Fungsi Komputer

Fungsi dan Manfaat Komputer, Komponen dan Jenisnya!

Diposting pada

Fungsi dan Manfaat Komputer, Komponen dan Jenisnya! – Ketika setiap orang ditanya tentang fungsi komputer jawabannya berbeda-beda mulai dari alat untuk mengolah data, alat untuk mempermudah pekerjaan, alat untuk komunikasi dan alat untuk hiburan. Jawaban yang berbeda tentunya tidak sembarangan atau tidak relevan. Ini wajar karena setiap komputer menggunakannya berdasarkan kebutuhan masing-masing. Namun, tetap penting untuk mengetahui apa fungsi utama dari sebuah komputer.

Di era digital sekarang ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat cerdas lainnya merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Setiap aktivitas manusia mulai dari aktivitas pendidikan hingga aktivitas ekonomi hingga aktivitas sosial telah menggunakan komputer untuk mempermudah hal tersebut. Lalu apa yang dimaksud dengan komputer? Apa peran peralatan komputer bagi kita? Jenis peralatan komputer apa yang ada saat ini? Nahh, yuk kita bahas satu persatu.

Secara etimologis, istilah “komputer” berasal dari bahasa latin, yaitu “computare” yang artinya “menghitung”. Dengan itu, pengertian umum komputer adalah alat untuk menghitung hitung.

Pengertian komputer adalah alat elektronik yang mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi penggunanya.

Ada juga yang berpendapat bahwa pengertian komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen yang dihubungkan bersama membentuk suatu sistem komputerisasi. Sistem komputer secara otomatis dapat melakukan pekerjaan sesuai program yang dipesan sehingga dapat mengolah data informasi yang dibutuhkan.


Fungsi Komputer

Fungsi utama komputer yang pertama adalah input, yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling sederhana dari fungsi ini adalah data atau informasi yang diperoleh dengan memasukkan klik keyboard dan mouse. Komputer juga dapat menerima data atau informasi dari perangkat lain atau dari komputer lain.


  • Processing

Fungsi utama kedua dari komputer adalah mengolah. Bahan yang diolah adalah data atau informasi yang diterima dari alat input. Pertama, data disimpan dalam memori internal dan kemudian diproses sedemikian rupa sehingga informasi baru dibuat, yang selanjutnya dikirim ke perangkat keluaran untuk ditampilkan.


  • Output

Fungsi utama ketiga dari komputer adalah output, dimana hasil dari suatu proses data atau informasi disajikan kepada pengguna atau perangkat lain dalam bentuk teks, gambar atau audio, tergantung kebutuhan masing-masing. Contoh perangkat keluaran yang umum adalah monitor, printer, dan speaker.


  • Storage

Fungsi utama komputer yang terakhir adalah media, atau lokasi, menyimpan berbagai data atau informasi. Memori dialokasikan berdasarkan bagaimana informasi tersebut digunakan. Sebagian disimpan di memori utama dan sebagian lagi di memori tambahan. Informasi yang disimpan juga dibagi menjadi data pengguna dan data instruksi.


Manfaat Komputer dalam Kehidupan

Di zaman modern seperti sekarang ini, komputer memegang peranan penting bagi manusia dalam melakukan segala aktivitasnya. Peran komputer sangat penting dan pengaruhnya menyebar dengan sangat cepat sehingga menjangkau berbagai kelompok, dari anak kecil hingga dewasa. Semua orang mulai menggunakan komputer untuk berbagai keperluan mereka.

Dulu, komputer hanya berfungsi sebagai alat untuk melakukan kalkulasi artistik. Namun seiring berjalannya waktu, komputer dapat digunakan untuk banyak hal atau untuk berbagai keperluan.

Pada awal perkembangannya, komputer hanya digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan. Berbeda dengan saat ini, dimana kita bisa menjumpai pengguna komputer di berbagai tempat, mulai dari sekolah, universitas, perkantoran hingga pertokoan, hampir setiap rumah memiliki komputer.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengguna komputer semakin hari semakin meningkat. Hal ini, tentu saja, terkait erat dengan keunggulan yang ditawarkan komputer. Karenanya, mereka dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Tahukah Anda keunggulan komputer? Jika belum, berikut manfaat menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari.


  • Dapat Mempermudah Pekerjaan Manusia

Dapat Mempermudah Pekerjaan Manusia

Sejak awal, komputer telah dirancang untuk membantu orang menyelesaikan pekerjaannya. Komputer dapat mempermudah pekerjaan manusia, melakukannya lebih cepat, dan menghasilkan hasil yang lebih presisi.

Eksekusi pekerjaan secara manual membutuhkan waktu beberapa saat. Selain itu, pekerjaan membebani pikiran dan energi. Namun, berbeda ketika kita memasukkan komputer dalam prosesnya. Kemudian pekerjaan dilakukan secara komputasi agar lebih efisien.

Contoh pekerjaan yang sering menggunakan komputer dalam pekerjaannya antara lain membuat dokumen, menghitung gaji karyawan, membuat animasi, mengelola layanan publik, mengembangkan aplikasi, mengelola jaringan, dan banyak lagi lainnya.


  • Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan

Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan

Kehadiran komputer berdampak besar pada dunia pendidikan. Dapat dikatakan bahwa keberadaan komputer merupakan hal yang wajib dalam dunia pendidikan. Kenapa tidak? Hampir semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi menggunakan komputer sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.

Proses pembelajaran yang monoton dan tidak menarik dapat membuat siswa merasa bosan dan mudah bosan. Akibatnya siswa tidak bisa fokus menerima materi yang diberikan. Jadi cobalah bekerja dengan komputer. Misalnya menyajikan materi dengan menyisipkan video interaktif, membuat presentasi di komputer, atau bahkan memberikan simulasi materi yang disediakan oleh komputer. Dengan cara ini suasana belajar menjadi lebih hidup dan tidak monoton, sehingga siswa bersemangat untuk menerima materi.

Komputer juga membantu meningkatkan kinerja eksplorasi siswa rata-rata. Misalnya, jika ada bahan pelajaran yang tidak diajarkan di sekolah, mereka bisa memanfaatkannya dengan komputer untuk mencari bahan tersebut.

Hal ini berdampak positif bagi dunia pendidikan karena tidak hanya meningkatkan daya eksplorasi keingintahuan siswa, tetapi juga dapat memperkuat daya pikir kemandirian siswa. Hal ini dikarenakan materi yang diterima berasal dari dunia luar atau melalui komputer, bukan dari guru, sehingga mereka akan berusaha untuk memahaminya sendiri.


  • Sebagai Media untuk Mencari Informasi

Sebagai Media untuk Mencari Informasi

Seiring waktu, komputer telah berkembang sangat cepat. Fungsi dan kemampuannya juga semakin banyak dan canggih. Salah satunya adalah perkembangan jaringan komputer. Jaringan komputer adalah hubungan antara beberapa komputer, baik di area lokal maupun yang disebut LAN, hingga ke wilayah dunia yang dikenal sebagai WAN atau hanya Internet.

Oleh karena itu, kami hanya akan menerima informasi jika Anda menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Apalagi dengan penambahan mesin pencari atau mesin pencari dan media sosial. Kemudian informasinya menjadi lebih mudah dan lebih luas untuk Anda.


  • Sebagai Media Komunikasi

Sebagai Media Komunikasi

Dulu, orang hanya menggunakan telepon dan radio sebagai alat komunikasi. Padahal, kedua alat ini cukup untuk komunikasi. Namun seiring berjalannya waktu, komunikasi tidak lagi berarti hanya bertukar suara, tetapi harus lebih. Misalnya bertatap muka, meski kedua pihak yang berkomunikasi tidak berada di tempat yang sama.

Caranya cukup dengan menggunakan komputer dan menghubungkannya ke jaringan internet agar kita bisa berkomunikasi dengan pengguna komputer lain di dunia. Tidak hanya dengan pengguna komputer, tetapi juga dengan pengguna internet lainnya seperti smartphone dan lainnya.

Kita juga bisa berkomunikasi dengan orang yang jauh. Metodenya pun bermacam-macam. Berdasarkan komunikasi lewat tulisan, lewat bahasa, kita bahkan bisa tatap muka menggunakan fasilitas video conference. Kesimpulannya adalah semakin banyak aplikasi obrolan komputer, semakin mudah bagi pengguna untuk berkomunikasi.


  • Sebagai Lahan Usaha

Sebagai Lahan Usaha

Walaupun kita harus mendapatkan komputer untuk mendapatkan komputer, kita harus mengeluarkan rupiah yang cukup besar, namun disisi lain kita bisa mendapatkannya kembali dalam jumlah yang lebih besar. Caranya adalah memulai bisnis di bidang komputer.

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas melibatkan teknologi. Proyek bisnis berbantuan komputer telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Banyak perusahaan yang hanya menggunakan komputer dapat mencapai kesuksesan besar. Misalnya, sebut saja bisnis jual beli online. Hanya dengan menggunakan komputer yang terkoneksi dengan internet kita dapat memasarkan dan menjual produk kita kepada konsumen hanya dengan duduk di depan layar komputer, tanpa membuang banyak waktu, tenaga dan tentunya sangat efisien.


  • Sebagai Alat Kendali

Sebagai Alat Kendali

Komputer saat ini dapat digunakan sebagai alat kontrol atau kontrol di area mana pun. Mulai dari mengontrol perkembangan bisnis perusahaan hingga mengontrol keuangannya hingga mengontrol perangkat lain yang terpasang di komputer. Dengan komputer semua aktivitas berat dapat dikendalikan atau dikendalikan tanpa memandang tempat dan waktu.

Contoh penggunaan komputer sebagai alat kontrol adalah pabrik yang menggunakan komputer untuk mengontrol penggunaan alat produksinya. Kemudian juga di rumah sakit yang digunakan untuk memantau kesehatan pasien, dan seorang pengusaha yang dapat mengontrol usahanya dari jarak jauh tanpa harus mengunjungi situs tersebut, cukup dengan fasilitas komputer dan internet.


  • Sebagai Media Hiburan

Sebagai Media Hiburan

Keuntungan terakhir dari komputer adalah sebagai media hiburan. Ada beberapa jenis hiburan yang bisa kita dapatkan dari komputer, seperti: B. Bermain film, bermain video game, mendengarkan musik, bernyanyi, menari, dan percakapan lainnya. Selain itu, dengan pesatnya perkembangan jaringan internet, kita bisa mendapatkan lebih banyak jenis hiburan.


Komponen komputer

Komputer terdiri dari sejumlah komponen yang dibagi menjadi tiga unit berbeda. Yakni, unit masukan (input), unit pengolah (proses) dan unit keluaran (output).


  • Komponen INPUT

Komponen input merupakan komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai input untuk tugas-tugas yang diberikan ke komputer. Contohnya adalah:

Keyboard: merupakan komponen yang memberikan masukan berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Keyboard memiliki huruf A sampai Z, angka 0 sampai 9, dan perintah lainnya.

Mouse: Koneksi antara layar dengan pengguna atau pengguna. Selama pengoperasian, mouse ditampilkan sebagai penunjuk pada layar monitor.

Trackpad: Fungsinya sama dengan mouse, hanya saja bentuknya berbeda.

Pen: Hanya tersedia jika layar yang digunakan adalah layar sentuh. Bekerja seperti mouse. Untuk memberi perintah, cukup tekan ujung pena di layar.

Mikrofon: Komponen yang mengaktifkan input suara.

Scanner:  Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital.


  • Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang berfungsi untuk memproses perintah yang diberikan pengguna yang akan ditampilkan dalam komponen keluaran.

Prosesor: Komponen utama untuk pengolahan data.

Motherboard: Komponen yang menghubungkan semua komponen. B. hubungan antara komponen INPUT, PROCESS dan OUTPUT.

Hard disk: Retensi semua interpretasi yang diperlukan oleh komputer, yang bersifat permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.

Memori (RAM) : untuk menyimpan sementara semua aktivitas komputer.


  • Komponen Output

Merupakan komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang sebelumnya telah diproses.

Monitor: Komponen yang menunjukkan proses yang dijalankan komputer.

Printer: Bagaimana cara mencetak data di atas kertas.

Speaker: Memberikan keluaran audio kepada pengguna.


Jenis – Jenis Komputer

Bergantung pada bentuk dan ukurannya, jenis komputer tercantum di sini:

  • Komputer Desktop

Komputer Desktop

Komputer desktop adalah jenis komputer yang diletakkan di atas meja. Umumnya komputer ini memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.


  • Komputer Laptop

Komputer Laptop

Laptop adalah jenis komputer yang dapat dibawa-bawa oleh pengguna. Laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang terpasang di perangkat elektronik.


  • Komputer Notebook

Komputer Notebook

Notebook merupakan salah satu jenis laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Umumnya digunakan oleh siswa, guru, dan peneliti.


  • Komputer Palmtop

Komputer Palmtop

Komputer Palmtop adalah komputer genggam kecil. Komputer ini sangat jarang digunakan oleh banyak pengguna smartphone.


  • Handbook (Subnotebook)

Handbook (Subnotebook)

Handbook adalah jenis notebook yang lebih kecil dari notebook. Secara umum manual memiliki spesifikasi yang rendah.


  • Komputer Tower

Komputer Tower

Komputer tower adalah komputer yang lebih besar dari komputer desktop. Komputer ini dilengkapi perangkat pendukung karena memiliki banyak slot ekspansi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi dan Manfaat Komputer, Komponen dan Jenisnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: