Fungsi Hati

12 Fungsi Hati dan Cara Merawatnya yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

12 Fungsi Hati dan Cara Merawatnya yang Harus Anda Ketahui – Beberapa orang sehat mungkin tidak tahu apa yang dilakukan hati atau hati untuk kesehatan secara umum. Beberapa fungsi hati termasuk menghancurkan racun dalam darah, membuat protein, dan membantu proses pencernaan. Hanya ketika hati sakit barulah mereka menyadari pentingnya organ ini.

Jangan menunggu sampai hati Anda sakit untuk menyadari betapa pentingnya organ ini. Hati memiliki banyak fungsi penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup.

Hati, atau hati, adalah kelenjar terbesar di tubuh. Pada orang dewasa, berat hati rata-rata 1,4 kilogram. Organ berwarna merah kecokelatan ini terletak di rongga perut kanan atas, tepat di bawah diafragma dan di sebelah kanan perut. Biasanya Anda tidak dapat merasakan organ ini karena dilindungi oleh tulang rusuk Anda. Di bawah hati adalah kantong empedu dan bagian dari pankreas dan usus.

Saat hati bermasalah, organ di sekitarnya juga bisa terganggu. Misalnya radang dan infeksi bilier.

Jika Anda penasaran dengan cara kerja liver, bertani.co.id telah merangkumnya sebagai berikut:


Hati bertindak sebagai penangkal racun. Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari bisa mengandung racun yang nantinya akan membahayakan tubuh kita. Fungsi sehari-hari sebagai penawar segala sesuatu yang kita konsumsi dan apa yang dicerna oleh tubuh tidak berarti bahwa hati dapat menghilangkan racun dalam tubuh, hanya saja hati digunakan untuk meminimalkan racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk menghilangkan racun kita sendiri, kita harus pintar-pintar menjaga asupan makanan.

Baca Juga: Apa Itu Fungsi Mulut: Pengertian, Bagian Mulut, Struktur, Fungsi Rongga Mulut Dan Gangguan Mulut


  • Menyimpan Kadar Gula Darah

Glikogen atau biasa dikenal dengan kadar gula darah merupakan sumber energi yang dapat mendorong kita untuk lebih aktif dalam beraktivitas. Saat kita kekurangan kadar gula darah ini, tubuh akan selalu mengalami kelelahan dan lemas. Fungsi hati juga untuk menyimpan kadar gula darah ketika kadar gula di hati itu terlalu tinggi, yang dikeluarkan dari waktu ke waktu.


  • Sekresi Birubilin

Birubilin sendiri berperan di sini sebagai pewarna untuk feses dan urine. Ini bisa menentukan kesehatan jantung kita. Sebelum digunakan untuk pewarna, birubiline sendiri harus mampu memecah senyawa berbahaya dari sel darah merah yang harus segera dikeluarkan baik melalui feses maupun dalam urine.

Baca Juga: Apa Itu Fungsi Tulang Leher: Jenis Penyakit dan Prosedurnya


  • Menyimpan Vitamin dan Mineral

Fungsi hati selanjutnya adalah menyimpan kelebihan vitamin dan mineral. Ketika kekurangan, hati melepaskan apa yang dibutuhkan tubuh. Vitamin yang disimpan di hati adalah vitamin A, D, E, K dan B12 yang larut dalam lemak.


  • Pembentukan Sel Darah Merah

Fungsi hati lainnya adalah produksi sel darah merah. Sel darah merah ini rusak dalam beberapa bulan, sehingga hati dibutuhkan untuk membuat sel darah merah baru.


  • Sistem Antibodi

Selain menampung racun, hati berperan sebagai pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan suatu mekanisme pertahanan yang biasa disebut dengan sel Kupffer atau sistem makrofag. Mekanisme ini digunakan untuk melawan bakteri atau virus yang secara efektif dapat bersarang di tubuh manusia. Hati bukan hanya antibodi, tetapi juga sistem kekebalan yang sangat efektif bagi manusia.

Baca Juga: Fungsi Ginjal


  • Mengontrol Sirkulasi Tubuh

Fungsi hati lainnya dalam tubuh manusia adalah untuk mengontrol sirkulasi tubuh manusia.


  • Membuat Protein Flasma

Fungsi hati manusia selanjutnya adalah membuat protein plasma yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.


  • Menyempurnakan Eritrosit

Fungsi hati lainnya adalah memperbaiki sel darah merah yang sering disebut eritrosit. Untuk menyempurnakan eritrosit dengan bantuan beberapa zat, uang bisa membantu yaitu Hermatin.


  • Menyimpan Glikogen

Fungsi hati selanjutnya adalah menyimpan glikogen atau sering disebut sebagai gula otot. Gula otot bisa terjadi karena perubahan antara glukosa itu sendiri. Glukosa disebabkan oleh hormon insulin, sehingga hati juga digunakan untuk mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Fungsi Darah


  • Menghindari Penggumpalan Darah

Fungsi hati yang lain adalah mencegah penggumpalan darah melalui proses atau metode pembuangan protrombin dan fibrinogen.


  • Menghasilkan Cairan Empedu

Fungsi hati dalam hal ini adalah membantu empedu memproduksi empedu. Empedu ini terbuat dari sel darah merah di tubuh manusia dan diproses di hati manusia. Empedu dalam tubuh manusia juga memiliki fungsinya sendiri yaitu mengemulsi lemak dalam makanan.

Baca Juga: Fungsi Protein


Cara Merawat Hati

  • Menjaga Pola Makan dan Kesehatan

Perbanyak makanan bergizi, buah dan sayur. Kurangi makanan yang tinggi racun, seperti makanan berlemak atau makanan aromatik lainnya.

Untuk menjaga kesehatan hati, kurangi konsumsi obat yang dapat menghambat atau bahkan merusak fungsi hati. Alkohol juga dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi terlalu banyak. Untuk mengetahui bahwa liver kita bekerja dengan baik tanpa ada tanda-tanda penyakit, hal itu diketahui melalui urine. Jika urine berubah menjadi kuning, itu adalah indikasi pola hidup kita yang salah yang dapat mengakibatkan terganggunya fungsi hati kita.

Baca Juga: Fungsi Sel Tumbuhan


  • Melakukan Pemeriksaan Hati

Untuk mengetahui kondisi liver kita, atau liver apa saja selain urine, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan liver untuk hasil yang lebih akurat. Untuk mengetahui jenis-jenis penyakit yang ada di tubuh kita membutuhkan sampel darah kita untuk dilakukan pemeriksaan. Senyawa berikut ini dapat diuji untuk membantu kita merawat hati selanjutnya:


  1. albumin

Merupakan protein utama yang diproduksi oleh hati dan kemudian masuk ke aliran darah. Kekurangan albumin ini bisa disebabkan oleh malnutrisi. Jadi perbanyak jumlah makanan bergizi untuk mendukung senyawa albumin.


  1. Birubilin

Senyawa yang dibuat oleh hemoglobin, senyawa yang memberi warna pada urin dan feses, serta empedu, yang berwarna kehijauan. Birubilin berlebih ini menyebabkan jaudin, yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang terlalu banyak dalam jangka panjang. Kurangi konsumsi alkohol sebagai pengobatan untuk menghindari penyakit kuning yang disebabkan oleh kelebihan birubilin.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 12 Fungsi Hati dan Cara Merawatnya yang Harus Anda Ketahui semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: