Fungsi Softwere

Apa Fungsi Software, Manfaat dan jenisnya?

Diposting pada

Apa Fungsi Software, Manfaat dan jenisnya? – Pesatnya perkembangan teknologi software komputer mendorong masyarakat untuk berkreasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi software ini untuk berbagai keperluan. Dalam dunia bisnis, teknologi perangkat lunak komputer digunakan untuk pengolahan data, termasuk pengolah kata,

Penyimpanan data (pengisian) dan pengolahan data numerik sehubungan dengan tugas kantor. Selain mengolah kata dan angka, hampir semua perangkat telah dimasukkan ke dalam teknologi perangkat lunak komputer. Mulai dari mainan anak-anak, kamera digital, handphone, entertainment, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fitur, kelebihan dan jenis software. Agae tidak bagus. Yuk baca artikel berikut ini baik-baik.


Fungsi Software

Perangkat lunak ini juga memiliki beberapa fitur yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah fungsi utama perangkat lunak:

  • Menyediakan fungsi dasar komputer agar dapat dioperasikan. Misalnya, ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung komputer.
  • Kelola semua perangkat keras di komputer untuk membuatnya bekerja pada waktu yang sama.
  • Menjadi penghubung antara software lain dengan hardware yang ada di komputer.
  • Software (perangkat lunak) juga berperan sebagai penerjemah instruksi perangkat lunak lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dipahami oleh perangkat keras.
  • Perangkat juga dapat mengidentifikasi program yang ada di komputer.

 Manfaat Software

Selain fungsi, software juga menawarkan keuntungan yang sangat berharga bagi masyarakat atau beberapa perusahaan, salah satunya menggunakan software development sebagai sumber pendapatan atau penghasilan.

Dari segi persyaratan, perangkat lunak komersial dapat dibagi menjadi tiga bidang, termasuk berikut ini.


  • Software Sebagai Produk

Membuat software atau software untuk dijual kepada individu atau perusahaan yang membutuhkan fasilitas dari software tersebut.

Beberapa contoh hasil software sebagai produk adalah:

  1. Sistem kasir.
  2. Sistem pos (tempat penjualan).
  3. Sistem keuangan.
  4. Aplikasi perpustakaan.
  5. Kalkulator.

  • Software Sebagai Bisnis

Selanjutnya adalah manfaat perangkat lunak sebagai bisnis, yang dapat diartikan melalui penggunaan perangkat lunak untuk menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan di seluruh lini bisnis.

Dengan mengandalkan sistem untuk membayar lisensi atau sewa guna layanan atau layanan perangkat lunak yang disediakan pihak lain.


  • Software Sebagai Proyek

Software (software) yang dikerjakan seseorang atau perusahaan untuk digunakan sebagai proyek untuk menghasilkan pendapatan. Proyek ini hanya ada atas permintaan pembeli. Dan ketika perangkat lunak berhasil dibuat, secara otomatis menjadi milik pembeli.


Jenis-Jenis Software

Seiring dengan kemajuan teknologi, software berkembang cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya software yang beredar saat ini, baik yang berlisensi maupun yang gratis. Menurut fungsinya, software terbagi menjadi:


  • Sistem Operasi

Dalam bahasa Inggris disebut sistem operasi dan sering disingkat sistem operasi. Keberadaan di komputer sangat penting karena pengguna tanpa sistem operasi hanya dapat menjalankan dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk booting.

Sistem operasi adalah perangkat lunak kompleks yang memiliki banyak fungsi, antara lain: mengelola semua perangkat keras yang dibangun ke dalam CPU, memberikan instruksi kepada prosesor untuk menangani permintaan pengguna, mengelola semua proses yang terjadi di dalam CPU, dan menjadi terlalu platform untuk aplikasi perangkat lunak.

Sistem operasi menjamin bahwa perangkat lunak yang berbeda dapat menjalankan tugasnya masing-masing tanpa mengganggu satu sama lain. Di sini Anda dapat melihat kemampuan untuk mengelola penjadwalan, dengan setiap aplikasi yang bersamaan diberikan cukup waktu untuk menggunakan CPU.

Biasanya sistem operasi hanya mengizinkan perangkat lunak untuk menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu. Namun, ada beberapa yang menjadi sistem operasi multitasking atau memungkinkan beberapa aplikasi berjalan pada waktu yang bersamaan. Tidak perlu berlama-lama.

Berikut beberapa jenis sistem operasi yang paling umum digunakan di seluruh dunia saat ini:


  1. Microsoft Windows

Microsoft Windows

Sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft Corporation menggunakan antarmuka berbasis antarmuka pengguna grafis (GUI). Versi pertama dari sistem operasi ini adalah Windows Graphic Environment 1.0 sedangkan versi terbaru adalah Windows 10.

Microsoft Windows memiliki banyak keuntungan termasuk kemudahan penggunaan, instalasi aplikasi yang lebih mudah, banyak dukungan driver, dan banyak lagi. Namun, harga lisensi Windows cukup tinggi dan sistem keamanannya belum optimal.


  1. UNIX

UNIX

UNIX adalah salah satu produk dari Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Penamaan sistem operasi, tempat AT & T (American Telephone and Telegraph), GE (General Electric) dan MIT (Massachusetts Institute of Technology) dari proyek Multics (Multiplexed Information and Computing Service) bekerja sejak 1965 dan seterusnya, diberikan oleh Peter menyarankan Neuman.

UNIX dirancang untuk menjadi sistem operasi portabel multi-tugas dan multi-pengguna (yang dapat dioperasikan oleh banyak pengguna). UNIX dikembangkan dalam bahasa C dan karena itu memiliki kemiripan dengan DOS. UNIX juga merupakan sistem operasi yang aman karena direktori, file, pengguna, dan grup harus memiliki izinnya sendiri untuk mengaksesnya. Berkat dukungan proyek GNU, UNIX berkembang menjadi LINUX.


  1. Macintosh Operating System

Macintosh Operating System

Juga dikenal sebagai Mac OS karena dirancang khusus untuk komputer Macintosh. Sistem operasi pertama yang menggunakan GUI ini diluncurkan pada tahun 1984. Mac OS sangat cocok untuk pengguna yang mengutamakan eye candy.

Selain itu, tingkat keamanan Macintosh sangat tinggi dan virus sulit ditembus. Namun, bisa dibilang Mac OS paling baik untuk desainer grafis dan kurang cocok jika digunakan hanya sebagai aplikasi server dan untuk gaming.


  1. Linux

Linux

Dari segi penggunaan, sistem operasi turunan dari UNIX ini sangat populer di kalangan pengguna. Dalam dunia pemasarannya sendiri, Linux bersaing ketat dengan Microsoft Windows dan Macintosh. Seperti ibunya, Linux juga dijalankan dari satu atau lebih antarmuka baris perintah (CLI), yang berbasis teks dan memiliki antarmuka pengguna grafis (versi desktop standar).

Linux adalah open source, juga dikenal sebagai gratis dan mudah digunakan. Linux stabil bahkan untuk penggunaan jangka panjang dan tidak mudah terinfeksi virus. Namun, banyak pengguna yang tidak terbiasa dengan sistem operasi. Selain itu, proses instalasinya tidak sesederhana dengan Microsoft Windows.


  • Software Pengolah Kata

Seperti namanya, program atau aplikasi ini digunakan untuk menulis. Beberapa contohnya adalah:

  1. Lotus Word Pro

Aplikasi yang dibuat oleh International Business Machine (IBM) ini memiliki kelebihan yaitu file dapat dibuka dan diedit dengan Microsoft Word. Lotus Word Pro juga memiliki pencari menu bermanfaat yang dapat Anda gunakan untuk menemukan instruksi yang sempurna untuk Microsoft Word dan Word.


  1. OpenOffice Writer

Aplikasi berlisensi gratis (freeware) ini bersifat lintas platform dan dapat dijalankan di berbagai sistem operasi mulai dari Windows, Linux, Unix, Mac OS dan Solaris. Fiturnya mirip dengan Microsoft Word, jadi pengguna baru tidak akan kesulitan menggunakannya. Data yang dibuat dengan OpenOffice Writer juga dapat dibuka dan diedit di Microsoft Word dan sebaliknya.


  1. OpenOffice Writer

Mirip dengan OpenOffice Writer, program ini juga lintas platform. Star Office Writer dapat mengonversi file dari Microsoft Word dan Word Perfect. Selain itu, ada banyak contoh memo, surat, fax, resume, dan dokumen.


  1. Corel Wordperfect

Keuntungan dari aplikasi WordPerfect adalah harganya yang lebih murah dari Microsoft Word. Corel Wordperfect juga dapat membaca file dari program. Kerugiannya, bagaimanapun, adalah bahwa spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi diperlukan, setidaknya Pentium III dengan memori 128 MB.


  1. Microsoft Word

Anda pasti sudah familiar dengan aplikasi yang diterbitkan oleh Microsoft Corporation ini. Microsoft Word biasanya dibundel dengan program Microsoft Office lainnya seperti Excel, PowerPoint, dll.

Microsoft Word memiliki banyak manfaat mulai dari kemudahan penggunaan (mudah digunakan) hingga fungsionalitas penuh serta dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen termasuk buku, surat, publikasi dan gambar sederhana. Namun, perangkat lunak Microsoft Word untuk komputer harus diinstal. Pengguna juga harus membayar lisensi yang tidak murah.


  • Software Pengolah Angka

Program ini digunakan untuk melakukan segala hal yang berhubungan dengan angka atau perhitungan. Program ini dapat menemukan jawaban atas rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Berikut beberapa contoh aplikasi spreadsheet populer:


  1. Kspread

Aplikasi untuk memproses nomor adalah open source dan multiplatform. Kspread memiliki tampilan dengan menu dan navigasi yang memudahkan penggunaan. Keunggulan lainnya adalah Kspread dapat mengurutkan angka, melakukan perhitungan dengan lebih dari 100 fungsi dan memuat banyak lembar kerja dan tabel ke dalam satu dokumen.


  1. Star Office Calc

Mirip dengan Kspread, program yang dibuat oleh Sun Micro System bersifat lintas platform. Star Office Calc dapat mengenali dan mengklarifikasi data pada lembar kerja yang perlu diterjemahkan ke dalam grafik. Star Office Calc juga dapat mengonversi file menjadi dokumen Excel.


  1. OpenOffice Calc

Software lain yang bersifat open source dan multiplatform, berguna untuk mengolah angka. OpenOffice Calc adalah aplikasi freeware yang dapat digunakan siapa saja untuk menginstal dan menjalankannya tanpa membayar lisensi. OpenOffice Calc memiliki antarmuka pengguna yang mirip dengan Microsoft Excel, terutama penempatan menu dan toolbar.


  1. Lotus 123

Lotus 123 masih satu keluarga dengan Lotus Word Pro. Keunggulannya, Lotus 123 memiliki fungsi lengkap dan dapat bertukar dokumen dengan Microsoft Excel.


  1. Microsoft Excel

Aplikasi ini, yang merupakan paket dengan Microsoft Word, terlihat mudah digunakan dan dilengkapi dengan menu dan fungsi standar yang diperlukan untuk memproses angka. Karena ini shareware, pengguna harus membayar lisensi untuk menjalankannya.


  1. Software Antivirus

Sering disebut sebagai perangkat lunak perlindungan virus, aplikasi ini bertindak sebagai pendeteksi dan penghapus virus dari sistem komputer. Antivirus dapat menentukan apakah PC telah terinfeksi virus atau tidak. Secara umum, perangkat lunak ini akan memindai semua file yang diakses, terlepas dari apakah file tersebut telah dibuka, disimpan, atau dimodifikasi.

Selain kedua fungsi tersebut, Antivirus juga memberikan perlindungan dan keamanan data di komputer dari serangan virus. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir saat ingin menyimpan file penting mereka. Ada beberapa program antivirus yang sering digunakan pengguna, seperti: B. Smadav, AVG, Avira, BitDefender, Norton, McAfee Secure dan lain-lain.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi Software, Manfaat dan jenisnya? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: