Fungsi CPU: Pengertian, Perusahaan Produsen CPU, Bagian CPU, Komponen da Cara Kerja

Diposting pada

Fungsi CPU: Pengertian, Perusahaan Produsen CPU, Bagian CPU, Komponen da Cara Kerja -CPU adalah bagian penting dari perangkat komputasi. Tanpa CPU, perangkat komputer sama sekali tidak digunakan, meskipun semua perangkat lain (mis. Mouse, keyboard, speaker, monitor, dll.) Dipasang dengan benar. Sebaliknya, perangkat komputasi dapat digunakan tanpa beberapa perangkat lain (seperti speaker, mouse atau keyboard) selama ada perangkat CPU dan perangkat keras penting lainnya.

Bagi akademisi dan praktisi di dunia komputer, istilah CPU tentu saja bukan istilah yang tidak diketahui oleh telinga mereka, tetapi untuk orang normal, terutama mereka yang “GapTek”, istilah CPU tentu bukan istilah yang dikenal.

Nah, bagi Anda yang belum tahu arti fungsi CPU dan CPU, berikut adalah informasi tentang CPU yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu tentang CPU:


Pengertian CPU

CPU atau unit pemrosesan pusat adalah perangkat keras komputer yang memiliki tugas menerima dan menjalankan perintah dan data dari perangkat lunak. Karena merupakan pusat pemrosesan data di komputer, CPU sering disebut sebagai prosesor. Cepat atau lambat, kinerja komputer sangat bergantung pada kualitas dan teknologi CPU yang digunakan.


Fungsi CPU

Berikut adalah beberapa fungsi CPU sebagai berikut:

  • Fungsi Memori

Fungsi memori memungkinkan data disimpan oleh CPU, sehingga seseorang yang menggunakan komputer mungkin memerlukan perangkat untuk penyimpanan permanen.


  • Fungsi Decoding

Fungsi dari decoding yaitu sistem CPU dengan program yang bisa dieksekusi dengan kode instruksi sehingga dapat diterjemahkan pada CPU yang mengenalinya dalam kode biner.

Dengan cara ini, suatu proses diterjemahkan yang dapat menerjemahkan suatu program menjadi bahasa yang dimengerti oleh CPU, sehingga ini juga dapat dilakukan di semua program.


  • Fungsi Eksekusi

Fungsi eksekusi adalah program yang dijalankan oleh CPU dan yang dapat melakukan sesuatu untuk perhitungan dengan komponen CPU.

Kemudian fungsi eksekusi disebut ALU atau Arithmetical Logical Unit, yang bertanggung jawab untuk semua proses komputasi logis pada komputer dan perangkat lain.


  • Fungsi Pengambilan

Fungsi pengambilan adalah istilah yang dapat digunakan dalam komputasi untuk mengambil atau mengambil data sehingga data perangkat komputasi dapat disimpan dengan alamat pada hard disk CPU.

Fungsi fetch kemudian menyerupai data dalam prosesor dalam CPU, yang disusun dalam kumpulan program alamat yang dijalankan pada CPU dengan memasukkan data dalam komponen.


Perusahaan Produsen CPU

  • Intel

Intel adalah produsen CPU terbesar di dunia. Sejauh ini, Intel telah memproduksi CPU untuk berbagai jenis perangkat komputasi, mis. Seperti komputer desktop, notebook, netbook, perangkat seluler (mis. Perangkat seluler dan komputer tablet), komputer server dan beberapa perangkat komputer lainnya.


  • AMD

Berbeda dengan Intel, yang telah menembus pasar untuk CPU komputer dan mobile CPU, AMD sejauh ini (2015) secara khusus hanya memproduksi perangkat CPU untuk komputer.


  • Qualcomm

Sama seperti AMD, Qualcomm hanya memasuki pasar CPU. Perbedaannya adalah bahwa Qualcomm lebih berfokus pada perangkat CPU untuk perangkat seluler (mis., Perangkat seluler dan komputer tablet) ketika AMD berfokus pada perangkat CPU untuk perangkat komputer. Hingga saat ini (2015) Qualcomm adalah produsen CPU mobile terbesar di dunia, yang digunakan oleh hampir semua produsen smartphone (pada perangkat kelas bawah dan menengah).


  • Mediatek

Selain Qualcomm, Mediatek adalah perusahaan lain yang tidak kalah dikenal untuk CPU mobile. Sejauh ini (2015) CPU dari Mediatek juga telah banyak digunakan di smartphone, terutama di smartphone kelas bawah (kelas bawah).


Bagian-bagian CPU

  • Casing

Housing atau juga housing atau fungsi perumahan yang dipanggil untuk mengakomodasi berbagai komponen seperti CPU, motherboard, kartu VGA, kartu audio, hard drive, dll. Selain itu, housing juga berguna untuk melindungi komponen di dalam dari berbagai pengaruh eksternal seperti debu, air, panas atau kontaminan lainnya.

Kasing komputer biasanya terbuat dari besi atau baja (SECC-Steel) yang dilapisi dengan aluminium galvanis, dan beberapa bagian terbuat dari plastik, kaca atau kayu. Beberapa pengguna telah menggunakan Lego di komputer buatannya juga.

Rumah tersedia dalam dimensi yang berbeda, yang pada saat yang sama menjelaskan kompatibilitas dengan komponen yang dapat dijejalkan ke rumah atau disebut sebagai form factos. Beberapa di antaranya adalah form factor ATX, micro ATX, XL ATX dan sebagainya.

Dalam faktor bentuk XL-ATX, housing ini dapat mengakomodasi lebih banyak slot komponen, mis. B. Ruang untuk hingga empat kartu grafis dengan dua slot pendingin, ruang untuk motherboard yang lebih besar, dan dalam beberapa kasus ruang tambahan untuk soket CPU tambahan.

Namun, produksi form factor XL-ATX jarang terjadi, mengingat pangsa pasar sangat kecil.


  • Motherboard (motherboard / Sirkuit)

Papan utama adalah papan utama yang dengannya berbagai komponen input dan output dapat dihubungkan ke komputer. Komponen yang terhubung ke motherboard termasuk prosesor, RAM, hard disk, VGA, slot USB, kartu LAN, TV tuner.

Motherboard juga diproduksi dalam berbagai ukuran dan bentuk, disebut sebagai faktor bentuk komputer. Sebagian besar komputer desktop menggunakan faktor bentuk ATX, yang juga berlaku untuk komputer Macintosh dan SUN.

Motherboard yang digunakan terintegrasi dengan presisi tinggi pada laptop untuk menanamkan sejumlah besar komponen kompak. Karena itu, komponen laptop tidak dapat diperbarui seperti komputer desktop dan menimbulkan biaya perbaikan yang mahal jika salah satu komponen rusak.


  • Memori / RAM

RAM adalah area di komputer yang menyimpan memori atau instruksi pada komputer sementara (memori volatile). Diterjemahkan sebagai memori akses acak karena instruksi yang disimpan dalam RAM dapat dieksekusi dengan cepat dan mudah karena tidak memerlukan pengalamatan atau spesifikasi instruksi seperti memori pada hard drive.

RAM memiliki kecepatan akses memori hingga sepuluh kali lebih tinggi daripada memori lain seperti mis. B. hard drive. Kapasitas yang tersedia di pasaran umumnya berkisar dari 1 GB hingga 8 GB dengan arsitektur terbaru, DDR3.

Fungsi RAM pada komputer umumnya sebagai berikut:

  1. Memori sementara untuk diproses oleh CPU.
  2. Maksimalkan kemampuan multitasking atau gunakan beberapa aplikasi secara bersamaan.
  3. Mempercepat perhitungan instruksi prosesor
  4. Bantu komputer menjalankan aplikasi kaya seperti game dan multimedia.

  • Storage Unit (Unit Penyimpanan Data dan File)

Kami tahu beberapa penyimpanan data di komputer, termasuk hard drive atau hard drive (hard disk drive, HDD). Hard drive adalah komponen yang dapat menyimpan data atau informasi digital menggunakan disk atau perangkat penyimpanan magnetik yang berputar dengan cepat.

Lengan aktuator dapat mengakses data yang digunakan untuk membaca informasi yang disimpan. Selain hard drive, ada juga unit penyimpanan lain yang lebih efisien daripada hard drive, yaitu solid-state drive atau SSD.

Dikenal lebih efisien karena SSD memiliki kepadatan atau kepadatan lebih tinggi, sehingga ukurannya lebih kecil dan konsumsi daya lebih rendah dengan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Kapasitas penyimpanan pada hard disk ditentukan dalam satuan gigabytes atau GB. Banyak laptop atau komputer saat ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 250 GB hingga 1 terabyte dan lebih banyak lagi.

Namun, ketika Anda memeriksa kapasitas, ditentukan bahwa kapasitas yang tidak tersedia tidak memenuhi spesifikasi yang ditentukan karena bagian dari kapasitas tersebut digunakan sebagai sistem penyimpanan.


  • Kartu Grafis/VGA (Visual Graphics Array)

Kartu grafis atau VGA adalah komponen yang menarik perhatian pengguna yang membutuhkan fungsi pemutaran gambar berkualitas tinggi untuk permainan atau mengedit gambar dan video.

Output yang dihasilkan oleh kartu grafis memungkinkan komputer untuk menampilkan video dan gambar dengan kualitas yang lebih cerah dan lebih cepat. Seperti jenis memori lainnya, kekuatan kartu grafis diberikan dalam MB atau GB.

Semakin besar angka yang tercantum dalam spesifikasi ini, semakin baik fungsinya.


  • Optical Disc Drive

Drive optik juga berisi perangkat penyimpanan di komputer atau laptop. Hanya berbeda dari hard drive. Drive optis menggunakan cakram pita elektromagnetik atau cakram yang dapat dibaca menggunakan sinar laser atau gelombang elektronik.

Jenis drive optik termasuk CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW dan disk Blu-Ray. Hard drive tidak hanya digunakan sebagai unit penyimpanan, tetapi juga untuk menjalankan aplikasi. Beberapa juga digunakan di konsol game seperti Sony PlayStation, Microsoft Xbox, Nintendo Wii, dll.

Huruf “R” menunjukkan bahwa hard drive hanya dapat membaca tanpa ditimpa data atau ditimpa. Sementara “RW” atau “Baca dan Tulis” menunjukkan bahwa disk tidak hanya dapat membaca data, tetapi juga menimpa data yang disimpan.

Drive optik memiliki kapasitas penyimpanan data hingga 700 MB pada CD dan 2,4 GB pada DVD, menjadikannya cocok sebagai perangkat cadangan data. Pengguna hanya perlu berhati-hati untuk tidak menggaruk hard drive sehingga data tidak dibaca dari drive optik.


  • Operating System/OS

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai penerjemah instruksi pengguna. Fungsi sistem operasi pada perangkat keras adalah untuk mengatur proses input dan output data dan untuk mengalokasikan memori.

Sistem operasi juga digunakan untuk menjalankan berbagai perangkat lunak lain yang diinstal pada komputer seperti game, pemutar multimedia, kantor, dll. Untuk menginstal program atau aplikasi baru pada komputer, pengguna harus memastikan kompatibilitas atau kompatibilitas antara sistem operasi dan aplikasi yang akan diinstal.

Sistem operasi yang paling umum digunakan pada komputer dan laptop adalah Microsoft Windows, diikuti oleh MacOS dan Linux di posisi kedua dan ketiga.


  • Sound Card

Juga dikenal sebagai Sound card, kartu audio ini memproses data audio, baik analog atau digital, yaitu input sebagai sinyal input dan kemudian diterjemahkan sebagai instruksi yang menghasilkan output gelombang yang menghasilkan sinyal suara dan kemudian dialihkan ke komponen output seperti speaker dan headphone. ,

Secara umum, ada kartu audio terintegrasi atau kartu audio standar dari pabrikan, yang terintegrasi ke motherboard. Namun, jika dianggap perlu, pengguna dapat menambahkan kartu audio eksternal untuk hasil kualitas yang lebih jelas dan lebih baik.

Catu daya berfungsi untuk melanjutkan atau mengalirkan daya ke setiap komponen komputer agar berfungsi.


Komponen CPU

Beberapa komponen CPU terdiri dari:

  • Komponen Unit Kontrol

Unit kontrol yang mengatur aliran program. Komponen ini tentu ada di semua CPU. CPU bertanggung jawab untuk mengendalikan komputer, sehingga sinkronisasi yang terjadi antara komponen bekerja saat menjalankan fungsi pengoperasian. termasuk tanggung jawab unit kontrol adalah menerima perintah dari memori utama dan menentukan jenis perintah.

Jika ada instruksi untuk perbandingan aritmatika atau logis, unit kontrol mengirimkan instruksi ke ALU. Hasil pemrosesan data ditransfer dari unit kontrol ke memori utama untuk disimpan dan waktu ditampilkan ke perangkat output. Tugas unit kontrol ini adalah:

  1. Kelola dan kendalikan perangkat input (input) dan output.
  2. Dapatkan instruksi dari memori utama.
  3. Ambil data dari memori utama (jika perlu) untuk memprosesnya.
  4. Kirim instruksi ke ALU ketika perhitungan aritmatika dan perbandingan logis tersedia dan pantau pekerjaan ALU.
  5. Simpan hasil proses dalam memori utama.

  • Komponen Register

Register adalah unit penyimpanan kecil yang memiliki akses kecepatan relatif tinggi dan digunakan untuk menyimpan data dan / atau instruksi yang sedang diproses. Memori bersifat sementara dan umumnya dipakai untuk menyimpan data selama pemrosesan atau data untuk diproses lebih lanjut.

Demikian pula, register ini dapat dibandingkan dengan memori di otak selama pemrosesan manual, sehingga otak dapat dibandingkan dengan CPU yang mengandung memori, unit kontrol yang mengatur semua aktivitas tubuh dan memiliki ruang untuk perhitungan dan perbandingan logika.


  • Komponen Aritmathic Logic Unit

ALU melakukan operasi aritmatika dan logis berdasarkan instruksi yang diberikan. ALU sering disebut sebagai bahasa mesin karena ALU terdiri dari dua bagian dalam bagian ini, unit aritmatika dan unit logika Boolean, yang masing-masing memiliki spesifikasi pekerjaan sendiri.

Tugas utama ALU adalah untuk melakukan semua perhitungan aritmatika yang dilakukan sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika berdasarkan jumlah, sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut penambah.

Tugas lain ALU adalah membuat keputusan berdasarkan operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logis melibatkan membandingkan dua operan dengan operator logika tertentu yang sama dengan (=), tidak sama dengan (¹), kurang dari (<), kurang dari atau sama dengan (£), lebih besar dari (>), dan lebih banyak yang besar atau sama dengan (³).

SambungkanCPU serta koneksi bus sistem yang menghubungkan komponen CPU internal, yaitu ALU, unit kontrol dan register, dan juga ke bus CPU eksternal yang terhubung ke sistem lain, mis. B. memori utama, perangkat input / output.


  • koneksi CPU

Ini adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen CPU internal seperti ALU, unit kontrol dan register serta bus CPU eksternal yang terhubung ke sistem lain. Seperti memori utama, perangkat input / output.


Cara Kerja CPU

Ketika data / instruksi dimasukkan ke dalam perangkat pemrosesan, mereka pertama kali disimpan di MAA (melalui memori input). Namun, ketika dalam bentuk instruksi yang disimpan dalam memori program oleh unit kontrol, itu adalah bentuk data yang disimpan dalam memori utama.

Ketika register siap untuk menerima pelaksanaan pekerjaan, controller mengambil instruksi dari memori program untuk ditambahkan ke register instruksi sementara alamat memori yang mengandung instruksi disimpan di konter program. Ketika data diterima oleh unit kontrol memori, data disimpan dalam register tujuan umum (dalam hal ini register operan).

Jika pekerjaan dilakukan dengan instruksi yang aritmatika dan logis, ALU mengambil alih operasi yang harus dilakukan berdasarkan set instruksi. Hasilnya disimpan dalam baterai. Ketika hasil pemrosesan selesai, unit kontrol mencatat hasil pemrosesan dalam akumulator untuk mengembalikannya ke memori yang berfungsi.

Ketika keseluruhan konstruksi selesai, unit kontrol mengambil alih proses kerja gudang untuk menempatkannya dalam memori output. Ketika Anda menyimpan output nanti, hasil pemrosesan ditampilkan pada perangkat output.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi CPU: Pengertian, Perusahaan Produsen CPU, Bagian CPU, Komponen da Cara Kerja semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Pengertian Literasi: Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip!

Apa Fungsi Monitor: Pengertian serta Jenis-jenis Monitor lengkap

Fungsi Negara: Dalam Teori, Tujuan Negara, Tujuan Menurut Ahli dan Tujuan serta Fungsi Negara Indonesia

Pegertian Planet: Jenis, Macam, Tata Surya, Pembentukan Matahari!

Fungsi Ram: Pengertian, Bentuk Fisik Ram, Tips Pemilihan Memori, Cara Kerja dan Jenis Ram