Fungsi Notebook: Pengertian, Jenis, Macam-macam Notebook, Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan

Diposting pada

Fungsi Notebook: Pengertian, Jenis, Macam-macam Notebook, Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan -Di zaman sekarang ini  banyak kalangan pelajar, remaja, maupun pengusaha yang  banyak  memanfaatkan  dan Memakai  kecanggihan  teknologi  yang  semakin  melaju  pesat dan membuat banyak orang semakin buta  akan kecanggihan teknologi dan memburu berbagai macam gadget – gadget terbaru. Bagi para pelajar  maupun remaja banyak memakai gadget hanya untuk mengerjakan tugas dari sekolah , menjelajahi  dunia  internet dan untuk sosial media  yang lagi hits saat  ini. Dan bagi Para pengusaha biasanya dipakai untuk memajukan usahanya, sarana presentasi, dan berhubungan dengan rekan kerja memalui internet.

kali ini kami akan membahas fungsi pengertian jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan notebook.


Fungsi Notebook

Fungsi dari notebook yaitu memberi kemudahan bagi pengguna komputer untuk mengerjakan tugas dimana saja serta memberikan kemudahan dalam memindahkan perangkat tersebut sebab ukurannya diperkecil dari ukuran komputer sehingga lebih mudah ketika ada pekerjaan di tempat terbuka.


Pengertian Notebook

Notebook merupakan seperangkat komputer jinjing yang secara portabel bisa berpindah yang mempunya baterai untuk menyimpan daya dan menghidupkan perangkat notebook dimanapun dan kapanpun saja.


Jenis-jenis Notebook

Notebook hampir mirip dengan PC yaitu tidak mempunyai jenis -jenis khusus, bentuk dan teknologinya. Tetapi ada juga notebook dengan model setengah dari PC yang disebut dengan dekstop notebook. Dekstop tidak memakai baterai internal seperti notebook, namun memakai baterai external untuk alat penyeimbang daya saat tidak tersambung ke arus listrik melalui changer. Deksnote masih Memakai tipe RAM seperti halnya RAM PC.

Notebook bisa dibedakan berdasarkan pemakayannya serta masing-masing manufaktur terkenal sudah menyertakan fasilitas-fasilitas yang cukup untuk mendukung pekerjaan user-nya, semuanya akan kita bahas sebagai berikut :


  • Multimedia

Biasanya para musisi sangat dianjurkan untuk memakai multimedia yang mempunyai keunggulan pada kapasitas VGA, RAM dan Processor yang handal.


  • Operasi Perkantoran

Jenis notebook yang satu ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang bekerja di kantor atau perusahaan yang tidak membutuhkan notebook jenis tertentu. Hal terpenting bagi kalangan ini yaitu notebook bisa menunjang kinerja mereka dalam hal kecepatan memproses data, koneksi ke internet, ataupun presentasi.

Bisa dilihat dari pemanfaatan serta bentuknya, Bagi orang-orang yang bekerja dikantor bisa memilih notebook dengan ukuran layar 14, 15 dan 17 inche sebab lebih berguna untuk keperluan bisnis. Kelengkapan port pun sangat diperlukan untuk mengkoneksikan ke berbagai peralatan output/periferal lainnya misalnya, LCD proyektor, printer, dan handphone.


  • Lifestyle dan Travelling

Jenis ini biasanya lebih pas untuk anak muda yang menyukai desain yang keren, dengan spesifikasi yang tinggi untuk aplikasi permainan.

Sedangkan bagi orang-orang yang sering pergi lebih suka dengan notebook yang simpel, ringan, layar yang kecil dengan kisaran ukuran 11 dan 12 Inche, sehingga mudah untuk dibawa untuk dimasukkan kedalam tas atau diantara tumpukan pakaiaan tanpa harus Memakai tas tambahan yang tentu sangat merepotkan user.


Macam-macam Merek Notebook dan Keunggulan serta Kelemahan

  • Acer

Kelebihan :

  1. mempunyai konsep desain yang baik, ada banyak pilihan warna dalam produk.
  2. Harga yang diberikan merupakan yang termurah di antara laptop bermerek lain.
  3. mempunyai service support yang bisa memperbaiki semua kerusakan laptop dalam masa garansi , memperbaiki sepenuhnya dalam waktu singkat (berlaku untuk garansi resmi).

Kelemahan  :

  1. Ketahanan Casing sangat lemah.
  2. Panel LCD mudah retak.
  3. Keyboard berkualitas .

  • Axioo

Keunggulan :

  1. Memilik desain  laptop  yang  tipis  dan  warna cat yang tahan lama.
  2. Produk lokal terbaik di kelasnya (dalam negeri).
  3. mempunyai harga yang  lebih rendah  daripada vendor lainnya yang mempunyai kesamaan spesifikasi.

Kelemahan :

  1. Setelah tahun pertama, baterai akan mengalami penurunan drastis (hanya bisa dipakai hingga setengah jam saja).
  2. CD Writer yang mudah rusak.
  3. Kadang-kadang layar akan mengalami blank  saat digerakkan saat melakukan  pengoperasian , sehingga  perlu  direstart untuk mengaktifkan / menghidupkan kembali.
  4. Fasilitas Wi-fi bisa bermasalah dengan ditandai Windows  tidak bisa menemukan sinyal melalui Wireless LAN driver bawaan.
  5. Charger mengalami overheating selama penggunaan.
  6. Kondisi overheating juga terjadi di daerah sebelah mouse pad. Dalam beberapa kasus panas yang  ekstrim menemukan bahwa hal itu mengganggu aktivitas mengetik.

  • Dell

Keunggulan :

  1. Kesan kuat dan kokoh sudah terlihat saat  tampilannya dengan Memakai casing dengan bahan Cromonium.
  2. Bagi pengguna Open Source Linux OS seperti Ubuntu akan terbantu sebab beberapa laptop mempunyai OS yang telah diinstal.
  3. Harga laptop yang rata-rata terjangkau
  4. Layanan khusus Service Center bisa kalian hubungi teknisi untuk datang ke rumah dan proses perbaikan laptop bisa dilakukan di tempat di rumah kita.

Kelemahan :

  1. Pusat Service Center kantor yang ada  di Indonesia tidak merata.
  2. Beberapa seri notebook atau netbook membawa pola desain kaku sehingga tersirat arti ( makna ) dari laptop itu diperuntukkan bagi para pekerja kantoran.

  • Sony

Keunggulan :

  1. Layar LCD yang sempurna.
  2. Desain model yang dibuat unik, tidak seperti pada laptop  kebanyakan.
  3. Banyak software  tambahan yang  tidak berguna.
  4. Pemberian nama produk yang jelas dan membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi antara seri dengan seri lainnya secara akurat.

Kelemahan :

  1. Jarang memberi garansi resmi di Indonesia, yang ada rata-rata melalui  distributor .
  2. Harga produk sangat mahal.
  3. Jasa layanan atau servis  yang mahal.
  4. Konstruksi produk yang  sangat rentan terhadap kerusakan bila  dibandingkan dengan vendor lain di kelasnya.

  • Toshiba

Keunggulan :

  1. Merek laptop terkemuka di Indonesia, dengan harga jual kembali stabil.
  2. Produk yang mudah dicari dan untuk menemukan serta suku cadang dan service center yang mudah .
  3. Dilengkapi LCD dengan kualitas yang sangat baik.
  4. Konsep konstruksi yang kokoh, bahkan di beberapa seri ada pelindung HDD sehingga ketika mereka jatuh, tidak ada kerusakan.

Kelemahan:

  1. Konsep desain yang agak lama ( jadul ), dan tidak mengikuti perkembangan zaman.
  2. Harga Produk yang mahal.
  3. Pemberian nama produk yang tidak  jelas atau tidak akurat sehingga sering keliru / bingung, dan juga terlalu cepat mengeluarkan produk-produk baru.

  • Samsung

Keunggulan :

  1. mempunyai Layar yang  terang dan jelas mengungguli merek lain.
  2. Komponen yang berkualitas  baik dengan 80 persen merupakan bahan itu sendiri membuat laptop ini jarang  men bisa keluhan dari para penggunanya.
  3. Dengan “Battery Life Extender”, netbook / notebook Samsung ini mempunyai daya baterai yang luar biasa.
  4. Desain tampak cocok untuk para remaja atau muda mudi untuk tampil menarik dan bergaya.
  5. Memudahkan waktu garansi sebab banyaknya service center di Indonesia.
  6. Aplikasi tambahan yang mempunyai banyak kegunaan dan manfaat.
  7. Memberi “Fast Start” sehingga kecepatan pemrosesan data sangat fantastis.

Kelemahan :

  1. Distribusi produk sering tidak merata dan terhambat.
  2. Tidak disertai dengan webcam master / driver pada  paketnya  sehingga harus menemukan / mencari sendiri.

  • Lenovo

Keunggulan :

  1. Vendor perwakilan (respresentatif) dari IBM, sebuah perusahaan komputer yang telah berpengalaman selama puluhan tahun.
  2. Harga laptop harga terjangkau.
  3. Beberapa produk seperti Thinkpad merupakan laptop yang tahan air.
  4. Kelemahan:
  5. mempunyai Tampilan body/ chassis yang buruk pada produk seri Z.
  6. Tidak meratanya  Service Center sehingga membuat konsumen kesulitan untuk mengurus garansi.

  • Asus

Keunggulan :

  1. Vendor yang  sudah ada sejak zaman PC (komputer portabel) menjadi populer, sehingga tidak perlu diragukan lagi dalam urusan teknologi.
  2. Motherboard yang tangguh dalam setiap produk.
  3. Harga ekonomis untuk bisa  fitur-fitur  yang berkualitas sejajar dengan netbook / notebook lain di kelasnya.
  4. Merek laptop yang dikenal sebagai yang paling memenuhi syarat untuk bermain game. Hanya dengan VGA sebagai ATI Radeon serta Nvidia GForce,yang  sangat pas untuk para gamer.
  5. Masa garansi selama 2 (dua) tahun, menjadikannya laptop dengan waktu garansi terpanjang antara vendor lain.

Kelemahan :

  1. Terlalu cepat meriris produk notebook terbaru dengan dengan spesifikasi  lebih tinggi  namundengan  harga yang  lebih murah dari produk sebelumnya. Suatu kondisi  yang menyebabkan para pengguna yang telah membeli produk sebelumnya merasa kecewa dan menyesal.
  2. Di beberapa daerah, Asus tidak mempunyai jumlah pusat layanan yang cukup. Yang akhirnya Sering mengakibatkan terjadinya penumpukan barang servisan garansi, jadi ketika ada masalah atau kerusakan, Anda harus terlebih dahulu antri dan bisa memakan waktu beberapa bulan.
  3. Tidak disertai dengan Softcase dalam produk netbooknya .
  4. Seri yang ke12″ sering terjadi kesalahan dalam touchpad serta kasus yang lainnya pada seri K43u AMD E350 kesalahan atau eror pada hard drive (sering pengguna tidak tahu dan kebanyakan hanya pihak-pihak  penjual yang  tahu saat  memeriksa daftar / spesifikasi barang sebelum diberikan kepada pembeli).

  • Apple

Keunggulan :

    Kelebihan netbook atau   notebook  Apple yang paling menonjol merupakan dalam hal prestise dan desain konsep. Siapapun pasti akan terlihat lebih baik kepada orang-orang yang Memakai laptop ini, terutama di Indonesia

  1. Trackpad dengan ukuran besar yang bisa menjamin kenyamanan saat dipakai.
  2. Pemakaian Mac OS untuk sistem operasi, yang sering disebut user friendly dan mudah dioperasikan jika disamakan dengan OS lainnya (menurut pihak Apple sendiri).
  3. LCD dengan resolusi tinggi yang membuat mata terasa nyaman .
  4. Keyboard dan layar LCD yang Memakai metode pencahayaan otomatis yang bisa menyesuaikan / beradaptasi dengan keadaan sekitar.
  5. Semua komponen yang telah menerapkan konsep produk ramah lingkungan pada laptop Apple,  sebab terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang sehingga akan ramah lingkungan.

Kelemahan:

  1. Untuk pengguna khususnya Indonesia yang akrab dengan Sistem Operasi Windows akan sedikit kesulitan dengan operasi Mac OS yang tidak banyak orang mengenalnya.
  2. Harga sangat mahal bila dikaitkan dengan fitur di dalamnya yang mirip dengan merek lain yang mempunyai harga yang lebih terjangkau.
  3. Service Center sangat terbatas, hanya ada di kota-kota besar.

Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook

Meskipun saat ini sering disebut laptop atau notebook secara bergantian dan tidak ada orang menyalahkan, tetapi sebaiknya kita ketahui juga pengertian dan perbedaan yang mendasar pada ketiganya.

  • Laptop

Sejarahnya laptop diciptakan untuk mewakili kinerja komputer desktop. Desainnya dirancang supaya bisa dipakai di atas pangkuan dan bisa dipindah-pindah. Sebagai pengganti PC, maka jenis gadget yang namanya berasal dari kata lap and top ini biasanya mempunyai spesifikasi tinggi dan komponen lengkap.

Kelengkapan komponen misalnya mempunyai DVD ROM yang menyatu dengan body. Tidak hanya itu layarnya lebar supaya lega, berkisar antara 12-18 inch. Kondisi seperti ini laptop biasanya bentuknya besar dan cenderung lebih tebal dibanding notebook apalagi netbook.


  • Notebook

Pengertian notebook sebenarnya tidak jauh beda dengan laptop. Makanya tidak heran beberapa orang mengira keduanya sama, satu benda, dan soal nama bisa untuk saling penyebutan satu sama lain secara bergantian. Apakah benar seperti itu?

Kenyataannya memang seperti itu. Spesifikasi untuk bisa disebut notebook hampir sama dengan laptop. Ukuran layar monitor juga sama, 12-18 inch. Satu-satunya pembeda antara keduanya merupakan laptop mempunyai DVD ROM, sedangkan notebook tidak. Tidak adanya komponen tersebut  akan menjadikan notebook ber-body tipis.


  • Netbook

Berbagai laptop, notebook serta netbook, nama yang terakhir yang paling mudah diketahui perbedaannya. Kita tidak perlu membandingkan spesifikasi, cukup dilihat dari ukuran layar pun sudah tampak ketidaksamaannya. Bia laptop dan notebook berukuran 12 sampai 18 inci, namun netbook Cuma memiliki ukueran 7 sampai 12 inci saja.

Bila tetap mau mwnyamakan  komponen hardware serta spesifikasi netbook sudah jelas di bawah notebook dan laptop. Pertama, netbook jelas tidak mempunyai DVD ROM. Kedua, tidak dibekali spesifikasi handal sehingga hanya nyaman dipakai untuk mengetik, nonton video, mendengarkan musik, dan main game ringan.

Walupun terlihat sederhana, netbook mempunyai keterbatasan dan kekurangan dimnan-mana, namun sebenarnya ada sisi lain netbook yang bisa dibilang lebih baik dibanding notebook ataupun laptop. Yaitu daya tahan baterai netbook durasinya lebih awet. Tidak hanya itu sebab alasan di atas dan minimnya peminat, menjadikan harga netbook relatif murah.


Kelebihan dan Kekurangan Notebook

  • Kelebihan Notebook

Kelebihan Notebook saat ini bisa dilihat melalui kinerja notebook. Notebook masa ini ataupun yang terbaru bisa menjalankan aplikasi office,menonton film dengan resolusi tinggi bahkan memainkan game 3D terbaru.

Tidak hanya itu notebook juga mempunyai berbagai spesifikasi. Mulai banyak spesifikasi- spesifikasi yang ditawarkan, sehingga kadang- kadang malah membuat bingung bila anda berminat ingin membelinya.


  • Kelemahan Notebook

Secanggih apapun suatu peralatan teknologi tetap saja mempunyai kekurangan. Dengan Kinerja yang tinggi, untuk pemakaian diluar ruangan notebook sangat haus daya yang mengakibatkan daya tahan baterai kurang maksimal.

Sama dengan smartphone, baterai pada notebook juga memerlukan tenaga listrik di charge ketika dipaka.

Bila hanya mengandalkan baterai standar kemungkinan notebook hanya bisa bertahan sekitar 1 atau 2 jam. Dan juga notebook tidak mempunyai tempat untuk meletakkan CD ROOM seperti pada laptop.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Notebook: Pengertian, Jenis, Macam-macam Notebook, Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Pengertian Legenda: Menurut Para Ahli, Struktur, Jenis dan Ciri

10 Panduan Lengkap Fungsi Musik serta Manfaat Dari Musik

HIV AIDS: Gejala, Pengebab, Pencegahan, Penyebaran, Pengobatan!

4 Pengertian Komik: Ciri, Jenis, Pembagian, Kesimpulan!

4 Pengertian Biaya Produksi: Jenis, Unsur, dan Tujuan!