Fungsi Sistem Operasi: Pengertian, Sejarah, Macam-Macam, Perkembangan dan Tugas Sistem Operasi

Diposting pada

Fungsi Sistem Operasi: Pengertian, Sejarah, Macam-Macam, Perkembangan dan Tugas Sistem Operasi -Kita sering mendengar kata sistem operasi ketika kita berbicara tentang perangkat atau perangkat komputasi. Sistem operasi, atau umumnya disebut sebagai sistem operasi dalam bahasa Inggris, adalah salah satu hal yang harus dipelajari sebagai informasi dasar teknologi informasi, terutama bagi mereka yang sering menggunakan komputer dan perangkat.

Sistem operasi terutama ditemukan di komputer dan perangkat seluler saat ini. Sebagian besar menggunakan sistem operasi Windows untuk komputer dan laptop, sedangkan sistem operasi Android lebih sering digunakan untuk ponsel.

Artikel berikut menjelaskan pemahaman tentang sistem operasi dan fitur sistem operasi yang perlu Anda ketahui secara lebih rinci. Periksa penjelasannya sebagai berikut:


Pengertiam Sitem Operasi

Sistem operasi adalah bagian dari perangkat lunak atau perangkat lunak yang bertindak sebagai pengontrol untuk semua sumber daya yang terdapat pada komputer.

Sistem operasi atau sistem operasi adalah koneksi antara perangkat lunak – perangkat keras – brainware (pengguna). Ini memastikan bahwa semua orang berkomunikasi dengan baik dan pengguna komputer merasa nyaman.

Ponsel atau konsol game tidak dapat berjalan tanpa sistem operasi komputer. Karena SO mengontrol semua perangkat dalam alat ini.


Pengertian Sistem Operasi Menurut Ahli

  • Menurut Lim Rusyams

Sistem operasi adalah sistem perangkat lunak yang tugasnya adalah melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta sistem operasi dasar termasuk pelaksanaan program aplikasi.


  • Menurut M. Suyanto

Sistem operasi adalah sistem yang terdiri dari komponen perangkat lunak yang mengontrol semua aktivitas dalam komputer.


  • Menurut Abas A Pangera

Sistem operasi adalah sistem yang terdiri dari komponen kerja dan berisi metode kerja yang digunakan mesin sedemikian rupa sehingga dapat bekerja sesuai keinginan.


Fungsi Sistem Operasi

Sebagai perangkat lunak di komputer, sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting, dan tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsi.

Ada Beberapa Macam fungsi dari sistem operasi yaitu sebagai berikut:

  • Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi utama sistem operasi adalah untuk melakukan operasi dasar pada komputer. Sistem ini dianggap sebagai komponen penting yang mendasari kerja perangkat lunak atau perangkat lunak lain.

Sebelum aplikasi berjalan dan dapat bekerja di komputer, sistem operasi yang memungkinkan program atau aplikasi dapat dijalankan dan ditampilkan kepada pengguna atau pengguna menggunakan perangkat komputasi.


  • Mengatur Kerja Hardware dan Software

Dapat dikatakan bahwa sistem operasi adalah manajer sumber daya dalam perangkat komputasi.

Yang artinya sistem operasi mengontrol perangkat keras seperti memori, CPU, hard disk dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program perangkat lunak untuk koneksi ke perangkat keras.


  • Wadah Program atau Aplikasi

Aplikasi yang ada didalam komputer akan disimpan keperangkat penyimpanan, Namun aplikasi tersebut sebenarnya dalam perangkat yang merupakan sistem operasi itu sendiri. Aplikasi terhubung ke sistem operasi dan tidak dapat bekerja tanpanya.

Secara analogi, sistem operasi adalah lantai tempat objek ditempatkan sehingga objek dapat digunakan, mis. B. sebuah meja ditempatkan di lantai. Meja tidak bisa bekerja jika tidak ada lantai di bawahnya, bukan?


  • Menyajikan Tampilan

Tampilan yang kita lihat di layar komputer atau gadget adalah hasil dari pengoperasian sistem operasi atau sistem operasi. Dengan kata lain, sistem operasi memudahkan aplikasi untuk menampilkannya secara bersamaan di layar komputer atau menerjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU, dan kemudian menampilkannya dalam bentuk teks, grafik, dan tampilan lain yang mudah dimengerti.

Sistem operasi juga bertindak sebagai antarmuka atau tatap muka antara pengguna dan perangkat keras yang digunakan.


  • Mengkoordinasi Kerja Perangkat Komputer

Sistem operasi tidak hanya mengontrol perangkat keras dan perangkat lunak sehingga mereka terhubung satu sama lain, tetapi juga mengkoordinasikan segala sesuatu di komputer, terutama ketika mengatur program-program kompleks yang lebih sederhana dan lebih berurutan. Sistem operasi memudahkan aplikasi untuk bekerja lebih efisien.


  • Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Fungsi lain dari sistem operasi atau sistem operasi adalah untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak. Misalnya, berkenaan dengan mengatur waktu operasi CPU, memanggil data yang disimpan dalam memori hard disk atau menyesuaikan waktu yang digunakan untuk koneksi di terminal.


  • Mengawasi dan Melindungi Jalannya Suatu Fungsi Program

Sistem operasi memungkinkan pengguna yang memiliki hak untuk mengakses komputer tempat suatu program sedang berjalan dan mengendalikan siapa yang dapat mengakses program yang disebut fungsi penjaga gerbang. Sistem operasi tidak hanya mengontrol pengguna saat mengakses sistem atau program, tetapi juga memonitor semua yang dilakukan pengguna di komputer saat mengakses sistem program.


Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi berkembang sangat cepat dan dapat dibagi menjadi empat generasi dan satu generasi dapat dilanjutkan, termasuk yang berikut:


  • Generasi pertama (1945-1955)

Sistem operasi generasi pertama adalah awal dari pengembangan sistem komputer elektronik yang digunakan untuk menggantikan sistem komputer mekanis.

Sistem pada komputer dijalankan secara manual karena tidak ada sistem operasi yang tersedia secara otomatis. Ini berarti bahwa sistem operasi belum mendukung layanan kerja yang dapat dijalankan untuk suatu rangkaian.


  • Generasi kedua (1955-1965)

Pada generasi kedua, sistem komputer memperkenalkan apa yang disebut BPS (Batch Processing System), sebuah tugas yang dilakukan secara seri dan kemudian dilakukan satu demi satu.

Meskipun sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, sudah ada beberapa fungsi sistem operasi.


  • Generasi ketiga (1965-1960)

Pada generasi ketiga, pengembangan sistem operasi telah berevolusi untuk melayani banyak pengguna secara bersamaan.

Yaitu pengguna atau pengguna dapat berkomunikasi online dengan komputer lain melalui terminal, sehingga sistem operasi dapat digambarkan sebagai multi-pengguna (tersebar luas oleh pengguna sekaligus).

Sedangkan untuk multi pemrograman (atau mengoperasikan beberapa program sekaligus).

Jadi kita dapat menarik kesimpulan jika generasi sistem operasi ini mendukung keberadaan layanan sistem pengadaan multi-pemrograman, multi-pengguna dan batch (multi-tugas).


  • Generasi keempat (1980-an – setelah 1980-an)

Seperti yang telah kita lihat, sistem operasi digunakan untuk mendukung jaringan komputer. Pengguna tahu bahwa komputer terhubung satu sama lain.

Generasi keempat ini telah memperkenalkan antarmuka pengguna grafis, yang disingkat GUI.

Ini berarti bahwa sistem operasi sudah memiliki tampilan dengan modal mouse. Di mana pengguna akhir dapat menjalankan aplikasi / perangkat lunak / program.


  • Generasi Kelima

Pada generasi berikutnya, nama sistem diperkenalkan ke dalam sistem operasi, dan sudah ada Sistem Operasi uSystem (Mobile) yang berfungsi pada perangkat seluler seperti PDA, Poket PC atau lainnya.

Generasi ini juga memperkenalkan teknologi sistem operasi untuk jaringan virtual. Sehingga hanya 1 sistem operasi yang dipasang di jaringan, yang fungsinya adalah menjadi server.

Selain itu, sistem operasi lintas platform diperkenalkan, dengan mana dua sistem operasi yang berbeda dapat dikombinasikan secara bersamaan, mis. B. Linux dengan Windows.


Macam-Macam Sistem Operasi

Ada berbagai sistem operasi dan fraksi dari sistem operasi yang telah kami sebutkan dalam tabel berikut:


  • Sistem Operasi Android

Sistem operasi Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan secara khusus untuk implementasi di perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan komputer tablet.

OS Android pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., yang didukung dengan dukungan finansial dari Google.

Hingga akhirnya, Google akhirnya membeli sistem operasi ini pada 2005. Lalu sistem operasi ini dirilis pada 2007.

Kelebihan:

  1. Didukung dengan aplikasi yang tersedia di Google Play Store.
  2. Mendukung penggunaan penyimpanan massal USB.

Kekurangan:

  1. Rentan terhadap serangan malware.
  2. Konsumsi baterai boros.

Contoh:

  1. Cupcake Android.
  2. Donat
  3. Éclair.
  4. Foyo
  5. Roti jahe.
  6. Sarang madu.
  7. Sandwich es krim.
  8. Kitkat Jelly Bean.
  9. Lollipop
  10. Marsmallaw
  11. Noagat
  12. OS Android Oreo.

  • Sistem Operasi Windows

Windows adalah sistem operasi terbesar di dunia saat itu, yang digunakan sebagai pilihan untuk kebutuhan sehari-hari. Dimulai dengan komputer agensi, akademisi, dan kebutuhan pribadi.

Sistem operasi Windows mampu menampilkan penampilan yang menarik dengan dukungan untuk GUI visual grafis.

Sekadar informasi, sistem operasi Windows sebenarnya adalah hasil dari revolusi MS DOS, yang beberapa tahun lalu menggunakan basis penulisan tanpa gambar.

Kelebihan:

  1. Mudah digunakan.
  2. Banyak aplikasi sistem operasi Windows.
  3. Lebih mudah untuk proses instalasi.

Kekurangan:

  1. Bukan sumber terbuka.
  2. Mudah diretas karena memiliki sistem keamanan yang lemah.
  3. Dibayar dan cukup mahal.
  4. Rentan terhadap serangan virus.

  • Sistem Operasi Linux

Sistem operasi Linux diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds.

Linux adalah sistem operasi open source yang dengannya Anda dapat mengubah dan menggunakan Linux serta mendistribusikannya dengan bebas.

Secara umum, pengguna Linux menginstal konfigurasi sistem dan melakukan konfigurasi sendiri.

Linux memiliki beberapa jenis atau distribusi, termasuk yang berikut:

  1. Ubuntu.
  2. Topi merah.
  3. Fedora.
  4. Slackwere.
  5. Undo.
  6. Cent Os.
  7. Debian.
  8. Mandriva.

Keebihan:

  1. Sumber terbuka.
  2. Perkembangannya sangat cepat karena dikembangkan oleh banyak orang.
  3. Gratis, tidak ada biaya lisensi.

Kekurangan:

  1. Tidak direkomendasikan untuk orang awam atau baru.
  2. Pemasangannya cukup sulit.
  3. Aplikasi Linux terbatas.

  • Sistem Operasi Mac OS

Mac OS adalah singkatan untuk sistem operasi Machintosh, sistem operasi eksklusif yang hanya ada di komputer Apple.

MacOS sudah ada sejak 1984 dan pertama kali digunakan di komputer bernama LISA.

LISA adalah komputer yang dikembangkan Steve Jobs setelah perjalanan spiritual ke India.

Karena perangkat Apple mahal, ada lebih sedikit pengguna sistem operasi ini dibandingkan dengan pengguna Windows.

Kelebihan:

  1. Sumber terbuka
  2. Memiliki keamanan tinggi dan tidak mudah diretas.
  3. Tampilan antarmuka atau antarmuka yang cocok untuk keperluan multimedia.
  4. Aman dari virus.

Kekurangan:

  1. Tidak ideal untuk gim.
  2. Harganya relatif mahal.
  3. Bukan sumber terbuka.

Contoh:

  1. OS X.
  2. Leo 2011.
  3. Singa Gunung 2012
  4. Mavericks 2013.
  5. Yosemite 2014.
  6. El Capitan, yang dirilis pada 2015.

  • Sistem Operasi Windows Phone

Sistem operasi Windows Phone adalah sistem operasi untuk perangkat seluler yang dikembangkan oleh Microsoft.

Sistem operasi ini adalah pengganti platform untuk Windows Mobile. Sistem operasi ini diperkenalkan pada Oktober 2010 dan baru diperkenalkan di seluruh dunia di Asia pada awal 2011.

Sistem operasi Windows Phone menjadi sistem operasi utama untuk ponsel Nokia. Setelah CEO Microsoft sebelumnya dan CEO Nokia mengumumkan kolaborasi.

Kemudian sistem operasi Symbian diproyeksikan dan diganti, yang biasanya ada pada ponsel keluaran.


  • Sistem Operasi DOS

DOS dapat digambarkan sebagai nenek moyang dari sistem operasi yang diterbitkan hari ini oleh Microsoft.

DOS adalah singkatan untuk Sistem Operasi Disk. Ini adalah awal dari metode operasi komputer yang digunakan oleh IBM.

Seperti pada versi komputer sebelumnya, tampilan DOS masih hitam dan putih dan tertulis dan tidak ada gambar yang ditampilkan.

Karena masih merupakan sekolah tua dan masih belum ada antarmuka pengguna yang baik, mengetik juga digunakan saat memasuki pekerjaan, yang sekarang kita kenal sebagai command prompt.

Kelebihan Sistem operasi DOS:

  1. Ringan dan tidak menggunakan banyak memori
  2. Memiliki kompatibilitas tinggi
  3. Memiliki ukuran yang sangat kecil

Kekurangan Sistem Operasi DOS:

  1. Instruksi hanya tertulis, tetapi tidak ada grafik.
  2. Belum ada antarmuka.

  • Sistem Operasi UNIX

Sama seperti DOS, Unix adalah sejenis sistem operasi komputer generasi lama yang banyak digunakan dan telah menjadi cikal bakal perkembangan sistem operasi saat ini.

Pada titik ini, Unix sendiri sudah memiliki banyak versi yang dapat Anda gunakan.

Dalam hal keunggulan dan atraksi utama, ada beberapa aspek yang bisa Anda coba.

Namun dalam hal penggunaan, Unix hanya digunakan sangat jarang.

Kelebihan:

  1. Ini gratis dan dapat digunakan secara gratis.
  2. Tidak mudah terserang virus.

Kekurangan:

  1. Anda tidak memiliki banyak opsi driver.
  2. Tampilan UNIX yang kurang menarik.

  • Chrome OS

Jenis sistem operasi ini berasal dari Google, yang sangat ringan dan berbasis Linux serta standar web untuk PC.

Google Chrome melakukan pekerjaan menggunakan metode window atau switch (multitasking).

Google OS menggunakan standar web HTML 5, yang merupakan pengembangan perangkat lunak dalam sistem operasi berbasis browser.

Chrome OS adalah kombinasi dari Linux dan Windows Vista. Chrome OS dimulai pada 2010.


  • Palm

Sistem operasi Palm tersedia di telepon pintar atau PDA yang dikenal saat itu. Palm tidak lagi populer karena tidak dapat bersaing dengan sistem operasi lain.


  • Blackberry OS

Sistem operasi ini sama dengan sistem operasi Apple, yang hanya identik dengan penggunaan tipe smartphone.

Sistem operasi ini hanya dikembangkan untuk kepentingan bisnis yang memiliki produk unggulan, yaitu Black Messenger.

Dengan sistem ini, pengguna dapat menggunakan beberapa aplikasi dan utilitas yang mengarah pada kepentingan bisnis.


  • Symbian

Sistem operasi yang satu ini juga ada di smartphone yang biasa disebut Symbian.

Sistem operasi ini adalah jenis sistem operasi yang menjadi sistem operasi pertama untuk pembuatan smartphone. Sistem operasi ini banyak digunakan pada perangkat Nokia dan Sony Ericsson.

Symbian diciptakan oleh perusahaan teknologi bernama symbvian Ltd. yang dikembangkan. Tetapi sekarang pengguna sistem operasi ini telah kehilangan popularitas karena telah digantikan oleh sistem operasi Android, Windows dan Apple.


  • Haiku OS

Haiku OS, atau yang dulu disebut BeOS, adalah sistem operasi yang mirip dengan sistem operasi open source.

HAIKU sangat terkenal pada saat itu sebagai sistem operasi yang memiliki arsitektur yang kuat untuk menjalankan multimedia dengan mendukung multiprosesor dan 64 sistem file penjurnalan.

Sistem operasi ini dikembangkan pada tahun 2001 sebagai pengganti sistem operasi BeOS.


  • Sun Solaris

Sun Solaris merupakan sistem operasi Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. (diperoleh dari Oralce).

Solaris terbuka ini adalah Sun Solaris dengan karakter sumber terbuka di bawah CDDL (Pengembangan Umum dan Lisensi Distribusi).

Sistem operasi yang satu ini sangat terkenal di dunia karena memiliki stabilitas yang sangat tinggi.

Solaris OS digunakan sebagai server sistem operasi, terutama untuk komputer kritis yang membutuhkan stabilitas tinggi, ketersediaan, skalabilitas, dan keandalan.


  • AmigaOS

Sistem operasi ini adalah milik asli Amiga PC. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh Commodore International dan diperkenalkan pada tahun 1985 dengan peluncuran Amiga pertama, Amiga 1000.


  • OS / 2

OS / 2 adalah serangkaian sistem operasi komputer yang awalnya dibuat oleh Microsoft dan IBM dan kemudian dikembangkan secara eksklusif oleh IBM.


Perkembangan Sistem Operasi

Berikut ini adalah pengembangan sistem operasi dari tahun 1980-an, dimulai dengan pengembangan DOS, Mac, Windows, BSD ke Linux.


  • Tahun 1956

GM-NAAI / O: Sistem operasi pertama yang pertama kali diterapkan General Motors di komputer IBM 704 yang besar. Namun, sistem operasi ini tidak lebih kuat dari pemrosesan batch.


  • Tahun 1969

Unix: Sistem operasi modern ini pertama kali dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, yang pada saat itu membutuhkan platform cepat untuk diimplementasikan dalam game “Space Travel” mereka.


  • Tahun 1973

XeroxAlto: Sistem pertama ini menggunakan antarmuka grafis yang hanya digunakan dalam penelitian sampai 1981.


  • Tahun 1980

QDOS: Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS dari sistem operasi yang dikenal CP / M.

QDOS (Sistem Operasi Cepat dan Kotor) kemudian dipasarkan oleh Seatle Computer sebagai 86-DOS karena dikembangkan dalam prosesor Intel 8086.

Microsoft: Bill Gates dari Microsoft kemudian membeli lisensi QDOS dan kemudian menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.


  • Tahun 1981

PC-DOS: IBM kemudian meluncurkan PC DOS, yang dibeli Microsoft untuk diintegrasikan ke dalam komputernya pada prosesor dasar Intel 8086.

MS DOS: Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk diterapkan ke sistem operasi ini jika dijual oleh perusahaan di luar IBM.


  • Tahun 1983 – 1985

MS DOS 2.0: Versi 2.0 dari MS DOS dimulai pada komputer PC XT.

Sistem 1.0: Apple kemudian memulai Macintosh dengan sistem operasi pertamanya dari BSD UNIX. Sistem 1.0 adalah sistem operasi berbasis grafis pertama yang menggunakan mouse.

MS DOS 3.0: Microsoft telah memperkenalkan MS DOS 3.0 pada PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan mendukung lebih dari 10 MB hard disk.

MS Windows 1.0: Microsoft telah memperkenalkan MS Windows. Sistem operasi ini sudah menawarkan lingkungan dengan fungsi grafis (GUI) dan multitasking. Sayangnya, sistem operasi ini berkinerja sangat buruk dan tidak dapat mengimbangi kesuksesan Apple.

Novell Netware: Novell kemudian meluncurkan sistem operasi berbasis pada jaringan Netware 86 yang dikembangkan untuk prosesor Intel 8086.


  • Tahun 1988-1990

MS DOS 4.0: Microsoft telah merilis MS DOS 4.0 dalam kondisi grafik.

WWW: World Wide Web Proposal (WWW), diterbitkan oleh Tim Berners Lee.

Perpisahan: Dua perusahaan besar terpisah, IBM kemudian menjalankan OS / 2 dan Microsoft berfokus pada Windows.

Windows 3.0: Microsoft kemudian menciptakan Windows versi 3.0, yang menerima penerimaan yang cukup baik.

MS Office: Microsoft sudah memiliki Word, Excel dan PowerPoint untuk menyingkirkan pesaing seperti Lotus 1 2 3, Word Perfect Wordstar dan Quattr.


  • Tahun 1991-1995

Linux 0.01: Seorang siswa Helsinki bernama Linus Torvalds berhasil mengembangkan sistem operasi berbasis Unix dari sistem operasi Minix, yang kemudian dinamai Linux.

MS DOS 5.0: Microsoft telah memperkenalkan MS DOS 5.0 dengan fungsi seperti editor layar penuh, unformat, restore, dan Qbasic.

Windows 3.1: Tahun berikutnya, Microsoft memperkenalkan Windows 3.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.11.

Windows NT: Microsoft memperkenalkan Windows NT dengan sistem operasi grafis pertamanya tanpa menggunakan DOS dan direncanakan untuk server jaringan.

Browser web: NCSA meluncurkan Mosaic, browser web untuk berselancar di Internet.

MS DOS 6.0: Microsoft memulai pemutakhiran MS DOS 6.0, yang mencakup program kompresi hard disk DoubleSpace.

FreeDOS: Jim Hall adalah mahasiswa di University of Wisconsin River Falls Development dan mengembangkan FreeDOS.

FreeDOS dibuat setelah Microsoft bermaksud untuk menghentikan dukungan DOS, yang mana Windows 95 akan diganti.

Windows 95: Microsoft memperkenalkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari the Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta kopi hanya dalam waktu 4 hari.


  • Tahun 1996 – 2000

Windows NT 4.0: Microsoft telah memperkenalkan Windows NT versi 4.0

Mac OS: Apple pertama kali memperkenalkan sistem operasi yang disebut Mac OS di Mac OS 7.6.

Windows 98: Browser web Internet Explorer telah menjadi bagian terpenting dari Windows 98 dan telah berhasil mengalahkan dominasi Netscape Navigator.

Google: Mesin pencari terbaik yang tersedia di internet dan diketahui telah menggunakan Linux sebagai server utamanya.

Corel Linux: Corel telah berhasil membuat program Corel Draw, yang sebelumnya menyediakan versi Linux dari Word Perfect. Kemudian sistem operasi membantu dengan basis Linux yang disebut Corel Linux dan kemudian mengubah namanya menjadi Xandros.

Mac OS / X: Mac OS telah digantikan oleh komputer berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut Mac OS / X.

Windows 2000: Microsoft memperkenalkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.

Windows Me: Microsoft memperkenalkan Windows Me dengan versi terbaru Windows 95.

China menjadi Linux: Bendera Merah Linux diperkenalkan dari Republik Rakyat Tiongkok.


  • Tahun 2001 – 2005

Windows XP: Microsoft memulai Windows XP.

Open Office: Program Office yang sudah berdasarkan open source pertama kali diluncurkan oleh Sun Microsystems.

Sistem operasi lokal: Sistem operasi dibuat yang dibuat oleh anak-anak dari negara berbasis Linux, mis. Misalnya: Trustix Merdeka, RimbaLinux, WinBI, Komura.

2003: Microsoft memperkenalkan Windows Server 2003.

Jalan buntu: Versi pertama Ubuntu yang segera dirilis di seluruh dunia. Berbagai versi distribusi telah dirilis, termasuk:

  1. Ubuntu (berdasarkan Gnome).
  2. Kubuntu (berbasis KDE).
  3. Xubuntu (berbasis XFCE).
  4. Edubuntu (untuk pendidikan).

    2005 Mandriva: Mandrake kemudian datang ke Conectiva dan mengubah namanya menjadi Mandriva.


  • Tahun 2006 – 2012

    2006 Unbreakable Linux: Oracle juga membuat distribusi berbasis Linux dimulai oleh Red Hat Enterprise.

CHIPLux: Distribusi lokal juga muncul tahun ini. Bahkan CHIP Magazine, yang membahas lebih banyak tentang Windows, tidak berada di belakang penciptaan distribusi Linux yang disebut CHIPLux, yang dimulai oleh distribusi lokal yang disebut PC LINUX dari keluarga PCLinuxOS (varian Mandriva).

CHIPLux adalah distribusi lokal pertama yang didistribusikan dalam format DVD.

Vista: Microsoft memulai Windows Vista.

Windows Vista telah memperkenalkan fungsi desktop 3D dengan SideBar, Aero Glass dan Flip 3D.

Sayangnya, semua fungsi di atas harus dibayar dengan baik karena diperlukan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.

Sistem operasi 3D: Berbeda dengan Windows Vista, yang sangat tinggi, 3D Desktop di Linux telah berkembang dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan.

Era kehadiran teknologi desktop 3D di Indonesia juga ditandai dengan keberadaan sistem operasi 3D yang dikembangkan oleh LINUX PC.

Versi yang berbeda disediakan, yaitu versi sistem operasi 3D untuk pengguna umum serta versi distribusi café Linux dan pusat permainan Linux.

    2010 Windows7: Sistem operasi ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sistem operasi Microsoft sebelumnya. Dapat dipanggil jika sistem operasi ini saat ini merupakan sistem operasi terbaik yang tersedia.

    2012 Windows 8: Microsoft telah memulai sistem operasi, Windows 8.

Sistem operasi ini memiliki penampilan yang sangat menarik dibandingkan dengan Windows generasi sebelumnya.


  • Tahun 2014 – 2015

Windows 10: Ini adalah sistem operasi terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft.

Windows 10 menawarkan tampilan Windows paling lengkap dan komprehensif daripada versi Windows sebelumnya. Oleh karena itu, lebih baik memberi nama Windows 10, karena 10 mengacu pada jumlah kesempurnaan.

Windows ini diperkenalkan pada 30 September 2014 dan diterbitkan pada 2015.


Tugas Utama Sistem Operasi

  • Mengelola Seluruh Sumber Daya

Karena itu, tugas utama sistem operasi adalah mengelola semua sumber daya semua perangkat komputer sedemikian rupa sehingga dapat bekerja dengan mudah, cepat, benar, dan efisien.


  1. Sumber Daya Dibagi Lagi Menjadi Dua Bagian:

Sebuah. Sumber daya fisik, sumber daya fisik pada komputer yang merupakan perangkat keras yang terpasang pada perangkat komputasi. Mulai sekarang ada banyak sumber daya fisik, misalnya:

  • Perangkat utama seperti motherboard.
  • Perangkat input seperti keyboard.
  • Perangkat penunjuk seperti mouse, layar sentuh, dll.
  • Perangkat penyimpanan seperti floppy disk, hard drive, flash disk, pembaca kartu, dll.
  • Perangkat tampilan layar seperti monitor, dll.
  • Mencetak perangkat seperti printer dll.
  • Perangkat komunikasi seperti modem, kartu Ethernet, kartu WLAN dll.
  • Perangkat penyimpanan seperti RAM.
  • Perangkat multimedia seperti TV tuner, kartu suara, radio, dll.
  • Perangkat grafis seperti pemindai, dll.

  1. Sumber Daya Bbstrak

sumber daya abstrak karena sumber daya ini tidak fisik. Sumber daya abstrak dibagi lagi menjadi dua bagian:

  1. Data, data adalah file atau file tempat data atau program disimpan.
  2. Program, untuk memahami program, adalah kumpulan instruksi yang dapat dieksekusi dan menghasilkan data atau instruksi lain.

  • Sistem Operasi Sebagai Penyedia Layanan

Seperti disebutkan di atas, sistem operasi dibuat sebagai penyedia layanan sehingga pengguna dapat mengoperasikan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Layanan berikut ini umumnya dilakukan oleh sistem operasi:

  • Pemrograman
  • Eksekusi program.
  • Akses ke perangkat I / O.
  • Kontrol akses file.
  • Akses sistem.
  • Deteksi kesalahan dan respons.
  • Akuntansi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Sistem Operasi: Pengertian, Sejarah, Macam-Macam, Perkembangan dan Tugas Sistem Operasi  semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: