Fungsi Denah

Fungsi Denah: Cara Membaca, Unsur dan Jenisnya!

Diposting pada

Fungsi Denah: Cara Membaca, Unsur dan Jenisnya! – Saat berwisata tentunya akan membutuhkan guide, apalagi kita yang belum pernah ke tempat ini pasti akan banyak kesulitan.

Pemandu yang baik dapat memberikan petunjuk yang baik untuk tempat yang kita tuju agar kita tidak tersesat nanti. Untuk menghindari kejadian buruk dan dengan cepat menemukan lokasi yang diinginkan, kita harus bisa membaca peta situs.


Fungsi Denah

Denah lantai dibuat seperti peta untuk memudahkan pengguna melacak lokasi. Jika peta tersebut memiliki wilayah yang lebih luas, maka peta tersebut hanya akan mencakup satu area saja. Fungsi denah sendiri terdiri dari beberapa fungsi seperti:


  • Fungsi Ruang

Dalam hal ini, denah lantai digunakan untuk menunjukkan lokasi setiap ruangan dalam sebuah bangunan. Dengan menggunakan denah lantai, Anda dapat dengan mudah mengetahui letak ruangan di dalam sebuah gedung.


  • Susunan Ruang

Fungsi kedua dari denah adalah tata letak ruang. Mirip dengan fungsi pertama, fungsi tata ruang menunjukkan penataan ruang pada bangunan dalam denah lantai. Dengan mengamati denah lantai, pengguna denah lantai dapat dengan mudah mengetahui letak denah lantai dalam sebuah gedung.


  • Sirkulasi Ruang

Fungsi ketiga adalah sirkulasi ruang, yang berhubungan dengan aliran keluar masuk suatu ruangan. Pengertian denah lantai dengan fitur ini berupa gambar yang memudahkan pengguna untuk bergerak di sekitar suatu gedung atau gedung. Pengguna denah lantai dapat dengan mudah menemukan cara tercepat untuk mencapai kamar di gedung tertentu.


  • Dimensi Ruang

Fitur dimensi ruangan berarti denah lantai berguna untuk menunjukkan dimensi ukuran setiap ruangan dalam suatu bangunan atau ruangan. Fitur ini memudahkan pengguna denah untuk menentukan ukuran ruangan mana saja di dalam sebuah gedung.


  • Letak Pintu dan Bukaan

Fungsi denah lantai selanjutnya adalah fungsi letak pintu dan bukaan. Fitur ini berguna untuk membantu planimetri dalam posisi pintu dan berbagai saluran masuk udara lainnya. Hal ini sangat berguna ketika berbagai bencana seperti kebakaran terjadi pada suatu gedung. Fitur ini memudahkan pengguna denah untuk menemukan pintu atau ventilasi untuk disimpan.


  • Isi Ruang

Fungsi denah terdiri dari isi ruangan sesuai dengan yang tersedia di setiap denah lantai. Dengan fitur ini, pengguna denah lantai dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang ada di dalam ruangan tersebut. Selain itu, pengguna denah juga dapat menentukan pemilik atau pengguna ruangan pada suatu gedung atau gedung.


Cara Membaca Denah

Berikut langkah-langkah atau membaca rencana tersebut, diantaranya:

  • Pertama, baca judul rencananya, biasanya di tengah atas.
  • Perhatikan deskripsi atau legenda yang menjelaskan simbol pada rencana yang sudah ada.
  • Baca juga hubungan antar bagian denah, baik berupa jalan maupun bentuk bangunannya.
  • Tambahkan semua yang ingin kami ketahui dari rencana.
  • Baca juga seluruh isi rencana untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan.

Unsur-Unsur Denah

Perencanaan terdiri dari beberapa Unsurutama, yaitu sebagai berikut:

  • Rencanakan judulnya. Bahwa setiap denah lantai harus diawali atau dilampirkan pada sebuah judul untuk memudahkan pengguna.
  • Ada gambaran umum tentang lokasi. Mengenai definisi dan fungsinya, rencana harus menggambarkan detail umum tempat atau bangunan. Ini dilakukan agar pengguna atau pembaca dapat dimengerti.
  • Ada tanda di utara. Ini adalah komponen yang sangat penting dan harus ada di denah lantai.
  • Instruksi berupa nama. Sebuah denah tidak hanya berisi gambar, tetapi juga menggunakan nama untuk menunjukkan lokasi atau objek dalam sebuah bangunan. Hal ini untuk memudahkan pengguna dalam mengenali posisi di lokasi ini atau di ruangan ini.

Jenis-Jenis Denah

Rencana dibagi menjadi beberapa jenis. Untuk informasi selengkapnya, silahkan baca pembahasan berikut ini:

  • Denah Sederhana

Jenis rencana sederhana ini memiliki definisi rencana yang dipraktikkan dan tidak dipublikasikan secara resmi. Contoh dari jenis denah lantai ini adalah peta kelas dan tempat duduk untuk siswa.


  • Denah Desain Kompleks

Sedangkan tujuan dari jenis perencanaan desain kompleks ini adalah untuk membuat suatu bangunan atau situs dengan struktur yang kompleks. Salah satu contohnya adalah peta kawasan wisata Baturaden yang dibuat oleh Dinas Pariwisata Banyumas.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Denah: Cara Membaca, Unsur dan Jenisnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: