Fungsi Ergonomi

Fungsi dan Manfaat Ergonomi:Prinsip, Contoh dan Tujuannya!

Diposting pada

Pengertian Ergonomi: Menurut Ahli, Prinsip, Contoh, Tujuan dan Manfaat_ Selamat malam sobat bagaimana kabarnya, kami harap semua baik-baik saja. Oke eggak usah pake basa basi lagi , apa kalian sudah mengentahui tentang Ergonomi? Pasrinya di antara kalian sudah ada yang sudah mengerti dan ada juga yang belum mengerti. Nah mangka dari itu kami akan memperjelas pengertian ergonomic ini supaya kalian lebih megerti artiya dan maksudnya.

Ergonomi itu berhubungan dengan suatu pekerjaan serta kegiatan seseorang. Agar lebih jelasnya yuk kit abaca artikel singkat ini dengan seksama agar kalian tidak penasaran lagi da tidak bertanya-tanya lai, selamat membaca.


Fungsi dan Manfaat Ergonomi

Pada dasarnya ilmu ergonomi ini memiliki kelebihan antara lain untuk pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat, memiliki resiko kecelakaan yang lebih rendah, waktu yang efisien, resiko sakit yang berhubungan dengan pekerjaan rendah, dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa manfaat ergonomi, di antaranya sebagai berikut:

  • Pekerjaan meningkat seperti kecepatan, akurasi, keamanan dan juga mengurangi energi saat bekerja.
  • Mengurangi penghematan waktu, biaya pelatihan dan pendidikan.
  • Mengoptimalkan penggunaan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan.
  • Mengurangi waktu yang terbuang.
  • Tingkatkan kenyamanan karyawan Anda dalam bekerja.

Prinsip-Prinsi Ergonomi

Segala produk yang memiliki nilai pastinya harus memintingkan berbagai nilai ergonomic. Berbagai perinsip tersebut di antaranya adalah kegunaan, keamanan, kenyamanan, keluwesan, dan kekuatan. Supaya kalian lebih  mengetahui mengenai berbagai perinsip ergonomi kalian bisa membaca di bawah ini:


  • Kegunaan

yakni produk yang di hasilkan tersebut bisa di manfaatkan seseorang dalam mendukung berbagai aktifitas atau kebutuhannya secara maksimal tanpa mengalami kesulitan atau masalah ketika menggunakannya.


  • Keamanan

Sedangkan untuk prinsip Keamanan pada sebuah produk adalah dimana produk yang di hasilkan bisa di gunakan serta di manfaatkan tanpa adanya resiko yang dapat membahayakan keselamatan dan menimbulkan kerugian bagi si pengguna.


  • Kenyamanan

Yakni produk yang di hasilkan tersebut bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan (Pas, Cocok, ideal) atau tidak menimbulkan masalah ketika di gunakan saat beraktifitas, bahkan di usahakan bisa mendukung aktivitas seseorang.


  • Keluwesan

Adalah produk yang di hasilkan sebisa mungkkin dapat digunakan untuk berbagai keperluan di berbagai kondisi atau dengan kata lain multifungsi.


  • Kekuatan

Yakni produk yang di hasilkan tersebut haruslah tahan lama (Awet) atau tidak mudah rusak jika digunakan.


Contoh Ergonomi

  • Kegunaan

Pakaian kemeja di beri kancing, dimana hal ini untuk memudahkan si pemakai dalam mengenakan serta melepas kemeja tersebut.


  • Keamanan

Saku pada baju di beri penutup atau diberi kancing agar benda yang tersimpan pada saku tersebut tidak mudah jatuh.


  • Kenyamanan

Kain yang di pakai untuk membuat baju, celana dan sebagainya harus memakai serat yang lembut, sejuk, dan dapat menyerap keringat.


  • Keluwesan

Saku yang di buat pada baju atau celana dapat menyimpan berbagai benda kecil lainnya seperti pulpen, pensil dan lainya.


  • Kekuatan

Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian dari bahan kain yang kuat dan di jahit dengan baik.


Tujuan Ergonomi

  • Ergonomi bertujuan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental dengan car pencegahan cidera dan penyakiat akibat kerja, menurunkan beban kerja fisik dan mental, dan mengupayahkan promosi dan kepuasaan kerja.
  • Ergonomi bertujuan untuk peningkatakan kesejahteraan sosial melalui peningkatan kualitas kontak sosial, mengelola dan mengkoordinir secara tepat dan meningkatkan jaminan sosial selama kurun waktu usia produktif maupun juga setelah produktif.
  • Bertujuan untuk menciptakan keseimbangan rasional antara berbagai macam tujuan yaitu aspek ekonomi, teknis, antropologis dan budaya setiap sistem kerja yang dilakukan sehingga tercipta kualitas kerja dan kualitas hidup yang tinggi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi dan Manfaat Ergonomi:Prinsip, Contoh dan Tujuannya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: