Fungsi Satelit

8 Fungsi Satelit: Jenis dan Dampak Penggunaannya Lengkap!!

Diposting pada

8 Fungsi Satelit: Jenis dan Dampak Penggunaannya Lengkap!! -Satelit merupakan benda langit yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergerak mengelilingi planet tertentu sambil mengikuti planet yang mengorbit dengan periode rotasi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yaitu alam dan buatan. Satelit alam yaitu non-manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar dari dirinya. Misalnya bulan yang merupakan satelit dari bumi.

Pergerakan satelit mengelilingi bumi pada umumnya mengikuti hukum Keppler (pergerakan Kepler) yang didasarkan pada beberapa asumsi, yaitu pergerakan satelit hanya dipengaruhi oleh pusat medan gravitasi bumi. Satelit bergerak dalam bidang orbit yang tetap di ruang angkasa. Massa satelit tidak signifikan dibandingkan dengan massa bumi, satelit, yang bergerak dalam ruang hampa, dan tidak ada matahari, bulan, atau benda langit lainnya yang mempengaruhi pergerakan satelit.

Baca Juga: Pegertian Planet: Jenis, Macam, Tata Surya, Pembentukan Matahari!

Tapi tahukah Anda apa fungsi satelit dalam kehidupan bumi kita? Yuk baca artikel berikut ini baik-baik.


Fungsi Satelit bagi Kehidupan di Bumi

Baik satelit alami maupun buatan memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi satelit untuk kehidupan di bumi dijelaskan di bawah ini.


  • Bulan

Sebagai satu-satunya satelit alami di bumi, bulan memainkan peran yang sangat penting. Satelit ini tidak memiliki cahayanya sendiri dan hanya memantulkan sinar matahari.

Baca Juga :  Pengertian Limbah, Karakteristik Lengkap Dengan Jenis Contohnya!

Berkat refleksi ini, manusia dapat menggunakannya untuk menghitung kalender berdasarkan bentuk bumi yang terlihat.

Selain itu, bulan juga berperan dalam pasang surutnya air laut yang bisa langsung dimanfaatkan nelayan untuk melaut.

Bulan juga dapat melindungi bumi secara langsung dari meteor yang jatuh. Hal ini disebabkan gaya gravitasi bulan, yang memungkinkan benda asing jatuh langsung ke bumi.

Baca Juga: Pengertian Listosfer: Menurut Para Ahli, Jenis, Struktur, Fungsi


  • Satelit Astronomi

Satelit ini digunakan untuk mengamati planet, bintang, dan berbagai fenomena lain di luar angkasa. Salah satu satelit dengan kemampuan ini adalah satelit Hubble, yang juga digunakan untuk menangkap gambar Nebula Mawar Merah.


  • Satelit Komunikasi

Satelit ini berfungsi sebagai pendukung sistem komunikasi jarak jauh seperti telepon, transmisi data dan internet.

Dengan ini, aktivitas komunikasi jarak jauh bisa berjalan dengan lancar serta berkembang selama ini.

Salah satu provider internet Indonesia bahkan telah meluncurkan satelitnya sendiri.


  • Satelit Cuaca

Seperti yang dijelaskan di awal artikel, satelit ini memantau kondisi cuaca di Bumi.

Masih bisa digunakan untuk memprediksi kondisi cuaca beberapa hari ke depan.

Baa Juga: Pengertian Literasi: Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip!


  • Satelit Navigasi (GPS)

Sistem satelit ini digunakan untuk navigasi atau pembuatan peta. Penggunaan yang paling umum adalah mengaktifkan GPS untuk menunjukkan lokasi kita di peta.

Aplikasi ojek online yang sering kita langganan ketika hendak berpergian juga menggunakan jenis satelit ini untuk pengoperasiannya.


  • Satelit Militer

Satelit ini digunakan untuk berbagai keperluan militer di suatu negara. Biasanya sangat rahasia dan memiliki tingkat keamanan data yang tinggi.


  • Satelit Penelitian Ilmiah

Satelit ini digunakan sebagai penyedia informasi yang mendukung berbagai studi ilmiah seperti informasi meteorologi, studi kondisi tanah, amatir radio dan berbagai studi lain yang memerlukan penginderaan jauh di luar angkasa.

Baca Juga :  Fungsi Gading Gajah: Pengertian dan Cara Membedakan Gading Dengan Tulang!

Baca Juga: Pembahasan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Lengkap!


  • Satelit Kecil

Satelit ini memiliki bentuk paling kecil dibandingkan dengan jenis satelit lainnya. Untuk satelit mini dengan berat antara 500 dan 2000 kg, mikrosatelit antara 10 dan 200 kg dan satelit nano dengan berat kurang dari 10 kg.


Jenis Satelit

  • Satelit Alami

Satelit alam adalah salah satu benda luar angkasa yang sudah ada (bukan buatan manusia) dan mengorbit sebuah planet. Satelit alami bumi adalah bulan. Selama bulan mengelilingi planet bumi, bulan mengalami tiga gerakan sekaligus, yaitu berputar, berputar, bulan mengelilingi bumi dan bulan berputar mengelilingi matahari.


  • Satelit Buatan

Satelit buatan yaoyusalah benda luar angkasa yang dibuat oleh manusia untuk mengorbit sebuah planet yang jika dibuat memiliki jenis dan fungsi tertentu untuk kepentingan manusia. Berikut jenis-jenis satelit berdasarkan fungsinya:

Baca Juga: Pemanasan Global: Faktor Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi!

Satelit navigasi, merupakan jenis satelit buatan yang memiliki fungsi untuk dunia penerbangan dan perkapalan. Satelit navigasi bisa memberikan informasi tentang tmpat pesawat dan kapal yang sedang dalam perjalanan.

Satelit geodesi, jenis satelit buatan yang memiliki fungsi membuat peta bumi dan memperoleh berbagai informasi tentang gravitasi.

Satelit komunikasi yang merupakan salah satu jenis satelit buatan memiliki fungsi dalam dunia komunikasi seperti televisi, telepon, dll.

Satelit meteorologi, sejenis satelit buatan yang memiliki fungsi mempelajari atmosfer bumi guna membuat prakiraan cuaca.

Satelit riset, sejenis satelit buatan yang mempelajari tata surya dan alam semesta, yang lebih luas dan bebas, tanpa dipengaruhi oleh atmosfer. Satelit riset ini mencoba memperoleh berbagai macam data tentang matahari dan bintang-bintang lain guna mengetahui rahasia alam semesta.

Baca Juga :  Fungsi Uterus: Struktur dan Bagiannya?

Satelit militer, salah satu jenis satelit buatan yang memiliki fungsi dalam dunia militer negara, misalnya dalam pengintaian suatu kekuatan dengan menggunakan senjata musuh.

Satelit survei sumber daya alam, yaitu satelit yang digunakan untuk memetakan dan mempelajari berbagai sumber daya alam di bumi untuk kepentingan pertambangan, perikanan, pertanian, dll.


Dampak Penggunaan Satelit di Indonesia

Meskipun perkembangan dan penggunaan satelit secara umum berdampak positif dalam memfasilitasi komunikasi dan informasi di berbagai bidang lain termasuk bisnis dan militer, penggunaan satelit juga dapat berdampak negatif. Diketahui bahwa siaran radio dan televisi serta telepon membutuhkan satelit sebagai media transmisi informasi. Perkembangan satelit Palapa yang terus dilakukan untuk mengatasi berbagai kekurangannya juga berdampak pada perkembangan perangkat komunikasi seperti televisi, radio dan telepon.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 8 Fungsi Satelit: Jenis dan Dampak Penggunaannya Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: