Fungsi Barcode

Apa Fungsi Barcode, Manfaat dan Jenisnya?

Diposting pada

Apa Fungsi Barcode, Manfaat dan Jenisnya? – Pernahkah Anda melihat kode batang pada paket belanjaan atau tanda terima pembelian? Jika iya, biasanya ada garis-garis di barcode yang berbentuk bar.

Barcode, disebut juga barcode, crosscode atau barcode, adalah sekumpulan data optik yang dibaca oleh mesin. Barcode adalah catatan lebar dan lebar garis sejajar dan dapat disebut sebagai barcode atau simbologi linier. Untuk informasi lebih lanjut tentang barcode, lihat pembahasan rinci di bawah ini.


Fungsi Barcode

Umumnya ada enam kategori utama penggunaan barcode karena penggunaannya:

  • Keperluan Retail

Secara umum contohnya adalah UPC atau Universal Price Codes, dimana teknologi barcode merupakan teknologi yang digunakan untuk keperluan produk yang dijual di supermarket atau supermarket!


  • Keperluan Packaging

Secara umum teknologi barcode digunakan khusus untuk pengiriman barang. Salah satu jenis kode batang yang digunakan adalah kode batang jenis ITF.


  • Keperluan Penerbitan

Teknologi barcode merupakan salah satu teknologi yang juga sering digunakan untuk keperluan penerbitan, khususnya untuk publikasi suatu produk, misalnya barcode yang digunakan untuk menampilkan ISSN suatu buku.


  • Keperluan Farmasi

Salah satu kode batang, yaitu kode batang tipe HIBC, merupakan kode batang yang banyak digunakan untuk mengidentifikasi suatu obat. Tentunya dengan banyaknya ragam obat yang dapat dipilih, barcode merupakan teknologi yang sangat membantu pekerjaan di bidang farmasi!


  • Keperluan Non-Retail

Misalnya untuk memberi label pada ribuan buku perpustakaan. Kode 39 adalah jenis barcode yang banyak digunakan untuk tujuan ini!


  • Keperluan Lainnya

Barcode adalah teknologi yang menawarkan berbagai fungsi dalam kehidupan sehari-hari, mis. B. Identifikasi, pelacakan aset, inventaris, persyaratan industri dan laboratorium!


Manfaat Barcode

Seiring waktu, inovasi barcode juga semakin meningkat! Kebutuhan akan kombinasi yang lebih kompleks menciptakan inovasi baru. Misalnya kode matriks dua dimensi (barcode 2D) yang merupakan kombinasi dari kode matriks persegi.

Barcode 2D ini antara lain kode PDF, kode QR, kode matriks, dll. Inovasi barcode 2D merupakan inovasi dimana jumlah karakter yang dapat dimasukkan ke dalam sebuah barcode bertambah dan mencapai ratusan tempat di dalam kode tersebut menjadi! Berbeda dengan kode 1D yang hanya boleh memuat kode lima sampai dua puluh digit!

Manfaat apa yang dapat dimiliki barcode karena semakin berkembangnya inovasi barcode yang mungkin Anda dan orang lain alami dalam kehidupan sehari-hari? Inilah jawabannya!

  • Barcode adalah teknologi yang mempercepat proses entri data karena pemindai kode batang dapat membaca atau merekam data lebih cepat daripada entri data manual.
  • Proses entri data lebih tepat dan lebih akurat. Barcode memiliki tingkat akurasi dan akurasi yang tinggi dalam melacak informasi data. Ini juga membuat teknologi barcode sangat presisi dalam hal pengambilan data.
  • Karena keakuratan, presisi, dan presisi yang tinggi, teknologi barcode merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk menekan biaya. Hal ini dapat menghindari kesalahan dalam pencatatan data sekaligus mengurangi pekerjaan manual yang berulang.
  • Peningkatan kinerja administrasi. Ini karena data yang lebih cepat, lebih akurat, dan lebih akurat membuat pengambilan keputusan manajemen menjadi lebih baik dan lebih akurat, dan berdampak pada bagaimana kebijakan bisnis ditetapkan.
  • Memiliki prestise atau nilai tawar yang lebih tinggi dan kemampuan bersaing dengan rival atau pesaing.

Jenis-Jenis Barcode

Berdasarkan jenisnya, barcode atau disebut juga barcode, crosscode atau barcode dibedakan menjadi dua bagian, yaitu kode linier (barcode 1 dimensi) dan kode matriks (barcode 2 dimensi).


  • Linear Code (Barcode 1 Dimensi)

Linear Code (Barcode 1 Dimensi)

Linear Code atau Barcode 1 Dimension terdiri dari berbagai jenis barcode, yaitu Code 39, Interleaved 2 of 5 (ITF), Code 128 dan terakhir UPC. Penjelasannya sebagai berikut!


  1. Kode 39

Kode 39

Kode 39 adalah jenis barcode alfanumerik atau barcode ASCII lengkap dengan panjang baris berbeda. Barcode ini dapat mewakili huruf dan angka serta beberapa karakter seperti $, /, + termasuk titik dan spasi. Jenis barcode ini biasa digunakan untuk identifikasi, inventarisasi hingga pelacakan aset.


  1. Kode 128

Kode 128

Kode batang ini hampir mirip dengan Kode 39, juga merupakan kode batang alfanumerik, tetapi memiliki kepadatan yang lebih tinggi. Dapat digunakan untuk sistem manajemen pengiriman dan gudang.


  1. Interleaved 2 of 5 (ITF)

Interleaved 2 of 5 (ITF)

Barcode ini merupakan barcode numerik khusus dan berkapasitas maksimal 32 digit. Jadi jenis barcode ini adalah jenis barcode numerik. Barcode jenis ini biasa digunakan untuk teknologi barcode di industri dan laboratorium.


  1. UPC (Universal Product Code)

Adalah jenis kode batang numerik dengan alias tetap untuk panjang baris. Biasanya digunakan untuk menandai produk eceran atau eceran!


  • Matrix Code (Barcode 2 Dimensi)

Matrix Code (Barcode 2 Dimensi)

Kode Matriks, juga dikenal sebagai Barcode 2 Dimensions, lebih kompleks daripada kode linier karena dapat berisi ratusan digit. Juga, ini terlihat berbeda dari kode linier. Contoh kode matriks adalah kode QR dan PDF 417.


  1. Kode QR

Kode QR

Barcode jenis ini tidak hanya satu sisi yang berisi data, tetapi kedua sisinya memiliki data. Oleh karena itu, kode QR dapat berisi lebih banyak informasi daripada kode batang.

Misalnya, kode QR dapat memuat URL situs web yang nantinya dapat ditempatkan di majalah periklanan atau media lain. Bagi Anda yang memiliki smartphone dengan kamera sekaligus aplikasi membaca, aplikasi ini dapat memindai kode QR dan masuk ke website tersebut tanpa memasukkan alamat URL-nya.


  1. PDF 417

PDF 417

Jenis kode batang ini dapat menyimpan 2000 karakter dalam satu spasi atau dalam ruang empat inci persegi (in2).

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi Barcode, Manfaat dan Jenisnya? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: