Fungsi Gading Gajah: Pengertian dan Cara Membedakan Gading Dengan Tulang!

Diposting pada

Fungsi Gading Gajah: Pengertian dan Cara Membedakan Gading Dengan Tulang -Siapa yang tidak kenal gajah? Gajah adalah salah satu hewan besar dengan ciri-ciri yang memiliki batang besar dan gading di tubuhnya. Hewan ini dapat ditemukan di daerah seperti Afrika dan Asia, termasuk Indonesia. Saat ini, gajah telah menginvasi hewan yang perlu dilindungi karena populasinya menurun karena perburuan liar. Kali ini kita akan membahas fungsi gading gajah secara rinci. Untuk membuatnya lebih jelas, kami membaca artikel berikut dengan seksama :).


Pengertian Gading Gajah

Gading adalah bagian dari rahang atau mulut gajah yang mengembang seperti taring babi. Biasanya gajah diburu untuk mendapatkan gading untuk tujuan komersial dan artistik.


Fungsi Gading Gajah

Banyak pemburu menonton gading gajah, bukan tanpa alasan. Gajah gading memiliki banyak keuntungan bagi mereka, meskipun gading gajah tidak dapat dikonsumsi. Apa kelebihan gading gajah? Berikut adalah beberapa manfaat gading gajah:


  • Sebagai Jimat

Banyak orang, terutama mereka yang masih berpegang teguh pada kepercayaan mistis tradisional, berpikir bahwa gading adalah salah satu jimat yang paling efektif untuk kehidupan. Jika Anda menggunakan jimat yang terbuat dari gading gajah ini, setiap orang yang menggunakannya beruntung dan menghindari nasib buruk. Biasanya, gading gajah yang digunakan sebagai jimat sering dibuat dalam bentuk kecil dan dibuat menjadi kalung atau gelang sehingga dapat dengan mudah dibawa ke mana saja.


  • Menghindarkan Diri Dari Bahaya

Ini adalah keuntungan mistis selanjutnya dari gading gajah, yaitu untuk menghindari bahaya dan kemalangan. Kepercayaan yang menyebar ke seluruh komunitas mengatakan bahwa siapa pun yang memiliki gajah gading dapat menghindari kemalangan, kesengsaraan, dan nasib buruk. Tentu saja, ini tidak terbukti secara ilmiah dan hanya sugestif.


  • Penangkal Racun

Efek sugestif lain dari gading gajah adalah bahwa manfaat gading gajah dapat menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh. Siapa pun dengan dan mengenakan gading gajah kebal terhadap racun apa pun.

  • Bermanfaat Untuk Kejantanan Pria

Dari sisi supranatural, mistis dan tradisional, diyakini bahwa gading gajah dapat meningkatkan maskulinitas manusia. Beberapa suku percaya bahwa gading gajah adalah simbol maskulinitas pada pria, dan setiap orang yang memakai gading gajah harus dihormati.


  • Alat Pemotong

Masyarakat kuno di zaman kuno manfaat gading gajah bagi manusia sebagai alat pemotong. Ini masuk akal karena gading adalah bagian dari gigi gajah dan juga memiliki kekuatan yang luar biasa. Karena itu, sering digunakan sebagai alat pemotong.


  • Menjadi Pajangan Didinding

Saat ini, penggunaan gading gajah tidak lagi primitif, seperti: B. alat pemotong atau jimat, tetapi mengarah pada nilai estetika gading gajah. Gajah gading sekarang digunakan sebagai media pameran dan dekorasi untuk rumah dan kantor, baik dalam bentuk gading gajah utuh dan dalam bentuk gading gajah yang telah dibentuk dan diukir.


  • Bahan Pembuatan Pipa Rokok

Gading gajah tidak hanya menjadi pajangan dinding rumah, tetapi juga sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pipa rokok. Pipa rokok yang terbuat dari gading gajah memiliki kekuatan dan daya tahan yang jauh lebih baik daripada pipa rokok yang terbuat dari kayu biasa.


  • Sebagai Koleksi

Ada beberapa orang di dunia ini yang memiliki preferensi untuk mengumpulkan barang-barang tertentu, salah satunya adalah gading gajah. Siapa pun yang suka mengoleksi gading gajah biasanya memiliki dua motif. Yang pertama tertarik pada nilai estetika gading gajah dan yang kedua adalah bahwa mereka masih percaya pada sifat magis dan supernatural dari gading gajah.


  • Sebagai Ornament dan Hiasan Pakaian Adat

Beberapa suku primitif yang masih padat dengan nuansa tradisional yang kuat menganggap gading gajah sebagai sesuatu yang istimewa. Oleh karena itu, masih ada beberapa suku pedalaman yang menggunakan gajah gading sebagai bagian dari pakaian tradisional mereka. Kelebihan gajah gading digunakan sebagai ornamen dan ornamen untuk pakaian tradisional seperti kalung atau gelang.

Gajah gading juga sering digunakan oleh beberapa orang sebagai indikator dan indikator status sosial mereka. Semakin banyak gading, semakin tidak langsung status sosialnya dibatalkan.


  • Mas Kawin

Ada orang berpikir bahwa gading gajah sangatlah berharga, sampai ada beberapa orang suku tradisional yang menggunakan gading gajah sebagai mas kawin. Gajah gading digunakan untuk menyarankan dan menikahi orang lain karena mereka mencerminkan status sosial dan kemakmuran.


  • Investasi dan Bisnis

Bagi pebisnis, gading gajah adalah investasi besar dalam bisnis ini. Meskipun ilegal dan dilarang di seluruh dunia, itu tidak menyurutkan niat mereka untuk membuat gading gajah menjadi bisnis. Gajah gading memiliki harga yang sangat tinggi, sehingga banyak orang mengawasi gading untuk keperluan bisnis.


Cara Membedakkan Gading Dengan Tulang

  • Memperhatikan Warna dan Tekstur Khas Gading

Pegang benda itu dengan tangan Anda dan rasakan beratnya. Gading terasa berat dan kencang saat Anda memegangnya. Cradles seperti bola bilyar, sering terbuat dari gading; Saat Anda memegangnya dengan satu tangan, rasanya kokoh dan keras. Jika objek yang Anda amati ringan, Anda dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa objek tersebut gading.

Tulang dapat memiliki berat yang sama dengan gading. Hanya karena benda itu terasa berat dan keras bukan berarti itu gading.

Jika Anda tidak yakin apakah benda itu benar-benar padat, timbang dan bandingkan beratnya dengan benda yang Anda tahu berwarna gading. Internet adalah sumber yang dapat Anda gunakan untuk menentukan dimensi dan berat benda gading.

Pegang objek dengan jari Anda untuk merasakan tekstur. Gading terkenal karena lembutnya mentega. Ini tidak begitu lembut, tetapi gading sangat mudah diukir di tangan yang tepat. Jika permukaan objek terasa kasar dan tergores, objek tersebut mungkin tidak gading. Tetapi jika terasa sangat halus, itu mungkin gading.

Amati lapisan luar dan permukaan benda dengan kaca pembesar. Dengan cara ini, meskipun tidak selalu berhasil untuk menentukan apakah suatu objek benar-benar gading dengan kaca pembesar, pengamatan dapat memberikan petunjuk yang bermanfaat. Gading asli berkilau dan terlihat indah, seringkali dengan penampilan yang agak kekuningan. Gading juga dapat memiliki warna cokelat muda, karena minyak berasal dari orang yang menyimpannya selama bertahun-tahun. Jika Anda melihat titik atau tanda aneh, itu mungkin bukan gading. Perhatikan karakter berikut:

Melintasi garis. Garis paralel (dengan sedikit perbedaan) akan muncul di sepanjang objek. Garis yang tegak lurus terhadap garis memiliki bentuk huruf V atau lingkaran yang disebut garis Schreger. Garis ini dapat ditemukan di gading gajah dan gading mammoth.

Apakah permukaan benda memiliki bercak atau cekungan gelap? Jika demikian, maka ada kemungkinan benda itu terbuat dari tulang. Hanya saja dalam beberapa kasus tulang telah diputihkan, jadi cobalah tes lain untuk memastikan.

Semua tulang memiliki tanda sumsum atau bintik-bintik kecil di permukaannya. Anda mungkin tidak dapat melihat tanda ini dengan mata telanjang, tetapi Anda harus dapat melihatnya dengan kaca pembesar. Gading cenderung memiliki tekstur yang lebih halus, lebih keras, dan berbintik-bintik.


  • Melakukan Tes Dengan Jarum Panas

Panaskan pena. Letakkan jarum di atas nyala lilin atau korek api selama beberapa detik hingga suhunya cukup panas. Anda benar-benar dapat menggunakan segala jenis logam, tetapi jarum lurus cukup baik untuk Anda jika Anda tidak ingin meninggalkan bekas pada benda yang sedang diuji.

Tempatkan pena panas di permukaan objek. Pilih lokasi tersembunyi sehingga Anda tidak meninggalkan jejak atau lekukan di sana (bahkan jika objek tersebut sebenarnya terbuat dari gading, ini tidak akan terjadi).

Cium aroma yang menempel dengan jarum panas. Jika objeknya gading, tidak ada bau yang akan keluar. Tapi jika itu tulang, baunya seperti rambut terbakar.

Gading asli tidak rusak dalam tes ini karena keras dan cukup kuat untuk menahan panas. Namun, jika benda yang akan diuji terbuat dari plastik, panas jarum cenderung berlubang. Sebab ada jenis plastik misalnya bakelite harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan gading gajah, Anda tidak perlu melakukan tes jarum panas sampai Anda yakin itu tidak terbuat dari plastik.


  • Tes Oleh Profesional

Minta bantuan ahli barang antik untuk mencari tahu asal usul objek. Pakar antik telah menangani ratusan atau bahkan ribuan benda gading, tulang, dan plastik, sehingga mereka biasanya dapat dengan mudah mengidentifikasi asal benda dengan menggunakan salah satu metode di atas atau dengan menerapkan pengetahuan mereka sendiri.

Pastikan untuk menemukan ahli antik tepercaya untuk menilai benda. Jangan memilih toko barang antik yang acak, tetapi toko yang khusus menjual gading sehingga informasi yang Anda dapatkan benar.

Pameran barang antik adalah tempat yang tepat untuk menghargai suatu objek. Cari tahu secara online tentang jadwal pameran seperti itu di daerah Anda.

Mintalah tes kimia. Untuk benar-benar meyakinkan Anda bahwa barang Anda gading, bawa ke laboratorium forensik dan minta tes kimia. Struktur sel gading berbeda dari tulang, tetapi tes laboratorium diperlukan untuk menentukannya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Gading Gajah: Pengertian dan Cara Membedakan Gading Dengan Tulang! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: