Fungsi Ping Internet

Fungsi Ping Internet dan Cara Melakukan dalam PC Windows?

Diposting pada

Fungsi Ping Internet dan Cara Melakukan dalam PC Windows? – Ketika komputer mengalami masalah konektivitas internet atau jaringan, langkah pertama biasanya menggunakan ping CMD untuk memeriksanya. Di sana kita bisa melihat apakah kita masih terkoneksi dengan jaringan atau benar-benar terputus. Bagi para gamers, ping juga sering digunakan untuk mengecek kestabilan jaringan internet di komputer atau laptop mereka. Berikut ini kita akan membahas fungsi ping agar tidak penasran mari kita simak artikel dibwah ini.


Fungsi Ping Internet

Fungsi PING sangat berguna untuk hal-hal seperti berikut ini:

  • Mengetahui Status Up/down Komputer dalam Jaringan.

Dengan perintah PING kita bisa mengecek apakah komputer sedang naik / turun. Ketika komputer merespons perintah PING yang kami tentukan, itu berarti komputer itu naik atau turun.


  • Memonitor Availability Status Komputer dalam Jaringan.

PING dapat digunakan sebagai alat pemantau ketersediaan komputer di jaringan. Ini merupakan indikator kualitas jaringan dengan melakukan ping ke komputer target secara berkala. Semakin sedikit waktu henti, semakin baik kualitas jaringan.


  • Mengetahui Responsifitas Komunikasi Sebuah Jaringan.

Nilai penundaan atau latensi yang dilaporkan oleh PING menunjukkan seberapa cepat komunikasi dengan komputer target merespons.

Semakin besar nilai penundaan, semakin lambat responsnya. Nilai delay ini juga dapat digunakan sebagai indikator kualitas jaringan.

Beberapa tanggapan saat melakukan PING seperti tanggapan, waktu tunggu permintaan, dan host tujuan tidak dapat dijangkau. Itu semua tergantung kecepatan akses internet yang digunakan.


Cara Ping Dari PC WIndows

Untuk melakukan ping ke PC Windows, ikuti petunjuk untuk melakukan ping dari PC Windows:

  • Tekan Logo windows + R secara bersamaan.
  • Berikutnya ketikan CMD kemudian klik OK.

Cara Ping Dari PC WIndows

  • Melakukan Ping Pada CMD

Di CMD Anda dapat melakukan ping ke alamat IP atau domain yang diinginkan. Misalnya, melakukan ping ke domain jetorbit.com memerlukan perintah atau perintah berikut:

Cara Ping Dari PC WIndows

 

Kemudian output berikut dihasilkan:

Cara Ping Dari PC WIndows

Jika Anda ingin melakukan ping IP yang harus Anda lakukan adalah menjalankan perintah berikut:

Cara Ping Dari PC WIndows

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Ping Internet dan Cara Melakukan dalam PC Windows? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: