Fungsi Dropbox

Fungsi Dropbox: Fitur dan Perbedaan dengan Google Drive

Diposting pada

Fungsi Dropbox: Fitur dan Perbedaan dengan Google Drive – Jika Anda mencari platform penyimpanan cloud yang mudah digunakan, murah, dan bahkan gratis, Dropbox mungkin pilihan yang baik untuk Anda. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Windows File Explorer kemungkinan besar akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang fitur dan fungsi pengoperasian aplikasi penyimpanan file online ini.

Panduan pemula untuk menggunakan Dropbox ini mencakup fungsi dasar penyedia penyimpanan cloud, serta cara sederhana untuk berinteraksi dan menggunakan Dropbox di desktop Anda. Panduan ini memberikan gambaran umum yang komprehensif tentang platform Dropbox, membuatnya sangat berguna untuk pemula atau pemula.

Aplikasi Dropbox tidak hanya sederhana dan mudah digunakan, tetapi pengguna juga bisa mendapatkan versi gratis dari akun tersebut. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan atau lebih banyak fitur dan opsi daripada versi gratis yang ditawarkan Dropbox, Anda dapat mengalokasikan sejumlah kecil untuk membuat akun bulanan dengan Dropbox. Untuk mempelajari dan mempelajari lebih lanjut, baca cara mendapatkan hasil maksimal dari Dropbox.


Fitur aplikasi Dropbox menyediakan akses mudah ke semua file di ponsel Anda. Anda dapat membuat subfolder di Dropbox jika Anda ingin mengatur semua dokumen Anda. Anda juga dapat menggunakan Dropbox untuk mencadangkan semua file penting Anda dan mengaksesnya lagi kapan saja, di mana saja.

Anda dapat mengandalkan Dropbox untuk menyimpan semua file berharga yang Anda butuhkan untuk bekerja atau sekolah dengan aman dan terjamin. Jika Anda tidak sengaja menghapus file dari Dropbox, Anda dapat memulihkannya selama 30 hari ke depan.


  • Menyimpan Data dalam Jumlah Besar

Menyimpan data biasanya tidak menjadi masalah bagi komputer desktop. Meskipun ponsel Anda mungkin merupakan perangkat berperforma tinggi, ponsel Anda mungkin tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang sama dengan komputer. Dropbox dapat membantu.

Baca Juga :  Apa Fungsi Monitor: Pengertian serta Jenis-jenis Monitor lengkap

Jika ponsel Anda kehabisan ruang penyimpanan, Anda dapat dengan mudah memindahkan pengaturan penyimpanan Anda ke Dropbox. Dengan cara ini, memori perangkat Anda menjadi longgar dan apa pun kecuali longgar.


  • Akses File Dropbox Offline

Tidak ada paket data? Tidak masalah. Meskipun Anda tidak dapat mengakses web, Anda tetap dapat mengakses file Dropbox Anda berkat fungsionalitas offline ponsel cerdas Anda. Anda perlu menandai file yang ingin Anda lihat secara offline.

Untuk melakukan ini, buka file yang ingin Anda tandai sebagai offline dengan mengetuk tiga titik di sudut kanan atas. Sebuah menu akan muncul di bagian bawah layar. Geser ke atas dan opsi untuk membuat file tersedia offline adalah yang terakhir di bagian bawah.


  • Pencarian Mudah

Fungsi pencarian di aplikasi Dropbox sangat cepat. Setiap kali Anda mencari file di ponsel, kemungkinan akan membutuhkan waktu lama bagi ponsel Anda untuk mencari semua data untuk file itu. Karena Dropbox berjalan di cloud, pencarian menjadi lebih cepat.

Setelah informasi sensitif ada di ponsel Anda, Anda dapat dengan mudah menyimpannya ke Dropbox dan mengaktifkan fitur kata sandi. Untuk melakukan ini, pengguna harus memasukkan kata sandi setiap kali mereka masuk.


  • Berbagi File

Fitur aplikasi Dropbox memudahkan Anda untuk berbagi file dan dokumen. Meskipun berbagi file melalui email atau media sosial membutuhkan waktu lama, Dropbox adalah cara yang cepat dan efisien untuk berbagi file dan materi yang disimpan.

Anda bahkan dapat berbagi dokumen dengan orang yang tidak menggunakan Dropbox. Hanya dengan satu tautan, siapa pun dapat mengakses file tertentu di mana saja, kapan saja. Tidak ada keraguan tentang kecepatan berbagi file. Anda dapat membagikan file besar dalam beberapa menit.


  • Tambahkan Komentar ke File

Fitur aplikasi Dropbox lainnya dapat menambahkan komentar ke file yang sedang Anda akses. Fitur komentar baru Dropbox memungkinkan Anda berhenti menggunakan email atau obrolan untuk membahas perubahan pada file. Untuk menambahkan komentar ke file, cukup klik file di folder Dropbox dan pilih Komentari File Ini.

Masukkan komentar dan tambahkan nama teman Anda dengan simbol @ untuk menyebut mereka di komentar. Anda akan menerima pemberitahuan di Dropbox atau kotak masuk email Anda, dan komentar akan muncul secara real time saat Anda menambahkannya.

Baca Juga :  Fungsi Keyboard

  • Fitur Favorit

Sinkronisasi Dropbox membuat semua file penting Anda tetap bagus di desktop dan laptop Anda. Namun, pada perangkat seluler, Dropbox mengandalkan koneksi internet untuk mengunduh file sesuai permintaan.

Dropbox memiliki fitur favorit di aplikasi selulernya. Cukup temukan file yang ingin Anda lihat secara offline, geser ke kanan, lalu ketuk ikon bintang. Dropbox mengunduh file ke perangkat Anda dan Anda dapat melihatnya di mana saja, termasuk offline dari menu Favorit di aplikasi Dropbox Anda. Anda dapat mengetuk bintang itu lagi untuk membatalkan favoritnya dan mengosongkan ruang di ponsel Anda.


Fitur Dropbox

Sekarang Anda tahu bahwa Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud yang hebat, Anda perlu penasaran dengan fitur-fiturnya.

Pada dasarnya ada berbagai macam fungsi yang dimiliki oleh layanan yang satu ini. Berikut beberapa fitur yang perlu Anda ketahui:


  • Dropbox Paper

Salah satu alat produktivitas Dropbox adalah Dropbox Paper. Dropbox Paper, melaporkan dari situs web resmi, memungkinkan pengguna membuat dan mengedit file pada saat yang sama dengan tim.


  • Integrasi

Dropbox dapat membantu produktivitas karyawan dengan melakukan sinkronisasi dengan perangkat dan aplikasi tugas.

Anda dapat mengintegrasikan layanan ini dengan aplikasi tugas seperti Trello, Slack, Gmail, Zapier, dan aplikasi tugas lainnya.

Dalam situasi seperti ini, Anda tidak perlu repot berbagi dokumen melalui aplikasi yang berbeda.


  • Penyimpanan Berbasis Cloud

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Dropbox adalah layanan penyimpanan berbasis cloud. Penyimpanan berbasis cloud berarti bahwa semua file Anda disimpan dengan benar dan dilindungi oleh pihak ketiga. Jadi Anda tidak perlu membeli hard drive untuk menyimpan semua file Anda.


  • Peringatan dan Pemberitahuan

Buat diri Anda nyaman, Dropbox hadir dengan fitur keamanan yang cukup kuat. Nah, salah satu fitur keamanannya adalah alert dan notifikasi.

Jika ada yang mencurigakan, mis. Jika, misalnya, terjadi peretasan file atau pelanggaran data, Dropbox akan memberi tahu Anda tentang aktivitas tersebut. Anda dapat menggunakan fitur ini melalui Dropbox Enterprise.


Kelebihan dan Kelemahan Dropbox

Dropbox adalah media layanan yang berfungsi sebagai penyimpanan data online. Semua sistem dan layanan pasti memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Berikut adalah kekuatan dan kelemahan Dropbox:


  • Kelebihan:

Tidak hanya digunakan untuk menyimpan data, juga dapat digunakan untuk berbagi data baik secara individu maupun kelompok

Baca Juga :  Fungsi CCTV: Definisi, Kelebihan, kekurangan, Jenis, Sejarah Dan Perangkat CCTV

Dropbox memiliki akses yang fleksibel sebagai media penyimpanan data Memasang Dropbox sangat mudah dan dapat digunakan di banyak sistem Windows, Mac, dan Linux


  • Kekurangan:

Ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan 2 GB dan sangat kecil Jika Anda membutuhkan banyak penyimpanan, Anda harus memiliki akses ke versi berbayar, yang merupakan salah satu kelemahan Dropbox.


Perbedaan Dropbox dan Google Drive

Dari awal pernyataannya, Glints sempat menyebutkan bahwa Dropbox dan Google Drive hampir mirip. Keduanya adalah layanan penyimpanan berbasis cloud. Meski begitu, ternyata ada beberapa perbedaan antara kedua layanan tersebut. Lalu apa bedanya?


  • Memori Penyimpanan

Salah satu perbedaan mencolok antara Dropbox dan Google Drive adalah penyimpanan. Sudah dijelaskan di atas bahwa Dropbox versi gratis hanya memiliki penyimpanan sebesar 2GB. Sedangkan Google Drive bisa mencapai 5 GB.


  • Kompatibilitas

Meskipun kehilangan memori, Dropbox dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam berbagai sistem operasi.

Laporan Dropbox oleh administrator aplikasi dan dapat digunakan oleh pengguna Mac, iOS, Windows, Android dan Linux. Di sisi lain, Google Drive hanya dapat digunakan oleh pengguna Mac, Android, dan Windows.


  • Harga

Jika ingin memanfaatkan fitur terbaik dari kedua layanan tersebut, Anda dapat menggunakan versi berbayar. Dropbox dan Google Drive berbeda untuk harganya saja.

Dropbox melaporkan Geeks for Geeks dan harus membayar $ 120 setahun untuk mendapatkan penyimpanan 2TB. Sementara itu, Google Drive hanya perlu menambahkan $ 100 setahun untuk 2TB.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Dropbox: Fitur dan Perbedaan dengan Google Drive semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: