Fungsi jaringan WAN: Perangkat, Jenis,Kelebihan, kekurangan

Fungsi jaringan WAN: Perangkat, Jenis,Kelebihan, kekurangan – Kemajuan teknologi semakin hari semakin meningkat, salah satunya adalah teknologi komputer. Tentunya istilah jaringan sudah tidak asing lagi dengan teknologi komputer. Ada banyak jenis jaringan di komputer. Salah satunya adalah jaringan WAN yang akan saya bahas di artikel ini.

Apa itu jaringan WAN? Anak SMK dengan fokus TKJ (Teknik Jaringan Komputer) pasti sudah familiar dengan jaringan ini karena diskusi berlangsung di kelas mereka.

Di sini saya akan menjelaskan sedikit lebih banyak tentang konsep jaringan WAN, sejarah penemunya, fitur-fiturnya, kelebihan dan kekurangannya, dan lain-lain.


Fungsi Jaringan WAN

  • Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu

Fungsi utama saat menyiapkan jaringan luas atau WAN adalah untuk mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan jaringan MAN ke dalam satu jaringan yang seragam. Biasanya fitur ini sangat berguna untuk perusahaan yang memiliki banyak kantor di luar negeri maupun luar kota.

Dalam jaringan WAN, setiap cabang atau kantor perwakilan terhubung satu sama lain melalui jaringan komputer yang sangat luas.


  • Mempermudah dan Mempercepat Arus Informasi dan Komunikasi

Fungsi jaringan komputer WAN selanjutnya adalah untuk memperlancar dan juga memperlancar arus informasi dan komunikasi. Sebagai contoh pesan dari cabang, perwakilan dan juga kantor pusat.

Bisa dibayangkan, anak perusahaan di pulau kalimantan harus meminta informasi dari markas besar di pulau jawa. Tanpa jaringan WAN yang terintegrasi tentunya akan memakan waktu yang lama dan juga sangat sulit. Dengan hadirnya WAN, maka setiap cabang lebih cepat dan mudah diakses serta menerima informasi dari kantor pusat.


  • Meningkatkan Efisiesnsi Perpindahan Arus Informasi

Semakin sederhana arus informasi dan transfer data, semakin cepat pula informasi yang masuk dan keluar. Terkait komunikasi antar cabang dan kantor perwakilan, dapat dipastikan efisiensi waktu akan tercipta dan akan sangat baik.

Dengan bertambahnya efisiensi waktu yang dimiliki kantor dalam transfer data maka kinerja dan kemampuan perusahaan akan meningkat dan juga meningkat.


  • Menghemat Biaya Operasional

Penghematan dari biaya operasional akan lebih baik. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan efisiensi waktu dan tenaga yang dihasilkan berkat jaringan WAN ini.

Bayangkan jika kantor cabang perlu mendapatkan data dan informasi tanpa menggunakan jaringan WAN, maka staf kantor cabang tersebut mungkin harus pergi ke kantor pusat untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Tentu saja, biaya transportasi naik dan menyebabkan biaya bisnis bertambah dari biaya operasional.


  • Mencegah Terjadinya Miskomunikasi

Miskomunikasi biasanya juga sering terjadi ketika komunikasi dan penyampaian informasi dilakukan secara manual. Hal tersebut wajar saja karena masyarakat cenderung salah tafsir sehingga miskomunikasi ini dapat berdampak pada bisnis perusahaan.

Disini jaringan WAN mempunyai fungsi dan juga peranan yang sangat penting untuk arus informasi dan proses komunikasi setiap kantor yang ada. Dengan menggunakan jaringan WAN sebagai media transmisi data dan informasi, terjadinya kesalahpahaman dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Hal ini karena nantinya setiap pengguna dan setiap kantor cabang serta perwakilannya akan mendapatkan informasi yang sama dari satu sama lain karena berasal dari komputer utama atau server yang sama.

Mengakses dan menggunakan berbagai macam fitur di Internet diperlukan untuk menggunakan perangkat keras jaringan, seperti: B. Jenis kabel jaringan komputer apa yang akan dipasang. Seperti halnya kabel fiber optik, cara kerja fiber optik sebagai media transmisi merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan pada jaringan WAN karena kabel fiber optik cukup stabil dalam melakukan transfer file yang baik.


  • Mendukung Operasionalitas Perusahaan Multinasional dan Internasional

Fungsi WAN selanjutnya adalah mendukung bisnis perusahaan multinasional dan internasional. Dengan adanya jaringan WAN di suatu perusahaan maka segala bentuk kegiatan operasional perusahaan dapat terlaksana dengan lebih baik.

Meskipun jaringan WAN memiliki banyak fitur yang sangat membantu pengoperasian bisnis, namun cukup sulit untuk mengimplementasikan jaringan WAN. Hal ini tentunya disebabkan oleh letak geografis yang sangat luas yang mencakup beberapa bangsa atau banyak negara.

Beberapa negara memiliki peraturan khusus bagi perusahaan untuk memiliki jaringan yang terhubung ke jaringan WAN dan biaya pembangunan menara transmisi atau kabel jaringan bawah laut, yang merupakan investasi yang signifikan.


Perangkat Jaringan WAN

Beberapa perangkat keras utama seperti router, modem, CSU / DSU, dan server komunikasi diperlukan untuk membuat jaringan WAN yang menghubungkan banyak LAN.

Berikut 7 buah perangkat keras (hardware) untuk membuat jaringan WAN beserta fiturnya:


  • Router

Router

Router menjadi perangkat untuk analisis berdasarkan informasi dan data yang dikirim dari LAN. Perangkat ini meneruskan data yang dianalisis ke antarmuka WAN sesuai dengan tabel peruteannya.

Router independen adalah perangkat jaringan cerdas aktif yang digunakan untuk manajemen jaringan. Selain mengelola jaringan, router juga menawarkan kontrol dinamis atas sumber daya dan mendukung jaringan dalam memenuhi tugas dan tujuannya. Sasaran ini mencakup konektivitas, fleksibilitas, kontrol manajemen, dan kinerja yang andal.


  • CSU / DSU

CSU / DSU

CSU / DSU adalah perangkat yang berfungsi jaringan sebagai jalur komunikasi sinyal dengan format kustom.

Saluran digital diperlukan pada CSU (Channel Service Unit) dan DSU (Data Service Unit), yang dengannya kedua perangkat ini tidak dapat dipisahkan.


  •  Modem

Modem

Modem merupakan salah satu perangkat dalam pengembangan jaringan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan transmisi data melalui jalur pelanggan. Perangkat ini diperlukan untuk jalur komunikasi analog daripada digital.

Modem juga mengirimkan data melalui saluran telepon dengan mendemodulasi dan memodulasi sinyal. Sinyal digital termodulasi diteruskan ke sinyal suara analog untuk dikirim, dan penerimaan sinyal analog dikembalikan ke sinyal digital yang disebut demodulasi.


  • Communication Server

Communication Server

Server komunikasi adalah perangkat untuk pemusatan komunikasi pengguna dial-up dan untuk akses jarak jauh ke jaringan LAN.

Server komunikasi juga memiliki beberapa antarmuka analog dan digital dan dapat melayani beberapa pengguna pada waktu yang bersamaan.


  • ATM (Asynchronous Transfer Mode)

ATM (Asynchronous Transfer Mode)

ATM (Asynchronous Transfer Mode) merupakan protokol yang telah digunakan dan menjadi standar internasional dalam jaringan cell relay. ATM juga merupakan protokol yang memaksimalkan penggunaan media pada jaringan ini dengan kecepatan tinggi seperti Synchronous Optical Network (SONET).

ATM (Asynchronous Transfer Mode) mendukung sejumlah besar layanan dan antarmuka, mekanisme manajemen lalu lintas yang baik, dan perangkat lunak sistem operasi Internet yang berfungsi langsung.


  • Multiplexer

Multiplexer

Multiplexer digunakan untuk mengirimkan kombinasi beberapa sinyal ke sirkuit dan dapat terus menerus (secara bersamaan) mengirimkan data, mis. B. suara, video, teks dan lain-lain.

Teknik yang digunakan adalah menggabungkan beberapa sinyal secara bersamaan dalam suatu saluran transmisi yang disebut multiplexing.


  • ANTENA

ANTENA

Meskipun perangkat ini bukan bagian dari unit utama pada jaringan WAN, alat ini digunakan untuk menyebarkan sinyal, dan antena sinyal menjadi semakin baik.

Jangkauan pemancar juga menghubungkan titik-titik dalam jarak yang jauh hingga beberapa kilometer, tergantung pada kualitas dan jenis antena.


Jenis jenis WAN

Sebenarnya ada beberapa jenis jaringan WAN yang umum digunakan, sedangkan masing-masing jenis memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut, lihat jenis WAN berikut ini:


  • Leased Line

Ini adalah jenis jaringan area luas dengan model koneksi titik-ke-titik khusus. Ini berarti bahwa koneksi ini tidak memerlukan panggilan untuk dibuat untuk mengirim data. Mekanisme pengiriman paket data adalah sinkron serial.

Komunikasi serial sinkron adalah komunikasi di mana pengirim atau penerima hanyalah satu pihak yang dapat menghasilkan jam dan mengirimkannya bersama datanya.


  • Circuit Switching

Dalam jenis ini, jaringan pertama-tama menyiapkan panggilan untuk menghubungkan dan mulai mengirim data.

ISDN dan PTSN adalah dua protokol pada jaringan WAN yang menggunakan jenis circuit switching untuk jaringan publik.


  • Paket Switching

Jenis koneksi packet-switched ini memiliki kelebihan yaitu bandwidth dapat diatur dan dibagi dengan pengguna lain agar koneksi lebih stabil dan sesuai dengan jumlah pengguna jaringan.

Pengalihan paket ini sebenarnya adalah pengembangan dari koneksi jalur laser dengan mekanisme koneksi serial sinkron.


Kelebihan Jaringan WAN

WAN atau Wide Area Network merupakan sistem yang termasuk dalam jaringan komputer. WAN memiliki banyak keunggulan dibandingkan jaringan komputer lainnya. Kelebihan dari jaringan komputer ini antara lain:


  • Luas Area yang Bisa di Jangkau

Salah satu kelebihan dari jaringan komputer ini adalah luasnya area yang bisa dijangkau dengan jaringan komputer ini. Area yang bisa dijangkau jaringan ini bisa sangat luas dan bisa disesuaikan.

Selain dapat membuat jaringan komputer yang lebih luas, WAN juga dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer yang lebih kompleks. Misalnya, jaringan Internet di seluruh dunia biasanya dibuat melalui jaringan WAN ini.


  • Komunikasi yang Lebih Cepat

Komunikasi data yang dilakukan di area yang luas seperti area komunikasi data dari satu negara ke negara lain biasanya membutuhkan jaringan yang kompleks. Jika jaringan ini tidak diatur dengan benar, komunikasi data akan melambat.

Menggunakan sistem jaringan WAN membuat komunikasi data ini menjadi lebih mudah. Komunikasi data menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Jadi jika Anda ingin menjadi perusahaan multi-negara, Anda dapat menggunakan jaringan internal yang lebih kuat.


  • Infrastruktur Terpusat

Salah satu keunggulan jaringan WAN lainnya adalah penggunaan infrastruktur. Membuat jaringan untuk kebutuhan yang luas dan besar akan memudahkan perusahaan Anda dalam mengelola server yang ada.

Dengan cara ini, perusahaan Anda tidak perlu membuat server individu dan menghemat biaya komunikasi antara perusahaan pusat dan perusahaan cabang.


  • Meningkatkan Keamanan Pertukaran Data

Salah satu keuntungan menggunakan jaringan WAN adalah betapa mudahnya menjaga keamanan data Anda. Dengan menggunakan jaringan data WAN ini, Anda dapat bertukar data rahasia dengan lebih mudah.

Ini karena pertukaran data melalui WAN biasanya dienkripsi terlebih dahulu sehingga lebih aman dan untuk menghindari peretas atas data yang Anda coba kirim.

Selain keuntungan-keuntungan tersebut, masih banyak keuntungan lain dari penggunaan jaringan WAN ini, seperti: B. bandwidth yang lebih banyak, yang meminimalkan kebutuhan ISDN dan lain-lain.


Kekurangan Jaringan WAN

Jaringan WAN memiliki beberapa kekurangan karena kekurangannya. Ada tiga masalah kritis yang biasanya dirasakan oleh pengguna jaringan WAN. Apa kekurangannya? Berikut ratingnya.


  • Biaya Setting yang Cukup Tinggi

Salah satu kelemahan dari jaringan WAN adalah tingginya biaya pengaturannya. WAN adalah jaringan yang kompleks. Karena itu, biaya pemasangan jaringan ini tinggi.


  • Masalah Maintenance

Kerugian lain dari penggunaan jaringan WAN ini adalah masalah perawatannya. Mempertahankan jaringan WAN bisa dikatakan cukup menantang. Ini karena jaringan WAN adalah jaringan yang harus digunakan sepanjang waktu.

Memang karena perlu digunakan secara terus menerus, maka masalah perawatan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika server downtime, jaringan menjadi lumpuh dan menyebabkan kerugian.


Contoh Implementasi dan Penggunaan WAN

Untuk lebih memahami implementasi WAN, berikut beberapa contoh dan kegunaan jaringan WAN dalam kehidupan sehari-hari:


  • Internet

Internet adalah contoh nyata dan konkret dari jaringan WAN. Dengan adanya internet, setiap komputer terhubung satu sama lain dalam jaringan yang luas dan internasional. Dengan cara ini, setiap komputer, khususnya komputer pribadi, juga dapat terhubung satu sama lain melalui jaringan internet yang merupakan salah satu implementasi dari jaringan WAN ini.


  • Jaringan WAN yang di Implementasikan pada Perusahaan Internasional

Sebagai perusahaan nasional maupun internasional, perusahaan tentunya memiliki banyak cabang dan kantor perwakilan di berbagai negara. Agar dapat menghubungkan komputer di kantor pusat dan di kantor cabang serta di kantor perwakilan di beberapa negara, digunakan WAN Pronsip untuk dapat menghubungkan komputer tersebut.

Sebagai contoh:

  1. Jaringan Wan menghubungkan komputer antara soket Alfamart.
  2. Jaringan yang menghubungkan kantor pusat dan cabang, mis. untuk bank. Bank biasanya memiliki kantor pusat dan cabang yang tersebar di banyak kota. Untuk komunikasi data melalui jaringan, perusahaan harus menerapkan jaringan yang lemah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi jaringan WAN: Perangkat, Jenis,Kelebihan, kekurangan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: