Fungsi Hosting

Fungsi Hosting: Jenis, Cara Kerja dan Membeli di Dewaweb

Diposting pada

Fungsi Hosting: Jenis, Cara Kerja dan Membeli di Dewaweb – Seperti rumah, situs web adalah alat dasar yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda. Namun, untuk membangun situs web, Anda memerlukan layanan hosting untuk menyimpan data di situs web Anda. Pengertian hosting adalah layanan penyewaan kapasitas penyimpanan untuk menyimpan data di website Anda.

Baik Anda sedang membangun citra merek, membangun bisnis dengan menyajikan katalog dan promosi, atau mengatur pekerjaan yang telah Anda lakukan, Anda jelas membutuhkan situs web.

Itulah mengapa kami dapat menganggap situs web sebagai rumah kami. Saat membangun sebuah “rumah”, Anda perlu menemukan lingkungan yang “aman”. Untuk menemukan lingkungan yang memenuhi kriteria, Anda membutuhkan “developer” bernama Hosting. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fitur hosting, jenis, cara kerjanya dan cara membeli hosting di web, berikut penjelasannya:


Fungsi Hosting

Tentunya setiap alat memiliki fungsi untuk keperluan yang penting bukan? Maka web hosting ini sama. Sebelum melakukan hosting ini, sebaiknya Anda memahami fitur-fitur hosting untuk memaksimalkan kebutuhan hosting Anda. Berikut beberapa fitur web hosting:


  • Tempat Penyimpanan Data

Fungsi utama web hosting adalah menyimpan data atau file dari aplikasi atau website online agar dapat diakses oleh banyak orang di jaringan internet. Hosting bisa disebut perpustakaan dan website sebagai buku sehingga banyak orang yang bisa melihat atau membaca buku tersebut. Hal ini memungkinkan pemilik website memberikan informasi sesuai kebutuhan pengguna.


  • Alamat Akses atau Link Website

Hosting juga bertindak sebagai pengalihan DNS. Misalnya, ada situs 101 (dot) com, situs ini terdaftar di DNS. Ketika seseorang ingin mengakses situs web, server mengakses tautan hosting yang digunakan selama hosting. Meskipun situs web atau situs web Anda terdaftar di DNS tetapi tidak termasuk dalam hosting web, orang lain tidak akan dapat mengakses situs web itu. Ia bahkan dapat menampilkan informasi kesalahan jika seseorang mencoba mengaksesnya.


  • Menjaga Website atau Aplikasi Tetap Online

Fungsi terakhir dari web hosting terakhir sangat penting untuk sebuah website atau aplikasi, juga fungsi ini hanya tersedia dengan hosting. Jika situs web Anda selalu online selama penyedia hosting situs web sedang dalam pemeliharaan dan tidak ada masalah, situs web Anda dapat diakses kapan saja, di mana saja, tanpa khawatir apakah akan mati atau tidak.

Meskipun ada beberapa contoh ketika situs web tidak tersedia, itu hanya sebagian kecil. Umumnya situs web ini menggunakan web hosting gratis. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan hosting berbayar, yang lebih aman dan memiliki jaminan ketersediaan. Jika website tersebut untuk keperluan bisnis atau profesional, gunakan web hosting ahli sehingga siapapun yang mengakses website tidak akan mengalami masalah. Sebelum Anda memulai web hosting, Anda harus mengetahui jenisnya. Jadi, Anda bisa memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website atau aplikasi Anda.



Jenis-jenis Hosting

Saat memilih “Negara” atau Hosting untuk membangun website, Anda harus bijak dalam memilih jenis hosting yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Sesuai dengan kebutuhan dan tujuan membangun website, setidaknya ada empat jenis hosting yang harus Anda ketahui:


  • Shared Hosting

Hosting bersama adalah jenis hosting tradisional di mana, tergantung pada kekuatan server, server dibagikan untuk beberapa pengguna pada saat yang bersamaan. Keunggulan dari layanan hosting yang satu ini adalah harganya yang sangat terjangkau, karena Anda membayar sewa server bersama dengan pengguna lain.

Namun, jika situs web Anda atau situs web orang lain sibuk di server yang sama, situs web lain akan mengalami “kemacetan” atau pemuatan halaman yang lambat.

Selain itu, jika server rusak, penyedia hosting akan membutuhkan waktu yang tidak terbatas untuk membuat server berfungsi kembali karena server harus diperbaiki secara manual. Selama kerusakan ini terjadi maka website yang terhubung ke server akan mengalami downtime hingga server diperbaiki.



  • Cloud Hosting

Mirip dengan shared, cloud hosting juga digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan. Perbedaannya adalah dengan cloud hosting, pengguna tidak hanya mengandalkan satu server karena beberapa server saling berhubungan, jadi jika satu server rusak, server lain akan segera mengambil alih hosting dan biaya downtime untuk situs web banyak dipotong.

Inilah keuntungan dari cloud hosting, yang membuat harganya sedikit lebih tinggi daripada shared hosting. Cloud hosting cocok jika situs web Anda memiliki lalu lintas sedang hingga tinggi. Salah satu layanan cloud hosting murah terbaik yang dapat Anda andalkan adalah Dewaweb.


  • Virtual Private Server (VPS) Hosting

VPS atau Virtual Private Server hosting adalah titik tengah antara cloud hosting dan dedicated server. Ini karena pengguna dapat menggunakan server yang fungsinya mirip dengan server khusus, tetapi dengan harga yang semurah cloud atau hosting bersama.

Manfaat lain dari VPS adalah setiap pengguna memiliki akses root ke ruang penyimpanan virtual mereka sendiri, jadi lebih aman jika ingin menggunakan hosting yang satu itu.


  • Dedicated Server

Server khusus memberikan kontrol maksimum atas server hosting yang digunakan oleh situs web Anda. Ini berarti Anda mengontrol semua saluran hosting yang disediakan oleh server. Server khusus ditujukan untuk Anda jika situs web yang Anda kelola memiliki banyak lalu lintas.

Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan server khusus, pastikan Anda memiliki anggaran yang disiapkan jauh lebih tinggi daripada ketiga jenis hosting yang disebutkan di atas. Selain harga yang tidak sesuai untuk penggunaan individu, dedicated server juga memerlukan ruangan khusus dengan pendingin 24 jam untuk menjaga kestabilan suhu mesin server.

Ingat, memahami jenis hosting yang Anda hosting adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan saat mempelajari cara membangun situs web. Seperti pengembang rumah, hosting memberi Anda sejumlah ruang untuk membangun situs web alias “rumah”. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas hosting dengan cara mengecek kecepatan dan keamanan serta hasil referensi pengguna.


Cara Kerja dari Hosting

Hosting web berfungsi ketika file yang membentuk situs web diunggah ke server web dari komputer lokal. Sumber daya server (RAM, ruang disk, dan bandwidth) dialokasikan ke situs web yang menggunakannya. Pangsa sumber daya server tergantung pada jenis paket hosting yang Anda pilih. Untuk memilih paket hosting yang sesuai, Anda harus terlebih dahulu membedakan antara paket yang tersedia. Tidak serumit itu. Untuk pembaca non-teknis, mari kita gunakan analogi sederhana: memilih host web mirip dengan mencari ruang kantor.

Bagaimana Anda memutuskan jenis ruang kantor yang tepat untuk kebutuhan Anda? Apakah tempat kerja di co-working space cukup terbuka atau hal terbaik berikutnya; Kantor di pusat bisnis. Apakah Anda berniat untuk tumbuh dengan cepat atau Anda mengharapkan banyak orang datang dan pergi? Apakah Anda berpikir untuk menyewa seluruh bangunan atau Anda membangun daya tarik spasial Anda sendiri?

Selain gaya kantor yang Anda gunakan, ada pertimbangan lain. Seberapa mudah diaksesnya kamar, fitur apa yang mereka tawarkan (tambahan seperti papan tulis, internet berkecepatan tinggi, dan fasilitas lainnya) dan di mana lokasinya serta total biayanya. Pertimbangan ini akan menentukan kebutuhan Anda dan membantu menentukan jenis kantor yang tepat untuk Anda. Mari bandingkan proses pemilihan ini untuk memutuskan web hosting mana yang sesuai.

Shared hosting mirip dengan menyewa ruang kerja di kantor yang sibuk, bising, terbuka, atau area kerja bersama. Mereka memiliki semua kenyamanan modern: meja, koneksi internet dan beberapa alat tulis dan berbagi ruang dengan kolega lain, termasuk dapur, printer, dan toilet. Anda tidak dapat mengubah ruang penyimpanan, mis. Seperti memasang papan tulis, dll. Ini adalah opsi populer untuk meluncurkan situs web kecil dan tidak cocok untuk proyek komersial besar.

Virtual Private Server (VPS) adalah langkah maju yang besar dari shared hosting. Perusahaan menengah mendapat keuntungan dari menyewa kantor di kawasan industri. Dengan VPS, pengguna diisolasi satu sama lain. Anda memiliki tetangga tetapi Anda tidak terlalu bergantung pada mereka dan Anda dapat membuat perubahan (penyesuaian) dan mengatur workstation Anda sendiri. Ini membuat seluruh gedung perkantoran sebanding dengan hosting di server khusus. Ini adalah opsi yang lebih mahal dan terbaik untuk situs web yang menghargai keandalan dan kinerja. Karena Anda mengontrol semua ruang penyimpanan, Anda memiliki kontrol lebih besar atas konfigurasi dan banyak ruang penyimpanan. Namun, tidak ada gunanya berinvestasi jika Anda tidak menggunakan ruang penyimpanan yang dikandungnya.

Setelah mengetahui apa itu hosting, cara kerjanya, jenis apa. Berikut kami berikan rekomendasi layanan web hosting keren dan terbaik di Indonesia selain jika tidak, IDCloudHost. IDCloudHost merupakan penyedia hosting yang berbasis di Indonesia yang telah dipercaya oleh lebih dari 90.000 pelanggan. Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas layanan dari IDCloudHost. IDCloudHost pertama kali didirikan pada Juni 2015. Meski masih berusia 5 tahun, mereka sudah memiliki pelanggan dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

IDCloudHost memiliki keunggulan dalam menggunakan teknologi cloud terbaru, sehingga tidak ada lagi teknologi lama atau klasik yang digunakan. Dengan teknologi cloud ini, kecepatan web server lebih cepat dan waktu pengoperasian lebih stabil dibandingkan dengan penyedia selang lainnya. IDCloudHost juga menggunakan prosesor tercepat yang ada di pasaran saat ini, yaitu prosesor Intel E5 dan penyimpanan SSD. Banyak dari layanan yang ditawarkan oleh IDCloudHost dengan harga yang murah dibandingkan dengan pesaing lainnya.


Cara Membeli Hosting di Dewaweb

Dewaweb menggunakan cloud hosting. Cloud hosting tidak hanya lebih cepat dan lebih mudah digunakan, tetapi juga tidak menurunkan biaya terlalu banyak dibandingkan dengan VPS atau dedicated server dan hanya selisih kecil dengan harga shared hosting. Selain itu, 24/7 Ninja Support selalu ada untuk Anda jika Anda mengalami kesulitan atau masalah saat mengelola situs web Anda dengan layanan hosting Dewaweb. Anda dapat membeli hosting dari Dewaweb dengan cara berikut:

  • Kunjungi halaman hosting Dewaweb yang lebih murah.
  •  Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam contoh ini kami menggunakan paket Hunter yang dapat digunakan untuk blog pribadi atau toko online. Hosting adalah pemburu.

Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda

  • Masukkan nama domain yang Anda inginkan, lalu klik “Check Domain” hingga Anda menemukan nama yang paling sesuai dan dapat digunakan.
  • Pilih siklus penagihan yang sesuai dengan anggaran Anda. Pembayaran hosting dihitung sesuai pilihan Anda, 1, 3, 12 bulan, dll.
  • Pilih lokasi server. Jakarta, Singapura atau San Jose.
  • Tentukan aplikasi web yang ingin Anda gunakan. CMS, e-commerce, developer, dll.
  • Klik pada “Add to Cart”. Hosting ditambahkan ke keranjang belanja.

Klik pada Add to Cart

  •  Pastikan harga yang ditampilkan sesuai dengan yang Anda pesan. Jangan lupa tambahkan kupon saat promo sedang berjalan. Hosting adalah kode promo.

Pastikan harga

  • Isi informasi yang diperlukan untuk tujuan keanggotaan. Anda dapat login terlebih dahulu untuk mendaftarkan akun baru. Jangan lupa untuk mencentang syarat dan ketentuan lalu klik “Tempatkan pesanan”. Hosting menyelesaikan pesanan.

Isi informasi yang diperlukan

  • Melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan yang ditawarkan; Kartu kredit, transfer bank, go-pay atau e-cash.
  • Jika pembayaran sudah selesai, segera cek inbox email Anda untuk link login cPanel.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Hosting: Jenis, Cara Kerja dan Membeli di Dewaweb semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: