4 Pengertian Komik: Ciri, Jenis, Pembagian, Kesimpulan!

Diposting pada

4 Pengertian Komik: Ciri, Jenis, Pembagian, Kesimpulan! – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik diartikan sebagai suatu cerita bergambar yang sifatnya mudah dicerna dan lucu (biasanya terdapat di majalah surat kabar atau dibuat berbentuk buku). Secara umum komik dapat diartikan sebagi salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar untuk pendeskripsian cerita. Komik juga dapat diartikan sebagai karya sastra berbentuk cerita yang ditampilkan berupa gambar dan didalam kisah ceritanya terdapat satu tokoh yang diunggulkan. Komik biasanya berisi tentang cerita fiksi, sama seperti dengan karya sastra yang lain.


Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Pengertian Komik: Cirri-ciri, Jenis-jenis, Pembagian, Kesimpulan

Adapun pengetian komik menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Franz & Meier (1994:55)

komik adalah suatu cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata.


  1. Menurut Scott McCloud (2002:9)

komik adalah kumpulan gambar yang berfungsi unutk menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi yang melihatnya. Seluruh teks cerita yang terdapat didalam komik sudah disusun secara rapi dan saling berhubungan antara gambar dengan kata-kata. Gambar di dalam sebuah komik diartikan sebgai gambar-gambar statis yang tersusun secarata berurutan dan saling berkaitan antara gamabar yang satu dengan gambar yang lain sehingga membentuk sebuah cerita.


  1. Menurut Hurlock (1978)

komik merupakan sebuah media yang dapat memberikan model yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian anak. Komik juga dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi, sarana untuk menyampaikan cerita, pesan, dan bahkan sampai pada hal-hal yang berbau ilmiah sekalipun seperti halnya genre sastra anak yang lainnya.


  1. Menurut Sudjana dan Rifai (2011)

komik dapat dipergunakan sebagai bahan ajar berupa komik. Komik dapat dijadikan bahan ajar karena dapat mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar siswa, dan menimbulkan minat apresiasi siswa.

Dari berbagai pendapat tentang komik menurut para ahli yang telah dibahas diatas, dapat disimpulkan bahwa komik merupakan suatu cerita yang berupa kumpulan-kumpulan gambar yang diberi keterangan teks untuk penjelasan ceritanya. Dalam bidang Pendidikan komik dapat digunakan sebagai bahan ajar atau media pembelajaran. Adapun bahan ajar yang jalan ceritanya seperti komik yang menuangkan cerita tentang potensi lokal daerah disebut dengan local wisdom education.


 Ciri-ciri Komik

Sebagaimana halnya dengan buku bacaan fiksi (dalam hal tertentu juga nonfiksi). Namun, berbeda halnya dengan bacaan fiksi dan nonfiksi yang menyampaikan cerita dengan terks verbal, komik hadir lewat gambar dan bahasa, lewat teks verbal dan nonverbal sekaligus. Keterkaitan antara terks verbal dan nonverbal dalam komik sedemikian erat dan tidak dapat dipisahkan tanpa kehilangan roh cerita. Cerita dan pesan yang ingin disampaikan juga diungkapkan lewat gambar dan bahasa, maka gambar-gambar yang ditampilkan ke dalam bentuk panel-panel itu mesti berurutan, yang satu hadir sesudah yang lain dan berhubungan secara makna. Dalam cerita komik panel-panel gambar lebih dominan daripada teks verbal, dan bahkan banyak panel gambar yang sudah berbicara tanpa unsur bahasa atau dengan unsur bahasa yang terbatas.


  • Bersifat Proposional

Komik mampu membuat pembaca terlibat secara emosional dalam membaca komik.  Pembaca seperti ikut berperan dan terlibat dalam komik yang terbayang menjadi pelaku utama.


  • Bahasa Percakapan

Bahasa yang digunakan dalam komik biasanya bahasa percakapan sehari-hari,jadi pembaca mudah mengerti dan memahami bacaan komik. Komik tidak menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami pembaca.


  • Bersifat Kepahlawanan

Umumnya isi cerita yang ada didalam komik,akan cenderung membuat pembaca mempunyai rasa ataupun sikap kepahlawanan.


  • Penggambara Watak

Penggambaran watak dalam komik, digambarkan secara sederhana. Tujuan dari penggambaran adalah agar si pembaca mudah mengerti karakteristik tokoh-tokoh yang terlibat dalam komik tersebut.


  • Menyediakan Humor

Humor kasar yang tersaji dalam komik akan mudah dipahami seseorang karena memang humor tersebut sering ada dimasyarakat.


Jenis-jenis Komik

Sama halnya dengan berbagai genre sastra yang lain, komik juga dapat dibedakan kedalam beberapa kategori. Dilihat dari segi bentuk penampilan atau kemasan, komik dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Komik strip (comic strip)

Komik strip merupakan komik yang hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja, namun dilihat dari segi isi telah mengungkapkan sebuah gagasan yang utuh. Tentu saja karena gambarnya hanya sedikit dan gagasan yang disampaikan juga tidak terlalu banyak, lazimnya hanya melibatkan satu focus pembicaraan seperti tanggapan terhadap berbagai peristiwa dan isu-isu mutakhir. Komik strip secara mudah ditemukan dalam berbagai majalah anak dan surat kabar seperti majalah bobo dan kids fantasi.


  1. Komik buku

Komik buku merupakan komik yang dikemas berbentuk buku dan satu buku biasanya menampilkan sebuah cerita yang utuh. Komik-komik buku biasanya berseri dan satu judul buku komik sering muncul berpuluh seri dan seperti tidak ada habisnya. Komik-komik tersebut memang ada yang menampilkan cerita yang berkelanjutan, akan tetapi ada juga yang tidak. Yaitu antara komik seri sebelum dan sesudah tidak ada kaitan peristiwa dan konflik yang mempunyai sebab akibat.


  1. Komik humor dan petualangan

Komik ini adalah salah satu komik yang banyak digemari oleh anak-anak. Secara isi komik humor adalah komik yang menampilkan sesuatu yang lucu yang mengandung pembaca untuk tertawa ketika menikmati komik tersebut. Aspek kelucuan atau humor dapat diperoleh lewat berbagai cara baik lewat gambar-gambar maupun lewat kata-kata. Komik humor biasanya menampilkan gambar-gambar yang lucu baik dilihata dari segi potongan, ukuran tubuh, tampang, proporsionalitas bagian-bagian tubuh maupun bentuk-bentuk bagian tubuh yang lebih sering terlihat aneh.

Komik petualangan merupakan komik yang menampilkan cerita petualangan tokoh-tokoh cerita dalam rangka mengejar, mencari, memperjuangkan, membela, perkelahian atau aksi-aksi lain yang termasuk dalam aksi petualangan. Komik ini menampilkan dua kelompok tokoh, yakni kelompok baik dan kelompok jahat, yang berseberangan memperebutkan sesuatu atau mempertahankan perinsip-prinsip masing-masing dan hamper dipastikan kelompok baiklah yang selalu memenangkan perkelahian itu walaupun sebelumnya banyak terjadi kesulitan.


  1. Komik biografi dan komik ilmiah

Komik biografi bermaksud sebagai kisah hidup seorang tokoh sejarah yang ditampilkan dalam bentuk komik. Biografi tokoh yang bersangkutan biasanya telah ditulis dalam bentuk buku biografi yang semata-mata menggunakan lambang verbal. Komik ini selalu berkaitan dengan aspek lain sesuai dengan ketokohan tokoh yang dikomikkan misalnya, aspek sejarah, seni, religious, dan lain-lain.

Komik ilmiah merupakan campuran antara narasi dan komik, dalam komik ilmiah tekanan ada pada proses penemuan dan barang temuannya. Contoh buku campuran narasi dan komik dalam seri penemuan yang dimaksud antara lain penemuan telepon, penemuan televise, penemuan pesawat terbang, penemuan mobil penemuan film, dan lain-lain.

Buku tentang komik yang ditulis dengan kemasan komik Understanding Comics (Scott McCloud) yang dirujuk pada tulisan ini tampaknya dapat dikategorikan sebagai komik ilmiah murni karena lebih banyak berisi uraian konseptual dan tanpa unsure biografi tokoh.


Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita

  1. Komik Edukasi

Komik edukasi memiliki 2 fungsi :

  • Pertama adalah fungsi hiburan
  • Kedua dapat dimanfaatkan baik langsung maupun tidak langsung untuk tujuan edukatif. Hal ini dikarenakan kedudukan komik yang semakin berkembang kearah yang baik karena masyarakat sudah menyadari nilai komersial dan nilai edukatif yang biasa dibawanya.

  1. Komik Promosi (Iklan)

Komik dapat menumbuhkan imajinasi yang selaras dengan dunia anak, sehingga muncul pula komik yang dipakai untuk keperluan promosi pada sebuah produk. Visualisasi komik promosi ini biasanya menggunakan figur superhero.


  1. Komik Wayang

Komik wayang merupakan komik yang bercerita mengenai cerita wayang, misalnya komik yang menceritakan komik tentang mahabharata yang menjelaskan perang besar antara kurawa dan pandawa ataupun cerita ramayana yang bercerita tentang penculikan dewi shinta. Komik jenis ini di indonesia muncul di tahun 60 hingga 70an dengan beberapa komik yang mengawali masa ini yaitu, lahirnya gatotkatja (Keng Po), raden palasara karya johnlo. Kisah mahabharata adalah karya R A kosasih yang sangat terkenal terbitan melodi dari bandung.


  1. Komik Silat

Komik silat sangatlah popular, karena tema-tema silat yang didominasi oleh adegan laga atau pertarungan sampai saat ini masih menjadi idola. Misalnya jepang dengan ninja dan samurainya atau china dengan kungfunya, sebut saja naruto.


Macam-macam komik lainnya,yaitu:

  1. Komik Kartun/ Karikatur

Merupakan komik yang isinya hanya berupa satu tampilan, komik ini didalamnya berisi beberapa gambar tokoh yang digabungkan dengan tulisan-tulisan. Maksud komik ini biasanya mengandung unsur kritikan, sindiran dan humor. Sehingga dari gambar kartun atau tokoh dan tulisan tersebut dapat memberikan sebuah arti yang jelas kemudian si pembaca dapat memahami maksud dan tujuannya dari komik tersebut.


  1. Komik Potongan

Komik potongan adalah penggalan-penggalan gambar yang di gabungkan menjadi satu bagian / sebuah alur cerita pendek (cerpen). Namun isi dari ceritanya tidak harus selesai disitu bahkan ceritanya bisa dibuat bersambung dan dibuat sambungan ceritanya lagi.

Komik ini biasanya terdiri dari 3 sampai 6 panel atau bahkan lebih. Komik Potongan (Comic Strip) ini biasanya disodorkan dalan tampilan harian atau mingguan disebuah surat kabar, majalah maupun tabloid/buletin. Penyajian komik potongan ini berisi cerita humor, cerita yang serius nan asik untuk dibaca setiap epsisodenya hingga tamat ceritanya.


  1. Komik Tahunan

Komik tahunan adalah komik ini biasanya terbit setiap satu bulan sekali bahkan dapat juga satu tahun sekali. Penerbit biasanya akan menerbitkan buku- buku komik baik itu cerita putus maupun serial putus.


  1. Komik Onlinew (Web Online)

Selain media cetak, adapula media online. Dengan adanya media Internet jangkauan pembacanya bisa lebih luas daripada media cetak. Komik tentu saja online lebih menguntungkan daripada komik media cetak, dikarenakan biaya komik online relatif lebih murah dan kita dapat menyebarluaskan komik yang bisa dibaca oleh siapa saja.


  1. Buku Komik

Buku komik ysitu suatu cerita yang berisikan gambar-gambar, tulisan dan cerita yang dikemas dalam sebuah buku. Buku komik ini sering kita temukan bahkan mungkin sering kita baca. Buku komik biasa disebut dengan komik cerita pendek, yang biasanya didalam komik ini berisikan 32 halaman tetapi ada juga komik yang berisi 48 halaman dan 64 halaman. Komik ini biasanya berisikan cerita lucu, cerita cinta (cerita remaja), superhero(pahlawan).


Kesimpulan

Komik adalah salah satu media yang penyampaian cerita melalui ilustrasi gambar, gambar berfungsi sebagai pendeskripsian cerita. Adapun jenis-jenis komik adalah komik karikatur, komik strip dan buku komik. Komik mempunyai kekurangan yaitu dapat membuat malas, menumpulkan imajinasi, iritasi mata dan kenakalan remaja jika cerita yang disajikan dalam komik tersebut negatif.

Namun komik juga bisa memberikan dampak yang baik dalam diri anak-anak.Ini bisa dilihat dari anak-anak yang belum bisa membaca akan berusaha belajar membaca untuk membaca komik yang disukainya.Rasa ingin tahu membuat mereka mau belajar membaca.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Komik: Ciri, Jenis, Pembagian, Kesimpulan! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: