Fungsi Musik Melodis: Pengertian, Contoh, Cara Memainkan Dan Perbedaannya Lengkap!

Diposting pada

Fungsi Musik Melodis: Pengertian, Contoh, Cara Memainkan Dan Perbedaannya Lengkap!– Siapa yang tidak kenal musik akhir-akhir ini? Karena musik memiliki kualitas yang menghibur, semua orang menyukainya. Musik itu sendiri diciptakan dari instrumen yang membentuk ritme yang dapat menenangkan. Karena itu, semua orang akan lebih suka mendengarkan musik ketika mereka santai atau hanya beristirahat sebentar.

Anda pasti tidak akan ketinggalan mendengarkan musik dengan sengaja hampir setiap hari. Anda pasti akan mendengarkan musik bahkan di tempat umum. Sebagai contoh di mal, Anda pasti akan mendengar musik.

Musik belum benar-benar populer akhir-akhir ini, dan musik juga telah diputar di zaman kuno. Diperkirakan musik itu sendiri telah ditemukan selama 180.000 tahun. Pada zaman kuno, musik biasanya bertindak sebagai iringan upacara tradisional, hanya sebagai hiburan dan tarian yang menyertainya.

Musik yang indah dapat diciptakan karena terdiri dari beberapa instrumen dan tentu saja dalam komposisi yang tepat. Tidak semua orang dapat memainkan musik dengan baik karena musik itu sendiri memiliki dimensi untuk menghasilkan musik yang indah.

Semua orang tidak suka gaya musik yang sama atau mereka suka gaya musik yang berbeda. Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal beberapa genre atau genre musik yang populer saat ini, seperti pop, jazz, rock, pop punk dan banyak lainnya.

Di sini saya akan membahas alat musik melodi. Tentu saja beberapa dari Anda pernah mendengar instrumen melodi. Tapi pertama-tama saya akan menjelaskan sesuatu tentang musik. Jadi Anda tidak bisa hanya mendengarkan, tetapi setidaknya mengerti arti musik.

Apakah ini benar-benar musik?

Musik adalah pengaturan alat musik atau suara dan menciptakan irama yang tidak teratur. Asal usul kata musik sebenarnya berasal dari bahasa Yunani Mousikos.


Pengertian Musik Melodis

Alat musik melodik adalah alat musik yang umumnya mengatur melodi suatu lagu. Biasanya alat ini tidak dapat memainkan akor sendirian, yang berarti dapat menghasilkan not atau notasi seperti Do, Re, Mi dll yang dapat melengkapi suara yang dihasilkan dari alat musik yang ritmis dan harmonis. Alat musik melodi juga diartikan sebagai alat musik yang memiliki ritme atau nada. Fungsi instrumen melodi adalah untuk mengatur nada lagu atau musik.

Saat memainkan alat musik melodi, itu tidak dapat dilakukan secara sewenang-wenang. Bermain harus bersaing dengan alat musik lain karena tidak dapat dimainkan dengan akor sendirian. Selain itu, alat musik melodi juga paling unik karena memiliki ritme dan nada.

Ada banyak jenis alat musik melodi yang dapat kita temukan saat ini, berdasarkan sifat tradisi atau modernitas. Namun, berbagai jenis alat musik juga dapat diklasifikasikan berdasarkan cara mereka dimainkan.


Fungsi Alat Musik Melodis

Alat musik melodi dapat bertindak sebagai alat pengaturan suara dalam musik atau lagu. Saat ini ada banyak alat musik melodi dengan keragaman yang semakin meningkat.

Alat musik melodi dapat dimainkan dalam beberapa cara, termasuk dengan mengangkat, meniup, menekan, mengayun, menyeka, dan menyedot.


Contoh Alat Musik Melodis

Dalam beberapa contoh berikut alat musik melodi dan gambar-gambarnya dijelaskan sebagai berikut:

  • Akordeon

Banyak sekali nama yang digunakan beberapa orang untuk menyebut instrumen akordeon ini di Indonesia sendiri, yang tentu saja dikenal sebagai akordeon atau akordeon. Di luar negeri, panggilannya tetap sama, tetapi dengan naskah yang berbeda, yaitu akordeon.

Akordeon adalah sejenis organ dengan bentuk lebih kecil. Akordeon dimainkan dengan cara menggantung pada tubuh atau didukung pada tubuh. Tentu saja, karena bobot alat musik ini, akan melelahkan jika Anda bermain untuk waktu yang lama.

Pemain akordeon memainkan instrumennya dengan menekan tombol “akor” dengan jari-jari tangan kirinya sementara tangan kanan memainkan melodi yang menyertai lagu. Namun, jika Anda seorang ahli, Anda biasanya menggunakan tangan secara bergantian.

Suara yang dihasilkan oleh alat musik akordeon berasal dari gerakan udara yang diarahkan ke “lidah” ​​akordeon. Udara ini diciptakan oleh gerakan tangan pemain (mendorong dan menarik).


  • Angklung

Alat musik tradisional yang dimainkan dengan gemetar juga merupakan contoh alat musik melodi.

Baca Juga :  Fungsi Data: Definisi, Jenis dan Contoh, Pengertian Menurut Ahli, Sifat, Sumber serta Skala Pengukuran Data

Angklung dianggap sebagai salah satu alat musik tradisional Jawa Barat dan sejauh ini kita masih dapat menemukan banyak permainan.

Memang, suara yang dihasilkan oleh instrumen Angklung itu sendiri tidak begitu unik, itulah sebabnya pertunjukan Angklung biasanya dimainkan dalam kelompok atau pertunjukan.

Meskipun Angklung adalah alat musik tradisional, alat ini dapat digunakan bersama dengan alat musik modern lainnya seperti drum, keyboard dan gitar listrik.

Angklung juga terkenal di luar Indonesia, tetapi mengapa anak-anak muda di negara itu tampaknya kurang tertarik untuk belajar dan menjelajahi salah satu budaya yang ada di negara Indonesia?

Berikut ini adalah 15 jenis banding Indonesia terkenal di dunia yaitu:

  1. Angklung Padaeng.
  2. Angklung Sarinande.
  3. Angklung Badeng.
  4. Kacang angklung.
  5. Angklung Dogdog Lojor.
  6. Angklung Badud.
  7. Angklung Bungko.
  8. Angklung Toel.
  9. Angklung Sri Murni.
  10. Angklung Kanekas.
  11. Angklung Reog.
  12. Angklung Banyuwangi.
  13. Bali Angklung.
  14. Angklung Gubrag.

  • Biola

Biola adalah alat musik yang dimainkan dengan menyeka dengan tali atau rambut busur, yang terbuat dari bahan sintetis atau dapat dibuat dari rambut kuda asli.

Biola akan menghasilkan suara merdu, begitu banyak orang menyukai alat ini, dari anak-anak hingga orang dewasa, dan bahkan banyak yang menyukai alat musik melodi ini.

Biola biasanya tampil anggun dalam setelan hitam mereka, tetapi tampaknya memainkan biola tidak semudah kelihatannya.

Pemain biola menekan senar dengan tangan kiri saat tangan kanan menyeka, atau dapat dibalik jika pemain biola kidal.

Di luar negeri, biola dikenal sebagai biola atau biola. Berikut adalah beberapa nama pemain biola terkenal seperti Idris Sardi, Iskandar Widjaja dan Clarissa Tamara.


  • Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional, di tengahnya terdapat proyeksi bulat, sekilas Bonang menyerupai gong tidur.

Alat musik Bonang sendiri dimainkan dengan cara yang dipukul dengan alat khusus.

Ketika alat musik Bonang dimainkan dalam ansambel musik, Bonang sering digunakan sebagai instrumen utama dan pembawa melodi yang mendasarinya atau untuk mengatasi pola nada masa depan.


  • Calung

Calung adalah salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang telah lama berkembang di masyarakat.

Suara yang dihasilkan oleh alat musik Calung adalah dalam bentuk skala pentatonik.

Calung diklasifikasikan sebagai idiophone atau alat musik yang menghasilkan suara dari getaran instrumen itu sendiri, seperti ketika memainkan instrumen segitiga.

Calung, yang telah dikenal sejak lama, juga memiliki banyak orang, ada Calung Rantay, Calung Banyumas dan juga Calung portabel, yang tentu saja tidak semuanya sama.


  • Gitar

Alat musik melodi ini, yang dimainkan oleh Picking, mungkin sangat fleksibel dan cocok untuk lagu-lagu dengan hampir semua genre.

Gitar bisa dimainkan berdiri atau duduk tergantung pada kenyamanan dan keadaan.

Seorang gitaris yang biasa dikenal sebagai gitaris. Dalam sebuah band, bersama penyanyi dan semua staf band, gitaris adalah salah satu posisi yang paling menarik perhatian penonton. Namun, memainkan gitar ini tidak mudah.

Gitar juga dapat digunakan sebagai iringan musik tradisional. Musik di Indonesia masih dominan ketika menggunakan instrumen senar ini.

Teknik bermain gitar juga bervariasi. Butuh bertahun-tahun untuk menguasai memainkan gitar ini.


  • Harmonika

Instrumen Melodic Harmonica menghasilkan suara dengan setiap pukulan dan ketika udara diambil dari mulut pemain harmonis.

Lubang di harmonika hanya berjarak yang hampir saling berdekatan. Ini membuat permainan sangat sulit dan tidak mudah.

Di Indonesia sendiri, permainan harmonika dipopulerkan oleh salah satu musisi paling legendaris, yaitu musisi Iwan Fals, seperti dalam lagunya “No Title”.

Keindahan suara yang dihasilkan oleh instrumen ini dan teknik bermain harmonika tergantung pada pemain. Semakin baik dan lebih akurat, semakin baik gim yang dihasilkan.


  • Kecapi

Berkenaan dengan fungsinya dalam mengiringi lagu, harpa terdiri dari dua jenis, yaitu harpa indung atau main dan harpa rinci atau anak anjing.

Meskipun kedua jenis harpa digunakan untuk mengiringi lagu, masing-masing peran mereka berbeda.

Harpa sendiri dimainkan dengan mematuk dawai atau dawai yang tergeletak di papan kayu (harpa body).

Berbeda dengan biola, yang dimainkan dengan menyeka, harpa itu sendiri dimainkan dengan jari-jari dan senarnya agak lebih tajam pada kulit.

Teknik yang digunakan saat mencabut harpa juga memiliki dampak besar pada suara yang dihasilkan oleh harpa.

Semakin baik Anda memainkan alat musik harpa, semakin baik melodi yang dapat dihasilkan dari bagian tersebut.


  • Kolintang

Di beberapa daerah, Kolintang disebut Kulintang. Namun, penggunaannya masih sama.

Dalam perkembangannya, Kolintang telah melalui berbagai budaya dan sangat berpengaruh oleh agama-agama di Indonesia.

Meskipun bentuknya datar panjang, Kolintang adalah alat musik yang masih milik keluarga Gong di Asia dan telah lama ada di Indonesia.

Baca Juga :  4 Pengertian Komik: Ciri, Jenis, Pembagian, Kesimpulan!

Permainan ini diyakini telah ada selama berabad-abad, terutama di Asia Tenggara, hingga akhirnya berkembang.

Kolintang adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memukul dan dapat dimainkan oleh pria dan wanita tergantung pada keadaan atau situasi.

Kolintang menghasilkan suara yang begitu rapi dan pas untuk lagu-lagu daerah, dan beberapa alat musik modern bukanlah pilihan yang buruk.


  • Mandolin

Mandolin adalah alat musik yang berbentuk seperti gitar, tetapi bagian tubuhnya sedikit lebih tebal. Mandoling sering dimainkan di acara-acara tertentu dan juga sebagai iringan tarian seperti tari Rudat.

Alat musik mandolin dapat dikombinasikan dalam penampilan dengan berbagai alat musik lainnya. Cara memainkan instrumen mandolin sama dengan ketika memainkan gitar, tetapi jumlah senar berbeda dari gitar.

Mandolin adalah alat musik yang diyakini berasal dari Italia dan dapat memainkan semua jenis genre seperti bluegrass, folk, klasik, dll. Dan mandolin tidak begitu sulit untuk dipelajari.


  • Pianika

Instrumen ini, yang dimainkan oleh hampir setiap generasi, dimainkan dengan meniup peluit tiup dan kemudian melanjutkan dengan menekan not pada tuts piano.

Pianika memiliki lubang yang tepat untuk menghilangkan udara dan air.

Dari segi bentuk dan cara memainkannya, pianika sangat mirip dengan alat musik piano yang memiliki dua jenis kunci, hitam dan putih.

Pemain piano harus memiliki pengaturan pernapasan yang sangat baik. Alat musik pianika juga merupakan contoh dari alat musik melodi.


  • Piano

Seperti halnya piano, piano memiliki beberapa tombol yang menghasilkan suara.

Ada 2 jenis piano, piano tradisional dan piano modern. Seorang pemain piano yang dikenal sebagai pianis dan salah satu pemain paling terkenal adalah Yiruma.

Seperti yang Anda lihat, instrumen piano menghasilkan suara tombol yang ditekan. Selain itu, kombinasi tombol yang ditekan bersama membuat suara lebih indah. Inilah keunikan bermain piano.

Piano memiliki bentuk yang cukup besar dan umumnya berwarna hitam, dengan pedal dan bangku yang bisa diduduki pianis.


  • Recorder

Berbeda dengan namanya, alat perekam bukanlah alat perekam suara, tetapi alat musik melodi, yang bentuknya hampir seperti seruling dan dimainkan dengan cara meniup di salah satu ujung guratan.

Jenis perekam yang biasa digunakan di sekolah adalah jenis perekam sopran, sopranino, dan alto. Tentu saja, pemain harus menyesuaikan jika dia memiliki jari yang panjang.

Mengapa perekam berbeda dari alat musik seruling? Ternyata ada lubang untuk ibu jari yang berseberangan 7 lubang untuk membuatnya unik.

Perekam modern mungkin berbeda dari perekam konvensional karena modifikasi, tetapi cara mereka dimainkan adalah sama.


  • Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional NTT yang dimainkan dengan memetik senar yang diatur dalam tubuh Sasando.

Alat musik tradisional ini awalnya hanya terdiri dari 10 buah dan hingga 48 buah di ujung tombak pengembangan.

Pada awalnya, senar senar Sasando juga dibuat dengan daun palem. Sekarang mungkin kita bisa melihat mereka dengan senar yang telah digunakan secara luas pada biola sejak kedatangan Portugis yang membawa alat musik gesek ini.

Sasando adalah salah satu alat musik tradisional yang dipilih. Setiap bagian menciptakan berbagai suara. Senar, yang berjumlah 48 senar, direntangkan dari satu ujung tabung ke ujung lainnya.


  • Seruling

Penggunaan varian seruling ini, ada yang menggunakannya sebagai alat hiburan, ada juga yang menggunakannya untuk menghasilkan uang (membentuk grup musik dan tampil di acara-acara), seruling ini juga banyak digunakan di dunia pendidikan.

Selain suling, ada instrumen lain yang dimainkan dan ditiup dengan cara yang sama, mis. B. Cara memainkan seruling, cara memainkan perekam, cara bermain Saluang dan cara memainkan seruling. Suling juga dimasukkan sebagai contoh alat musik melodi.

Untuk mempelajari teknik memainkan seruling dengan baik, seorang pemain juga harus dapat membaca not-not lagu tertentu, tidak seperti gitar yang bertuliskan C, G, Am. Seruling biasanya ditulis dengan angka disertai dengan titik-titik.


  • Talempong

Talempong merupakan alat musik tradisional Minangkabau, yang penggunaannya hampir sama dengan Bonang dalam perangkat Gamelan.

Alat musik Talempong memiliki bentuk kecil dan berbaris dengan orang lain dalam wadah.

Alat musik Talempong, salah satu alat musik khas Minangkabau, adalah alat musik yang selalu hadir di berbagai acara penting seperti tarian piring, tarian tambahan dan bahkan sebagai alat musik untuk menyambut tamu istimewa.

Untuk dapat memainkan alat musik Telempong ini, seorang pemain harus memperhatikan setiap pukulan, karena apa yang akan dilihat nanti bukan hanya 1 buah, tetapi lebih dari 5 instrumen, yang disusun dengan rapi dengan nada berbeda.


Cara Memainkan Alat Musik Melodis

Alat musik melodi dan cara memainkannya sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Tergantung pada instrumen yang dimainkan. Untuk detail lebih lanjut, lihat pernyataan berikut:

Baca Juga :  Pengertian Karya Ilmiah : Tujuan, Manfaat serta Ciri – Cirinya!

  • Dipetik

Cara memainkan instrumen melodi dengan memilihnya. Contohnya seperti gitar, kecapi, mandolin dan sasando.


  • Ditiup

Cara memainkan alat musik melodi melalui gelembung. Contohnya seperti piano dan seruling.


  • Ditekan

Cara memainkan alat musik melodi dengan menekan. Contohnya seperti piano dan akordeon.


  • Digesek

Cara memainkan alat musik melodi dengan menggesekkan. Misalnya suka biola.


  • Dihisap

Cara memainkan alat musik melodi dengan cara hidup. Misalnya suka harmonika.


Perbedaan Alat Musik Melodis, Harmonis Dan Ritmis

Pada dasarnya alat yang menghasilkan suara dan bisa diatur dengan cara tertentu oleh musisi bisa disebut alat musik. Nah, alat musik dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:


  • Alat Musik Melodis

Alat musik melodi adalah alat musik yang memainkan melodi lagu, termasuk:

    Recorder, termasuk instrumen angin, dibagi menjadi empat bagian, yaitu perekam sopran, perekam sopran, perekam, dan perekam bass.

  1. Pianika, piano sama dengan piano, organ dan keyboard. Perbedaan instrumen ini tertiup melalui mulut.
  2. Haromonika, instrumen ini memiliki dua vibrator terpisah yang berbunyi ketika perangkat meniup atau mengisap instrumen.
  3. Saksofon, alat ini dikembangkan oleh Adolphne Sax pada tahun 1846. Saat meniup alat ini, pemegang harus memiliki cetakan untuk memainkan alat ini.
  4. Musisi jazz hancur biasanya menggunakan alat ini untuk menghasilkan solo yang menawan.
  5. Hobo, alat musik ini sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno. Instrumen ini muncul di musik konser
  6. Seruling, seruling terdengar seperti seruling Liukan yang kaya yang menciptakan suasana magis, dapat menidurkan pendengar melalui trik seruling.
  7. Clarinet, alat ini dikembangkan oleh Theoblad Boem dengan nada tinggi dan nyaring. Pada pertengahan abad ke-18 itu digunakan oleh orkestra musik militer.
  8. Biola, biola oleh Stradivarus (1644-1737) dianggap sebagai alat musik terbaik yang pernah dibuat. Instrumen dawai tidak berubah sejak saat itu. Biola yang digunakan dalam orkestra adalah biola sopran dan biola alto.

  • Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonik mengiringi perjalanan melodi lagu dengan akord tertentu. Iringan di sini terus memandu nyanyian agar tidak menyimpang dari nada sebuah lagu. Contoh alat musik harmonic:

  1. Piano, seorang pianis dapat memainkan musik yang bagus baik solo maupun dengan iringan orkestra. Piano memainkan peran penting dalam meditasi pada sebuah lagu.
  2. Keyboard, keyboard sama dengan piano, tetapi alat musik yang berbeda dapat diatur, apakah melodi, harmonik atau berirama.
  3. Gitar, gitar adalah alat musik petik yang populer di masyarakat, anak muda suka sekali bermain gitar. Gitar bertindak sebagai alat musik tunggal atau sebagai iringan musik atau lagu. Nada gitar sangat lebar, lebih dari 3 oktaf.

  • Alat Musik Ritmis

Instrumen ritmik bertindak sebagai pengatur irama musik atau juga disebut irama. Yang termasuk dalam musik irama lat:

  1. Tamborin, istilah dalam musik di sekitar kita adalah Icik-Icik. Biasanya alat ini digunakan untuk musisi jalanan. Rebana digunakan dalam Orkestra Dangdut dan orkestra modern. Grup band besar Indonesia juga menggunakan instrumen ini saat membuat klip video, misalnya GIGI dengan lagu Janji.
  2. Triangle atau Trinoka, drum kit baja segitiga. Segitiga yang terdengar sering terdengar di orkestra dan band.
  3. Tabla, alat musik India yang dikembangkan di Indonesia, menjadi ketipung. Alat ini mengeluarkan suara tajam yang membuat tubuh bergoyang.
  4. Drum set, alat ini hanya dimainkan oleh orang yang membutuhkan keterampilan yang sangat baik. Drum terdiri dari drum snare, drum bass, drum tenor dan simbal. Ada juga pemain drum yang memasukkan rebana ke dalam pengaturan drum.
  5. Bongo, alat musik ini dikenal dalam alat musik Rhumba dari Amerika Latin, ada pula yang digunakan untuk musik reggae. Bongo adalah drum kecil dan pendek yang disusun berbeda.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Musik Melodis: Pengertian, Contoh, Cara Memainkan Dan Perbedaannya Lengkap! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: