Pengertian Olahraga : Macam – Macam Manfaat dan Tujuan Olahraga!

Diposting pada

Pengertian Olahraga : Macam-Macam Manfaat dan Tujuan Olahraga

Pengertian Olahraga : Macam-Macam Manfaat dan Tujuan Olahraga – Olahraga adalah aktivitas yang mempuyai tujuan tertentu, contohnya untuk melatih tubuh untuk kesehatan jasmani maupun rohani, sehingga olahraga yang rutin dapat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, dikarenakan metabolisme dalam tubuh dapat berjalan lancar, dengan begitu, penyerapan serta distribusi nutrisi dapat bekerja dengan efektif dan efisien, sehingga pengertian Olahraga secara umum adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur, yang dimana melibatkan gerakan tubuh secara berulang-ulang demi mendapatkan hasil yang baik, dengan tujuan sebagai peningkatan kebugaran jasmani maupun rohani tiap manusia, olahraga juga bisa dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak, hingga lanjut usia selagi dia mampu, olahraga juga telah menjadi bagian hidup dari sebagian masyarakat perkotaan maupun pedesaan, yang dilihat dari Kebiasaan gaya hidup seseorang yang suka merokok, berolahraga dengan teratur, ternyata sangat berpeluang untuk terhindar dari penyakit strok dan jantung, tidak hanya itu, segala penyakit juga bisa dihindari dengan teraturnya berolahraga.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Jika diatas merupakan penjelasan Olahraga secara umum, maka kita juga akan membahas pengertian olahraga berdasarkan Para ahli, berikut pengertian yang dikemukakan :

  1. Edward

Olahraga adalah aktifitas yang harus dilakukan dengan spontan dan melalui konsep yang diterapkannya, melalui cara bermain games maupun sport.

  1. Dewan Olah Raga Eropa

Aktivitas spontan yang dilakukan secara bebas, dengan mencari waktu luang untuk pergerakan tubuh demi menjaga kesehatan jasmani dan rohani tiap manusia, yang nantinya tubuh akan terasa ringan dan fresh, dengan bantuan suplai oksigen menuju otak tidak terhambat.


  1. Jessika Doland

Pengertian Olahraga menurut Jessika Doland adalah media pereda stres terbaik yang ada di dunia, yang bisa mengalirkan pikiran manusia dari rasa khawatir, dengan adanya olahraga ini, ketegangan otot pada tubuh bisa relaks kembali.


  1. Hans Tandra

Olahraga merupakan gerakan tubuh yang teratur dengan irama yang ditujukan untuk memperbaiki kebugaran tubuh dan berguna juga sebagai meningkatkan imunitas tubuh agar terjaga kesehatannya.


  1. Cholik Mutoir

Menurut Cholik Mutoir, juga memberikan pengertian olahraga sebagai proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dapat membantu perkembangan yang membina potensi jasmaniah dan rohaniah.

Olahraga juga memiliki idiologi yang utuh dan berkualitas untuk mengembangkan prestasi manusia berupa permainan dan pertandingan yang didasarkan pada dasar negara dan pancasila.


  1. Seno Gumira Ajidarma

Pengertian Olahraga selanjutnya merupakan sarana atau ajang kompetisi untuk menjadikan seseorang nomer satu, selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bertujuan sebagai pencarian bakat disetiap cabangnya.


  1. Suryanto Rukmono, S, Si

Olahraga adalah kegiatan untuk melatih tubuh manusia agar terlihat sehat dan kuat secara jasmani maupun rohani, dengan olahraga yang teratur dan terencana biasanya akan menjadi suatu objek terbaik dalam proses pembentukan tubuh.


  1. Kathryn Marsden

Kathryn marsden berpendapat bahwa pengertian olahraga merupakan salah satu sarana pengusir stres yang sangat mudah dilakukan oleh manusia tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.


Manfaat Dan Tujuan Olahraga

Olahraga juga memiliki manfaat yang mampu membantu seseorang untuk lebih percaya diri, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kinerja otak secara maksimal untuk mendapat hasil konsentrasi yang baik, karena suplai oksigen menuju otak dapat beredar secara lancar.

Selanjutnya tujuan dari olahraga sendiri sangat beragam, hingga mengeluarkan berbagai pengertian olahraga yang sangat luas serta banyak yang menganggap bahwa olahraga hanya sebagai hobi, mempercepat proses diet atau keinginan untuk dapat membentuk otot tubuh dan juga sekedar bermain, namun olahraga sendiri akan berbuah manis jika seseorang melakukannya dengan rutin dan dalam terarah untuk mengikuti PORKAB, PORPROV, PON, SEA GAMES, dan lain sebagainya.


Macam-Macam Cabang Olahraga Olimpiade

Aktivitas olahraga seharusnya dijadikan sesuatu yang wajib dilakukan karena pengertian olahraga itu sendiri adalah sebagai suatu aktivitas yang menyehatkan tubuh untuk selalu sehat dan aktif, terdapat juga olahraga yang dijadikan cabang olimpiade, bukankah itu akan menjadi kehebatan tersendiri, berikut ada beberapa cabor yang dipertandingkan dibawah ini :

  1. Atletik

Atletik merupakan olahraga gabungan dari berbagai jenis olahraga yang dikelompokkan menjadi satu, yaitu olahraga lari, lompat dan lempar, contoh olahraga atletik sendiri adalah lari jarah pendek, lari jarak menengah, lari maraton, lempar lembing, tolak peluru, lompat tinggi dan masih banyak lagi.


  1. Permainan Bola

Untuk permainan bola yang di Olimpiadekan adalah permainan bola besar dan bola kecil, permainan bola besar adalah bola basket, bola voli, futsal, golf, sofbol, tennis lapangan, boling, sepak bola, bola tangan dan lain sebagainya.

Permain bola, pada era ini tidak hanya digemari oleh kaum laki-laki saja, namun kaum perempuan pun juga banyak yang gemar bermain bola, contoh bola basket, bola volli, bola tangan, tennis lapangan adalah contoh olahraga yang banyak digemari oleh kaum perempuan, hingga kini banyak perempuan yang menjuarai olahraga bola tersebut.


  1. Seni Bela Diri

Olahraga seni bela diri kini semakin menjadi idola baru dalam cabang olahraga, kemunculan untuk mempertahankan nilai seni dari berbagai daerah bisa berkembang dengan aktivitas dari adanya olahraga bela diri, dari masa ke masa, seni bela diri tersebar ke seluruh penjuru dunia dan memiliki ciri khas masing-masing.

Silat tidak jauh berbeda dengan seni bela diri, silat juga merupakan olahraga yang dikembangkan di indonesia, olahraga yang di perlombakan dalam tingkat olimpiade ini harus berkembang dan bersaing secara positif bersama seni beladiri aikido, judo, wushu, karate, gulat, kempo, wing tsun, dan taekwondo.


  1. Berenang

Merupakan olahraga yang dilakukan didalam air, kompetisi ini selalu dimasukkan dalam segala pertandingan, kelas renang yang biasa diperlombakan yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, nantinya olahraga ini akan diperlombakan secara acak, sesuai dengan kecepatan waktu yang di tempuh.


Ciri Olahraga Kesehatan.

Pesantai adalah orang yang tidak melakukan olahraga sehinggacenderung kekurangan gerak, sebaliknya pelaku olahraga berat melakukanolahraga lebih dari keperluannya untuk pemeliharaan kesehatan, maka pelaku olahraga Kesehatan adalah orang yang tidak kekurangan gerak namun bukan juga pelaku olahraga berat dan olahraga yang dianjurkan untuk keperluan kesehatan adalah aktivitas gerak raga dengan intensitas yang setingkat di atas intensitas gerak raga yang biasa dilakukan untuk keperluan pelaksanaan tugas kehidupan sehari-hari (Blair, 1989 dalam Cooper, 1994), dalam olahraga kesehatan, setiap peserta harus berusaha mengikutinya sebaik mungkin gerak atau instruksi pelatih, namun tentu harus sesuai dengan kemampuannya masing-masing.


Ciri Olahraga Kesehatan secara teknis-fisiologis adalah

  • gerakannya mudah, sehingga dapat diikuti oleh orang kebanyakan danseluruh siswa/santri pada umumnya (bersifat massaal), sehingga dapatmemperkaya dan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan gerak dasar, gerak yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan hidup sehari-hari
  • Intensitasnya sub-maksimal dan homogen bukan gerakan-gerakan maksimal atau gerakan eksplosif maksimal “faktor keamanan”.
  • terdiri dari satuan-satuan gerak yang dapat (secara sengaja) dibuatuntuk enjangkau seluruh sendi dan otot, serta dapat dirangkai untuk menjadi gerakan yang kontinu (tanpa henti) ± faktor penting untuk dapat mengatur dosis dan intensitas olahraga kesehatan.-
  • bebas stress (non kompetitif)-
  • diselenggarakan 3-5x/minggu (minimal 2x/minggu).-
  • Dapat mencapai intensitas antara 50-90% denyut nadi maksimal “DNM” sesuai umur, DNM sesuai umur = 220 ± umur dalam tahun, sebaiknya tiap peserta mengetahui cara menetapkan dan menghitungdenyut nadi latihan masing-masing, perlu pula dikemukakan bahwa sampai usia sekitar 14 tahun (usia pubertas) tidak perlu ada pemisahan siswa atas dasar jenis kelamin(Watson,1992), karena baru akan berdampak nyata di atas usiatersebut.

Sasaran Olahraga Kesehatan

  • Sasaran-1: Memelihara dan meningkatkan kemampuan gerak yang masihada, termasuk memelihara dan meningkatkan fleksibitas dan kemampuankoordinasi.
  • Sasaran-2 : Meningkatkan kemampuan otot untuk meningkatkankemampuan geraknya lebih lanjut.
  • latihan dilakukan dengan menerapkan prinsip Pliometrik!.
  • Sasaran-3 : Memelihara kemampuan aerobik yang telah memadai atau me-ningkatkannya untuk mencapai sasaran minimal katagori sedang, perlu ditekankan sekali lagi bahwa Olahraga Kesehatan adalah gerak olahraga dengan takaran sedang, bukan olahraga berat ! Jadi takarannya ibaratmakan : berhentilah makan menjelang kenyang; jangan tidak makan olehkarena bila tidak makan dapat menjadi sakit, sebaliknya jangan pula kelebihanmakan, karena kelebihan makan akan mengundang penyakit, artinya berolahragalah secukupnya (adekuat), jangan tidak berolahraga karena kalautidak berolahraga mudah menjadi sakit, sebaliknya kalau melakukan olahragasecara berlebihan dapat menyebabkan sakit !Keterkaitan Kesehatan, Pendidikan Jasmani dan Olahraga, untuk lebih memudahkan bahasannya perlu lebih dahulu dikutipkembali hal-hal yang tersebut di bawah ini.

Sehat dan Kesehatan

  • Sehat adalah dasar bagi semua kemampuan jasmani, rohani maupun sosial.
  • Memelihara dan meningkatkan kesehatan, cara yang terpenting dan termurah serta fisiologis adalah melalui olahraga.
  • Acuan sehat merupakan sehat paripurna dari organisasi kesehatan dunia.

Pendidikan Jasmani dan Olahraga :

  • Pendidikan jasmani adalah pendidikan yang menggunakan media kegiatan jasmani.
  • Olahraga adalah pelatihan Jasmani
  • Pendidikan Jasmani dan Olahraga adalah Pendidikan dan PelatihanJasmani, yang dalam lingkup persekolahan/pesantren berarti PelatihanJasmani, Rohani dan Sosial menuju kondisi yang lebih baik yaitusejahtera paripurna (peningkatan mutu sumber daya manusia).

Olahraga ± Gerak :

  • Gerak adalah ciri kehidupan.
  • Memelihara gerak adalah mempertahankan hidup.-
  • Meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkan kualitas hidup.-
  • Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencanauntuk meningkatkan kemampuan gerak yang berarti meningkatkankualitas hidup.-
  • Olahraga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan sosial menuju sejahtera paripurna.
  • Hanya orang yang mau bergerak-berolah raga yang akan mendapatkan manfaat dari olahraga.
  • Intensitasnya sedang, setingkat di atas intensitas aktivitas fisik dalammenjalani kehidupan sehari-hari.
  • Dapat meningkatkan derajat kesehatan dinamis dengan kemampuan gerak yang dapat memenuhi kebutuhan gerak kehidupan sehari-hari.
  • Bersifat padat gerak, bebas stress, singkat (cukup 30 menit tanpahenti), mudah, murah, meriah massaal, fisiologis (manfaat & aman).

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Olahraga : Macam – Macam Manfaat dan Tujuan Olahraga!, semoga kalian dapat memahami dan mengerti apa yang telah kami jelaskan diatas.

Baca juga artikel tentang: