Fungsi Edmodo

Fungsi Edmodo: Fitur, Kegunaan, Kelebihan serta Kekuragan!

Diposting pada

Fungsi Edmodo: Fitur, Kegunaan, Kelebihan serta Kekuragan! – Berkembangnya kemajua teknologi informasi yang didukung dengan kehadiran internet memiliki berbagai dampak positif, yang diantaranya berupa lebih dimudahkannya proses belajar mengajar antara guru dan murid atau mahasiswa dengan dosen.

Berbagai macam website, aplikasi, dan bahkan media sosial dibuat oleh para developer untuk tujuan, salah satunya Edmodo, sebuah jaringan sosial yang terbukti sangat membantu jutaan guru dan murid dalam melakukan proses belajar mengajar.

Edmodo memiliki manfaat yang  luas sebagai jaringan sosial antara guru dan murid yang dapat dipantau pula oleh orang tua, dengan berbagai fitur canggih yang membuat proses belajar mengajar lebih efektif, efisien, dan terorganisir. Seperti misalnya polling, gradebook, quiz, file and links, library, assignment, award badge, dan parent code.


Fungsi Edmodo

Fungsi dari edmodo ialah mempermudah komunikasi antara murid engan guru atau dosen. Sebagai sarana komunikasi belajar. Sebagai tempat untuk ujian dan yang lainya. Dengan semua fitur-fitur yang ada, di dunia maya harus menjadi emdia yang sempurna untukmeningkatkan kehidupan nyata pendidikan.


  • Dalam Sudut Pandang Guru

emdodo juga menggambarkan dirinya sebagai jaringan sosial pembelajaran yang aman bagi guru dan siswa nya, merekan membuktikannya dengan menyediakan dua jenis tombol yang  dapat anda pilih, yaitu “I’m a student dan I’m a teacher”.

Untuk tujuan percobaan, mali lihat layanan dari kedua perspektif. Fimulai dari sisi guru terlebih dalhulu ya. Window singn up terlihar dapat dengan semua field bisa untuk disiis. Apli kemudian anda akan emlihat bahwa bersi siswa mempunyai perbedaan khas.


  • Dalam Sudut Pandang Siswa

Apabila anda seorang siswa, proses pendaftaran sedikit berbeda. Selain informasi dasar pribadi anda. Ana juga akan memerlukan kode kelompok dari yang akan anda bergabung dengannya, ini ialah kode bahwa guru anda akan mendapatkan ketiaka merekan membuat kelompok. Setelah login, anda akan menemukan dagtar kelompok bahwa anda telah bergabung tepat di bawah avatar anda, apabila anda ingin bergabung dengan kelompok lainnya, mempunyai kode akses danklik tombol “join”.

Guna mempermudah komunikasi antara murid dengan guru atau guru dengan guru atau pun dosen.

Sebagai sarana komunikasi belajar bediskusi.  Juga sebagai epat untuk ujian atau pun kuis dan sebagainya.


Fitur-fitur yang Ada di Edmodo

  • Polling

Polling merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengetahui pendapat umum. Biasanya, polling dilakukan menjadi sebuah ekspresi, sekaligus metode dalam mengetahui pendapat umum mengenai suatu isu atau masalah tertentu.

Nah, di Edmodo terdapat fitur polling, digunakan para guru untuk bisa mengetahui tanggapan dari siswa akan hal tertentu.

Polling ini biasa digunakan untuk memperoleh feedback (umpan balik) secara instan, seperti : Event yang sudah terjadi    Tugas    Karya paling menarik   dan lain sebagainya.


  • Gradebook

Gradebook merupakan fitur yang hampir mirip seperti catatan nilai siswa atau mahasiswa. Fitur ini digunakan secara manual ataupun otomatis oleh guru.

Dengan gradebook, guru dapat melakukan manajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa yang diampu olehnya.

Di edmodo, bisa diekspor menjadi file berekstensi .csv. Untuk fitur satu ini, guru memegang akses penuh, sedangkan siswa hanya bisa melihat rekapan nilai berbentuk grafik dan penilaian secara langsung.

Gradebook sangat membantu guru membuat catatan nilai lebih terorganisir dan lebih efisien, guru bisa dengan mudah menambah periode penilaian di progress book, menambah tugas dan nilai menggunakan komputer, setelah itu memantau nilai dari setiap murid dengan mudah.

Bahkan gradebook juga memantau progress atau kemajuan dalam belajar siswa, hingga bisa memantau peringkat siswa di suatu kelas.


  • File and Links

Adalah informasi yang berhubungan dan tersimpan dalam secondary storage, secara konsep, file ini mempunyai beberapa tipe data dan ada juga yang bertipe program.

Sementara itu, link atau biasa disebut dengan nama hyperlink merupakan acuan dalam dokumen hypertext ke dokumen lain atau mengacu ke sumber lain, seperti halnya suatu kutipan yang ada di dalam literatur.

File yang disisipkan di edmodo seperti berekstensi : ,docx, pptx, xlsx, pdf  dan lain-lain

Kadang, saat menjelaskan sesuatu, guru membutuhkan tambahan materi, seperti halnya gambar atau bahkan sumber referensi yang lengkap, sehingga siswa bisa lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan.

Hanya dalam waktu yang singkat, guru bisa mengunggah gambar, video, teks atau apapun yang menurutnya bisa meningkatkan rasa ingin tahu dari siswa saat sedang melakukan kegiatan belajar mengajar.

Tidak hanya materi berbentuk file, guru juga bisa menyisipkan link yang dijadikan sebagai sumber referensi yang bisa diakses oleh siswa dalam memahami suatu pelajaran lebih mudah lagi.


  • Quiz

Quiz, atau kuis merupakan suatu bentuk permainan teka-teki.

Fitur yang satu ini hanya bisa dibuat oleh guru, sedangkan siswa tak memiliki akses sama sekali untuk membuat kuis. Siswa hanya bisa mengerjakan soal kuis yang sudah diberikan oleh guru.

Kuis sendiri digunakan oleh guru guna memberikan suatu bentuk evaluasi secara online kepada siswanya yang berupa pilihan ganda, isian singkat ataupun soal uraian.


  • Library

Seperti halnya perpustakaan, library mencakup buku-buku yang sudah disusun atau diatur sedemikian rupa, sehingga bisa mudah ditemukan atau digunakan oleh pengguna.

Di dalam library, guru bisa mengunggah bahan ajarnya, seperti :    Materi    Referensi   Presentas  Gambar    Video    dan lain sebagainya

Fitur ini memiliki fungsi sebagai salah satu wadah guna menampung berbagai macam file dan link yang dimiliki oleh guru ataupun murid.


Kegunaan Edmodo

Edmodo di rancang untuk membuat siswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab, di dalam edmodo guru dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.

Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa. Semua nilai dan rencana belajar di tugaskan / di berikan melalui edmodo dan di simpan dan mudah di akses. Guru bisa mendapatkan masukan dari kelas melalui reaksi siswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau pefrustasian siswa.


Kelebihan dan Kekurangan Edmodo

Kelebihan Edmodo

  • User Interface

Mengadaptasi tampilan seperti Twiter, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk di gunakan bahkan untuk pemula sekalipun.


  • Compatibility

mendukung preview berbagai format file seperti : pdf, pptx, html, swf, dan lain sebagainya.


  • Aplikasi

Edmodo tidak hanya bisa di akses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa di akses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.


Kekurangan Edmodo

  • Social Media

Edmodo tidak terintegrasi dengan sosial media apapun seperti facebook, twitter, atau google plus. Padahal saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagi pula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com dari pada edmodo.com.


  • Language

Pemakai bahasa yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.


  • Video Conference

Video Conference belum tersedia, padahal cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.


Kesimpulan

Dilihat dari manfaat dan juga fitur-fiturnya, edmodo merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online. Edmodo juga mempermudah kegiatan balajar mengajar antara guru dan murid, dari guru, murid, maupun orang tua, semua pihak dapat diuntungkan dengan kehadiran Edmodo.

Guru menjadi lebih mudah memberikan materi pada murid. Pengarsipan berbagai dokumen yang diperlukan untuk mengajar pun lebih terorganisir, juga materi pengajaran yang lebih luas karena dapat berbagi dengan guru-guru lainnya. Guru juga lebih mudah untuk memantau perkembangan tiap murid. Sementara itu, dari sisi murid, belajar jadi tidak monoton duduk di kelas dan mendengarkan guru menjelaskan saja.

Murid jadi lebih memahami pelajaran dengan adanya tambahan-tambahan ilustrasi dari file atau link yang diberikan guru. Murid pun bisa jadi lebih termotivasi dengan pemberian badge sebagai tanda penghargaan. Begitu halnya dengan orangtua yang lebih mudah memantau anaknya belajar, melihat hasil anaknya belajar yang dirangkum dalam gradebook, sehingga dapat memotivasi buah hatinya ketika dibutuhkan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Edmodo: Fitur, Kegunaan, Kelebihan serta Kekuragan! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: