Fungsi Ram: Pengertian, Bentuk Fisik Ram, Tips Pemilihan Memori, Cara Kerja dan Jenis Ram

Diposting pada

Fungsi Ram: Pengertian, Bentuk Fisik Ram, Tips Pemilihan Memori, Cara Kerja dan Jenis Ram -Mungkin bagi Anda yang banyak menggunakan gadget pc dan laptop, kata RAM yang sering Anda dengar atau yang Anda tekan. Saat membeli perangkat, sering juga diperiksa berapa banyak RAM yang tersedia pada perangkat.

Semakin besar memori RAM, semakin cepat kinerja perangkat yang kami beli, terlepas dari apakah itu komputer, laptop atau ponsel. Benarkah seperti itu? Oleh karena itu, perhatikan penjelasan untuk memahami RAM yang paling umum, fungsi RAM dan variasi ukuran RAM di pasaran

Memori akses acak atau RAM adalah perangkat di komputer atau gadget yang dapat dengan cepat mengakses memori akses acak. Terkadang RAM juga disebut memori utama dalam suatu perangkat.

Karena kemungkinan akses RAM ke data secara acak, data dapat ditampilkan lebih cepat. RAM juga dapat menyimpan sementara data di perangkat saat perangkat dihidupkan dan data belum disimpan di hard drive. Bisa dibilang RAM merupakan perangkat penyimpanan tercepat di komputer dibandingkan dengan jenis perangkat penyimpanan lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.


Pengerian Ram

RAM adalah perangkat di komputer atau gadget yang dapat dengan cepat mengakses penyimpanan acak. Terkadang RAM juga disebut memori utama dalam suatu perangkat.

Karena kemungkinan akses RAM ke data secara acak, data dapat ditampilkan lebih cepat. RAM juga dapat menyimpan sementara data di perangkat saat perangkat dihidupkan dan data belum disimpan di hard drive. Bisa dibilang bahwa RAM merupakan alat penyimpanan tercepat di komputer dibandingkan dengan jenis perangkat penyimpanan lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.


Bentuk fisik Ram

Perbedaan lain antara RAM dan perangkat penyimpanan lainnya adalah bahwa penyimpanan yang disimpan bersifat sementara dan secara otomatis menghilang ketika komputer atau perangkat dimatikan.

Baca Juga :  Fungsi Windows: Definisi, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan serta Jenis Windows

Secara umum dapat dijelaskan bahwa ketika suatu program dibuka, data ditransfer dari hard disk ke RAM. Mengapa? Karena data dalam RAM lebih cepat dan lebih mudah diakses daripada data atau penyimpanan pada hard disk. Mengakses data dari RAM tidak memerlukan penundaan atau waktu tunggu. Semakin banyak RAM yang ada dalam perangkat gadget, semakin cepat data atau memori suatu program dapat diakses.

Bahkan, kapasitas RAM dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kecepatan komputer atau perangkat lain seperti laptop dan smartphone.


Fungsi ram

  • Membantu Menghemat Penyimpanan Sementara

Fungsi utama RAM adalah untuk sementara menghemat ruang. RAM, juga disebut penyimpanan acak dalam bahasa Indonesia, untuk sementara menyimpan memori suatu aplikasi atau program. Program yang berjalan ini kemudian memberikan informasi yang disimpan dalam RAM dan kemudian diteruskan ke CPU untuk diproses. Fungsi CPU ini memproses informasi dari aplikasi yang disimpan dalam RAM.

Menjalankan / membuka aplikasi – aplikasi yang membuka mengirim informasi yang kemudian disimpan dalam RAM. RAM meneruskan informasi ke CPU. CPU memproses informasi yang ada dalam RAM.

Proses ini hanya memakan waktu beberapa detik dan bahkan lebih cepat jika komputer memiliki kapasitas RAM yang lebih besar sehingga proses penyimpanan tidak terhambat oleh RAM.


  • Membantu Penggunaan Multitasking Dikomputer

Fungsi RAM selanjutnya adalah untuk mendukung penggunaan multitasking di komputer. Multitasking adalah keadaan di mana komputer dapat menjalankan atau membuka lebih dari dua aplikasi secara bersamaan. RAM adalah komponen yang memainkan peran yang sangat penting dalam proses multitasking ini. Semakin besar kapasitas RAM, semakin lancar komputer multitasking berfungsi, sehingga kapasitas yang mendukung komputer seringkali tidak lagi tersedia.


  • Mempercepat Pemrosesan Informasi Dikomputer

Secara umum diketahui bahwa semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat informasi diproses oleh CPU. Ini berarti bahwa kecepatan sistem komputer sangat ditentukan oleh kapasitas RAM yang tersedia. Karena dengan memori yang bekerja dengan kapasitas tinggi, proses penyimpanan dan juga transfer memori yang bekerja dari memori yang bekerja ke CPU tidak terhambat. Ini juga merupakan cara untuk menjaga laptop lambat karena terlalu berat untuk dikerjakan. Demikian pula, komputer dengan kapasitas RAM yang lebih rendah menjadi lebih terbatas dalam penggunaan aplikasi mereka karena kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Baca Juga :  Fungsi Driver: Pengertian, Contoh dan Jenis-jenis Driver Lengkap!!

Tips Pemilihan Memori

Jika Anda ingin memilih memori yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti memori atau membeli perangkat komputasi baru. Berikut beberapa tips:

  • Perhatikan jumlah maksimum RAM yang dapat ditangani oleh komputer Anda.
  • Perhatikan jumlah slot dari RAM yang tersedia.
  • Perhatikan juga jenis RAM antara DDR 1, DDR 2 atau DDR 3. (Baca juga bagaimana Anda dapat membedakan antara RAM DDR1, DDR2, DDR3.)
  • Selalu periksa jumlah RAM yang dipasang menggunakan properti Windows sebelum membeli.
  • Memiliki fungsi penting untuk permainan dan desain

Bagi Anda yang menyukai game dan aplikasi berbasis desain dan 3D, RAM memiliki fungsi yang sangat penting dan juga vital untuk komputer Anda. Game, serta aplikasi dan desain berbasis 3D, adalah jenis aplikasi komputer yang membutuhkan jumlah RAM yang sangat besar. Bagi Anda yang senang dengan game dan desainnya, fungsi RAM menjadi nyata dan sangat berguna bagi Anda. Ini juga menegaskan pernyataan bahwa semakin besar kapasitas RAM, semakin besar informasi pemrosesan komputer.


  • Tentukan Spesifikasi Komputer

Fungsi lain dari RAM adalah salah satu tolok ukur dari spesifikasi komputer. Selain kualitas dan generasi CPU, kapasitas RAM juga harus diperhitungkan saat membeli komputer. Oleh karena itu, memori memainkan peran penting dalam memutuskan apakah akan membeli komputer atau tidak. Juga sesuaikan kebutuhan Anda dengan komputer yang akan Anda beli. Sebaiknya Anda membeli komputer dengan kapasitas RAM minimal 2 GB, yang cukup untuk penggunaan sehari-hari serta untuk game dan desain dasar.


Cara Kerja Ram

Saat pengguna menyalakan komputer / laptop untuk pertama kalinya. Salah satu perangkat komputasi yang diproses lebih dulu adalah prosesor. Prosesor ini memiliki tugas untuk memproses dan meminta data pada media penyimpanan seperti hard disk. Ini berarti bahwa data dikirim dari prosesor setelah permintaan data diterima dari prosesor.

Sayangnya, mekanismenya tidak sesederhana itu, tidak seperti prosesor, yang merupakan komponen digital murni dengan kecepatan pemrosesan data yang cukup tinggi. Hard drive biasanya lebih lambat untuk memproses data dan kehilangan 46 kali lebih lambat dari prosesor. Jika ini terus berlanjut, akan terjadi hambatan.

Untuk mengatasinya, kita membutuhkan perangkat lain yang disebut RAM. Meskipun ini adalah RAM sementara, RAM ini bertanggung jawab untuk menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor dengan sangat cepat, karena komponen-komponen dalam RAM juga menggunakan teknologi digital yang cukup cepat sehingga insiden bottleneck tidak terjadi.

Baca Juga :  Sejarah Komputer Dari Generasi ke Generasi dan Perkembangannya!

Jenis-jenis Ram

Beberapa jenis RAM tercantum di bawah ini:

  • Dynamic RAM

Dynamic RAM adalah jenis RAM yang diperbarui secara berkala oleh CPU (Central Processing Unit) sehingga data yang dikandungnya tidak hilang.


  • SD Ram

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memor) adalah DRAM-RAM tambahan, yang bagaimanapun disinkronkan oleh jam sistem. SDRAM umumnya lebih cepat dari DRAM.


  • RAM DDR

DDR-RAM (Double Rate Random Access Memory) atau sering disebut dengan DDR, sejenis RAM dengan teknologi canggih dan terbuat dari SD-RAM. RAM DDR juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3, dan kemungkinan akan berlanjut.


  • RAM RDR

RAM RDR (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang bekerja lebih cepat dan umumnya lebih mahal daripada RAM SD. Jenis SD-RAM ini digunakan pada perangkat komputasi yang menggunakan Pentium 4.


  • S Ram

S RAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM di mana data dapat disimpan tanpa CPU harus diperbarui. Jenis RAM ini bekerja lebih cepat daripada D-RAM dan SD-RAM.


  • Edo Ram

Edo ram  merupakan jenis RAM yang dipakai dalam perangkat dengan OS Pentium. Jenis penyimpanan ini dapat melakukan proses penyimpanan dan pengambilan data secara bersamaan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Ram: Pengertian, Bentuk Fisik Ram, Tips Pemilihan Memori, Cara Kerja dan Jenis Ram semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Pengertian XML: Bagian, Keunggulan, Penggunaan, Keuntungan

Apa Itu Fungsi Mulut: Pengertian, Bagian Mulut, Struktur, Fungsi Rongga Mulut Dan Gangguan Mulut

Fungsi Darah: Definisi Darah dan Jenis Sel Darah Dalam Tubuh Manusia

4 Pengertian Iklan: Syarat, Jenis, Tujuan Serta Manfaat!

Pengertian Limbah, Karakteristik Lengkap Dengan Jenis Contohnya!