Recount Text Adalah: Generiv Structure, Contoh, Tujuan, Ciri

Fungsi.co.idRecount Text Adalah: Generiv Structure, Tujuan, Ciri, Macam, Contoh – Kita ketahui pada Bahasa Inggris ada berbagai jenis teks. Biasanya muncul dalam bagian reading comprehension. Nah dalam artikel ini, kami akan menjelaskan recount text. Tidak hanya itu, kami akan memberikan contoh recount text yang bisa kalian baca. Agar lebih jelas, yuk simak baik-baik artikel berikut tentang pengertian recount text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya.

Pengertian Recount Text

Recount Text: Generiv Structure, Tujuan, Ciri, Macam, Contoh

Recount Text merupakan suatu teks bahasa Inggris yang menceritakan kejadian atau pengalaman di masa lalu. Tujuannya untuk memberikan informasi atau menghibur yang membaca. Di dalamnya tidak terdapat komplikasi seperti di Narrative Text.

Generic structure Teks Recount

• Orientation

Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

• Events

Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti “In the first day, I … . And in the next day … . And In the last day …” . Di dalam umumnya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

• Reorientation

Di dalamnya terdapat pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang mencatat rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang cerita.

Tujuan Komunikatif Teks Recount

Tujuan komunikatif Recount Text ialah untuk melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dalam memberitakan atau menghibur pastinya tanpa ada konflik di dalam cerita tersebut.

Ciri Kebahasaan Recount Text

Saat membaca Recount Text, pasti menemukan ciri-ciri kebahasaan seperti dibawah ini yaitu :

1. Menggunakan kalimat dalam bentuk Past Tense.

Contoh : I went to Jakarta last month and I feel happy.

1. Menggunakan Action Verbs.

Contoh : went, bought, wrote, slept, dll.

1. Menggunakan Adverbs and Adverbial Phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.

Contoh : yesterday, at school, quickly, dll.

1. Cara menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk meyusun kejadian.

Contoh : but, and, after that, dll.

Macam-Macam Recount Text

Ada 4 jenis recount text yaitu:

• Personal Recount Text

Personal recount text adalah yang menceritakan pengalaman pribadi pengarang misalnya pengalaman liburan, pengalaman di sekolah atau pengalaman tak terlupakan yang membuat kita terus mengingat kejadian tersebut.

• Imaginative Recount Text

Imaginative recount text adalah yang menceritakan imaginasi penulis mengenai suatu hal serta ditulis dalam bentuk past tense.

• Factual Recount Text

Factual recount text adalah membahas mengenai sesuatau yang benar-benar terjadi (fakta) di masa lalu.

• Historical Recount Text

Historical recount text adalah membahas tentang sejarah baik itu tempat bersejarah maupun benda bersejarahContoh Recount Text.

Contoh-Cotoh Recount Text

• contoh recount text pendek – tiket bioskop

1. Orientation(pembukaan)

Last week I went to the theatre. It was the only theatre at my town.

I only have one free ticket to watch FLM.

I didn’t know which movie I wanted to watch, nor did I know the theater schedule. I just came and saw if the film was good.

Terjemahan Minggu lalu aku pergi ke bioskop. Bioskop itu merupakan satu-satunya bioskop yang ada di kotaku.

saya hanya mempunyai satu tiket gratis untuk menonton flm.

Saya tidak tahu  film mana yang mau saya tonton saya pun tidak tahu jadwal teaternya. saya cuma cuma datang dan melihat apakah  film nya bagus.

1. Event (isi)

I parked my motorcycle in the parking lot and then I walked into the theater hall.

then take the ticket from the wallet and go to the information section to ask how to use the ticket at the time.

but, I missed it. apparently the ticket was up 2 days ago.

Terjemahan Saya memarkir motor di tempat parkir lalu saya berjalan menuju aula teater.

kemudian mengambil tiket dari dompet dan pergi ke bagian informasi untuk bertanya cara memakai tiket saat itu.

tetapi, saya melewatkannya. ternyata tiket sudah habis 2 hari yang lalu.

1. Reorientation (kesimpulan)

I went home and I was very disappointed about that.

Terjemahan Aku pulang ke rumah dan sangat kecewa dengan kejadian itu.

• Contoh Recount Text Singkat – Pencuri

1. Orientation

Three days ago, I went to the traditional market to buy some fruits and vegetables.

on the road I saw a thief being beaten by residents. I am very talented so I don’t want to come closer and see.

A few minutes later the police came and took him away.

Terjemahan Tiga hari yang lalu aku pergi ke pasar tradisional untuk membeli beberapa buah-buahan dan sayuran.

Di pasar tersebut aku melihat kejadian suatu musibah, seorang pencuri dihajar masa. Peristiwa itu sangat mengerikan. Aku tidak ingin pergi mendekat untuk melihatnya.

Beberapa menit kemudian polisi datang dan mengamankan pencuri itu.

1. Event

I asked the bread seller what actually happened. He said the burglar tried to steal the wallet but failed.

There are people who see it and then scream and some people make it difficult.

Terjemahan Aku bertanya pada penjual buah tentang peristiwa itu dan penjual tersebut menjelaskan kalau ada pencuri yang mencoba mencuri dompet seseorang dan ia tidak beruntung.

Seseorang melihat aksinya lalu berteriak kencang dan tiba-tiba beberapa orang menghajar pencuri tersebut hingga babak belur.

1. Reorientation

It was a pity event and I hoped it would never happen again.

Terjemahan Peristiwa itu sungguh menyedihkan dan aku berharap hal semacam itu tak akan terulang lagi.

• Contoh Teks Recount Bahasa Inggris – menaiki Gunung Merapi

1. Orientation

Two days ago I went to the Merapi Mountain. It was the first time I climbed the mountain. I did it with some of my friends.

We start climbing at 8 p.m. there was very dark and we only used a flashlight to see the road.

I am felt no worry because all of my friends were professional climber. I just followed their instruction.

Terjemahan Dua hari yang lalu aku pergi ke gunung Merapi. Itu merupakan pertamakalinya aku akan melakukan pendakian gunung. Aku melakukannya bersama dengan teman-temanku.

Kami mulai melakukan pendakian pada pukul 8 malam. Situasi sangat gelap gulita dan kami hanya menggunakan lampu senter untuk mencari jalur pendakian.

Aku tidak merasa khawatir karena teman-temanku merupakan para pendaki profesional. Aku hanya tinggal mengikuti instruksi mereka saja.

1. Event

We rode up and enjoyed the night there.

7 hours we walked with darkness, we finally got to the top of the mountain. it was 3 o’clock in the morning

We are not alone. many people reached the peak.

then We wait for the sun to rise, we also cook food and hot drinks to get energy. We sang together, shared stories and became acquainted with the people there.

After seeing the sun rise, we returned home. It turns out that down the mountain is not as difficult as climbing because we only spend a little energy and we must be more careful to carry out this process.

it was a great experience that I have ever done.

Terjemahan Kami mendaki perlahan-lahan dan menikmati waktu kami di sana.

Setelah 7 jam perjalanan naik, akhirnya kami sampai di puncak gunung. Jam menunjukkan pukul 3 pagi.

Ternyata kami tidak sendirian. Banyak orang yang ternyata sudah sampai di puncak gunung sebelum kami datang.

Kami menunggu matahari terbut sambil memasak makanan dan membuat minuman hangat untuk mengembalikan tenaga kami. Kami juga bernyanyi bersama, bertukar cerita serta berkenalan dengan orang-orang baru di sana.

Setelah menikmati matahari terbit, kami harus segera pulang. Turun gunung tidak secapek pendakian, kami hanya butuh sedikit tenaga dan waktu namun kami harus melakukannya dengan hati-hati.

Bagaimanapun juga, pengalaman tersebut merupakan pengalaman mengesankan yang pernah aku alami sejauh ini.

1. Reorientation

After all, that was my great experience I had ever have.

Terjemahan Selebihnya, pengalaman tersebut merupakan pengalaman hebat yang pernah aku alami.

• Contoh Teks Recount – Memancing

1. Orientation

Yesterday l was going to the lake. it was the right time for fishing because I had no work.

I wake earlier at the morning then I went to the market place to buy some shrimps which I used for fishing bait. After that, I went to the lake to start fishing.

Terjemahan Kemarin aku pergi ke Danau. Hari itu merupakan hari yang tepat untuk memancing karena aku sedang libur kerja.

Aku bangung pagi-pagi lalu pergi ke pasar untuk membeli beberapa ekor udang yang akan aku gunakan sebagai umpan. Setelah itu, aku menuju ke danau dan mulai memancing.

1. Event

On the lake, I’m looking for a place to fish. I went to the big tree by the lake.

I throw the fishing line as far as I can and then wait for the fish to eat my bait. It’s been 30 minutes waiting and finally there is a fish eating my feed. it was the first fish with a fairly large size.

That day I got 10 big fish and 3 small fish.

I will cook the fish at home and then I will call my friend to come home for a small party.

But I was unlucky because when I wanted to go home I saw an old beggar.

Then I give all my fish to the beggar and I hope he is happy to receive it. he can sell the fish to get money and buy food.

Terjemahan Di danau , aku mencari tempat untuk memancing. Aku pergi menuju pohon besar di tepi danau.

akau melempar pancing itu sejauhjauhnyakemudian menunggu agar ikan memakan umpanku. Sudah 30 menit menunggu dan akhirnya ada ikan yang makan umpanku. ttu merupakan ikan pertama dengan ukuran yang lumayan besar.

Hari itu Aku mendapatkan 10 ekor ikan yang besar dan 3 ekor yang kecil.

Ikan-ikan itu akan aku masak di rumah lalu aku akan memanggil temanku agar datang ke rumah untuk pesta kecil-kecilan.

Namun aku kurang beruntung karena waktu ingin pulang aku melihat seorang pengemis tua.

Kemudian aku kasih semua ikanku ke pengemis itu dan aku berharap ia senang menerimanya. ia bisa menjual ikan-ikan itu untuk mendapatkan uang dan membeli makanan.

1. Reorientation

Even though I don’t have fish, I’m very happy because I can help others.

Terjemahan Meskipun tidak mempunyai ikan aku sangat senang karena bisa membantu orang lain.

• Contoh Teks Recount -Mengunjungi Kakek Nenek

1. Orientation

Eid two years ago I went to Bandung to go home to my grandparents.

I went there because I wasn’t there before Eid.

Terjemahan Lebaran dua tahun lalu aku pergi ke bandung untuk kerumah kakek dan nenekku.

Aku ke sana karena lebaran sebelumnya aku tidak kesana.

1. Event

I missed them so much because I lived with them when I was a child.

I really miss them because since I was little I lived with them.

At that time my parents worked in Germany so they left me with grandparents.

After graduating from high school I followed my parents to live in Bandung. At that time, I only visited my grandparents every vacation.

But I couldn’t get a plane ticket to go because I went to Bandung by public bus. l was very tiring because the road was very jammed.

the trip only takes about 24-28 hours but due to the flow of Lebaran from Jakarta to Surabaya takes about 40 hours. That drives me crazy..

Terjemahan Aku sangat merindukan mereka karena sejak aku kecil aku tinggal bersama mereka.

Saat itu orangtuaku bekerja ke jerman sehingga mereka menitipkanku ke kakek dan nenek.

Setelah lulus SMA aku menyusul orangtuaku untuk tinggal di bandung. Saat itu, aku hanya mengunjungi kakek nenekku setiap liburan saja.

Namun aku tidak dapat tiket pesawat untuk berangkat sebab aku pergi ke bandung naik bis umum. l itu Sangat melelahkan karena jalanan sangat macet.

perjalanan tersebut Cuma membutuhkan waktu sekitar 24-28 jam saja tetapi karena arus mudik lebaran dari Jakarta sampai Surabaya membutuhkan waktu sekitar 40 jam. Itu membuatku gila.

1. Reorientation

Fatigue and madness during the trip were treated when I met my grandparents.

Terjemahan Kelelahan dan kegilaan selama perjalanan terobati tatkala aku bertemu dengan kakek dan nenekku. Mereka telah tampak tua. Aku sangat senang karena mereka masih dalam keadaan sehat.

• Recount Text Holiday – Lampung

1. Orientation

That day was August 23, 2016. three days before, I had prepared everything. Then, at that day i was ready for my holiday.

At eight in the morning I left for the station. From home to stasuin it takes 15 minutes on foot. Arriving at the station, I bought a ticket to go to Lampung.

Terjemahan Hari itu tanggal 23 Agustus 2016. Seminggu sebelumnya, aku telah mempersiapkan segalanya. Dan pada hari itu, aku telah siap untuk berangkat liburan.

Pada pukul 9 pagi aku berangkat ke stasiun. Dari rumah menuju stasuin kurang lebih butuh waktu 30 menit berjalan kaki. Sesampainya di stasiun, aku membeli sebuah tiket untuk pergi ke Yogyakarta.

1. Event

It took around 5 hour to go to lampung from Tulungagung by train.

I arrived in Tugu Station Lampung at 3.15 pm. I have no place to go to places I will go. So, I was free to do anything in this city.

At first, I went walking around at Malioboro Street. I saw so many people in this street. they do what I do, just walk and sometimes stop at some street marchandise sellers a long that road.

At 6 p.m, i was tired and hungry. I was at Alun-Alun Kidul, the south side of Lampung Palace.

I looked around and find Angkringan, at that place I ordered for a glass of ice tea and ate some Sego Kucing with Sate and also Gorengan.

After eating, I thought about finding a cheap lodging to stay for several days in Lampung.

Terjemahan Perjalanan kereta dari Tulungagung ke Lampung menempuh waktu sekitar 5 jam.

Kereta berhenti di stasiun Tugu Lampung sekitar pukul 3.15 sore hari Aku tidak punya tujuan ke tempat-tempat yang akan ku datangi. Oleh karena itulah aku bisa merasa bebas untuk bepergian kemanapun di kota ini.

Pertama-tama yang aku lakukan adalah berjalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro. Aku melihat banyak orang di sana. mereka melakukan yang saya lakukan, hanya berjalan dan terkadang berhenti di penjual barang kerajinan di sepanjang jalan tersebut.

Pada pukul 6 sore, aku merasa sangat lelah dan lapar. Aku sedang berada di Alun-Alun kidul, sebelah selatan Kraton lamung.

Aku melihat-lihat ke sekeliling dan menemukan sebuah angkringan. Di angringan tersebut aku memesan segelas es teh dan makan beberapa nasi kucing, sate, serta gorengan.

selesai makan, aku memikirkan untuk mencari penginapan yang murah untuk menginap selama beberapa hari di lampung.

1. Reorientation

That’s the trip I will remember on a vacation to Lampung.

Terjemahan Itulah perjalanan yang akan ku ingat berlibur ke lampung

• Contoh Teks Recount Liburan ke Rumah Nenek

1. Orientation

Last time I visited grandma’s house.

His house is cool, far from urban areas and very close to agricultural areas. My grandfather and grandmother are farmers.

two days I lived there and did many interesting things in the fields, helping grandfather grow rice.

Terjemahan Terakhir kali aku  berkunjung ke rumah nenek.

Rumahnya keren, jauh dari perkotaan dan sangat dekat dengan area pertanian. Kakek dan nenekku adalah seorang petani.

dua hari aku tinggal di sana dan melakukan banyak hal menarik di sawah, membantu kakek menanam padi.

1. Event

Recently I learned to plant spinach. All I can do is move the spinach seeds from seeding to planting.

I think it’s easy to do, he said, planting spinach seeds is very tired. I had to move it under the hot sun. I did it two hours before lunch, then continued until the afternoon.

at night, there was nothing I wanted to do except rest. I am very tired but very pleasant.

at that time I could not wake up in the morning until my grandmother woke me up. He laughed at me because what I did was nothing compared to what the peasants did.

Then, before we went to the fields, my grandma had made breakfast. After that I went with my grandfather to go to the fields.

We will take care of the spinach plants that have been one month. We water it and check if there are caterpillars or grasshoppers.

Terjemahan Baru ini aku belajar menanam bayam. Yang bisa aku lakukan hanya memindahkan bibit bayam dari penyemaian ke penanaman.

aku kira mudah dikerjakan, taunya, menanam bibit bayam sangat cape. Aku harus memindahkannya  dibawah terik matahari yang panas. Aku melakukannya dua jam sebelum makan siang, lalu melanjutkannya sampai sore hari.

malam harinya, tak ada yang ingin kulakukan kecuali beristirahat. Aku sangat lelah namun sangat menyenangkan.

saat itu Aku tidak bisa bangun pagi sampai nenekku membangunkanku. Dia menertawakanku karena yang aku lakukan  tidak seberapa jika dibandingkan dengan yang  petani kerjakan.

Kemudian, sebelum kami pergi ke sawah , neneku telah membuat sarapan. Setelah itu aku ikut kakek pergi ke sawah.

Kami akan melakukan perawatan pada tanaman bayam yang telah satu bulan. Kami menyiraminya dan mengecek jika ada ulat atau belalang.

1. Reorientation

I have been there for three days and I have to go home. I feel sad for leaving my grandparents. But that’s okay because I can visit my house with grandma on my next trip.

Terjemahan Sudah tiga hari aku disan dan aku harus pulang. Aku merasa sedih karena meninggalkan kakek dan nenekku. Tapi tidak apa-apa karena aku bisa berkunjung kerumah kake dan nenek diliburan berikutnya.

• Contoh Recount Text Tentang Liburan di Rumah

1. Orientation

At last year holiday I didn’t go anywhere.

I just stay at home for the whole month. It was not too bad to spend the holiday at home because I had something to do. I did a small project building a small fishpond at home.

Terjemahan Pada waktu liburan tahun lalu aku tidak bepergian.

Aku hanya menghabiskan waktuku di rumah selama satu bulan. Hal itu bukanlah hal buruk karena aku memiliki kegiatan untuk dilakukan. Aku punya proyek kecil membuat kolam ikan di rumah.

1. Event

All I need is building sand, cement, and some building tools. I chose the middle of my yard to build a fish pond. After that I made a design..

I did it alone, day and night. I was so happy to do that.

After two weeks, I finished it. It was a small beautiful fishpond with nature landscape designed.

Before I put some koi in the pool, I first filled it with water and waited for two weeks to ensure that the water was completely free of poison..

Finally, I bought 5 koi fish and keep them at my new fishpond.

Terjemahan Yang aku butuhkan hanyalah pasir bangunan, semen, dan beberapa alat bangunan. Aku memilih bagian tengah dari halaman rumahku untuk dibangun kolam ikan. Setelah itu aku membuat desain.

Rencananya, aku aka memelihara beberapa ekor ikan koi, oleh karena itu aku membuat desain secantik mungkin yang aku bisa. Aku memilih pemandangan alami sebagai model.

Aku mengerjakan proyek itu sendirian, siang dan malam. Aku sangat senang melakukannya.

Aku menyelesaikannya dalam waktu dua minggu. Akhirnya aku memiliki kolam ikan dengan desain pemandangan alami.

Sebelum aku memasukkan beberapa koi ke dalam kolam itu, terlebih dahulu aku mengisinya dengan air dan menunggunya selama dua minggu untuk memastikan bahwa air tersebut benar-benar bebas dari racun.

Dan pada tahap terakhir, aku membeli 5 ekor ikan koi dan memeliharanya dalam kolam ikan baruku.

1. Reorientation

It was a nice thing to spend the holiday at home.

Terjemahan Hal itu merupakan pengalaman menyenangkan untuk menghabiskan liburan di rumah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Recount Text Adalah: Generiv Structure, Contoh, Tujuan, Ciri semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: