Fungsi Alkohol 70%

Apa Fungsi dan Dampak Alkohol 70 Persen?

Diposting pada

Apa Fungsi dan Dampak Alkohol 70 Persen? – Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kebersihan selama pandemi, konsumsi alkohol 70% juga akan semakin meluas. Pasalnya, produk yang mudah ditemukan baik di apotek maupun minimarket ini dinilai efektif untuk membersihkan permukaan untuk mencegah penularan berbagai penyakit.

Tidak hanya dengan benda mati, 70% alkohol dapat digunakan untuk mendisinfeksi permukaan kulit sebelum dilakukan intervensi medis tertentu. Selain itu produk ini juga merupakan salah satu bahan baku pembuatan hand sanitizer yang saat ini wajib dipakai oleh semua orang.

Meski begitu, alkohol pada level ini juga bisa menimbulkan efek samping bagi kulit jika digunakan secara tidak tepat. Meskipun secara umum aman digunakan, Anda tetap harus berhati-hati. Jangan menyebabkan iritasi atau kerusakan kulit.


Fungsi Alkohol 70%

Karena khasiatnya yang efektif dalam membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit, alkohol 70% digunakan secara luas untuk berbagai keperluan.


  • Sebagai Antiseptik

Antiseptik merupakan bahan yang membersihkan permukaan tubuh dari kuman seperti bakteri dan virus. Misalnya seperti disinfektan tangan. Untuk membunuh penyebab penyakit secara efektif, produk antiseptik harus menggunakan kandungan alkohol lebih dari 50%.

Gunakan antiseptik untuk membersihkan tangan setelah sering menyentuh benda bersama seperti tombol pada elevator dan gagang pintu.


  • Sebagai Disinfektan

Fungsi disinfektan sebenarnya sama dengan fungsi antiseptik. Akan tetapi, disinfektan adalah produk yang lebih umum digunakan pada benda mati seperti meja, ponsel, atau pegangan tangan.

Anda dapat menggunakan alkohol 70% sebagai disinfektan untuk membersihkan berbagai permukaan yang sering disentuh, termasuk gunting, termometer, dan keyboard komputer.


  • Menghilangkan Mual

Menghirup aroma alkohol 70% telah terbukti mengurangi rasa mual menjadi dua. Jika Anda merasa mual, Anda bisa mencelupkan bola kapas yang telah dibentuk lingkaran kecil ke dalam alkohol 70% dan perlahan menghirup kapas sampai mual mereda.

Ingatlah untuk tidak menghirup alkohol terlalu banyak. Karena terlalu banyak justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain, seperti: B. Keracunan. Jadi gunakanlah dalam jumlah terbatas.


  • Menghilangkan Bau Sepatu

Sepatu kita bisa menjadi rongga bakteri, apalagi jika kaki pemakainya berkeringat. Jika tidak dibersihkan dengan cermat, bau sepatu bukan lagi cerita baru.

Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan alkohol 70% untuk menghilangkannya. Triknya adalah dengan menyemprotkan sedikit alkohol ke sepatu Anda lalu mengeringkannya di bawah sinar matahari.


  • Sebagai Kompres Dingin

Anda bisa menggunakan kompres dingin untuk berbagai keperluan, seperti: B. untuk mengurangi nyeri sendi atau bengkak di area tubuh. Untuk menggunakan alkohol 70% sebagai kompres dingin, lakukan hal berikut:

  1. Masukkan air dan alkohol 70% dengan perbandingan 2: 1 ke dalam kantong plastik atau kantong ziplock.
  2. Setelah itu ikat atau tutup plastik dengan erat. Namun, sebelum melakukan ini, coba buang sebagian besar udara yang tersisa di kantong yang dikeluarkan.
  3. Kemudian letakkan plastik di plastik lain dan ulangi prosesnya, tutupi sekencang mungkin dan dengan udara sesedikit mungkin.
  4. Bekukan di lemari es selama beberapa jam.
  5. Menjadikannya sebagai bahan pewangi ruangan
  6. Anda juga dapat menggunakan alkohol 70% sebagai disinfektan dan penyegar udara. Untuk melakukan ini, cukup masukkan alkohol ke dalam botol semprot, lalu campurkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda.
  7. Semprotkan campuran tersebut pada area di dalam ruangan yang memiliki bau tidak sedap. Campuran ini tidak hanya berbau harum, tetapi juga membantu membunuh bakteri yang hidup di area tersebut.

  • Menghilangkan Bau Badan

Alkohol 70% dapat membantu menghilangkan bau badan karena cairan ini dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan sedikit alkohol pada ketiak Anda.

Tapi ingat, jangan mengaplikasikannya setelah mencukur atau menghilangkan bulu ketiak. Sebab, alkohol dapat menyebabkan iritasi dan sensasi terbakar pada kulit. Jika Anda memiliki kulit sensitif, jangan gosokkan alkohol secara merata ke ketiak Anda pada percobaan pertama.

Lakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskan beberapa tetes pada area kecil di ketiak Anda dan tunggu beberapa saat untuk melihat reaksinya. Jika aman, Anda bisa terus mengoleskannya.


  • Membersihkan Brush Make Up

Alat make up seperti kuas juga perlu dibersihkan. Jika tidak, alat tersebut bisa menjadi sarang bakteri, mudah menodainya.

Untuk membersihkannya, cukup tuangkan alkohol 70% ke dalam wadah kecil, celupkan kuas makeup ke dalamnya, dan putar selama beberapa detik. Kemudian cuci kuas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.


  • Menghilangkan Noda tinta di Pakaian

Cairan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta dari pakaian. Caranya adalah, Anda cukup merendam area yang terkena alkohol selama beberapa menit. Kemudian cuci pakaian seperti biasa dengan deterjen.


Efek Samping Alkohol 70%

Apa kemungkinan efek samping dari alkohol 70 persen? Seperti obat topikal lainnya, larutan alkohol dapat menyebabkan efek samping pada beberapa orang.

Tingkat keparahan dan gejala efek samping dapat bervariasi. Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami masalah setelah menggunakan obat ini.

Efek samping yang mungkin timbul adalah sensasi terbakar di area yang terpapar alkohol. Selain itu, ada kemungkinan 70 persen alkohol dapat menyebabkan reaksi alergi.

Hentikan penggunaan obat ini segera dan temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi yang parah (anafilaksis) dengan gejala sebagai berikut:

Pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah, ruam kulit, gatal gatal dan Sulit bernafas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi dan Dampak Alkohol 70 Persen? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: