Pengertian Seven Segment Display: Cara Kerja, Jenis dan Fungsi!

Diposting pada

Pengertian Seven Segment Display: Cara Kerja, Jenis dan Fungsi! – Coba kalian perhatikan jam tangan digital kalian! Di sana terdapat beberapa buah garis yang akan menyala bergantian untuk menunjukan pukul berapa saat ini. Hal tersebut juga ada pada hitung mundur trafficlight yang ada di persimpangan jalan. Pada kolom yang akan menunjukan satu karakter angka terdapat 7 buah garis yang akan menyala bergantian. Benda tersebut adalah sebuah seven segment. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian seven segment yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


Pengertian Seven Segment Display

Seven segment merupakan bagian-bagian yang digunakan untuk menampilkan angka atau bilangan decimal. Seven segment tersebut terbagi menjadi 7 batang LED yang disusun membentuk angka 8 dengan menggunakan huruf a-f yang disebut DOT MATRIKS. Setiap segment ini terdiri dari 1 atau 2 LED (Light Emitting Dioda). Seven segment bisa menunjukan angka-angka desimal serta beberapa bentuk tertentu melalui gabungan aktif atau tidaknya LED penyususnan dalam seven segment.

Supaya memudahkan penggunaannnya biasanya memakai sebuah sebuah seven segment driver yang akan mengatur aktif atau tidaknya led-led dalam seven segment sesuai dengan inputan biner yang diberikan. Bentuk tampilan modern disusun sebagai metode 7 bagian atau dot matriks. Jenis tersebut sama dengan namanya, menggunakan sistem tujuh batang led yang dilapis membentuk angka 8 seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Huruf yang dilihatkan dalam gambar itu ditetapkan untuk menandai bagian-bagian tersebut.

Dengan menyalakan beberapa segmen yang sesuai, akan dapat diperagakan digit-digit dari 0 sampai 9, dan juga bentuk huruf A sampai F (dimodifikasi). Sinyal input dari switches tidak dapat langsung dikirimkan ke peraga 7 bagian, sehingga harus menggunakan decoder BCD (Binary Code Decimal) ke 7 segmen sebagai antar muka. Decoder tersebut terbentuk  dari pintu-pintu akal yang masukannya berbetuk digit BCD dan keluarannya berupa saluran-saluran untuk mengemudikan tampilan 7 segmen.


LED 7 Segmen (Seven Segment LED)

Seven Segment Display sering dipakai oleh para peminat Elektronika adalah 7 bagian yang memakai LED (Light Emitting Diode) sebagai penerangnya.  LED 7 Segmen tersebut biasanya mempunyai 7 Segmen atau elemen garis dan 1 segmen titik yang menandakan “koma” Desimal. Jumlah semua segmen atau elemen LED sebenarnya adalah 8.

Cara kerjanya juga sangat  gampang, ketika elemen tersebut diberikan gelombang listrik, maka Display akan menampilkan angka atau digit yang diinginkan sesuai dengan kombinasi yang diberikan. LED 7 Segmen terbagi menjado dua jenis yaitu “LED 7 Segmen common Cathode” dan “LED 7 Segmen common Anode”.


  • LED 7 Segmen Tipe Common Cathode (Katoda)

Common Cathode merupakan bergabung menjadi satu Pin, sedangkan penujang Anoda bisa menjadi Input untuk masing-masing Segmen LED.  Kaki Katoda yang terhubung menjadi 1 Pin ini merupakan Terminal Negatif (-) atau Ground sedangkan Signal Kendali (Control Signal) akan diberikan kepada masing-masing Kaki Anoda Segmen LED.LED Seven Segment Display Tipe Common Katoda.


  • LED 7 Segmen Tipe Common Anode (Anoda)

Dalam Common Anode (Anoda), Kaki Anoda pada semua segmen LED adalah terhubung menjadi 1 Pin, sedangkan kaki Katoda akan menjadi Input untuk masing-masing Segmen LED. Anoda yang bergabung menjadi satu Pin tersebut akan diberikan tegangan positif dan Signal Kendali akan diberikan kepada masing-masing Kaki Katoda Segmen LED.


Cara Kerja 7 Segment

kerja 7 segment secara sederhananya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memunculkan angka 0 maka bagian-bagian yang harus dihidupkan adalah A,B,C,D,E,F
  2. Untuk menyalakan 7 segment dapat dilakukan secara langsung dengan memberi logika 1 pada jenis common cathode dan memberi logika 0 pada common anode
  3. Tetapi bila kita mau menampilkan data dari input biner maka kita memerlukan decoder biner ke 7 segment

Berikut diagram 7 segment

7 segment terbagi menjadi 2 macam yaitu tipe common anode dan tipe common cathode.

  1. Untuk tipe common anode, kaki anode dari kumpulan led akan di jadikan satu dan dihubungkan dengan vcc sehingga diperlukan tengah negatif untuk menyalakannya
  2. Sedangkan tipe common cathode, adalah kebalikannya. semua cathode dijadikan satu dan hubungkan ke ground sehingga memerlukan tegangan positif untuk menyalakannya

Untuk mengubah common anode menjadi common cathode maupun kebalikannya bisa digunakan Gerbang Not

Agar Lebih Jelas

  1. Untuk menampilkan digit 0 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,E,F

cara kerja 7 segment digit 0

digit 0 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 1 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah B,C

pengertian 7 segment dan cara kerja 7 segment

1 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 2 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,D,E,G

pengertian 7 segment dan cara kerja 7 segment

digit 2 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 3 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,G

cara kerja 7 segment digit 3

digit 3 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 4 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah B,C,F,G

cara kerja 7 segment digit 4

digit 4 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 5 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,C,D,F,G

cara kerja 7 segment digit 5

digit 5 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 6 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,C,D,E,F,G

cara kerja 7 segment digit 6

digit 6 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 7 maka barisan led yang wajib dihisupkan adalah A,B,C

pengertian 7 segment dan cara kerja 7 segment

digit 7 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 8 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,E,F,G

pengertian 7 segment

digit 8 pada 7 segment

  1. Untuk menampilkan digit 9 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,F,G

cara kerja 7 segment digit 9

digit 9 pada 7 segment

Intinya 7 segment akan menyalakan angka sesuai dengan tabeld7 segment.


Jenis-Jenis Seven Segmen

Seven segmen di bagi menjadi dua yaitu:

  • Common Anoda

    Common Anoda adalah kode yang terhubung dalam semua anoda LED pada seven segmen. Common anoda dikasih tegangan VCC dan seven segmen dengan common anoda akan aktif pada saat diberi logika rendah (0) atau sering disebut aktif low. Kaki katoda dari merek a sampai h sebagai kode aktifasi yang memutuskan nyalanya LED.


  • Common Katoda

    Common Katoda merupakan pin yang terhubung dengan semua kaki katoda LED dalam seven segmen dengan common katidak akan aktif apabila diberi logika tinggi (1) atau disebut aktif high. Kaki anoda dengan merek a sampai h sebagai kode aktifasi yang menentukan nyalanya LED.


Fungsi-fungsi Seven Segmen Display Dalam Kehidupan Sehari-hari :

  • Untuk jam digital.
  • Untuk papan score pada olahraga.
  • Untuk Calculator.

Prinsip Kerja Seven Segmen

Prinsip kerja dari seven segment ini adalah inpuan bilangan biner pada switch dikonversi masuk kedalam decoder, baru kemudian decoder mengkonversi bilangan biner tersebut ke dalam bilangan desimal, yang mana bilangan desimal ini akan ditampilkan pada layar seven segmen. Fungsi dari decoder sendiri adalah sebagai pengkonversi bilangan biner ke dalam bilangan desimal.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Seven Segment Display: Cara Kerja, Jenis dan Fungsi! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: