Mengenal Fungsi dan Manfaat Pohon Kelapa Lengkap!!

Diposting pada

Mengenal Fungsi dan Manfaat Pohon Kelapa Lengkap!! – Indonesia merupakan negara dengan pantai terpanjang ketiga di dunia. Salah satu tumbuhan yang biasa tumbuh di pantai adalah pohon kelapa. Pohon yang bisa tumbuh setinggi 30 meter ini dianggap sebagai tanaman paling serbaguna. Semuanya bisa digunakan dari atas ke bawah!

Apa saja fungsi dan manfaat dari setiap bagian pohon kelapa? Yuk kupas tuntas pohon kelapa di artikel berikut ini! Geser layar Anda ke bawah, ya!


Fungsi Pohon Kelapa Bagi Manusia

Sob, tahukah kalian bahwa setiap tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Nasional Sedunia? Peringatan ini juga untuk menghormati jasa J. Sterling Morton, seorang pecinta alam Amerika yang telah menjadi penganjur gigih untuk gerakan penanaman pohon. Ia berharap pepohonan dapat memberikan perlindungan, pelindung angin, dan manfaat lainnya. Nah, dari sekian banyak jenis pohon yang ada di dunia, kita akan mendapatkan manfaat dari pohon kelapa kali ini. Ternyata banyak sekali manfaat dari akar serabut pohon ini. Yuk simak 7 manfaat pohon kelapa ini.


  • Akar Kelapa

Akar Kelapa

Mulai dari akarnya. Jika diperhatikan, akar kelapa berbentuk seperti rambut karena tersusun dari ribuan akar tipis yang tumbuh dari dalam tanah. Dan hanya sedikit dari akarnya yang tipis yang menembus jauh ke dalam tanah.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari akar kelapa ini. Jika Anda merebus akar kelapa dan setelah disaring dan diminum, dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan atau gatal-gatal. Karena mampu menampung air dalam jumlah besar, ini bisa menjadi pilihan untuk mencegah banjir.

Banyak bangunan yang dibangun juga menggunakan akar kelapa karena memiliki struktur yang kuat sehingga dapat digunakan untuk penyangga atau sering disebut dengan ceker ayam. Pada umumnya umbi kelapa juga digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti pembuatan gelang, kalung, dll.


  • Daun Kelapa

Daun Kelapa

Anda semua pasti tahu bentuk daun kelapa yang merupakan daun tunggal yang besar dan menyirip. Daun kelapa memiliki banyak kegunaan, meskipun daun kelapa muda dapat digunakan sebagai kemasan makanan seperti ketupat atau serai. Sedangkan daun kelapa tua dapat digunakan sebagai kepang atap atau dinding rumah.

Jangan berhenti disini. Daun kelapa kering bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti tikar, topi, atau tas. Sapu juga bisa dibuat dari tangkai daun.


  • Batang Kelapa

Batang Kelapa

Seperti yang sering Anda lihat, batang pohon kelapa rata-rata tingginya sekitar 25 meter, dan kebanyakan pohon kelapa terlihat miring. Hal ini terjadi karena pohon mengandung silika yang dapat mempengaruhi kekenyalan batang.

Batang pohon kelapa biasanya digunakan untuk membuat jendela, pintu, dll. Bentuk lain yang terbuat dari batang pohon adalah kertas. Jadi jangan sia-siakan kertas Anda karena terbuat dari batang pohon dan bayangkan berapa batang pohon yang harus Anda tebang untuk membuat kertas. Selain itu, ekstrak dari batangnya dapat diolah menjadi pulp.


  • Air Kelapa

Air Kelapa

Yang ini pasti favorit kebanyakan orang. Air kelapa yang sering kita minum terutama saat cuaca panas memiliki khasiat tersendiri. Air kelapa dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan juga merupakan pembersih alami untuk ginjal kita. Selain itu, bagi Anda para wanita, air kelapa dipercaya bisa menghilangkan jerawat yang ada di wajah Anda.

Tidak berhenti sampai disitu, masih banyak lagi manfaatnya diantaranya menyembuhkan luka bakar, membersihkan cairan ketuban, mencegah uban dan dehidrasi. Beberapa negara seperti Thailand dan Sri Lanka menggunakan air kelapa sebagai bahan utama pembuatan sirup.


  • Daging Kelapa

Daging Kelapa

Itu juga bagian favorit semua orang karena manis dan lembut saat dimakan. Dan ketika daging kelapa sudah tua, pasti ibumu akan langsung menggunakannya untuk memasak santan. Ciri lain jika Anda sering melihat minyak kelapa di supermarket adalah daging kelapa, karena daging kelapa memiliki kandungan lemak jenuhnya lebih tinggi daripada minyak biasa.

Selain itu, bagi Anda para wanita, ternyata buah kelapa baik untuk kecantikan rambut Anda. Minyak kelapa adalah kondisioner yang bagus untuk rambut Anda. Menggunakan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus. Untuk balita, minyak kelapa juga baik digunakan untuk memijat bayi karena baik untuk kesehatan kulit balita.


  • Tempurung Kelapa

Tempurung Kelapa

Setelah meminum air kelapa dan memakan dagingnya, Anda pasti akan segera membuang batok kelapa tersebut. Meski batok kelapa ternyata memiliki khasiat tersendiri. Batok kelapa tidak hanya menjadi alternatif pengganti arang untuk memasak, tapi juga bisa digunakan sebagai filter rokok dan juga dijadikan bahan kerajinan.


  • Bunga Kelapa

Bunga Kelapa

Banyak dari Anda yang belum mengenal bunga kelapa karena hanya mekar pada usia 4 hingga 6 tahun dan Anda jarang melihatnya. Padahal bunga kelapa bisa digunakan sebagai bahan cuka atau alkohol. Bisa juga digunakan sebagai bahan obat tradisional dan bahan kerajinan.


Manfaat Pohon Kelapa

  • Manfaat Pohon Kelapa dari Akar

Sebagai Bahan Obat-Obatan: Akar pohon kelapa sebenarnya dapat digunakan untuk pengobatan seperti penurun demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Filter akar kelapa yang dimasak bisa menyembuhkan sejumlah gangguan pencernaan seperti diare, disentri, dan lainnya.

Untuk Bahan Konstruksi Bangunan: Akar kelapa yang kuat dapat digunakan untuk menopang bangunan atau material konstruksi.

Mencegah Bencana Banjir: Pohon kelapa dapat menampung air dalam jumlah besar dan mencegah banjir.

Material Kerajinan Tangan: Keunggulan pohon kelapa dari akarnya adalah bagian ini dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti kalung dan gelang.


  • Manfaat Pohon kelapa dari Batang

Batang pohon kelapa mempunyai tekstur yang kasar dan berserat, mempunyai sifat fisik yang bermacam-macam terutama untuk kepadatannya.

Menggantikan Material Kayu: Furnitur rumah tangga, komponen rumah, balok lantai dan lain-lain dapat dibuat dari batang pohon kelapa.

Untuk Bahan Kerajinan: Kelebihan pohon kelapa dari batang ini adalah dapat digunakan untuk mainan anak-anak, berbagai jenis oleh-oleh, dan berbagai keperluan rumah tangga.

Material Pembuatan Kertas: Batang pohon kelapa juga bisa digunakan untuk membuat kertas, mirip seperti kayu dari pohon lain.

Material Pembuatan Arang dan Kriket: Mereka sering memanggang makanan, biasanya arang bisa dibuat dari batok kelapa atau batang pohon kelapa.

Selain itu batang pohon kelapa ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat jangkrik yang memiliki banyak keunggulan.


  • Manfaat Pohon Kelapa dari Daun

Bahan Ketupat: Ketupat dibuat dari daun kelapa muda; ini memiliki tradisi yang panjang. bKetupat merupakan sajian utama saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Rasanya tidak seperti ketupat ya?

Material Pembuatan Atap: Daun kelapa juga digunakan untuk atap rumah, daun setengah kering dianyam dan digunakan sebagai atap.

Sebagai Hiasan Pernikahan: Bagi yang belum mengenal daun kelapa kuning untuk acara pernikahan akan melambangkan hajatan pernikahan dengan daun kelapa muda.

Untuk Pakan Ternak: Daun kelapa muda beserta kelopaknya dapat digunakan sebagai alternatif pakan ternak seperti sapi dan kerbau.

Material Kerajinan Tangan: Manfaat buah kelapa dari daunnya digunakan sebagai bahan pengrajin seperti keset, sapu, keranjang, kepang dan lain-lain.


  • Manfaat Pohon Kelapa dari Buah

Buah kelapa ini terdiri dari beberapa bagian seperti batok, buah kelapa, air kelapa, dan daging buah kelapa.

Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh: Manfaat buah kelapa yang terbuat dari air kelapa bukan hanya sekedar minum dan melepas dahaga. Air kelapa baik untuk ibu hamil, penderita diabetes, stamina, dan lainnya.

Daging Buah Kelapa untuk Makanan:Kandungan buah kelapa ini nyatanya digunakan dalam campuran sorbet dan berbagai jenis minuman lainnya.

Isi Buah Kelapa untuk Minyak Kelapa: Daging kelapa ini dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak kelapa yang memiliki banyak khasiat terutama bagi kesehatan.

Buah Kelapa untuk Membuat Santan: Santan merupakan salah satu bahan masakan terpenting di Indonesia yang terbuat dari daging kelapa.

Tempurung Kelapa untuk Dijadikan Arang:Salah satu arang terbaik untuk memasak makanan berasal dari batok kelapa yang dikeringkan.

Tempurung Kelapa untuk Material Kerajinan: Ternyata batok kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan seperti sekop, sendok besar, dan lain-lain.

Sabut Kelapa untuk Material Kerajinan Tangan: Kelapa Kelapa bisa digunakan untuk bahan kerajinan seperti karpet, boneka, tali, dan lain-lain.

Sabut Kelapa Sebagai Alat Pembersih:Bahan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur pada lantai yang kotor.

Sabut Kelapa untuk Dijadikan Media Tanam: Manfaat Pohon Kelapa yang terbuat dari Kelapa adalah media tanam yang juga dikenal sebagai kelapa.


  • Manfaat Pohon Kelapa dari Bunga

Bunga Kelapa untuk Bahan Cuka dan Alkohol: Bunga kelapa dapat digunakan sebagai bahan pembuatan cuka dan alkohol, yang diperoleh dengan cara memfermentasi sari bunga.

Bunga Kelapa untuk Material Kerajinan Tangan: Selain untuk membuat cuka dan alkohol, bunga kelapa juga bisa digunakan untuk bahan artisanal seperti topi dan tas.

Bunga Kelapa untuk Pengobatan: Selain itu, bunga kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk bahan pengobatan tradisional dan memulihkan tenaga.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal Fungsi dan Manfaat Pohon Kelapa Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: