Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

10 Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia, Struktur dan Sifatnya

Diposting pada

10 Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia, Struktur dan Sifatnya – Ada berbagai fungsi protein bagi tubuh, mulai dari sumber energi hingga pembentukan berbagai enzim dan hormon hingga penunjang sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kebutuhan protein harian Anda terpenuhi dengan baik.

Protein, seperti lemak dan karbohidrat, merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan memecah protein menjadi asam amino, yang dibutuhkan hampir di seluruh bagian tubuh.

Beberapa asam amino dapat diproduksi oleh tubuh sendiri, yang lainnya hanya dapat diperoleh dari makanan. Oleh karena itu, tubuh tetap membutuhkan tambahan protein dari makanan yang dicerna agar protein tersebut dapat berfungsi secara optimal di dalam tubuh. Agar tidak penasaran, yuk baca artikel berikut ini baik-baik.


Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

  • Menyimpan Molekul

Fungsi protein bagi tubuh manusia adalah menyimpan molekul tertentu seperti feritin. Ferritin sendiri merupakan salah satu jenis protein yang dikombinasikan dengan zat besi. Zat ini disimpan di hati dan digunakan sebagai penyangga saat tubuh mengalami kekurangan zat besi atau kelebihan zat besi.


  • Membentuk Hormon

Kemudian fungsi protein bagi tubuh manusia adalah menunjang organ vital lainnya dalam proses produksi hormon. Beberapa di antaranya seperti insulin, contoh hormon yang digunakan untuk mengatur gula darah. Proses pembuatan insulin melibatkan interaksi antara pankreas dan hati.

Ada juga hormon lain yang disebut sekretin yang dapat membantu proses pencernaan dengan merangsang pankreas dan usus untuk membuat cairan yang mereka butuhkan selama proses pencernaan.


  • Alat Tranportasi Nutrisi serta Molekul Tubuh

Selain itu, protein juga berperan sebagai pembawa molekul dan nutrisi tertentu. Misalnya, hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hemoglobin memiliki peran penting dalam menarik oksigen dari paru-paru. Kemudian, saat sel darah merah bergerak ke seluruh tubuh, hemoglobin melepaskan oksigen ke sel jaringan tubuh.


  • Menyeimbangkan pH

Selain itu, fungsi protein bagi tubuh manusia lainnya yang dilakukan oleh protein dapat mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Keseimbangan asam basa dapat diukur dengan menggunakan skala pH dari 0 sampai 14. Dari rinciannya, 0 paling asam, 7 cenderung netral, sedangkan 14 paling basa.


  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Protein membuat antibodi yang berguna untuk mencegah penyakit dan infeksi menyerang tubuh. Protein mengidentifikasi dan membantu menghancurkan antigen seperti bakteri dan bahkan virus.

Antibodi seringkali bekerja bersama dengan sel lain dalam sistem kekebalan, seperti antibodi, yang dapat mengidentifikasi antigen dan kemudian mengelilinginya sehingga dapat tetap terperangkap dan dihancurkan oleh sel darah putih.


  • Sumber Energi Tubuh

Energi merupakan kekuatan yang dibutuhkan tubuh untuk dapat melakukan segala aktivitas setiap hari. Fungsi protein bagi tubuh manusia sendiri merupakan sumber energi yang penting.

Protein mirip dengan karbohidrat, dimana tubuh membutuhkan protein setiap hari. Namun, perhatikan level ketika kelebihan protein berubah menjadi lemak dan karbohidrat.


  • Memperbaiki dan merawat Jaringan Tubuh

Fungsi protein bagi tubuh manusia tidak kalah pentingnya yaitu sebagai dasar tubuh manusia. Dapat dikatakan bahwa fungsi protein bagi tubuh manusia sangat penting untuk pemeliharaan jaringan tubuh termasuk perkembangan dan perbaikannya. Mulai dari rambut, kulit, mata, otot dan organ yang semuanya tersusun dari protein.

Maka jangan heran jika anak-anak membutuhkan lebih banyak protein dibanding orang dewasa. Ini karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan. Begitu juga ibu hamil yang perlu mengonsumsi banyak protein.


  • Membentuk Enzim

Protein merupakan zat yang dapat meningkatkan kecepatan reaksi kimia dalam tubuh. Segala macam reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh mungkin tidak berjalan mulus tanpa kehadiran enzim.

Misalnya dalam pencernaan, proses mengubah makanan menjadi nutrisi membutuhkan enzim. Dalam hal ini, tugasnya adalah memecah makanan menjadi partikel-partikel kecil agar darah lebih mudah diserap.


  • Seimbangkan Cairan

Kemudian fungsi protein bagi tubuh manusia dapat mengatur tubuh untuk selalu menjaga keseimbangan cairan. Misalnya albumin dan globulin sebagai protein dalam darah. Dimana membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan cara menarik dan menahan air.

Jadi, saat Anda tidak memiliki asupan protein, kadar albumin dan globulin akan turun. Akibatnya, protein tidak bisa lagi menyimpan darah di pembuluh darah dan cairan dipaksa masuk ke ruang antar sel. Jika cairan menumpuk di ruang antar sel, dapat menyebabkan pembengkakan atau edema, terutama di perut.


  • Menjaga Metabolisme Tubuh

Protein juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Protein menyeimbangkan cairan dalam tubuh dengan asam basa sehingga kestabilan pH cairan dalam tubuh manusia dapat terjalin.


  • Menekan Nafsu Makan

Salah satu fungsi protein bagi tubuh manusia adalah untuk menekan nafsu makan. Ini sangat penting bagi mereka yang akan menurunkan berat badan.


  • Menjaga dan Meningkatkan Massa Otot

Kemudian fungsi protein terakhir bagi tubuh manusia sebagai bahan bakar untuk memelihara dan menambah massa otot. Fungsi protein ini pasti sangat penting bagi pria, terutama seiring bertambahnya usia. Pasalnya, pria berisiko tinggi kehilangan massa otot akibat penuaan.


Struktur Protein

Struktur Protein

Dengan memperhatikan ikatan yang terjadi pada protein maka dapat disimpulkan bahwa struktur protein merupakan struktur yang kompleks. Struktur protein terdiri dari beberapa jenis struktur lho Squad, diantaranya:

  • Struktur utamanya adalah ikatan peptida dari asam amino yang menyusun protein.
  • Struktur sekunder terbentuk dari ikatan hidrogen yang terjadi antara gugus amina dan atom hidrogen pada rantai samping asam amino, dimana terbentuk lipatan, misalnya dengan pembentukan α-heliks.
  • Struktur tersier. Interaksi struktur sekunder dengan struktur sekunder lainnya melalui ikatan hidrogen, ikatan ionik atau ikatan disulfida (-S-S -) membentuk rantai heliks ganda, misalnya.
  • Struktur kuarter. Struktur yang melibatkan banyak peptida untuk membuat protein. Dalam hal ini, terkadang molekul asam non-amino atau ion lain dimasukkan, misalnya ke dalam hemoglobin, di mana ion Fe3 + dimasukkan ke dalam protein.

Sifat-sifat Protein

  •        Sulit larut dalam air karena ukuran molekulnya yang sangat besar.
  •        Dapat membeku dengan memanaskan dan menambahkan asam atau basa.
  •        Ini amfoter karena membentuk zwitterions. Protein menggumpal pada titik isoelektriknya sehingga dapat dipisahkan dari pelarut.
  •        Dapat rusak (didenaturasi) dengan pemanasan. Selama denaturasi, protein rusak dari struktur tersier ke struktur primer.

Demikian sedikit pembahasan mengenai  10 Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia, Struktur dan Sifatnya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: