar kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar di perusahaan.

Oleh karena itu, uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional.

Itu tergantung pada berapa banyak uang yang harus disediakan untuk membayar gaji tenaga kerja, alat apa yang dibutuhkan dan dibeli, dan berapa banyak hasil yang diperoleh organisasi.


  • Materials (Bahan)

Bahan terdiri dari produk setengah jadi (bahan mentah) dan bahan jadi. Dalam dunia bisnis selain material yang ahli dibidangnya juga harus bisa memanfaatkan material / material sebagai sarana untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Karena materi dan manusia tidak dapat dipisahkan, hasil yang diinginkan tidak dapat dicapai tanpa materi.


  • Machines (Mesin)

Mesin sangat diperlukan dalam berbisnis. Penggunaan mesin membawa kenyamanan atau menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dan menciptakan efisiensi kerja.

Di era digital ini, mesin juga bisa menjadi aplikasi. Misalnya, aplikasi manajemen dan perencanaan inventaris bisnis di sini.


  • Methods (Metode)

Saat melakukan pekerjaan, metode kerja diperlukan. Alur kerja yang baik memastikan alur kerja yang lancar.

Suatu metode dapat diungkapkan dengan menentukan bagaimana pekerjaan akan dilakukan dengan berbagai pertimbangan tentang tujuan, fasilitas yang tersedia dan waktu yang diinvestasikan, serta uang dan kegiatan bisnis.

Perlu dicatat bahwa meskipun metodenya baik, namun hasilnya tidak memuaskan, sedangkan pelakunya tidak memahaminya atau tidak memiliki pengalaman. Dengan demikian, peran utama dalam elemen manajemen tetap manusia.


  • Market (Pasar)

Pemasaran produk tentunya sangat penting, karena jika barang yang dihasilkan tidak laku maka proses produksi akan terhenti. Artinya, pekerjaan tidak akan dilanjutkan.

Oleh karena itu, penguasaan pasar dalam hal pendistribusian hasil produksi menjadi faktor penentu dalam perusahaan.

Agar pasar dapat dikuasai, kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (skill) konsumen.

Unsur-unsur manajemen sangat penting bagi manajemen karena menentukan arah perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Berikut Ini yang Termasuk Kegiatan Dalam Fungsi Manajemen Pengorganisasian Adalah? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: