Fungi Buku Digital

 Fungsi Buku Digital: Jenis dan Kelebihan Kekurangannya

Diposting pada

 Fungsi Buku Digital: Jenis dan Kelebihan Kekurangannya – Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat pola hidup manusia semakin berubah. Sekarang, manusia menjadi semakin dekat dengan alat elektronik, hal inilah yang menjadikan manusia semakin lebih maju dengan adanya dunia teknologi. Bandingkan dengan jaman dahulu ketika masa berburu dan meramu. Bahkan dengan 10 tahun silam saja, kehidupan dan cara berfikir manusia sudah sangat berbeda.

Perkembagan teknologi yang sedang marak dan membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia. Berbagai teknologi modern tercipta, salah satunya adalah buku digital, buku digital ini memberikan banyak dampak positif bagi dunia pendidikan, namun disamping memberikan dampak positif, ada juga kekurangannya. Nah, untuk mempelajari apa fungai buku digital, jenis dan kelebihan serta kekurangannya? Berikut saya akan jelaskan dengan detail.


Fungi Buku Digital

Keberadaan Buku Digital bukanlah tanpa alasan. Ada sejumlah fungsi yang melengkapinya sehingga bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Berikut beberapa fungsi buku digital:


  • Sebagai Media Informasi

Seperti yang kita ketahui, bahwa buku merupakan salah satu sumber informasi, begitu pula buku digital ini dapat memberikan serta menyebarluaskan informasi dengan cepat dan mudah. Buku digital ini dapat kamu temukan di dalam internet lho, yang dapat kamu akses dimanapun kamu berada, sedangkan buku konvensional dapat kamu temukan pada perpustakaan ataupun toko buku yang menjualnya.

Hal ini sesuai seperti kata bijak yang sanat populer, yaitu “Buku adalah jendela dunia”. Karena dengan buku dan membaca buku tersebut kita bisa mengetahui dan memperoleh informasi, sehingga kita bisa mengerti dan memahaminya.


  • Sebagai Media Pembelajaran

Bagi seorang pengajar memerlukan sumber atau bahan pembelajaran, yang mana bahan tersebut berasal dari buku, dengan buku digital kegiatan belajar mengajar menjadi lebih aktif, interaktif dan juga menarik. Apalagi dengan kurikulum pembelajaran yang sekarang, yakni kurikulum 2013 yang biasanya menggunakan pendekatan scientific learning dengan metode pembelalajaran yang berorientasi pada (siswa) student learning center.


  • Sebagai Media Bisnis

Pada dasarnya buku diterbitkan dalam bentuk media cetak berupa kertas/hardfile, namun biaya penerbitan yang terbilang tidak murah, membuat penuls mengalami kesulitan dalam hal penerbitan. Sehingga, dengan adanya buku digital ini penulis dapat mempublikasikannya melalui internet secara komersil, yang juga dilindungi dengan hak cipta, maka jangan sembarangan untuk memperbanyak ataupun menggandakan buku digital yah.


Jenis Buku Digital Berdasarkan Format

Format-format buku digital, antara lain:

  •     AZW-Amazon World.
  •     EPUB-Electronic publication.
  •     MOBI-MobiPocket.
  •     PDB-Palm Database File.
  •     PDF-Portable Document Format.
  •     KFB-Kindle Fire Format.
  •     PRC-Palm Resource File.
  •     TPZ-Topaz File Extension.
  •     HTML-HyperText Mark Language.
  •     XHTML-eXtensibel HyperText Mark Language.
  •     XML- eXtensibel Mark Language.
  •     CHM-Compressed HTML. s.
  •     JPEG-Joint Photographic Exports Group.

Sekian banyak format jenis buku digital, yang paling sering adalah PDF dan juga JPEG, kedua format tersebut sudah sering kita jumpai.


Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Meski dianggap memiliki banyak sekali manfaat, bukan berarti Buku Digital sepenunya sempurna. Ada kelebihan dan kekurangan yang melingkupin buku digital, antara lain:


  • Kelebihan Buku Digital

  1. Ringkas, buku digital ini tidak berbentuk fisik seperti buku yang kadang membuat penuh tas kamu, karena kamu dapat menaruhnya dalam ponsel yang kamu miliki, sehinga lebih ringkas.
  2. Buku digital lebih awet, karena akan tetap sama dibandingkan dengan buku konvensional yang dapat sobek, ataupun dimakan rayap.
  3. Harga buku digital lebih murah daripada buku konvensional, dan jika kamu ingin membelinya tinggal mengunduh saja gak perlu menunggu jasa pengiriman.
  4. Ramah lingkungan, seperti yang kita tahu bahwa penggunaan kertas sebagai bahan utama pembuat buku tidaklah baik, sehingga dengan adanya buku digital dapat mengurangi penggunaan kertas.

  • Kekurangan Buku Digital

Sedangkan kekurangan buku digital itu sendiri, yaitu:


  1. Tidak bisa dipegang, namanya juga digital ya tidak bisa dipeang secara fisik, dan kurang cocok bagi kamu yang ingin mengoleksi buku fisik.
  2. Ukuran huruf kecil, sebenarnya ukuran huruf bisa kamu atur, tetapi hal ini sangat tidak nyaman jika dibaca melalui ponsel dengan pengaturan huruf besar, yang mana kamu harus geser ke kanan kiri bahkan atas ataupun bawah.
  3. Mata tidak kuat, selain itu buku digital juga cepat membuat mata kamu lelah, apalagi kamu yang tidak suka membaca lewat komputer atau layar smartphone.
  4. Perangkat lunak tidak mendukung, walupun kebanyakan buku digital berbentuk PDF, akan tetapi terkadang ada yang memiliki format selain pdf. Sehingga orang yang awam akan kesulitan membaca dan menggunakan format reader yang tepat.

Sekarang banyak buku digital bisa kita temukan di komputer atau hp. Meski demikian, kemnikmatan membaca buku cetak tak akan terganti dengan buku digital.

Demikian sedikit pembahasan mengenai  Fungsi Buku Digital: Jenis dan Kelebihan Kekurangannya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: