Fungsi Rumus Microsoft Excel Lengkap!!

Fungsi Rumus Microsoft Excel Lengkap!!

Diposting pada

Fungsi Rumus Microsoft Excel Lengkap!! – Microsoft Excel adalah perangkat lunak spreadsheet yang paling banyak digunakan di dunia. Perangkat lunak Excel digunakan oleh hampir semua profesi di bidang akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang lainnya.

Sebagai perangkat lunak spreadsheet, Microsoft Excel memiliki fungsi untuk mengelola data. Namun berbagai fungsi kini dapat digunakan di Microsoft Excel, seperti: B. diagram, grafik, perhitungan, tabel dan lain-lain.

Fungsi rumus Excel sangat beragam dan juga memiliki berbagai macam fungsi. Mulai dari Sum, Average, Hlookup, Vlookup hingga yang biasa digunakan di Excel. Selain itu, terlepas dari munculnya banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya, Microsoft Excel tetap kokoh dan telah menjadi perangkat lunak spreadsheet standar. Selanjutnya, kita akan membahas fungsi rumus Excel-Microsoft sepenuhnya. Berikut ringkasannya.


SUM

Mungkin fungsi rumus Excel yang paling populer adalah rumus SUM. SUM MEMILIKI fungsi utama untuk mencari penjumlahan atau penjumlahan. Rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.


  • AVERAGE

AVERAGE

Fungsi utama dari rumus AVERAGE adalah untuk mencari nilai rata-rata suatu variabel. Tentu saja, menggunakan salah satu fungsi rumus Excel membuat pekerjaan lebih mudah.


  • AND

AND

Rumus AND memiliki fungsi utama untuk mengembalikan nilai TRUE jika semua argumen yang diuji TRUE dan FALSE jika semua atau salah satu argumen tersebut FALSE.


  • NOT

NOT

Fungsi utama rumus NOT adalah kebalikan dari rumus AND, yang menghasilkan TRUE ketika kondisi yang diuji FALSE dan FALSE ketika kondisi yang diuji TRUE.


  • OR

OR

Fungsi ini mengembalikan TRUE jika beberapa argumen TRUE dan FALSE jika semua argumen FALSE. Anda dapat menggunakan fungsi rumus Excel ini di rumah untuk mempermudah.


  • SINGLE IF

SINGLE IF

Fungsi IF ini mungkin salah satu fungsi rumus Excel yang paling banyak digunakan. Fungsi IF mengembalikan satu nilai jika kondisi yang dicentang adalah TRUE / FALSE dan nilai lain jika kondisi yang dicentang adalah FALSE / FALSE.


  • MULTI IF

MULTI IF

Fungsi rumus Excel ini hampir identik dengan fungsi IF, tetapi diturunkan dari dua kondisi atau beberapa perintah dapat ditumpuk.


  • COUNTIF

COUNTIF

Fungsi dari COUNTIF adalah untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Rumus yang paling umum adalah = COUNTIF (rentang, kriteria).


  • COUNTA

COUNTA

Fungsi COUNTA mengacu pada jumlah sel yang diisi. Misalnya dalam sebuah tabel terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau sel yang sudah diisi.


  • FIND

FIND

Fungsi FIND digunakan untuk menemukan teks atau bagian tertentu dari teks (string karakter) dalam sel yang berisi teks panjang. Jika string ditemukan dalam teks, fungsi ini menampilkan posisi atau urutan karakter pertama dalam string.


  • HLOOKUP

 

HLOOKUP

Fungsi rumus Excel yang tidak kalah penting dan banyak digunakan adalah fungsi HLOOKUP. Fungsi HLOOKUP menampilkan data dari tabel yang disusun dalam format horizontal. Prasyarat untuk penyusunan tabel adalah data pada baris pertama berurutan dari kecil ke besar / menaik.


  • VLOOKUP

VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari tabel yang disusun dalam format vertikal atau vertikal. Prasyaratnya adalah penataan tabel data pada baris pertama didasarkan pada urutan dari kecil ke besar / bertambah.


  • AREAS

AREAS

Fungsi rumus Excel ini adalah untuk menampilkan jumlah range (range atau sel) dalam sebuah referensi (alamat cell atau range yang ditentukan).


  • CHOOSE

CHOOSE

Sedangkan fungsi CHOOSE adalah untuk menampilkan hasil yang dipilih berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi teks, angka, rumus, atau data range name.


  • MATCH

MATCH

Fungsi MATCH menunjukkan posisi alamat sel yang telah ditentukan yang terdapat dalam kumpulan data.


  • INDEKS

INDEKS

Fungsi INDEX digunakan untuk mendapatkan atau mengembalikan nilai dari rentang atau tabel. Dengan kata lain, fungsi ini mengambil nilai tertentu dalam rentang atau di tabel sesuka kita. Indeks juga merupakan fungsi rumus Excel yang banyak digunakan.


  • Rumus DAY

Rumus DAY

Fungsi DAY adalah salah satu fungsi rumus Excel yang hari (dalam angka 1-31) dari tipe data DATE ditentukan.


  • Rumus MONTH

Rumus MONTH

Fungsi MONTH digunakan untuk menentukan bulan (dalam angka 1-12) dari tipe data DATE.


  • Rumus YEAR

Rumus YEAR

Fungsi YEAR digunakan untuk menentukan tahun (dalam angka 1900-9999) dari tipe data DATE.


  • Rumus DATE

Rumus DATE

Fungsi rumus Excel ini digunakan untuk mendapatkan tipe data DATE dengan memasukkan jumlah tahun, bulan, dan hari. Fungsi DATE adalah kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR, yang mengekstrak bulan dan tahun dari tipe data DATE.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Rumus Microsoft Excel Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: