Apa Fungsi Kulit?

Apa Fungsi Kulit?

Diposting pada

Apa Fungsi Kulit?_Tentunya ketika kita berbicara tentang kulit kita semua langsung merasakan satu sama lain, ada yang bopeng, ada yang mengelupas, ada yang tipis, tebal dan ada yang putih mulus yang merupakan dambaan setiap orang. Kulit adalah organ terluar tubuh manusia.

Dengan itu, memiliki banyak fungsi dalam memelihara seluruh bagian tubuh. Kulit, yang diperkirakan 7% dari total berat badan, memiliki pori-pori atau lubang di mana keringat dikeluarkan. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas dan mengulas tentang berbagai fungsi kulit dalam tubuh manusia.


Kulit bertanggung jawab untuk melindungi bagian dalam tubuh dari gangguan fisik luar, gangguan kimiawi, gangguan panas dan gangguan infeksi (khususnya kuman atau bakteri dan jamur).


  • Kulit sebagai Alat Ekskresi

Kelenjar kulit mengeluarkan sisa metabolisme dalam bentuk keringat, yang mengandung urea, natrium klorida, amonia dan asam urat, melalui pori-pori yang ada.

Lapisan epidermis kulit manusia juga mensintesis vitamin D saat terkena radiasi UV.

Ada bentuk vitamin D3 yang disintesis dari turunan kolesterol steroid di kulit dan aktif saat terkena sinar matahari. Bentuk ini disebut cholecalciferol. Cholecalciferol memainkan peran penting dalam penyerapan normal kalsium dan fosfor, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.


  • Kulit sebagai Indra Peraba

Salah satu fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah indera peraba. Ini karena epidermis, dermis, dan hipodermis mengandung struktur saraf sensorik khusus yang merasakan sentuhan, suhu, dan nyeri.

Reseptor ini lebih fokus pada ujung jari yang paling sensitif terhadap sentuhan, terutama sel Meissner yang merespons sentuhan ringan, dan sel Pacinian yang merespons getaran.


  • Kulit sebagai Pengatur Suhu Tubuh Manusia

Kulit memainkan peran ini dengan berkeringat dan menyempitkan pembuluh darah.

Suhu tubuh diatur oleh area di otak yang dikenal sebagai hipotalamus. Hipotalamus mengatur suhu tubuh dan mengontrolnya dengan membuka dan menutup kelenjar keringat dan kontraksi otot.


  • Kulit sebagai Pembentuk Pigmen

Sel pembentuk pigmen (melanosit) terletak di lapisan dasar kulit. Jumlah melanosit dan ukuran butiran pigmen (melanosom) menentukan warna kulit seseorang.

Semakin banyak warna, semakin gelap kulitnya. Paparan sinar matahari memengaruhi produksi melanosom.


  • Kulit sebagai Media Penyambung Tulang dan Otot

Tahukah Anda bahwa salah satu fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah menyambung tulang dan otot?

Lapisan kulit paling dalam dikenal sebagai jaringan subkutan, subkutan, atau subkutan. Secara teknis, itu bukan bagian dari kulit, melainkan membantu menempelkan kulit pada tulang dan otot di bawahnya.


  • Kulit sebagai Pelindung Tulang dan Otot

Sebagian besar hipodermis terdiri dari lemak, jaringan ikat, dan elastin.

Kandungan lemak yang tinggi melindungi tubuh dan mencegah kita kehilangan terlalu banyak panas. Lapisan lemak juga berfungsi untuk melindungi tulang dan otot Anda.

Meski jarang diperhatikan, ternyata kesehatan kulit bisa membantu kelangsungan hidup Anda. Pilihan perawatan kulit yang baik dan gaya hidup sehat dapat membantu menunda penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit.


Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Meskipun epidermis adalah lapisan kulit yang paling tipis, tampaknya epidermis merupakan organ yang cukup kuat di dalam tubuh. Sayangnya, meski perawatan kulit adalah hal yang paling sederhana dan harus dilakukan setiap hari, orang sering kali lupa merawat kulit yang sehat karena terlihat kuat.

  • Selalu jaga kebersihan kulit. Mandi dengan sabun adalah cara yang bagus untuk menjaga kebersihan kulit. Jika kulit Anda sensitif atau memiliki alergi, pilih produk yang hipoalergenik dan bebas pewangi.
  • Gunakan moisturizer untuk menjaga fungsi skin barrier agar tetap baik dan melembabkan kulit.
  • Melindungi kulit dari bahaya sinar matahari UVA dan UVB. Selalu oleskan tabir surya minimal 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Usahakan untuk memilih produk tabir surya dengan minimal SPF 30 dan PA +++.
  • Cegah kulit dehidrasi dengan mengonsumsi makanan sehat kaya serat dan banyak minum air putih.
  • Alkohol dan rokok adalah musuh kulit. Hentikan segera kebiasaan buruk ini demi menjaga kesehatan kulit.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi Kulit? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: