Apa Itu Fungsi Tulang Leher: Penjelasan, Jenis Penyakit Leher dan Jenis Prosedur serta Bedah Leher

Diposting pada

Apa Itu Fungsi Tulang Leher: Penjelasan, Jenis Penyakit Leher dan Jenis Prosedur serta Bedah Leher -Hay kawan semua, kita sebagai manusia tentu mempunyai leher dan memahami bahwa leher mempunyai tugas yang penting untuk keberlangsungan hidup kita ya. Leher yang kita miliki tidak hanya sebuah penghubung antara kepala dengan badan, tetapi di dalamnya mempunyai struktur yang kompleks dan tugas yang luas.

Manusia tidak bisa hidup tanpa mempunyai leher, sebab sangat dekat hubungannya dengan kehidupan manusia. Nah sobat, leher yang kita miliki ini bisa menjalankan tugas pentingnya salah satunya sebab didukung oleh tulang leher sehingga mempunyai struktur yang kuat. Agar kalian lebih mengerti tentang leher yuk mari kit abaca artikel dibawah ini dengan seksama.


Fungsi Tulang Leher

Tahukan kalian bahwa tulang leher mempunyai banyak fungsi di bandingkan tulang lainnya? Dibawah ini merupakan fungsi  dari tulang leher yaitu :


  • Penopang Kepala

Di dalam kepala tentu mempunyai banyak organ yang sangat berguna untuk tubuh kalian. Kepala menjadi salah satu bagian tubuh yang tentunya sangat wajib untuk di miliki. Di dalam kepala terdapat otak yang akan menjadi salah satu dalang dari segala sesuatu yang kita lakukan.

tetapi tahukah kalian bahwa sebenarnya kepala kalian bisa berfungsi dengan baik juga sebab mempunyai tulang leher. Kepala bisa di tegakan sebab ada leher yang menopang beban kepala.

Ini sudah menadi satu – kesatuan untuk bekerja sama dalam sistem tubuh. Leher pun menjadi salah satu penopang yang mampu membuat kepala kalian bisa menggeleng dan berputar serta bisa menggangguk.


  • Melindungi Organ Lain

Setiap tulang mempunyai tugas penting untuk mampu menjaa organ lainnya. Hal ini juga berlaku pada tulang leher. Fungsi tulang leher yang sangat vital adalah untuk menjaga keberlangsungan sistem  anggota tubuh bagian dalam seperti tenggororkan dan kerongkongan hingga pita suara kalian.

Tenggorokan adalah salah satu bagian dalam tubuh yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Hal ini sebab dengan adanya tenggorokan maka kita bisa menelan makanan yang masuk dari mulut.

Tidak hanya itu kerongkongan pun adalah salah satu yang sangat penting dan vital untuk menolong sistem pernapasan pada manusia. Begitupun pada pita suara yang berfungsi untuk mengeluarkan suara manusia. Nah tentu dengan demikian hal ini menandakan betapa pentingnya tugas tulang leher.


  • Penghubung Sistem Kerja Tubuh

Cara kerja tubuh di tentukan dari bagian-bagian dalam tubuh yang berhubungan seperti tulang leher. Tulang leher sebagai salah satu syarat manusia dalam mengklompokan kepala dan anggota tubuh yang lainnya.

Sistem saraf  pada manusia di atur oleh otak sehingga semuagerak akan di salurkan oleh anggota tubuh lainnya yang berawal dari otak. Hal ini juga yang membuat kalian mengerti betapa pentingnya tulang leher.

Otak yang memberikan perintah pada anggota tubuh lainnya untuk melakukan segala sesuatu yang akan di digerakan ke anggota tubuh lainnya misalnya tangan dan kaki.

Metode ini perintah ini akan berjalan melewati tulang leher. Hal inilah yang menjadikan leher sebagai salah satu anggota tubuh paling penting untuk kalian.


  • Organ Vital Manusia

Tulang leher menjadi salah satu anggota tubuh yang akan menyeimbangkan tubuh kalian sehingga kalian bisa melakukan aktivitas. Manusia tanpa leher mungkin tidak akan menjadikan tubuh kalian memperoleh perintah dari otak sehingga tidak bisa melakukan aktivitas sehari – hari.

Aktivitas yang kalian jalani sekarang ini tentunya bergantung pada kerja tulang leher kalian. hal ini menandakan betapa vitalnya sebuah  organ manusia. Untuk itu kalian harus menjaga kesehata tulang kalian.


Penjelasan Leher

Tulang leher manusia tidak hanya berhubungan dengan dada dan kepala. Leher mempunyai sistem penting untuk kepala dan semua tubuh, contohnya sistem kerja pembuluh darah, syaraf, sistem pernafasan, dan sistem vital manusia yakni makan dan minum. Otot otot pada  leher bisa menggoyangkan kepala dan tulang rahang.

Leher dalam bahasa anatomi dikenal dengan nama collum. Leher adalah saluran paling pertama yang di dalamnya ada kerangka leher wujud dari leher itu sendiri, tulang hyoid, manubrium sternum (tulang dada), dan klavikula (tulang leher). Tulang leher yang dipunyai manusia ada diantara kepala dan dada.

Tulang leher mempunyai struktur atau bagian yang berongga seperti pipayang di dalamnya terdapat berbagai pembuluh darah serta otot otot. Tulang leher mempunyai struktur yang sangat lentur, sehingga memungkinkan untuk mampu menopang seluruh beban kepala, dan kepala manusia setiap saat bisa meregang atau berputar ke berbagai arah.

Tulang leher bisa menjalankan tugasnya dengan baik karena bekerja dengan sendi, otot, tendon, dan ligamen sehingga bisa membangun stabilitas, struktur, mobilitas, bantalan bagi leher. Bila terjadi masalah pada leher atau yang bersangkutan dengan tulang leher misalnya sendi dan otot, maka akan berpengaruh pada sistem kerja tubuh secara menyeluruh.


Jenis-jenis Penyakit Leher

Meskipun mempunyai fleksibilitas tinggi, segmen servikal merupakan sistem yang rumit tetapi rapuh. Dengan keterbatasan otot penyangga, segmen servikal cenderung rentan akan cedera dan keadaan tertentu, seperti:


  • Kifosis Servikal

 keadaan ini ditandai dengan adanya lekukan abnormal pada leher yang bertentangan dengan lekukan normal yang bengkok ke dalam (lordosis). Kifosis bisa disebabkan oleh komplikasi pasca bedah, gangguan degeneratif atau cacat bawaan lahir, dan bisa juga disebabkan oleh trauma di sekitar area leher.


  • Stenosis Leher

Umumnya, keadaan degeneratif ini dilatarbelakangi oleh faktor usia, sebab struktur tulang belakang memicu penyempitan kanal tulang belakang, sehingga memberikan tekanan pada sumsum tulang. Stenosis bisa berujung pada myelopathy yang bisa menghambat gerakan, fungsi usus dan pencernaan, dan kemampuan motorik tubuh.


  • Trauma Leher

Trauma leher, misalnya pada kecelakaan,umumnya berhubungan dengan benturan yang keras atau salah urat mendadak, dan bisa mengakibatkanfraktur pada satu atau lebih vertebra servikal leher.


  • Tumor Servikal

keadaan yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan abnormal yang tidak bisa dikendalikan di dalam atau sekitar area leher. Tumor leher bisa bersifat jinak dan tidak berpotensi kanker atau ganas dan bersifat kanker.


  • Radikulopati Servikal

keadaan ini terjadi bila saraf yang berada di leher terhimpit, terganggu atau tertekan, sehinggamengakibatkannyeri yang menjalar hingga ke wilayah punggung bawah dan lengan, serta bisa melemahkan otot.


  • Rheumatoid Arthritis Leher

Meskipun keadaan ini termasuk umum, tetapi sifatnya relatif rumit. Gejala arthritis leher bisa beragam, biasanya meliputi nyeri dan peradangan seluruh sendi, sebab saraf leher yang keluar dari tengkorak dan bagian atas tulang belakang, terjepit atau tertekan. Jika tidak segera ditangani, nyeri yang disebabkan oleh arthritis leher akanmengakibatkan penderita lemah.

Jenis-jenis Prosedur dan Bedah Leher

  • Disektomi Servikal Anterior

Prosedur bedah yang umum dilakukan dengan cara membuat sayatan di tengah tengkuk untuk melepaskan nyeri yang disebabkan oleh saraf terjepit atau radikulopati.


  • Laminektomi

Pada prosedur ini, lamina (plat tulang yang berada di punggung, berfungsi melindungi sumsum tulang) akan diangkat guna mengurangi penumpukan tekanan pada saraf dan sumsum tulang.


  • Laminoplasty

Prosedur bedah yang dirancang untuk mengobati stenosis, tujuannya adalah memperbaiki lamina supaya kanal tulang belakang menjadi lebih lebar dan tekanan pada sumsum tulang bisa keluar.


  • Peleburan Segmen Servikal

Prosedur bedah ini melibatkan peleburan dua vertebra yang mengalami herniasi atau tergelincir. Prosedur ini dilakukan untuk mengangkat diskus yang rusak dan mengembalikan susunan leher.

Saat ini, seluruh prosedur dan bedah leher bisa dilakukan dengan teknik minimal invasif, sehingga kualitas hidup penderita akan jauh lebih meningkat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Itu Fungsi Tulang Leher: Penjelasan, Jenis Penyakit Leher dan Jenis Prosedur serta Bedah Leher semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: