Peramalan Perencanaan Produksi Sangat Dibutuhkan Bila Kondisi Pasar Bersifat

Peramalan Perencanaan Produksi Sangat Dibutuhkan Bila Kondisi Pasar Bersifat?

Diposting pada

Peramalan Perencanaan Produksi Sangat Dibutuhkan Bila Kondisi Pasar Bersifat? – Peramalan ialah proses memperkirakan berapa banyak kebutuhan di masa depan berisi kebutuhan seukuran kuantitas, kualitas, waktu dan lokasi yang diperlukan untuk memenuhi permintaan barang atau jasa. Peramalan mungkin tidak selalu diperlukan dalam permintaan pasar yang stabil karena perubahan permintaan relatif kecil. Namun, peramalan perencanaan produksi sangat dibutuhkan bila kondisi pasar bersifat kompleks dan dinamis.

Dalam kondisi pasar bebas, permintaan pasar lebih kompleks dan lebih dinamis, karena aplikasi untuk kondisi sosial, ekonomi, politik, aspek teknologi, produk daya saing dan produk substitusi. Oleh karena itu, prognosis yang akurat adalah informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan manajemen.


Peramalan dan Horizon Waktu

peramalan yang terlalu rendah berakibat

Dalam hubungannya dengan cakrawala waktu, perkiraan dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

  • Peramalan jangka panjang, umumnya 2 hingga 10 tahun. Peramalan berfungsi untuk perencanaan produk dan perencanaan sumber daya.
  • Peramalan jangka menengah, umumnya 1 hingga 24 bulan. Peramalan ini lebih spesifik daripada prognosis jangka panjang, yang umum digunakan untuk menentukan arus kas, perencanaan produksi dan penentuan anggaran.
  • Peramalan jangka pendek, umumnya 1 hingga 5 minggu. Peramalan ini berfungsi untuk membuat keputusan mengenai perlunya lembur, perencanaan kerja, dan keputusan pemeriksaan jangka pendek lainnya.

Tujuan Peramalan

Di bawah tujuan utama ramalan itu

  • Tentukan kebutuhan dan ukuran ekstensi pabrik.
  • Tentukan perencanaan jangka menengah untuk produk yang ada untuk dibuat dengan fasilitas yang ada.
  • Tentukan perencanaan jangka pendek dari produk yang ada untuk dibuat dengan perangkat yang ada.

Metode Peramalan Dalam Perencanaan Produksi

Prakiraan dapat dipisahkan berdasarkan periode waktu dengan kegunaannya. Karena derajat dan akurasi terperinci sehubungan dengan periode tersebut, jenis prediksi dibagi dengan keramahan pengguna, detail, dan periode.

Selain itu, ramalan dapat dikategorikan dengan cara lain:

  • Berdasarkan pendapat subjektif dari orang-orang di bidang penjualan dan pemasaran.
  • Berdasarkan indeks aktivitas bisnis.
  • Berdasarkan data penjualan rata-rata.
  • Berdasarkan analisis statistik data penjualan sebelumnya.
  • Berdasarkan kombinasi.

Jenis Peramalan

Dengan keputusan di perusahaan industri, seorang manajer membutuhkan informasi dari berbagai halaman. Oleh karena itu, seorang manajer harus diperkirakan di beberapa area penting, termasuk prognosis tentang perkembangan teknologi, perkiraan kondisi ekonomi, perkiraan permintaan dan sebagainya. Dalam perencanaan dan kontrol produksi (PPC), bidang progno yang difokuskan diprediksi.


Peramalan Permintaan

Peramalan Permintaan memprediksi tingkat permintaan untuk produk yang diharapkan akan diungkapkan untuk jangka waktu tertentu di masa depan. Prakiraan adalah input yang sangat penting dalam keputusan perencanaan dan inspeksi perusahaan. Karena bagian kerja dari produksi bertanggung jawab atas produksi produk yang dibutuhkan oleh konsumen, laporan keuangan produksi sangat dipengaruhi oleh hasil perkiraan permintaan. Prakiraan Permintaan ini digunakan untuk memprediksi persyaratan produk gratis (tidak tergantung), mis. B. Prakiraan produk jadi.


Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Peramalan

Permintaan produk untuk suatu perusahaan adalah hasil dari berbagai faktor yang berinteraksi di pasar. Faktor-faktor ini hampir selalu merupakan kekuatan yang terletak pada kontrol perusahaan. Faktor-faktor berbeda ini meliputi:


Siklus Bisnis

Pergantian produk biasanya berakibat karena permintaan untuk produk-produk tersebut, dan permintaan untuk suatu produk dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang membentuk siklus bisnis dengan fase inflasi, resesi, depresi dan periode pemulihan.


Siklus Hidup Produk

Lifecycle dari suatu produk biasanya mengikuti pola yang biasanya ditunjuk S. curve S. Kurva S menggambarkan tingkat permintaan waktu di mana siklus hidup suatu produk dibagi menjadi fase pengantar, fase pertumbuhan, fase pertumbuhan, fase pertumbuhan, fase pertumbuhan, fase pertumbuhan dan akhirnya fase pengurangan. Untak pemeliharaan kontinuitas perusahaan, maka diperlukan inovasi produk pada waktu yang tepat


Faktor-faktor lain

Beberapa faktor lain yang memengaruhi permintaan adalah reaksi belakang pesaing, mengubah perilaku konsumen, dan perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan, mis. B. Meningkatkan kualitas, layanan, anggaran iklan dan kebijakan pembayaran kredit.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Peramalan Perencanaan Produksi Sangat Dibutuhkan Bila Kondisi Pasar Bersifat? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: