Fungsi Perencanaan Dalam Manajemen

Fungsi Perencanaan Dalam Manajemen

Diposting pada

Fungsi Perencanaan Dalam Manajemen – Fungsi perencanaan merupakan kegiatan yang digunakan untuk membuat tujuan bisnis. Berbagai rencana kemudian disusun untuk mencapai tujuan-tujuan yang ditentukan ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi perencanaan dalam manajemen agar anda tidak penasaran. Yuk simak artikel berikut ini dengan seksama.


Fungsi Perencanaan Dalam Manajemen

Aturan fungsi perencanaan dalam manajemen adalah bagaimana seorang pemimpin bisnis menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan mengelola strategi terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan adalah proses yang sangat penting untuk semua fungsi manajemen. Karena tanpa perencanaan, aturan lain seperti pengorganisasian, pembinaan dan pengendalian tidak akan berjalan mulus. Perencanaan ini adalah tahap paling dasar sebelum melakukan kegiatan lain. Perencanaan adalah kegiatan paling awal yang dikoordinasikan untuk mencapai tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu.


Tujuan Perencanaan Dalam Manajemen

Setiap perusahaan tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda, dan rencana yang dibuat untuk mencapai tujuan tersebut tentunya berbeda-beda. Secara umum, bagaimanapun, tujuan perencanaan perusahaan tidak lebih dari:

  • Rencana dibuat untuk stabilitas
  • Direncanakan untuk mengantisipasi perubahan dan beradaptasi dengannya.
  • Rencananya adalah memberikan petunjuk kepada administrator dan non-administrator tentang cara bekerja sesuai rencana.
  • Hal tersebut direncanakan untuk menghindari masalah atau minimal meminimalkan potensi terjadinya overlapping event dan pemborosan dalam pelaksanaan pekerjaan
  • Direncanakan untuk menetapkan standar dalam pekerjaan untuk memfasilitasi pemantauan.

Manfaat Fungsi Perencanaan

Fungsi perencanaan dalam manajemen memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Hasil perencanaan menjadi prinsip dalam menjalankan kegiatan.
  • Perencanaan membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan kegiatan setiap unit diatur secara efektif dan efisien.
  • Perencanaan menghindari kesalahan yang bisa terjadi nanti.
  • Hasil perencanaan mengandung nilai batas untuk ukuran dan biaya yang memfasilitasi pemantauan.
  • Perencanaan sebagai media koordinator antara bidang dan departemen dalam suatu perusahaan
  • Perencanaan merupakan salah satu bentuk antisipasi perubahan kondisi eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi jalannya kegiatan usaha.
  • Adanya perencanaan membuat kegiatan masing-masing unit manajemen menjadi lebih terorganisir
  • Perencanaan membuat pelaksanaan kegiatan lebih efektif dan efisien.

Kegiatan Fungsi Manajemen Perencanaan

Kegiatan dasar dari fungsi perencanaan adalah:

  • Tetapkan tujuan dan target yang ingin dicapai.
  • Penciptaan formulasi strategi yang dengannya tujuan yang ditentukan dapat dicapai.
  • Tentukan sumber daya mana yang dapat menjalankan strategi yang dirumuskan.
  • Indikator keberhasilan untuk pencapaian tujuan.

Bagaimana Rencana yang Baik

Perencanaan yang ditentukan oleh perusahaan harus diatur dalam sistem yang sesuai, sehingga perencanaan dapat dilakukan dengan mudah dan kesalahan yang terjadi dapat diminimalisir dan diantisipasi. Rencana yang baik harus mempertimbangkan hal-hal berikut:


  • Fleksibel

Rencana yang ditetapkan harus fleksibel, tidak kaku, untuk berubah. Rencana apa pun benar-benar harus mampu beradaptasi dengan perubahan masa depan. Mengapa fleksibilitas sangat penting? Karena hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan perencanaan, maka salah satu fungsi dari perencanaan adalah mengidentifikasi potensi hambatan / perubahan. Untuk alasan ini, strategi harus fleksibel, karena lingkungan diketahui terus berjalan dan mengalami perubahan (tidak statis). Oleh karena itu, perencanaan yang baik harus fleksibel agar perusahaan dapat meminimalisir masalah yang muncul dimasa yang akan datang. Yang dimaksud fleksibilitas itu sendiri artinya rencana itu dinamis. Jika perubahan dilakukan nanti, tidak perlu mengubah rencana sepenuhnya karena siap untuk penyesuaian.


  • Stabilitas

Selain fleksibel, rencana perlu stabil agar tidak ada kendala setiap kali rencana perlu diubah. Rencana harus tetap stabil dengan memberikan pertimbangan yang lebih cermat ketika memutuskan untuk mengubah rencana yang telah dibuat. Jika rencana sering diubah dan ada pihak yang kurang paham dengan rencana tersebut, maka dapat membuat pelaksanaan kegiatan menjadi tidak efektif. Rencananya, yang terus berubah, akan berbagi fokus perusahaan. Meskipun boleh saja jika tidak semua rencana terpenuhi atau tercapai, tetapi hasilnya tidak memuaskan, hal itu karena sumber daya perusahaan juga terbatas. Oleh karena itu, perencanaan harus stabil sehingga pelaksana kegiatan lebih fokus pada apa yang mereka lakukan untuk mencapai rencana perusahaan.


  • Jelas

Rencana yang baik itu mudah, tetapi menggunakan kalimat yang mudah dipahami yang pendek, jelas, dan ringkas. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya multitafsir oleh anggotanya karena kesalahan dalam memahami rencana membuat rencana menjadi kacau dan tidak dapat dilaksanakan secara efektif seperti yang diharapkan. Dalam pengajuan rencana perlu dikomunikasikan dengan baik karena meskipun rencana pendek, jelas dan tepat, hasil tidak akan maksimal jika penyampaiannya tidak tepat.


  • Ruang Lingkup

Dalam sebuah rencana, ruang lingkup harus mencakup semua tindakan yang diperlukan untuk mencakup semua fungsi yang ada di dalam organisasi. Sederhananya, semua rencana dirinci dan termasuk 5W + 1H yang dijelaskan di atas. Terperinci dalam hal-hal kompleks hingga hal-hal yang paling sederhana.


Batasan Perencanaan / Spesific

Maksud dari spesifik berarti bahwa perencanaan harus membuat tujuan dan ruang lingkupnya sejelas mungkin, atau dikatakan membatasi. Jadi tidak terlalu lebar atau terlalu sempit. Namun perencanaan tersebut harus mampu menjawab pertanyaan yang sangat sering diajukan yaitu 5W + 1H.

  • What: Tujuan apa yang ingin Anda capai? Perencanaan yang baik harus dapat menjelaskan dengan jelas tujuan mana yang ingin dicapai perusahaan. Jawaban dari pertanyaan ini nantinya akan dijadikan sebagai prinsip dalam perencanaan bisnis ke depan.
  • Why: Mengapa ini menjadi tujuan perusahaan? Perencanaan yang cermat harus dapat menjelaskan alasannya dengan jelas dan menganalisis mengapa tidak ada hal lain yang menjadi tujuan.
  • Where: Di manakah tempat yang paling tepat untuk mencapai tujuan ini? Lokasi tersebut perlu dijelaskan secara detail karena berkaitan dengan proyek yang dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • When: Kapan tujuan yang ditetapkan akan diterapkan? Mengetahui kejelasan waktu sangat penting karena dengan target tanggal, tujuan dapat terlaksana dengan jelas tanpa membuang waktu.
  • Who: Siapakah orang-orang yang memiliki kemampuan yang tepat untuk melakukan pekerjaan sehubungan dengan tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan? Subjek adalah yang terpenting karena performa subjek mempengaruhi objek sasaran.
  • How: Bagaimana Anda melakukan pekerjaan yang benar untuk mencapai tujuan Anda? Perlu ada penjelasan mengapa metode ini digunakan sebagai pengganti alternatif.

Proses Pembuatan  Rencana

  • Menetapkan tujuan yang jelas adalah langkah pertama dalam mengembangkan rencana. Karena tanpa tujuan yang jelas, sumber daya perusahaan tidak akan dapat dieksekusi secara efisien.
  • Menganalisis status saat ini. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan perlu dianalisis dengan baik karena ini akan menentukan bagaimana rencana tersebut dapat dijalankan dengan baik.
  • Identifikasi semua peluang yang ada, baik yang menjadi hambatan maupun kemampuan perusahaan yang mudah diukur untuk mencapai tujuan.
  • Membuat sintesis yang menyatukan beberapa kemungkinan yang ada untuk menciptakan alternatif yang berbeda. Berbagai alternatif tersebut kemudian digunakan untuk menilai yang mana dari berbagai alternatif yang ada yang paling cocok.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Perencanaan Dalam Manajemen semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: