Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan

Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan

Diposting pada

Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan –  Akuntansi dan manajemen adalah dua hal terkait. Meskipun tampaknya berbicara tentang hal-hal yang sama sekali berbeda, tetapi keduanya tetap berada di ranah yang sama. Akuntansi Manajemen adalah sistem akuntansi yang memiliki tautan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh tingkat manajerial suatu organisasi. Manfaat Manajemen Akuntansi akan memberikan pengambilan keputusan dasar dan strategi bisnis sehingga manajemen dapat lebih siap untuk mengelola dan melaksanakan fungsi kontrol. Apa fungsi dari akuntansi manajemen? Ini prnjrlasan.


Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan

Apa fungsinya? Berikut ini adalah fungsi dari manajemen akuntansi untuk perusahaan:

  • Alat untuk Menganalisa Pengambilan Keputusan

Akuntansi ini digunakan sebagai salah satu alat analitis yang dapat memberikan data kuantitatif dan kualitatif. Data yang disajikan kemudian akan digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan.


  • Sistem Informasi untuk Pihak Eksternal

Akuntansi manajemen tidak hanya dirancang untuk pihak internal. Bidang akuntansi juga digunakan untuk kepentingan partai eksternal, seperti pemegang saham, pemerintah, lembaga keuangan, dan pihak lain yang memiliki kepentingan di perusahaan.

Laporan yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan untuk pemegang minat di perusahaan. Stakeholder dapat mengetahui kondisi Perusahaan berdasarkan laporan akuntansi manajemen.


  • Sumber Data dan Informasi Keuangan yang Relevan

Akuntansi Manajemen menyajikan informasi mengenai keuangan perusahaan dan berbagai sumber data yang relevan. Data-data kemudian digunakan sebagai dasar untuk kegiatan perencanaan atau operasi di perusahaan.


  • Sumber Informasi untuk Pertanggungjawaban Masing-masing Divisi

Setiap divisi harus membuat laporan tentang manajemen manajemen. Akuntansi manajemen dapat digunakan sebagai sumber informasi dalam membuat laporan dari setiap divisi. Laporan tersebut nantinya dapat digunakan sebagai dasar untuk merencanakan program kerja mereka sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.


  • Mengukur Kinerja Perusahaan

Akuntansi Manajemen menyajikan data historis yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi pekerjaan di tingkat divisi dan kepentingan perusahaan secara keseluruhan. Proses evaluasi sangat penting untuk dilakukan untuk dapat menilai sejauh mana kinerja Perusahaan dalam mencapai target yang telah ditentukan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengontrol bagian mana yang perlu ditingkatkan, dikurangi, atau dapat dihapus.


  • Koordinasi Berbagai Kegiatan Perusahaan

Akuntansi Manajemen juga berfungsi untuk koordinasi antar divisi. Informasi yang dihasilkan oleh manajemen ini membuat antar divisi mendapatkan informasi eksternal yang diperlukan untuk menjalankan program masing-masing. Dengan demikian, tabrakan bunga antar divisi dapat dihindari.


Tujuan Utama dari Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan

Tujuan mempelajari akuntansi manajemen dapat dirasakan oleh manajer dan perusahaan Perusahaan sendiri. Manfaat yang dapat diperoleh, di antaranya:

  • Peran akuntansi manajemen yang dapat digunakan untuk membantu proses menyiapkan perencanaan secara lebih efektif. Rencana ini lebih dikenal sebagai penganggaran. Untuk memulai bisnis, perlu untuk rentang jumlah dana atau biaya yang harus dipenuhi sehingga bisnis berjalan dengan lancar. Perkiraan dana ini biasanya akan disiapkan setiap tahun, tentu saja antara satu perusahaan dan perusahaan lain, jumlah anggaran ini tidak akan sama.
  • Akuntansi Manajemen akan digunakan sebagai referensi operasional harian untuk mendapatkan sistem kerja yang teratur, efisien dan efektif. Manajer memerlukan informasi tentang perusahaan dari akuntan untuk menjalankan sistem operasional perusahaan.
  • Akuntansi Manajemen dapat membantu proses pengendalian dan pengawasan. Kami telah mengetahuinya dalam manajemen bisnis, ada begitu banyak penyimpangan yang akan terjadi jika tidak ada sistem kontrol dan pengawasan seperti sistem operasional yang tidak sesuai dengan standar, pengeluaran dana yang tidak sesuai dengan anggaran, dll. Manajemen akuntansi akan memberikan solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul, terutama untuk penyimpangan yang terjadi di perusahaan.

Siapa yang Membutuhkan Akuntansi Manajemen

  • Manajer Keuangan

Manajer keuangan membutuhkan akuntansi ini untuk mengumpulkan informasi terkait dengan modal kerja, biaya biaya, pengembalian pengembalian investasi, pengembalian modal, dan berbagai jenis keuangan lainnya.


  • Manajer Produksi

Manajer produksi juga mengharuskan akuntansi manajemen untuk mendapatkan informasi terperinci mengenai biaya harga produksi, biaya per unit produk, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead yang secara langsung mempengaruhi proses produksi.


  • Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran memerlukan data dari manajemen akuntansi untuk menetapkan harga jual produk, menentukan sistem penjualan atau uang tunai, biaya komisi penjualan, dan informasi nilai diskon untuk produk-produk tertentu yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah penjualan produk ini.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: