struktur-paru-paru
struktur-paru-paru

Apa Fungsi Paru-Paru?

Diposting pada

Apa Fungsi Paru-Paru – Sebagai makhluk hidup, paru-paru merupakan organ penting bagi manusia untuk bernafas. Fungsi utama paru-paru adalah mengolah udara yang masuk ke dalam tubuh dan memisahkan oksigen dari karbondioksida. Oleh karena itu, fungsi paru-paru ini sangat penting bagi tubuh kita. Sejak ada kasus virus corona, sebagian orang mulai memperhatikan gaya hidup dan memilih lebih banyak makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Ini karena Covid-19 menyerang saluran udara kita, bahkan banyak dari pasien Covid-19 mengalami kerusakan paru-paru. Nah, apakah Anda sudah mengetahui fungsi dan organ paru-paru manusia? Selanjutnya pada artikel hari ini akan kami rangkum beserta penjelasannya.


Fungsi Paru-paru

sebutkan-struktur-dari-paru-paru-beserta-fungsinya

  • Pelindung Organ Lain

Paru-paru manusia awalnya bertindak sebagai pelindung organ lain seperti hati. Mengingat posisinya, hati berada di bawah kedua sisi paru-paru sehingga terlindung dari benturan.


  • Sebagai Siliaris Eskalator

Fungsi paru-paru manusia yang paling dekat adalah tangga siliaris. Ini tentang melindungi dari infeksi dari udara yang masuk ke dalam tubuh. Semua zat berbahaya seperti debu dan bakteri terperangkap di lapisan mukosa di permukaan selaput lendir saluran pernapasan.


  • Alat Respirasi

Paru-paru terdekat bukan hanya berupa tangga siliaris, melainkan juga alat bantu pernapasan. Pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida terjadi di rongga paru. Pertukaran tersebut terjadi melalui bagian terkecil paru-paru, yaitu alveoli. Orang bernapas dengan menghirup udara melalui hidung, yang kemudian mengalir ke tenggorokan mereka. Setelah mencapai alveoli, udara disaring menjadi oksigen kemudian dihembuskan dalam bentuk karbondioksida, yaitu udara buangan.

Baca Juga :  Fungsi Musik Ansambel

  • Pengendali pH Darah

Paru-paru dapat berperan sebagai pengaruh kadar asam dan alkali dalam darah. PH darah yang tidak seimbang dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh. Namun, jika paru-paru berfungsi dengan baik, pH darah normal, antara 7,35 dan 7,45. Sebaliknya, ketika fungsi paru-paru tidak berfungsi dengan baik, terjadi asidosis saluran napas dan alkalosis saluran napas, yang menyebabkan ketidakseimbangan pH darah manusia.


  • Sebagai Tempat Menampung Darah

Paru-paru manusia terdekat berfungsi sebagai tempat pengambilan darah. Paru-paru bisa menampung darah dalam jumlah tertentu tergantung kondisi tubuh Anda. Fungsi paru-paru ini dapat berguna saat Anda melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, karena paru-paru membantu jantung bekerja lebih efisien.


  • Fungsi Lain Paru-Paru Manusia

Selain lima fungsi yang disebutkan di atas, paru-paru manusia juga berperan dalam menyaring gumpalan darah yang terbentuk di pembuluh darah vena. Padahal, paru-paru juga menyediakan aliran udara untuk menghasilkan suara vokal.


Ganggguan Fungsi Paru-paru Yang Perlu Diwaspadai

Ada berbagai jenis disfungsi paru pada manusia yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus, polusi udara, dan berbagai penyebab lainnya. Berikut beberapa penyakit yang umum terjadi pada paru-paru manusia.


  • Covid-19

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-Cov-2. Penyakit ini menyerang fungsi paru-paru dengan membuat mereka yang terkena batuk, sesak napas dan demam. Beberapa orang mungkin juga mengalami gejala lain seperti gatal-gatal, nyeri otot, mual, radang tenggorokan, dan diare. Tidak semua orang yang terkena Covid-19 akan mengalami gejala tersebut. Namun, Anda tetap dapat menularkan virus ini ke orang lain di sekitar dengan memaparkannya pada tetesan atau air liur saat berbicara, batuk, atau bersin.


  • Asma

Asma memengaruhi fungsi paru-paru karena saluran udara terus-menerus meradang pada penyakit ini. Kondisi ini membuat orang mudah mengalami sesak napas. Hal-hal seperti alergi, infeksi, dan polusi bisa memicu kekambuhan.

Baca Juga :  Fungsi Hati

  • Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada alveoli. Kondisi ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri.


  • Tuberculosis (TBC)

Tuberkulosis, atau TBC, dapat terjadi karena bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat ditularkan melalui udara jika orang yang terinfeksi bersin atau batuk, dan orang di sekitarnya menghirup udara yang terkontaminasi bakteri TB.


  • Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi di Indonesia, terutama pada pria. Sebagian besar penyakit disebabkan oleh merokok dan dapat muncul di mana saja di paru-paru.


  • Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit inflamasi yang terjadi di bronkus paru-paru. Awitannya bisa tiba-tiba atau akut, tetapi bisa juga lambat atau kronis dalam jangka waktu yang lama. Tentunya, melihat fungsi paru-paru raksasa ini berarti menjaga kesehatan paru-paru dengan baik. Jangan biarkan penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis, atau bahkan kanker paru menyerang Anda. Hindari merokok dan berolahraga secara teratur. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang seimbang.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi Paru-Paru? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: