Fungsi Manajemen Menurut Hanry Fayol

Fungsi Manajemen Menurut Hanry Fayol

Diposting pada

Fungsi Manajemen Menurut Hanry Fayol – Sebelum kita mengetahui fungsi manajemen mana yang bekerja menurut Henry Fayol, terlebih dahulu kita harus mengetahui siapa Henry Fayol itu. Henry Fayol adalah orang pertama yang memperkenalkan peran manajemen, dia juga ahli industri di abad ke-20 dan dia adalah warga negara Prancis.

Fayol juga orang yang paling berpengaruh dalam konsep manajemen dan administrasi modern. Nah, warisan Henry Fayol sangat terkenal dengan 5 peran utamanya dalam manajemen. Apa sajakah dari mereka? Berikut 5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol.


Fungsi Manajemen Menurut Hanry Fayol

  • Perencanaan (Planning)

Perencanaan merupakan fungsi dasar manajemen, karena fungsi manajemen yaitu pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengendalian harus direncanakan terlebih dahulu. Proses perencanaan sangat dinamis, bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung situasinya. Proses perencanaan berorientasi pada masa depan karena masa depan penuh dengan ketidakpastian. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perencanaan tersebut, Henry Fayol membuat pernyataan tentang itu. Perencanaan terdiri dari mengidentifikasi langkah-langkah pertama yang akan memungkinkan organisasi mencapai tujuannya dan juga terkait dengan upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi tren masa depan dan menentukan strategi / taktik yang tepat untuk mengatasi hal-hal tersebut. Untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi.


  • Pengorganisasian (Organizing)

Henry Fayol menjelaskan bahwa teori organisasi melalui organisasi lini yaitu sentralisasi kewenangan pada tingkat manajemen organisasi akan memusatkan berbagai fungsi di tangan manajer tertentu, karena secara jelas memisahkan bidang kegiatan manajemen sebagai pusatnya. Otoritas) dan bidang kegiatan teknis (non-manajerial). Menurut Henry Fayol, prinsip organisasi adalah pembagian tugas kerja, kesatuan arah, sentralisasi dan rantai jenjang organisasi.


  • Pengarahan (Commanding)

Fungsi manajemen Menurut Henry Fayol, proses pembekalan departemen sumber daya manusia (SDM) sebagai karyawan suatu organisasi / perusahaan dimaksudkan untuk memberikan petunjuk agar karyawan yang bersangkutan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.


  • Pengkoordinasian (Coordinating)

Pernyataan Henry Fayol tentang koordinasi adalah bahwa koordinasi dapat berarti menghubungkan dan menyelaraskan semua aktivitas yang ada guna mencapai tujuan suatu organisasi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Manajemen Menurut Hanry Fayol semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: