Fungsi Sekolah

Fungsi sekolah: Unsur serta Jenjang Pendidikan di Sekolah!

Diposting pada

Fungsi sekolah: Unsur serta Jenjang Pendidikan di Sekolah! – Sekolah bukan hanya tempat Anda bisa mendapatkan nilai dan sertifikat. Sekolah merupakan lembaga yang memenuhi kebutuhan dasar setiap anak. Anak pada dasarnya memiliki kebutuhan pendidikan yang tanpa disadari memenuhi fungsi lain. Anda perlu mendengar cara kerja sekolah. Tetapi pertama-tama, mari kita lihat fungsi paling dasar dari sekolah.


Fungsi Sekolah

  • Memberikan Pengetahuan Umum

Orang yang tidak memiliki pengetahuan akan sangat sulit beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, pendidikan sekolah mengajarkan siswa banyak hal tentang pengetahuan umum.


  • Memberikan Keterampilan Dasar

Keterampilan dasar yang dipelajari di sekolah meliputi kemampuan belajar, menulis dan berhitung. Ketiga keterampilan dasar ini dibutuhkan manusia untuk mencari pekerjaan dan membantu masyarakat.


  • Membentuk Pribadi Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Melalui sekolah, siswa dibentuk menjadi individu yang dapat berinteraksi dan bergaul satu sama lain tanpa terhalang oleh perbedaan.


  • Menyediakan Sumber Daya Manusia

Pendidikan yang diperoleh di sekolah memberi orang berbagai keterampilan. Pengetahuan tersebut akan menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang dibutuhkan dunia kerja dan masyarakat.


  • Alat Transformasi Kebudayaan

Selain menularkan ilmu dan keterampilan, bersekolah juga dapat membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat secara umum.

Pengetahuan dan keterampilan manusia dapat membantunya melakukan inovasi atau penemuan baru dalam perkembangan peradaban manusia.


Jenjang Pendidikan di Sekolah

Fase pendidikan di sekolah merupakan jenjang atau urutan pendidikan yang diterima siswa berdasarkan tingkat perkembangannya, tujuan yang ingin dicapai, serta keterampilan yang dikembangkan.

Konsisten dengan definisi sekolah di atas. Di bawah ini adalah beberapa jenjang pendidikan di sekolah, diantaranya sebagai berikut:


  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PAUD merupakan pendidikan dan bimbingan bagi anak-anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pendidikan ini diberikan kepada anak usia dini untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental anak ke jenjang pendidikan selanjutnya.


  • Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar merupakan pelatihan tahap pertama selama sembilan tahun, yaitu Sekolah Dasar (SD) selama enam (6) tahun dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama tiga tahun.

Pendidikan dasar sembilan tahun merupakan salah satu bentuk program wajib belajar yang dirancang oleh pemerintah Indonesia.


  • Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah adalah jenjang pendidikan berikutnya setelah sembilan tahun mengenyam pendidikan dasar. Sekolah menengah ini biasa disebut dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Masa studi tiga (3) tahun.


  • Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi ini merupakan jenjang pendidikan pasca sekolah menengah dan diselenggarakan oleh universitas. Di bawah ini adalah beberapa program pendidikan yang termasuk dalam pendidikan tinggi, antara lain:

  1. Diploma
  2. Sarjana
  3. Magister
  4. Doktor

Unsur-Unsur Sekolah

Sehubungan dengan pengertian sekolah di atas, maka penyelenggaraan pendidikan terdiri dari beberapa unsur penting, sedangkan unsur sekolah tersebut adalah sebagai berikut:


  • Bangunan Sekolah

Sebagian besar kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di gedung sekolah, sedangkan beberapa bagian sekolah terdiri dari:

  1. Kelas
  2. Perpustakaan sekolah
  3. Ruang laboratorium sekolah
  4. Kantor guru
  5. Toilet siswa dan guru
  6. Kantin sekolah
  7. Mudir/Siswa

  • Guru/Pengajar

Guru atau tenaga pengajar merupakan unsur yang sangat penting bagi sekolah karena tanpa adanya guru proses belajar mengajar tidak akan berlangsung dan tenaga pengajar harus memenuhi kualifikasi tertentu agar dapat memberikan pelajaran kepada siswa.


  • Peraturan Sekolah

Peraturan sekolah adalah semua peraturan yang ditetapkan oleh sekolah tertentu dan bertujuan untuk menetapkan batasan hukum bagi siswa, staf pengajar, dan elemen sekolah lainnya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi sekolah: Unsur serta Jenjang Pendidikan di Sekolah! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: