Fungsi Karburator

Fungsi dan Komponen Karburator serta Cara Kerjanya!

Diposting pada

Fungsi dan Komponen Karburator serta Cara Kerjanya! – Setidaknya ada tiga komponen penting dalam sebuah kendaraan yang dapat melakukan pembakaran yaitu udara, bahan bakar, dan api. Kita tahu bahwa api yang akan membakar berasal dari busi kendaraan.

Sedangkan campuran udara-bahan bakar disuplai oleh komponen yang disebut karburator. Proses pencampuran udara dan bahan bakar yang dilakukan oleh karburator memang tidak berperan penting, namun tidak sembarangan, memiliki komposisi yang pas.

Oleh karena itu kualitas dan kondisi karburator harus dijaga. Dan Anda dapat melakukannya dengan sering membersihkan karburator secara teratur. Dengan karburator yang bersih dan terawat, setidaknya performa mesin tetap terjaga.

Dan ketika kita berbicara tentang karburator, kita mungkin perlu tahu bahwa karburator juga mengandung banyak komponen. Dimana semua komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bahkan beberapa komponen yang ada berukuran kecil, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi dan komponen kendaraan beserta penjelasannya.


Fungsi dan Komponen Karburator Motor

Karburator mesin terdiri dari beberapa komponen penting dan setidaknya terdiri dari 12 komponen yang perlu Anda ketahui. Di sinilah semua komponen tersebut saling terkait satu sama lain untuk menciptakan campuran udara dan bahan bakar yang benar sebelum masuk ke ruang bakar. Berikut ini beberapa dari komponen tersebut.


  • Mangkok Pelampung Karburator

Mangkok Pelampung Karburator

Komponen karburator sepeda motor yang pertama perlu anda ketahui adalah cangkang pelampung karburator atau sering disebut juga dengan float chamber. Komponen ini digunakan untuk menyerap sementara bahan bakar yang berasal dari tangki bahan bakar sebelum dicampur dengan udara dan kemudian dimasukkan ke ruang bakar.


  • Pelampung

Pelampung

Komponen kedua disebut pelampung, atau dalam bahasa otomotif lebih dikenal dengan sebutan pelampung. Fungsi komponen ini untuk mengatur bahan bakar di dalam mangkok agar tak terlampaui. Dengan begitu, kondisi karburator banjir tidak terjadi dengan komponen ini.


  • Jarum Katup Pelampung

Jarum Katup Pelampung

Selain itu, ada yang namanya jarum katup pelampung atau katup jarum. Komponen ini berukuran relatif kecil dan berfungsi sebagai penutup saluran suplai bahan bakar dari tangki saat bahan bakar di float chamber sudah penuh.


  • Katup Gas

Katup Gas

Komponen karburator mesin selanjutnya adalah katup gas atau katup throttle. Fungsi utama bagian ini adalah mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang dimasukkan ke dalam ruang bakar.


  • Pegas Katup Gas

Pegas Katup Gas

Letaknya di atas mesin karburator, langsung di atas tutup kendali katup gas. Fungsi utama pegasa klep gas adalah untuk menjaga agar klep tetap tertutup saat throttle tidak ditarik dan mengembalikan posisi klep gas ke posisi semula saat pengereman.


  • Slow Jet Pilot Jet

Slow Jet

Tugasnya adalah mampu mengontrol dan mengatur aliran bahan bakar dalam sistem dengan putaran rendah dan rendah. Dan semakin besar ukurannya, semakin banyak bahan bakar yang bisa disalurkan.


  • Main Jet

Main Jet

Main jet atau disebut juga main spuyer merupakan komponen komponen mesin yang mempunyai tugas atau fungsi untuk mengontrol aliran material sistem pada putaran sedang dan tinggi. Semakin besar ukurannya, semakin banyak bahan bakar yang mengalir secara alami.


  • Jet Needle

Jet Needle

Lalu ada yang namanya skep needle atau bisa juga disebut jet needle. Fungsi utama komponen ini adalah untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk melalui main jet saat mesin diberi gas dengan bukaan katup 1/4 hingga 3/4.

Selain itu, komponen ini juga berperan penting dalam ukuran lubang needle jet. Yang bentuknya komponen ini agak meruncing. Saat Jet Needle ditarik, diameter lubang needle jet berubah sesuai dengan throttle valve yang ada.


  • Needle Jet

Needle Jet

Kemudian komponen karburator selanjutnya adalah needle jet. Bagian atau komponen ini berfungsi untuk mengontrol besar kecilnya lubang yang masih terhubung dengan bagian venturi. Sedangkan bentuk komponen ini meruncing seperti Jet Needle. Sehingga ukuran needle jet berubah saat throttle valve dibuka.


  • Slow Air bleed

Slow Air bleed

Slow Air Jet juga merupakan salah satu komponen penting dalam karburator sepeda motor. Komponen ini berupa kurva yang mengalir melalui udara saat mesin dihentikan. Dan ukuran lubang jet udara lambat akan mempengaruhi campuran saat berputar diam atau bahkan rendah.


  • Main Air Jet

Main Air Jet

Lalu ada juga Main Air Jet. Dimana komponen yang satu ini merupakan bagian yang memiliki fungsi utamanya sebagai lubang yang dilalui udara saat mesin berada pada kecepatan sedang dan tinggi. Menariknya, ukuran lubang bisa mempengaruhi ukuran dan atomisasi bahan bakar yang melewati main jet.


  • Pilot Screw

Pilot Screw

Sedangkan komponen karburator terakhir dikenal dengan propeller atau pilot screw. Komponen ini berupa sekrup yang memungkinkan kita mengatur jumlah udara dan bahan bakar yang masuk melalui bukaan.


Cara Kerja Karburator Motor

Cara Kerja Karburator Motor

Cara Kerja Karburator Sepeda Motor Nah setelah kita mengetahui beberapa komponen dari mesin karburator dan juga fungsinya seperti yang telah dijelaskan diatas akan kami sampaikan. Berikut penjelasan singkat cara kerja mesin karburator yang dapat membantu anda dalam memahami sistem pada mesin karburator itu sendiri.

Secara umum, kebanyakan sepeda motor menggunakan karburator venturi variabel atau karburator venturi variabel. Jika dilihat dari cara kerjanya, karburator jenis ini memiliki dua cara kerja.

Dimana yang pertama adalah saat gas throttle masih tertutup dan yang kedua adalah saat gas throttle dibuka atau dinaikkan. Nah, saat gas throttle ditutup, otomatis lebar venturi menjadi sangat kecil, yang berarti aliran udara dari filter ke intake manifold dibatasi.

Dengan demikian, pada kondisi yang demikian dapat digambarkan bahwa putaran mesin secara otomatis menjadi rendah. Namun, situasinya terbalik ketika throttle gas dinaikkan. Venturi otomatis menjadi lebih besar dan aliran udara yang masuk menjadi lebih cepat. Dalam posisi seperti itu, tentunya putaran mesin meningkat pesat.


Fungsi dan Komponen Keburator Pada Mobil

Selang hisap merupakan bagian dari komponen karburator yang berupa selang hisap. Selang tersebut berfungsi sebagai bensin yang mengalir di ujung selang penyimpan bensin. Bensin bisa masuk ke mesin karburator melalui selang ini. Komponen ini digunakan untuk menyalurkan bahan bakar agar mobil dapat bekerja.


  • Jarum Pelampung

Jarum Pelampung

Jarum pelampung juga bisa disebut sebagai katup bensin. Fungsi dari float needle adalah untuk membuka dan menutup selang hisap. Bentuk jarum ini berbentuk segitiga dengan ujung mengarah ke inlet tube. Diameter bawah elemen jarum lebih besar sehingga saluran gas tertutup saat komponen ini didorong ke atas.

Akibatnya bensin tidak mengalir keluar dari selang hisap. Saat jarum pelampung turun, bahan bakar akan mengalir kembali karena salurannya terbuka. Secara umum fungsi bagian ini sendiri adalah untuk mengontrol volume bahan bakar yang sebelumnya ditampung di karburator. Jika volume bahan bakar di dalam mangkok berkurang maka performa karburator tidak akan maksimal.


  • Komponen Pelampung

Komponen Pelampung

Pelampung adalah komponen plastik yang mengapung di atas cairan. Fungsi pelampung adalah untuk mengontrol posisi jarum pelampung sesuai dengan volume bensin di karburator. Perenang juga bisa disebut sebagai perenang. Pelampung memainkan peran penting dalam mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang angkasa.

Jika terjadi kesalahan dalam mengatur ketinggian pelampung maka bahan bakar yang masuk ke pelampung karburator tidak dapat dikontrol dengan baik. Hal tersebut menyebabkan bahan bakar berlebih atau sering kita sebut dengan karburator yang kebanjiran. Karenanya, Anda perlu membawanya langsung ke layanan.


  • Main Jet

Main Jet

Main jet juga digunakan sebagai penunjang untuk menyuplai bahan bakar ke ruang bakar. Meski fungsinya mirip, aliran utama bensin mengalir saat putaran mesin mencapai tengah. Jika knalpot aftermarket digunakan untuk menambah tenaga, mekanik terpercaya akan merekomendasikan untuk mengubah ukuran main jet.

Jika ukuran main jet yang dipasang terlalu kecil, motor bertindak seperti nafas pendek dan pendek. Jika ukurannya terlalu besar dan mesin benar-benar gasifikasi, traksi akan terasa seperti melayang. Dengan kata lain, performa mesin tampaknya tidak mencapai puncaknya.

Diameter main jet umumnya disesuaikan dengan tenaga mesin agar perbandingan campuran bahan bakar dan udara bisa tetap stabil. Dalam posisi miring (lower entry position), komponen ini langsung terhubung dengan float chamber pada karburator. Ini mencegah bensin memasuki venturi.

Bentuk komponen kerucut mengecil ke bawah sehingga pada saat gas ditarik maka jarum skep terangkat. Hasilnya, hasil pencampuran bensin dengan udara bersih lebih besar. Ini membuat kendaraan melaju lebih cepat. Komponen kecil ini berperan penting dalam sistem karburator mobil.


  • Venturi

Venturi

Karburator Venturi adalah lubang sempit di tengah saluran masuk udara di dalam karburator. Fungsi dari komponen ini sendiri adalah untuk meningkatkan kecepatan udara yang disebabkan oleh perbedaan diameter lubang. Bensin yang ditempatkan di cangkang karburator dengan demikian disedot ke ruang bakar oleh pilot jet atau komponen main jet.

Kenaikan bahan bakar dari mangkuk karburator disebabkan oleh tekanan udara di venturi karburator kurang dari 1 (atm), sedangkan udara di lubang karburator kurang lebih 1 atmosfir. Perbedaan ini dapat menyebabkan bahan bakar terhirup dan berceceran seperti embun bercampur dengan udara yang ditarik oleh ruang hampa di ruang bakar.

Agar venturi berfungsi, komponen fluida bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Ini karena tekanan pada mangkuk karburator kendaraan lebih tinggi daripada venturi, sehingga bensin dapat berpindah dari mangkuk karburator ke karburator. Sekadar informasi, Venturi memiliki 3 tipe berdasarkan tipe yang digunakan.


  • Choke

Choke

Komponen sistem karburator yang selanjutnya disebut throttle valve. Sebuah mobil bisa dikatakan nyaman jika bagian yang satu ini selalu dirawat dan dirawat dengan baik. Throttle sendiri berperan penting dalam menambahkannya ke campuran bahan bakar / bahan bakar. Bagian ini juga membutuhkan perawatan setiap saat untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.

Proses pencampuran membuat kendaraan mulai lebih cepat saat dikendarai. Seperti yang sudah dijelaskan, peran komponen ini sangat penting bagi setiap kendaraan roda empat. Katup throttle juga sangat cocok saat digunakan saat menghidupkan kendaraan. Jangan lupa untuk memeriksa komponen ini di titik servis resmi.


  • Float Chamber Atau Ruang Bakar

Float Chamber Atau Ruang Bakar

Komponen yang tidak kalah pentingnya pada karburator adalah float chamber atau ruang bakar. Saat bahan bakar terisi penuh, pelampung otomatis naik dan menutup katup bahan bakar. Kemudian buoy bekerja dengan mengikuti tinggi rendahnya kadar bahan bakar. Jika terjadi banjir, sistem buoy mungkin tidak berfungsi secara maksimal

Ruang bakar atau ruang pelampung karburator berfungsi sebagai wadah pembakaran pada kepala silinder. Proses pembakaran terjadi saat bahan bakar bercampur dengan oksigen terkompresi. Ruang bakar sendiri langsung terhubung ke beberapa bagian seperti katup buang, katup masuk dan pemasangan busi.


  • Throttle Valve

Throttle Valve

Throttle dikenal sebagai katup piston, yang merupakan bagian penting dari sistem karburator. Fungsi dari komponen ini sendiri adalah untuk mengatur jumlah suplai campuran udara yang masuk ke ruang bahan bakar. Performa elemen yang satu ini sejalan dengan skep needle atau main beam.

Saat throttle valve terbuka, main jet mengalami hal yang sama. Sebagai saran, lakukan pemeriksaan rutin yang sama pada komponen kritis lainnya. Jadi elemen karburator yang satu ini tetap bekerja dengan baik dan sempurna. Saat mobil terasa nyaman dan aman, mobil juga menjadi lebih senyap.


  • Screw Control

Screw Control

Jika dilihat lebih dekat, terdapat dua jenis sekrup kontrol pada komponen karburator, yaitu propeller campuran idle dan propeller kecepatan idle. Sekrup idle digunakan untuk mengatur sudut bukaan katup gas pada pedal pelepas. Sekrup tidak menutup katup gas dengan erat saat idling. Ini memungkinkan udara mengalir melalui saluran meskipun volume karburator mobil kecil. Itulah beberapa komponen karburator pada kendaraan roda empat. Dari selang masuk hingga sekrup pengontrol, semua komponen ini harus selalu diperiksa secara rutin. Alasannya adalah jika salah satu dari komponen ini rusak, performa kendaraan akan menurun setiap hari.


 Cara Kerja Karburator Mobil

Cara Kerja Karburator Mobil

Cara kerja karburator sebenarnya sangat mudah dipelajari. Saat langkah masuk mesin terjadi, piston umumnya bergerak ke bawah, menciptakan ruang hampa di ruang bakar. Terjadinya vakum ini menyebabkan bahan bakar dan udara tersedot masuk dan masuk ke ruang bakar. Jumlah udara yang masuk tergantung pada ukuran bukaan throttle.

Prinsip kerja karburator sesuai dengan prinsip pengecatan semprot. Ketika udara dihembuskan melalui ujungnya, tekanan di tabung yang turun lebih rendah, sehingga cairan tersedot ke dalam tabung dan membentuk partikel kecil ketika didorong oleh udara yang dihembuskan. Semakin cepat aliran udara, semakin rendah tekanannya, sehingga semakin banyak cairan yang tersedot.

Laju aliran udara ditambahkan untuk meningkatkan vakum atau menurunkan tekanan udara dengan mengurangi ruang aliran udara. Ruang ini disebut venturi. Vakum ini menyebabkan bahan bakar di ruang pelampung terhisap melalui saluran main jet. Jumlah bahan bakar yang dihisap sesuai dengan aliran udara.

Aliran udara ini diatur oleh katup throttle. Semakin besar bukaan throttle maka semakin cepat aliran udaranya sehingga banyak bahan bakar yang tersedot. Sebaliknya semakin kecil bukaan throttle maka kecepatan aliran udaranya akan semakin rendah, sehingga semakin sedikit bahan bakar yang tersedot karena kevakuman yang rendah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi dan Komponen Karburator serta Cara Kerjanya!  semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: