fungsi processor

Fungsi Processor Adalah: Cara Kerja, Jenis dan Bagiannya!!

Diposting pada

Fungsi Processor Adalah: Cara Kerja, Jenis dan Bagiannya!! – Saya yakin semua pengguna komputer setia sudah paham dan tahu apa itu prosesor. Prosesor adalah bagian terpenting dari sejumlah komputer karena komputer tidak dapat berjalan atau beroperasi tanpa prosesor, atau tidak digunakan sama sekali.

Prosesor merupakan otak dari komputer sehingga sangat penting dan perlu kehati-hatian saat memilih komputer. Salah satunya adalah mengetahui prosesor yang digunakan pada komputer. Kali ini kita akan menggali sedikit fitur dari prosesor itu sendiri untuk membantu sobat yang belum memahaminya.


Fungsi Processor

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari processor, terdiri atas:

  • Mengolah Semua Informasi Yang Ada di Komputer Anda

Fungsi pertama dari sebuah prosesor adalah mengolah informasi di komputer. Ya, komputer adalah sekumpulan perangkat elektronik yang disusun berdasarkan arsitektur dan juga berdasarkan pengaturan tertentu.

Salah satu komponen terpenting dari sebuah komputer adalah komponen informasi. Komponen informasi ini dapat diproses oleh komputer menggunakan fungsi prosesor. Prosesor memproses semua jenis informasi yang dimiliki komputer dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Seluruh pemrosesan informasi dilakukan oleh prosesor.


  • Mengitegrasikan Semua Komponen Internak Komputer Agar Bisa Saling Bekerja

Fungsi prosesor selanjutnya adalah memasukkan semua komponen internal ke dalam komputer. Komponen tersebut berupa komponen chipset, hardisk, RAM, VGA, dll, sehingga semua komponen tersebut dapat bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dan terintegrasi satu sama lain. Semua komponen tersebut dihubungkan ke komponen prosesor sehingga dapat diintegrasikan.


  • Mencegah Terjadinya Overlapping Tugas Pada Setiap Komponen Komputer

Sebagai otak komputer, prosesor memiliki fungsi dan tugas penting lainnya, yaitu mencegah terjadinya tumpang tindih komponen komputer mana pun. Jadi pada saat kita mengakses data atau informasi, prosesor memastikan bahwa komponen yang bekerja adalah komponen harddisk dan bukan komponen lain yang tidak terkait dengan proses pengambilan data.

Tentunya hal ini sangat erat kaitannya dengan fungsi sebuah prosesor untuk mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada menjadi satu kesatuan yang lengkap sesuai fungsinya masing-masing dalam suatu sistem kerja komputer.


  • Menjaga Performa dari Sebuah Komputer

Merupakan salah satu fungsi dari sebuah prosesor. Semakin baik kualitas dan spesifikasi sebuah prosesor, semakin tinggi pula kualitas dan performa komputer tersebut. Prosesor sering kali dipandang sebagai indikator bagaimana sebuah komputer dapat berfungsi. Semakin banyak core yang ada di sebuah prosesor dan semakin tinggi kecepatan prosesor tersebut, semakin cepat perhitungannya.

Ini benar, tapi tidak mutlak. Seberapa cepat dan tinggi spesifikasi prosesor tersebut tentunya juga harus didukung oleh kondisi komponen lainnya seperti harddisk, RAM, VGA dan chipset. Meskipun prosesor dapat menjadi tolok ukur kinerja komputer, Anda tetap perlu melihat spesifikasi komponen lainnya.


  • Mengolah Perhitungan Algoritma Dalam Menjalankan Perintah yang Diberikan

Perhitungan dilakukan dengan algoritma perhitungan. Perhitungan algoritma tersebut dikelola agar komputer dapat membaca apa yang diinginkan dan dipesan pengguna agar fungsi utama komputer dapat bekerja dengan lancar.


  • Untuk Mendukung Kebutuhan Spesifik dari Sebuah Komputer

Setiap komputer sengaja dibuat untuk mempermudah pekerjaan orang, untuk tujuan tertentu. Ada banyak tujuan khusus untuk sebuah komputer.


  • Memastikan Agar Komputer Dapat Bekerja Denan Baik

Prosesor juga memiliki fungsi lain yaitu untuk memastikan komputer bekerja dengan baik. Ya, hal ini erat kaitannya dengan fungsi prosesor sebagai media integrasi antara komponen pengolah informasi, komponen input maupun komponen output dalam suatu sistem komputer. Dengan mengintegrasikan semua komponen tersebut, sebuah komputer nantinya dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari berbagai macam malfungsi seperti error, kerusakan dan banyak hal lainnya.


  • Menjaga Stabilitas Dari Setiap Komponen Komputer

Prosesor juga berperan penting dalam menjaga kualitas dan stabilitas komponen komputer yang berfungsi. Hal ini terkait dengan kemampuan prosesor untuk menjaga arus listrik sehingga tegangan berlebih dapat dicegah pada komponen manapun pada sistem komputer.


Cara Kerja Processor

Menjalankan serangkaian instruksi mesin yang memberi tahu prosesor apa yang harus dilakukan. Berdasarkan instruksi tersebut, prosesor akan melakukan tiga (tiga) hal dasar, antara lain:

  • Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) untuk melakukan operasi matematika seperti pengurangan, penjumlahan, perkalian dan pembagian. Mikroprosesor modern berisi unit floating point yang dapat melakukan operasi yang sangat kompleks pada jumlah yang relatif besar.
  • Kemudian pindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lain.
  • Buat keputusan dan lompat ke instruksi lain berdasarkan keputusan itu.

Secara sederhana, inti dari proses ini adalah menerima umpan balik atau perintah masukan (inpot) dari mouse, keyboard, atau perangkat masukan data lain yang terhubung, dan kemudian menerjemahkan atau memproses data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan keluaran atau ke perangkat keras terkait. atau meneruskan perangkat lunak.

Prosesor dalam bekerja tidak terlepas dari komponen / perangkat pendukung lainnya seperti hardisk dan memori (RAM). Ketiga bagian tersebut masih terhubung satu sama lain selama pemrosesan data. Fungsi prosesor dibandingkan dengan otak komputer yang menerima data, memprosesnya, dan kemudian mengirimkan keluarannya kembali ke memori atau hard drive.

Faktanya, satu-satunya bahasa / kalimat yang dikenali oleh prosesor adalah 0 dan 1. Kedua angka ini. Disebut juga bahasa mesin / bilangan biner (01011001). Angka 0 diartikan sebagai tidak adanya sinyal listrik dan angka 1 diartikan sebagai sinyal listrik.


Jenis Processor Dengan Barbagai Merek

  • Intel

adalah mikroprosesor dari Intel Corporation yang banyak digunakan pada CPU banyak komputer pribadi. Dalam perkembangannya, pabrikan Intel telah merilis banyak versi yang merepresentasikan perbaikan dari versi sebelumnya. Keunggulan Intel adalah lebih tahan lama / tidak cepat panas. Intel lebih baik digunakan untuk mendukung proses kerja seperti kantor daripada game.

Processor intel antara lain sbb:

  1. Intel Pentium III, prosesor ini kompatibel dengan semua aplikasi yang diinstal di bawah DOS, Windows, OS / 2 dan Linux. Kecepatan maksimalnya mencapai 1,4 GHz.
  2. Intel Pentium IV merupakan mikroprosesor dari Intel Corp. Kecepatannya 20x lebih cepat dari Intel Pentium III.
  3. Intel Core TM 2 Duo, prosesor ini dirilis oleh Intel pada Juli 2006. Prosesor ini ternyata lebih efisien dari versi sebelumnya. Kecepatannya hingga 2,4 GHz.
  4. Intel Core TM 2 Quad, prosesor ini merupakan gabungan dari 2 prosesor Core 2 Duo dengan cache L2 4 MB, sehingga Core 2 Quad memiliki cache L2 sebesar 8 MB (2 × 4 MB).
  5. Intel i7, dalam prosesor ini pengontrol memori ada di genangan prosesor itu sendiri. Fitur lainnya adalah penambahan SSE4 pada set instruksi agar performa prosesor multimedia lebih baik.

  • AMD

adalah mikroprosesor terbesar kedua di dunia setelah Intel Corporation. AMD merupakan pesaing utama Intel dalam perkembangan prosesor di dunia internasional.

keunggulan AMD dibandingkan processor lain:

  1. Teknologi perkalian Hyper Transport Bus pada jalur sistem sehingga lebih banyak data yang dikirimkan karena lalu lintas lebih cepat.
  2. Enhanced Virus Protection (EVP), teknologi yang memungkinkan prosesor mendeteksi virus dan sejenisnya, sehingga komputer lebih terlindungi dan lebih aman.
  3. Teknologi -AMD 64, teknologi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis 64-bit.

  • Macam processor AMD

Cyrix

adalah mikroprosesor yang didirikan di Richardson, Texas pada tahun 1988 sebagai penyedia spesialis koprosesor matematika kinerja tinggi untuk 286 dan 386 mikroprosesor.

Generasi cyrix antara lain:

  1. Cyrix 486SLC bekerja dengan internal 32 bit, eksternal 16 bit dan RAM 16 MB.
  2. Cyrix MediaGX dengan kecepatan 120-200 MHz.
  3. Cyrix 6 × 86 dengan kecepatan 110-150 MHz.
  4. Cyrix M2 dengan kecepatan 180-233 MHz.
  5. Cyrix C3 dengan kecepatan 500-733 MHz.

Namun dalam perkembangannya, prosesor Cyrix kalah bersaing dengan prosesor AMD dan Intel.


Bagian-bagian Processor

Bagian terpenting dari sebuah prosesor meliputi yang berikut ini:

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)

Lakukan semua jenis perhitungan aritmatika / matematika sesuai dengan instruksi program. Bagian ALU ini pada dasarnya menjalankan semua bentuk logika.


  • Control Unit (CU)

Pengatur lalu lintas seperti input dan output. Semua perangkat di sistem komputer diatur dan dikendalikan oleh CU.


  • Memory Unit (MU)

Perangkat penyimpanan kecil, tetapi memiliki kecepatan akses yang cukup cepat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Processor: Cara Kerja, Jenis dan Bagiannya!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: