Apa Fungsi Alat Musik Ritmis dan Jenisnya?

Apa Fungsi Alat Musik Ritmis dan Jenisnya?

Diposting pada

 Apa Fungsi Alat Musik Ritmis dan Jenisnya? – Musik merupakan salah satu hal yang dapat membantu mengurangi stres. Musik yang bagus juga sangat menyenangkan untuk didengarkan. Not-not yang dihasilkan berasal dari alat musik yang dimainkan dengan sempurna. Alat musik adalah sumber alat yang dibuat untuk menghasilkan suara musik.

Alat musik dibedakan menjadi tiga bidang berdasarkan fungsinya yaitu alat musik ritmik, alat musik melodi dan alat musik harmonik.

Alat musik ritmik adalah alat musik yang hanya dapat mengeluarkan beberapa nada unik untuk mengiringi alat musik lain dalam lagu tersebut. Instrumen ritmik tidak dapat menciptakan ritme dalam sebuah lagu.

Instrumen ritmik hanya berperan dalam mengatur tempo lagu. Alat musik ritmis dapat mengeluarkan suara dengan berbagai cara, mis. B. dengan memukul, mengguncang, atau menggosok. Jadi tahukah anda apa saja fungsi dan jenis alat musik itu? Jika kita tidak memanfaatkan kesempatan ini, kita akan membahasnya. Berikut pembahasannya.


Fungsi Alat Musik Ritmis

  • Mengatur Tempo

Fungsi alat musik ritmis adalah untuk mengatur tempo, baik tempo dalam lagu maupun dalam tarian. Lagu yang harmonis harus dimainkan dengan tempo yang tepat. Alat musik ritmis memandu musisi lain dalam mengatur tempo.


  • Pengiring Lagu

Lagu tersebut bahkan dapat dimainkan dengan alat musik melodi instrumen ritmis menghidupkan lagu.


  • Tanda untuk Pemain Musik

Alat musik ritmik juga berfungsi sebagai penanda yang biasanya digunakan oleh komposer musik. Instrumen ritmik biasanya digunakan sebagai patokan untuk intro, bait, dan chorus.


  • Penyempurna Instrumen

Alat musik ritmik memiliki fungsi sebagai pelengkap alat musik lainnya, misalnya dalam pertunjukan orkestra.


  • Koreografi

Sebelum koreografi diiringi musik bunyi, tarian diiringi alat musik ritmis. Fungsi alat musik ritmis di sini adalah untuk mengatur tempo gerakan dan menandai gerakan dari satu gerakan ke gerakan lainnya.


Jenis alat Musik Ritmis

Pada umumnya alat musik ritmis dimainkan dengan cara dipukul atau digosok. Beberapa contoh alat musik ritmis adalah:


  • Kendang

Kendang

Kendang adalah salah satu jenis alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul. Kendang biasanya digunakan untuk melengkapi alat musik lain seperti gamelan.

Beberapa pertunjukan yang menggunakan alat musik jenis ini, seperti pertunjukan wayang golek, tari jaipong, atau pencicip.


  • Rebana

Rebana

Rebana biasanya dibuat dari kulit dan kayu berbentuk tabung bulat pipih. Rebana dimainkan dengan cara dipukul.

Biasanya rebana digunakan untuk kegiatan islami yang dipadukan dengan unsur musik modern.


  • Tamborin

Tamborin

Tamborin memiliki dua suara sekaligus saat bermain. Alat musik tradisional ini memiliki suara kesemutan yang berasal dari benturan logam di sampingnya. Sedangkan bunyi kedua adalah bunyi tawon yang keluar dari selaput.


  • Drum

Drum

Gendang merupakan salah satu jenis alat musik ritmis yang digemari anak muda. Drum biasanya terbuat dari kulit atau plastik khusus. Gendang dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat khusus.


  • kastenyet

kastenyet

Alat musik castanette adalah alat musik ritmis yang berbentuk seperti cangkang. Biasanya alat musik hanya dimainkan dengan dua atau tiga jari. Sehingga alat musik ritmis jenis ini sangat mudah dimainkan.


  • Marakas

Marakas

Bentuk marakas seperti permen lolipop besar. Alat musik ini memiliki pegangan dan bola besar yang mengeluarkan bunyi saat diguncang.


  • Simbal

Simbal

Simbal tersedia dalam berbagai ukuran, dari kecil hingga besar. Simbalnya terbuat dari logam yang memiliki bentuk bulat seperti cakram.

Simbal biasanya diletakkan di atas drum, dan ada juga simbal tangan yang bisa dimainkan dengan mencampurkan dua simbal. Pools juga bisa dimainkan dengan tongkat.


  • Tifa

Tifa

Tifa terbuat dari kayu yang memiliki rongga di bagian tengah dan dilapisi kulit di salah satu sisinya. Namun, bentuk Tifa lebih panjang dan lebih ramping. Tifa biasanya dimainkan dalam upacara adat masyarakat Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua.


  • Triangle

Triangle

Triangle terbuat dari logam panjang yang ditekuk menjadi segitiga. Namun, satu ujung dengan ujung lainnya tidak saling menempel. Biasanya ada semacam tali di salah satu sudut untuk memegang alat musik ini.


  • Conga

Conga

Conga adalah sejenis alat musik ritmis. Conga berasal dari negara Afrika bernama Tumbora.

Conga berbentuk seperti drum. Conga juga digunakan untuk mengiringi musik pop modern. Alat musikritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi Alat Musik Ritmis dan Jenisnya? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: