Fungsi Web Browser: Pengertian, Manfaat, Sejarah, Contoh dan Cara Kerja Browser

Diposting pada

Fungsi Web Browser: Pengertian, Manfaat, Sejarah, Contoh dan Cara Kerja Browser -Semua pemakai internet pasti sudah tidak asing dengan istilah web browser karena hampir setiap kali membuka situs dalam internet kalian memakai aplikasi atau software ini. Tapi sudah tahukah Kalian pengertian browser itu sendiri?

Agar bisa berfungsi tentunya web browser harus terhubung dengan internet dan biasanya program web browser sudah disediakan disetiap perangkat komputer maupun gadget lainnya meskipun seringkali kita memakai web browser lain yang lebih kita sukai.


Fungsi Browser

  • Mendukung Penggunaan Mesin Pencari

Mesin pencari dan web browser merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Search engine merupakan bagian dari web browser yang bisa memudahkan pengguna dalam mencari data atau informasi yang ada di internet.


  • Mendukung Permintaan Data

Browser pun berfungsi untuk mendukung permintaan data yang diperlukan oleh pemakai. Kebanyakan alamat website bisa masuk dengan memakai web browser serta konten di dalam suatu laman website bisa langsung di simpan atau didownload ke dalam dokumen komputer.


  • Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Biasanya web browser pun empunyai fungsi mengumpulkan semua data pada website sehingga sebuah website dimunculkan dengan lebih baik. Web browser bisa menampilkan konten berbentuk teks, foto, video, dan audio pada sebuah laman website.


  • Memastikan Keamanan Suatu Website

Kebanyakan web browser biasanya melakukan proses verifikasi pada sebuah laman website untuk memastikan apakah laman website tersebut aman atau berbahaya bagi pengguna. Pasalnya, ada cukup banyak website yang terjangkit malware atau sengaja dipasang software tertentu untuk mencuri data pengguna internet.


  • Membuka Halaman Website

Fungsi utama dari sebuah web browser merupakan untuk membuka suatu halaman website di internet. Dengan adanya web browser maka pengguna internet bisa diarahkan langsung ke alamat website yang ingin diakses.


Pengertian Browser

browser merupakan suatu perangkat lunak atau software yang dipakai untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses data atau mencari referensi yang dibutuhkan. Ada beberapa macam perangkat web browser yang saat ini dipakai misalnya Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer dan yang lainnya.


Manfaat web browser

Ketahuilah bahwa sesuatu dibuat atau diciptakan tentu untuk bisa diambil manfaat dari apa yang diciptakannya atau dibuatnya tersebut. Begitu juga dengan didibuatnya web browser, dibuat untuk bisa diambil manfaatnya dari web browser tersebut. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari web browser yang harus kalian ketahui:

  • Web browser dipakai untuk bisa mengakses informasi-informasi yang bermanfaat baik itu mengenai pendidikan maupun non pendidikan.
  • Web browser bisa mempermudah kita dalam mengakses informasi kepada media-media seperti misalnya situs, blog, gambar, video, dll.
  • Web browser juga bisa dipakai untuk sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya saja melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dll.
  • Web browser bisa menyimpan file-file yang kita cari ketika menjelajah internet, kita juga bisa mem-bookmark situs yang dinggap penting.
  • Web browser dipakai untuk mengakses mesin pencari (serach engine seperti Google misalnya) yang biasa dipakai untuk mencari informasi.

Pastinya masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa kita pakai untuk memudahkan aktifitas kita nerjalan di dunia maya.


Sejarah Web Browser

Pastinya banyak dari kita yang memakai web browser namun sama sekali tidak tahu bagaimana awal mula adanya web browser itu sendiri. Pada umumnya web browser sudah mulai dikembangkan pada tahun 80an. Pada tahun 80an Tim Berners Lee merupakan seorang ilmuwan yang pertama kali mengembangkan , hanya saja waktu itu belum terhubung jaringan.

Tahun 1991 Tim Bernes Lee membuat browser pertamanya. Tim yang dipimpin oleh Berners Lee, Bapak Internet, merupakan yang menemukan internet browser pertama kalinya di dunia pada awal tahun 1991 di CERN. Browser tidak hanya berfungsi untuk melihat website, tetapi juga sebagai editor. Kelompok Berners Lee telah menemukan sebuah internet yang interaktif. Sasarannya merupakan kalangan teknik dan informatika. Browser menjadi tool untuk manajemen ilmu pengetahuan. Selain itu, mereka bisa membuat website sendiri serta menyesuaikan website yang lain seperti yang diinginkan.

Kedatangan web 2.0 mengembalikan internet ke fungsi semula serta menjadikannya lebih interaktif. Disinilah era dari youtube, wikipedia, dan blog. Tidak ada penemuan lain diluar browser yang memungkinkan orang berbelanja secara online, memeriksa email, atau melakukan transaksi perbankan secara online. Namun, keberagaman fungsi ini memunculkan kelemahan. Browser menjadi target serangan para hacker. Kritik-kritik dalam kesalahan pada program membuka pintu bagi masuknya program-program peghancur.

Alat yang pertama kali dipakai untuk melakukan pencarian melalui internet disebut “Archie”. Diriris tahun 1990 oleh Alan Emtage, mahasiswa dari Universitas Mcgill di Montreal. Program itu mengunduh daftar direktori dari seluruh file dan ditempatkan pada alamat FTP, membuat suatu filename database yang bisa dicari.

Bila program “Gopher” meng-index teks dokumen. Gopher dimunculkan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill di Universitas Minnesota. Sebab berwujud file teks, hamper seluruh situs gopher menjadi website sesudah terciptanya World Wide Web.

Metode yang lainnya ialah “Veronica” dan “Jughead”, yang berguna untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Veronica  menyiapkan pencarian dengan memakai kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher. Jughead merupakan suatu alat untuk mendapat menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.

Tahun 1993, seorang mahasiswa Universitas Illinois yang bernama Marc Andreessen,, menciptakan web browser berbasis grafik yang diberi nama Mosaic. Mosaic mampu menampilkan dokumen grafis dan memakai user interface (tampilan) grafis. Pemakaiyan interface grafis tersebut memudahkan penggunaan web browser serta penampilan file HTML menjadi lebih baik dan pada akhirnya memberikan kontribusi untuk semakin cepatnya perkembangan Internet. Berikutnya Marc Andreessen menjadi pendiri Netscape, perusahaan yang membuat web browser Netscape Navigator.

Sesudah itu, banyak search engine yang berdatangan serta saling berlomba untuk memperoleh ketenaran. Diantaranya Excite, Infosee, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Dalam beberapa hal, mereka bersaing dengan direktori terkenal seperti Yahoo!.

Ketika web belum ada, ada search engine untuk pengguna lain, seperti Archie untuk situs anonymous FTP dan Veronica untuk protokol Gopher. Search engine online baru-baru ini muncul yang memakai oleh XML atau RSS. Dengan adanya XML search engine menjadi lebih baik mengindex data dalam website tanpa tuntutan yang rumit. website Cuma menyiapkan suatu timbal balik XML dengan index-index search engine.

Kebalikan XML secara meningkat disapkan secara otomatis oleh weblogs dan blogs. Contoh search engine ini merupakan feedster, seperti LjFind Search yang menyediakan jasa pencarian untuk Livejournal blogs. Kita telah melihat bagaimana perkembangan tentang web browser. Tentunya kita juga sudah tahu bahwa ada banyak macam web browser yang dipakai. Sampai saat ini ada beberapa web browser yang cukup banyak dipakai, antara lain Internet Explorer dari Microsoft, Netscape Navigator dari Netscape, Mozilla dan Opera.


Contoh Web Browser

Jika kita mengetahui devinisi web browser, manfaatnya  baiknya kita mengetahui contoh aplikasi web browser yang tenar pada saat ini. Nah, dibawah ini merupakan beberapa web browser yang bisa dipakai, berikut penjelasannya.


  • Google Chrome

Hampir 60% netizen di dunia ini memakai Chrome sebagai web browser mereka. Browser besutan Google hampir dipakai diseluruh negara khususnya negara-negara yang ada dibenua Asia, Amerika dan Eropa.


  • Mozilla Firefox

Firefox juga merupakan salah satu web browser yang paling banyak dipakai oleh para pengguna internet. Antara 1/6 jumlah pemakai internet dunia sertaIndonesia merupakan salah satu negara pemakai Firefox terbanyak.


  • Safari

Pemakai Safari di  seluruh dunia hampir mencapai 16% sehingga browser tersebut menjadi salah satu yang paling terkenal. Aplikasi yang dibuat oleh Apple Inc ini dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan tahun 2007 untuk perangkat mobilenya.


  • Opera

Opera merupakan web browser terkenal saat ini yang dipakai sekitar 6% seluruh dunia untuk perangkat komputernya dan 11% netizen untuk perangkat mobilenya. Kalianpun pasti pengguna opera.


  • Internet Explorer

Meskipun semakin sedikit yang memakai, tetap saja Internet Explorer masih ada yang memakai nya sebagai web browser. Browser ini pernah dipakai sampai 95% netizen lho pada tahun 2002-2003.


  • Netscape Navigator

Netscape Navigator adalah web browser yang terkenal tahun 90-an sebelum adanya internet explorer yang diciptakan oleh Netscape Communication Corporation serta dipelopori oleh mahasiswa lulusan NCSA serta programer-programer paruh waktu.

Ini merupakan browser yang dibuat dari berbentuk kode sumber Mosaic Web Browser dari Applications NCSA, karena memang pembuat NCSA merupakan pendiri Netscape Corporation.

Browser tersebut ialah salah satu dari browser tertua dengan populernya evolusi internet.

Menurut wikipedia, netscape navigator ini merupakan browser web gagasan mozilla firefox. Namun sayangnya netscape navigator sudah dihapuskan dukungannya oleh pihak pendukung yaitu AOL, serta memberikannya kepada mozilla foundation.


  • Maxthon Browser

Browser Maxthon memakai IE sebagai dasar, namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan kamu berselancar di internet. Dengan dilengkapi fitur Magic fill yang diperlukan untuk memasuki situs member. Jadi fitur tersebut akan membuat kalian lebih mudah, sebab Maxthon akan menyediakannya.

Maxthon memiliki beberapa tools yang dapat mengartikan halaman situs ke berbagai bahasa. Tampilannya pun terlihat lebih user friendly dan enak dilihat.

Browser yang satu ini sangat baik untuk dipakai, selain memiliki kecepatan yang mumpuni juga memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki browser lainnya. Seperti fitur Maxthon Dock yang tersedia di sidebar. Fitur ini terlihat sangat praktis untuk dipakai.

Demikian juga dengan tampilan Maxthon yang enak dilihat membuat penggunanya merasa nyaman untuk memakai nya.

  • iCab

Aplikasi iCab yang bergambar mobil cepat mempunyai banyak fitur yang tidak tersedia dalam browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihan tepat bagi pengguna browser yang menginginkan kinerja lebih baik pada semua Mac OS.


  • Flock

Flock adaah penjelajah web yang keahliannya pada fitur penyedia jaringn sosial serta merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox. Dengan sifat-sifat yang menarik, dapat memberikan pengalaman berhubungan sosial di internet sambil browsing.

Inipun  sangat cocok buat kalian yang suka membuka mySpace, friendster, facebook serta situs-situs komunitas lainnya. Perangkat lunak flock ini gratis dan bisa dipakai diberbagai platform.


Cara Kerja Web Browser

Supaya seseorang dapat menggunakan browser tertentu pada perangkatnya, maka orang tersebut harus terlebih dahulu menginstal software atau aplikasi web browser ke dalam perangkatnya. Hanya dengan cara inilah sebuah web browser bisa dijalankan di sebuah perangkat (komputer, laptop, gadget).

Setelah software web browser terinstal dengan baik, selanjutnya pengguna bisa membuka aplikasi tersebut. Jika sudah membuka web browser, pemakai dapat mengetikan alamat website pada bagian address bar di laman web browser.

Bila sudah memasukkan alamat website dan eksekusi maka aplikasi web akan bekerja dan mengambil data dari website yang ingin dituju, umunmnya dalam kode html. Langkah berikutnya browser akan diarahkan dalam halaman yang ingin dituju, contohnya memasukkan Google.co.id maka browser akan mengakses dan membuka website Google setelah melalui verifikasi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Web Browser: Pengertian, Manfaat, Sejarah, Contoh dan Cara Kerja Browser semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Apa Itu Fungsi Seni?: Pengertian Seni, Fungsi Dalam Pendidikan,Kesimpulan dan Saran

Pengertian Hukum : Tujuan, Jenis-Jenis, Unsur-Unsur Terlengkap!

Apa Itu Fungsi Tulang Leher: Penjelasan, Jenis Penyakit Leher dan Jenis Prosedur serta Bedah Leher

7 Fungsi Bahasa Serta Konsep-Konsepnya!

4 Fungsi Negara Secara Umun dan Menurut Para Ahli!