Apa Fungsi Negara

Apa Fungsi dan Tujuan Negara?

Diposting pada

Apa Fungsi dan Tujuan Negara?_ Negara merupakan salah satu bentuk organisasi kekuasaan yang didirikan untuk memenuhi tugas-tugas tertentu. Dalam hal ini, negara juga mengatur kehidupan masyarakat secara jelas dan konstitusional guna menciptakan ketertiban dan kepentingan bersama.

Jadi dapat dikatakan bahwa negara adalah suatu wilayah atau wilayah di permukaan bumi yang mempunyai kekuasaan, baik berupa kekuatan politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun militer. Kekuasaan ini dijalankan oleh pemerintah.

Aturan-aturan tersebut harus ditaati oleh setiap masyarakat agar tujuan atau cita-cita suatu negara untuk membangun kehidupan yang damai, progresif dan berkembang dapat tercapai.

Secara umum, negara memiliki beberapa fungsi yang diemban untuk menjamin kehidupan bernegara yang baik. Fungsi negara adalah penyelenggaraan ketertiban, kemakmuran dan kesejahteraan, pertahanan dan keamanan, serta fungsi keadilan.

Setiap fungsi negara memiliki perannya masing-masing. Namun tetap mengacu pada tujuan yang sama, yaitu mewujudkan kehidupan bernegara yang layak bagi seluruh rakyatnya.

Oleh karena itu setiap masyarakat harus mengetahui apa yang menjadi tujuan dan fungsi negara. Ya, ada fungsi dan tujuan pemerintahan secara umum, tetapi setiap negara juga memiliki tujuan tertentu.

Apa Fungsi umum dan Tujuan negara?

Ada empat fungsi umum negara, yaitu fungsi ketertiban dan keamanan, fungsi kemakmuran dan kesejahteraan, fungsi pertahanan keamanan, dan fungsi penegakan keadilan.

Berikut penjelasan tentang fungsi-fungsi negara secara umum:


Fungsi pertama negara adalah fungsi regulasi dan ketertiban. Fungsi ini sangat penting, terutama untuk mencegah terjadinya bentrok dan bentrok antar warga.

Baca Juga :  Fungsi UUD: Pengertian, Kedudukan, Sejarah, Motivasi, Hakikat dan Sifat UUD Lengkap!

Fungsi penyelenggaraan ketertiban ini adalah untuk mengatur masyarakat agar tercipta kehidupan bernegara yang baik sesuai dengan tujuan dan cita-cita bernegara.


  • Fungsi kemakmuran dan kesejahteraan

Fungsi ini menjadi semakin penting dari waktu ke waktu, terutama bagi negara-negara yang menganut konsep negara kesejahteraan. Dalam hal ini, negara berusaha memastikan bahwa masyarakat dapat hidup dan sejahtera, terutama dalam bidang ekonomi dan sosial masyarakat.

Untuk itu, negara melakukan berbagai upaya, misalnya pembangunan di segala bidang, dan senantiasa berupaya menciptakan situasi ekonomi yang stabil.


  • Fungsi pertahanan

Fungsi pertahanan merupakan salah satu fungsi terpenting. Fungsi ini diperlukan untuk melindungi kemungkinan serangan eksternal.

Oleh karena itu negara harus mampu melindungi rakyatnya, wilayahnya, dan pemerintahannya dari berbagai ancaman, tantangan, serangan, dan gangguan di dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, penting bagi setiap negara untuk memiliki peralatan pertahanan dan keamanan yang terlatih dan kuat.


  • Fungsi keadilan

Fungsi kenegaraan ini dilakukan oleh lembaga penegak hukum, khususnya otoritas peradilan. Negara harus mampu menegakkan hukum dengan tegas dan tanpa kepentingan tertentu.

Tugas negara adalah menjamin keadilan bagi seluruh warganya, meliputi seluruh aspek kehidupan melalui kewenangan peradilan di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan dan lain-lain.


Tujuan Negara Secara Umum

Tujuan negara secara umum dapat dilihat pada perwujudan dari beberapa elemen seperti keadilan, kemakmuran, keamanan dan kesejahteraan rakyat. Secara umum berdasarkan berbagai teori yang ada, terdapat lima tujuan utama pemerintahan, yaitu:

  • Ciptakan kondisi agar orang dapat memenuhi keinginannya secara maksimal.
  • Promosi moralitas manusia sebagai individu dan makhluk sosial.
  • Wujudkan hidup dan hidup yang aman dengan menaati Tuhan. Pemimpin negara dalam menjalankan kekuasaannya atas dasar kekuasaan Tuhan.
  • Upaya memelihara ketertiban, keamanan dan ketentraman guna mencapai tujuan tertinggi negara, yaitu kemakmuran bersama.
  • Memelihara dan memastikan pelaksanaan hak asasi manusia. Kemudian kekuasaan penguasa dibatasi oleh hak asasi manusia.

Baca Juga :  Pengertian Makar: Hukuman, Tindakan, Contoh, Bentuk, Kejahatan

Tujuan Negara Indonesia

Sebagai salah satu negara berdaulat, Indonesia juga memiliki tujuan bernegara. Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia tertera pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Berikut ini adalah gambaran lengkap destinasi di Indonesia.

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh darah Indonesia yang tumpah
  • Mempromosikan kebaikan bersama
  • Memperkaya kehidupan suatu bangsa
  • Berpartisipasi dalam pelaksanaan tatanan dunia berdasarkan kebebasan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi dan Tujuan Negara? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: