Sejarah Komputer Dari Generasi ke Generasi dan Perkembangannya!

Diposting pada

Sejarah Komputer Dari Generasi ke Generasi dan Perkembangannya! – Awalnya kata komputer digunakan untuk memvisualisasikan orang yang memiliki pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika, tetapi sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah perangkat mesin tersebut, dalam pengertian yang paling mendasar, komputer merupakan alat yang membantu manusia didalam melakukan berbagai macam perhitungan, dalam hal ini komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar.

Sejarah komputer dan perkembangannya, sempoa atau abacus merupakan awal dari lahirnya komputer, komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang dapat memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat, sampai sekarang komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non numerik data lainnya, yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar.

Suara dan gambar hanyalah sebuah abstaksi dari angka angka yang berderak di dalam sebuah mesin, dalam komputer angka angka tersebut yaitu 1 dan 0 yang mewakili kombinasi listrik aktif, gambar dan suara, teks serta lainnya, didalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.

Pada era modern saat ini, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama komputer, komputer memang sudah menjadi salah satu bagian dari umat manusia dikarenakan fungsi dan kegunaannya yang banyak, komputer dapat mempermudahkan aktifitas manusia baik dalam urusan bisnis atau untuk hiburan semata.

Tetapi masih saja banyak orang yang belum tau mengenai sejarah dari komputer itu sendiri, dan juga apa definisi atau pengertian dari komputer dan bagaimana sejarah komputer dari awal diciptakan hingga sampai saat ini, berikut saya akan memberikan ulasannya.


Penemu Komputer Pertama Kali

Sejarah Komputer

babbage adalah penemu komputer pertama, ia dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali yang telah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya, mesin penghitung atau bisa di kenal dengan difference engine no 1 yang ditemukan oleh chareles babbage, merupakan salah satu icon yang paling populer dan terkenal dalam sejarah. Charles babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer, the charles babbage foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.


Pengertian Komputer

Kata kata komputer diambil dari bahasa Yunani yaitu Computare yang artinya hitung atau menghitung, awalnya kata ‘Komputer’ ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang melakukan pekerjaan perhitungan aritmetika, baik dengan alat bantuan ataupun tidak, kemudian kata komputer ini dipindahkan kepada mesin atau alat hitung itu sendiri, secara singkat komputer ialah alat yang didefinisikan sebagai suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menerut peritah yang telah dirumuskan.

Dalam arti yang lebih terdefinisi, komputer ialah peralatan elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang saling bekerja antara satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada, yang dimaksud adalah cpu dan monitor sebagai komponen utama, termasuk juga mouse, keyboard, printer sebagai komponen-komponen pendukungnya, itu adalah definisi komputer secara umum, kemudian juga beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda dari definisi diatas, diantaranya adalah berikut:


  1. Pengertian Komputer Menurut Robert H.Blissmer

Komputer yaitu alat elektronik yang dapat mengerjakan beberapa tugas seperti menerima dan memproses input dan menyimpan perintah perintah serta menyediakan ouput dalam bentuk informasi .


  1. Pengertian Komputer Menurut Donald H.Sanders

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat yang secara otomatif menerima, menyimpan dan memproses data input, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam penyimpan.


  1. Pengertian Komputer Menurut Elias M.Awad

Komputer menurut adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog.


  1. Pengertian Komputer Menurut William M.Fuori

Komputer yaitu alat proses data yang dapat mengerjakan perhitungan besar dan cepat, termasuk juga perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa ada campur tangan manusia.


  1. Pengertian Komputer Menurut V.C. Hamacher

V.C. Hamacher mengatakan pendapatkan mengenai definisi dari komputer, ia berpendapat bahwa komputer merupakan  mesin penghitung elektronik yang dengan cepat mampu menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan program yang tersimpan dan menghasilkan ouput informasi.


  1. Pengertian Komputer Menurut Larry Long dan Nancy Long

Menurut Larry Long & Nancy Long pengertian komputer ialah alat hitung elektronik yang mampu melaksanakan peritah program untuk input,ouput, perhitungan dan operasi-operasi logic.


  1. Pengertian Komputer Menurut Jhon J.Longkutoy

Komputer merupakan suatu alat atau mesin pemecah persoalan atau sebuah mesin pengolah data yang mampu meng hasilkan informasi yang diperlukan untuk user atau penggunanya.


Sejarah Komputer

Komputer merupakan sebuah perangkat yang pada saat ini telah banyak dipakai didalam kehidupan sehari- hari, dengan adanya komputer ini bisa digunakan sebagai penunjang aktifitas dari manusia, bisa memudahkan semua pekerjaan yang dilakukan.

Memang sudah terbukti dengan dipakainya komputer, apa lagi pada setiap lini kehidupan pada zaman modern seperti ini, tak bisa dipungkiri memang, jika manusia sekarang ini akan lebih cenderung bergantung pada komputer di dalam hidupnya.

Misalnya saja, sekarang ini komputer memiliki fungsi untuk mengetik sebuah surat dan bisa menjadikan jauh lebih efisien jika dibandingkan menggunakan tangan saat membuat surat,  apabila kita salah dalam mengetik saat menggunakan komputer maka kita pun dapat langsung menghapus serta melakukan revisi.

Namun proses dari perkembangan komputer tidak serta merta canggih karena akan ada tahapan tahapannya, komputer saat ini memang sudah jauh berbeda dengan komputer dulu, dari segi bentuk, kinerjanya dan juga komponen- komponen yang dipakai, sebab komputer dahulu memiliki ukuran yang dapat menghabiskan satu ruangan hanya untuk meletakkan mesin komputernya.


  • Sejarah Komputer Generasi Pertama (1940 – 1950)

Komputer ini menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt, komputer elektronik pertama yang digunakan umumnya yaitu electronic numerical integrator dan computer sudah berbentuk digital namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya, digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi, diprogram menggunakan plugboard dan switch yang telah mendukung input dan output dari ibm card.

Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk non umum yaitu atanasoff berry computer, tenbritish colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan harvard mark i.

Ciri-ciri komputer generasi pertama:

  • Hardware komputer memiliki ukuran fisik yang jauh lebih besar serta membutuhkan ruang yang luas.
  • Instruksi operasi memang dibuat secara spesifik untuk melakukan tugas tertentu.
  • Untuk program hanya dapat dibuat dengan memakai bahasa mesin.
  • Komputer juga memiliki silinder magnetic guna menyimpan data.
  • Memakai simpan luar magnetic disk dan juga magnetic tape.
  • Memerlukan daya listrik yang sangat besar.
  • Perlu alat pendingin karena cepat panas.
  • Memiliki daya simpan yang kecil.
  • Kinerjanya kurang cepat.
  • Menggunakan konsep stored program dengan menggunakan memori utama yakni magnetic core storage.
  • Tabung hampa sebagai sirkuitnya, dan tabung hampa inilah yang menjadikan ukuran dari komputer saat itu memiliki ukuran yang amat besar.

  • Sejarah Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960)

Komputer ini muncul setelah ditemukannya transistor  yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer, dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama namun masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini.

Komputer dengan transistor pertama ini dibuat diuniversity of manchester pada tahun 1954, yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401, IBM juga menciptakan drive pertama sebuah media penyimpanan pada tahun 1955, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

  • Telah memakai operasi didalam bahasa pemrogaman pada tingkat tinggi fortran dan cobol.
  • Ukuran untuk memori utama juga sudah dikembang dari magnetic core storage.
  • Memakai simpanan luar seperti magnetic tape dan juga magnetic disk.
  • Mampu untuk melakukan proses real time dan juga real sharing.
  • Ukuran fisik juga telah jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer digenerasi pertama.
  • Kinerjanya juga mulai lebih cepat, dimana sudah dapat melakukan jutaan operasi selama per detik.
  • Daya listrik yang diperlukan juga jauh lebih kecil.
  • Orientasi pemakaian program ini juga tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis namun sudah pada aplikasi teknik.

  • Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1960)

Komputer ini merupakan penemuan integrated circuits atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini, berbentuk jauh lebih kecil dengan komputer sebelumnya yang menggunakan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal, dalam tahap perkembangannya komputer generasi kedua masih bertahan.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

  • Listrik yang digunakan jauh lebih hemat.
  • Software akan jauh ,lebih meningkat.
  • Harga juga kian terjangkau.
  • Memori juga memiliki kapasitas yang jauh lebih besar serta tidak bisa menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Kecepatan juga juga telah memakai IC sehingga kinerja komputer pun akan jauh lebih cepat dan tepat.
  • Memiliki kecepatan yang hampir 10.000 kali jauh lebih cepat di banding komputer generasi pertama.
  • Komputer sudah mampu untuk melakukan multiprocessing dan juga multitasking.
  • Komputer juga telah memakai terminal visual display serta bisa mengeluarkan suara.
  • Memakai media penyimpanan luar yakni disket magnetic yang memiliki sifat pengaksesan data secara acak atau random dengan adanya kapasitas yang cukup besar.
  • Mampu untuk melakukan komunikasi dengan komputer yang lainnya.

  • Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971)

Komputer microchips berbasis cpu terdiri dari beberapa microchips untuk komponen cpu yang berbeda, dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip cpu, di mana semua komponen cpu yang dibutuhkan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor, microprocessor pertama yaitu Intel 4004.

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

  • Dapat menggunakan LSI atau large scale integration.
  • Sudah dikembangkan menjadi komputer mikro yang sudah memakai semikonduktor dan juga mikro processor yang memiliki bentuk seperti chip untuk memori komputernya.

  • Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)

Komputer generasi kelima sering disebut dengan sebutan generasi masa depan, komputer generasi kelima ini merupakan komputer yang saat ini digunakan secara luas di seluruh dunia.

Jika pada komputer generasi sebelumnya IBM merupakan perusahaan terbesar dan memainkan peran penting pada perkembangan komputer, pada generasi ini banyak perusahaan komputer bermunculan dan saling bersaing, namun yang memainkan peran terpenting dalam perkembangan komputer adalah intel dan microsoft.

Sejak perkembangan teknologi LSI di generasi sebelumnya, LSI ini semakin dikembangkan hingga pada generasi kelima ini Personal Computer umumnya memiliki ribuan IC pada mikroprosesornya, pada generasi kelima ini perubahan juga ditandai oleh berkembangnya semi konduktor.

Beberapa perusahaan yang berperan penting dalam perkembangan mikroprosesor antara lain adalah Intel, Zilog dan Motorola, salah satu mikroprosesor yang paling terkenal adalah seri Pentium yang diluncurkan oleh Intel, seri Pentium yang paling atas adalah seri pentium 5 yang kecepatan pemrosesan datanya dapat mencapai 2 GHz.

Setelah sukses dengan seri prosesor Pentium di pasaran, Intel meluncurkan seri prosesor Itanium, yaitu proses yang dibuat dengan arsitektur 64 bit, meskipun memiliki arsitektur 64 bit, prosesor Itanium ini memiliki kompabilitas untuk dapat menjalankan perangkat lunak 32 bit.

Pada komputer generasi ini juga ditandai dengan tampilan monitor yang sudah berwarna dengan kualitas kerapatan pixel sangat baik sehingga sudah banyak digunakan untuk keperluan multimedia, tampilan komputer pada generasi ini umumnya disebut dengan GUI (Graphic User Interface)atau Tampilan Antarmuka Grafis.

Komputer pada generasi ini memiliki bentuk yang sangat kecil dan ringan namun performanya dalam melakukan pengolahan data sangat cerdas, beberapa perangkat bahkan memiliki bentuk sangat kecil hingga mudah dibawa kemana-mana, mulai dari perkembangan laptop hingga ke perkembangan ponsel pintar.

Sedangkan dari segi perangkat lunak komputer pada generasi ini umumnya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, MacOS, dan Linux, sedangkan untuk perangkat ponsel pintar dan tablet umumnya menggunakan sistem operasi android, iOS dan windows phone.

Pada generasi ini komputer juga sudah mulai dikembangkan untuk dapat berpikir seperti manusia, teknologi ini disebut dengan Artificial Intelegence (AI) atau kecerdasan buatan, kecerdasan ini umumnya digunakan pada robot atau pada fitur interaktif komputer dengan manusia, dimana pada fitur ini manusia bisa melakukan perintah kepada komputer dengan suara maupun gerakan tubuh.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  • Komputer masih memakai teknologi LSI yang pastinya akan memiliki banyak pengembangan.
  • Komputer memiliki fitur yang semakin banyak setiap tahunnya.
  • Akan jauh lebih cepat untuk pemrosesan informasi.

Adanya teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam pekerjaannya, salah satu alat tersebut adalah komputer, definisi komputer sendiri bisa diartikan dengan sebuah alat untuk menerima input dan memprosesnya yang kemudian dapat menampilkan output.

Nah mungkin sekian dulu mengenai pemabahasan Sejarah Komputer Dari Generasi ke Generasi dan Perkembangannya! yang harus kalian tahu, semoga contoh komputer generasi pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima yang sudah saya sampaikan dengan gambar komputer masing-masing, diatas dapat menambah wawasan kamu,  sehingga dapat menjadikan sebuah sejarah makalah komputer yang selalu dikenang dan dipelajari setiap saat.

Baca juga artikel lainnya tentang: