Fungsi Produksi

Jelaskan Apa Saja Fungsi dari Produksi?

Diposting pada

Fungsi.co.id Jelaskan Apa Saja Fungsi dari Produksi? – Secara umum, produksi ditafsirkan sebagai kegiatan atau proses yang mentranspassi input (input) ke dalam output (output). Dalam kepentingan umum penggunaan ini sudah cukup, sehingga termasuk output dalam bentuk barang atau jasa. Dalam arti sempit, definisi produksi hanya disebut sebagai kegiatan yang melampirkan barang-barang baik barang jadi dan barang setengah jadi, bahan industri dan suku cadang dan komponen cadangan. Hasil produksi dapat berupa konsumsi atau barang industri.

Namun, pada kesempatan kali ini kami akan membaha fungsi dari produksi, apa saja fungsinya? Berikut kami tlah merangkumnya dalam artikel dibawah ini.


Fungsi Produksi

Secara umum, ekonomi menggunakan fungsi produksi untuk menggambarkan hubungan antara input dan output. Fungsi produksi akan membuka berapa banyak jumlah output maksimum yang dapat diproduksi jika sejumlah input tertentu digunakan dalam proses produksi.

Fungsi produksi adalah jaringan (atau tabel atau persamaan matematika) yang menggambarkan jumlah maksimum output yang dapat dihasilkan dari serangkaian faktor produksi tertentu, dan pada tingkat teknologi tertentu. Dalam fungsi produksi pendek adalah katalog kemungkinan produksi

Fungsi produksi menunjukkan sifat hubungan antara faktor-faktor produksi dan tingkat produksi yang dihasilkan. Faktor-faktor produksi juga dikenal sebagai istilah input dan jumlah produksi selalu disebut output.

Dari pemahaman di atas dapat dipahami tentang unsur-unsur dan faktor-faktor produksi di sini yang bersangkutan, tanah, modal, tenaga kerja dan keahlian yang tidak memiliki jumlahnya masih. Hanya persalinan yang dipandang sebagai faktor produksi yang berubah.

umlah. Dengan demikian terkait bahwa faktor-faktor produksi yang digunakan dan tingkat produksi yang dicapai terkait dengan jumlah pekerja yang digunakan dan jumlah produksi yang dicapai. 3 variabel independen adalah bahan baku, tenaga kerja, dan pemasaran.


  • Bahan baku

Menurut Mulyadi bahan baku adalah bahan yang membentuk bagian integral dari produk jadi. Bahan baku yang diproses di perusahaan manufaktur dapat diperoleh dari pembelian lokal, pembelian impor atau dari pemrosesan mereka sendiri. Jenis-jenis bahan baku menurut Gunawan Adapecutro dan Marwan Asri terdiri dari:


  1. Bahan baku langsung (materi langsung)

Bahan baku langsung adalah semua bahan baku yang merupakan bagian dari barang yang diproduksi. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku langsung ini memiliki hubungan yang dekat dan sebanding dengan jumlah barang yang diproduksi.


  1. Bahan Tidak Langsung (Bahan Tidak Langsung)

Bahan baku tidak langsung adalah bahan baku yang berpartisipasi dalam proses produksi, tetapi tidak secara langsung berbagi barang jadi yang diproduksi. Jika barang jadi yang diproduksi adalah tabel dan kursi, kayu adalah bahan baku langsung, sedangkan paku dan plamir adalah bahan baku tidak langsung.


  • Tenaga kerja

Buruh adalah seluruh populasi yang dianggap mampu bekerja dan dapat bekerja jika ada permintaan kerja, tenaga kerja dapat dilihat dari konsep produktivitas. Tenaga kerja faktor produksi ini tidak hanya berarti jumlah pekerja yang terkandung dalam perekonomian. Memahami persalinan meliputi keahlian dan keterampilan yang mereka miliki. Dalam hal keahlian dan pendidikan, tenaga kerja dibedakan dengan tiga kelompok berikut:

  1. Tenaga kerja kasar adalah tenaga kerja pendidikan yang tidak berpendidikan atau rendah dan tidak memiliki keahlian dalam bidang pekerjaan,
  2. Tenaga kerja terampil adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian pelatihan atau dari pengalaman kerja seperti mekanik mobil, tukang kayu, dan ahli perlambatan radio dan radio.
  3. Pekerja ikan mas berpendidikan adalah tenaga kerja yang memiliki pendidikan tinggi dan pakar di bidang-bidang tertentu seperti dokter, akuntan, ekonom dan insinyur.

Konsep produktivitas kerja dapat dilihat dari dua dimensi, yaitu dimensi individu dan dimensi organisasi. Dimensi individu melihat produktivitas sehubungan dengan karakteristik karakteristik kepribadian individu yang timbul dalam bentuk sikap mental dan mengandung makna dari keinginan individu dan upaya yang selalu berusaha meningkatkan kualitas hidup. Sementara dimensi organisasi melihat produktivitas dalam kerangka hubungan teknis antara input (input) dan output (diletakkan). Oleh karena itu dalam pandangan ini, peningkatan kemunculan produktivitas tidak hanya terlihat dari aspek kuantitas, tetapi juga dapat dilihat dari aspek kualitas.


  • Pemasaran Hasil Produksi

Pemasaran adalah proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan membuat, menawarkan, dan bebas bertukar produk dengan pihak lain.

Perencanaan pemasaran harus dimulai dengan pengaturan tujuan perusahaan, misalnya tujuan yang ingin dicapai:

  1. Menciptakan Kepuasan Pelanggan melalui Penawaran Produk.
  2. Tingkatkan Kualitas Produk.
  3. Tingkatkan pasar.
  4. Membawa untung dalam jangka pendek dan panjang .

Meskipun beberapa perusahaan memiliki tujuan yang sama, tetapi strateginya digunakan secara berbeda. Umumnya strategi pemasaran adalah:

  1. Pilih target pelanggan yang ditargetkan atau disajikan.
  2. Identifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  3. Menentukan Campuran Pemasaran Panjang

Agar strategi pemasaran akan dijalankan, pemasaran pemasaran diperlukan untuk mengembangkan program pemasaran, sebagai berikut:

  1. Target penjualan.
  2. Anggaran pemasaran.
  3. Alokasi bauran pemasaran.
  4. Penetapan harga.
  5. Alokasi anggaran pemasaran pada masing-masing kelompok.

Implementasi perencanaan pemasaran akan menjadi kegiatan terbaik perusahaan harus diselenggarakan melalui struktur organisasi yang mencerminkan kegiatan pemasaran yang optimal.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jelaskan Apa Saja Fungsi dari Produksi? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: