Pengertian XML: Bagian, Keunggulan, Penggunaan, Keuntungan

Diposting pada

Pengertian XML: Bagian, Keunggulan, Penggunaan, Keuntungan – Selamat malam sobat, kali ini kami akan membahas tentang XML, apa kalian sudah tau apa itu XML? Pasti sebagian dari kalian belum ada yang mengerti mengenainya. Nah dari itulah kami akan membahasnya. Agar lebih jelasnya kalian bisa baca makalah dibawah ini dengan seksama.


Pengertian XML

XML adalah bahasa markup untuk kebutuhan umum dianjurkan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur.

Kunci utama XML yaitu data yang bila diolah bisa memberikan informasi. XML memberikan cara paling dasar namun bisa diubah untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan otomatis XML dapat dipakai untuk menggambarkan ngasal view database, tetapi dengan suatu cara yang standar.


Bagian Dokumen XML

Bentuk dokumen XML terdiri dari bagian yang disebut node. Node itu adalah:

  • Root node yaitu node yang menutup semua Pada satu dokumen XML Cuma ada satu root node. Node yang lainnya berada di dalam root node.
  • Element node yaitu bagian dari dokumen XML yang ditandai dengan tag pembuka dan tag penutup, atau bisa juga sebuah tag tunggal elemen kosong seperti <anggota nama=”budi”/> . Root node biasa juga disebut root element.
  • Attribute note termasuk nama yang ditulis pada tag awal sebuah elemen atau pada tag tunggal.
  • Text node adalah text isi dari sebuah elemen, ditulis dibagian tag pembuka dan tag penutup.
  • Comment node merupakan baris yang tidak dieksekusi pada.
  • Processing Instruction node yaitupengolahan pada dokumen Node ini ditandai awali dengan karakter <? Dan diakhiri dengan ?>. Tapi perlu diingat bahwa header standard XML <?xml version=”1.0” encoding=”iso-8859-1”?> bukanlah processing instruction node.
  • Header standard bukan bagian dari hirarki pohon dokumen XML.
  • Name Space Node yang mewakili deklarasi namespace.

Keunggulan XML

  • Pintar XML dapat menangani berbagai tingkat (level) kompleksitas.
  • Dapat beradaptasi. Dapat mengadaptasi untuk membuat bahasa sendiri. Misalnya Microsoft dapat membuat bahasa MSXML dan Macromedia mengembangkan MXML.
  • Mudah pemeliharaannya.
  • XML lebih sederhana.
  • Mudah dipindah-pindahkan (Portability). XML mempunyai kemudahan perpindahan (portabilitas) yang lebih bagus.

Penggunaan XML

XML untuk saat ini bukan merupakan pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang berbeda. Jika HTML dipakai untuk menampilkan informasi serta berfokus fokus lalu bagaimana informasi terlihat, XMLmendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. Kegunaan XML.

Pernahkah kalian bertanya-tanya, untuk apa sebenarnya XML itu? Apa data yang akan ditampungnya? Apakah semua situs web perlu menggunakan XML? kami akan mencoba mencontohkan fungsi dari XML dengan langsung pada studi kasusnya.

Sebuah perusahaan Yogi merupakan sebuah media lokal yang menyiapkan informasi seputar berita lokal yang cukup dikenal. Perusahaan ini mempunyai web portal berita online yang menampilkan berita terbaru setiap harinya. Seluruh data tersimpan dalam database yang ditaro pada webserver.

Kemudian ada salah satu perusahaan Udin yang ingin menyajikan kumpulan berita dari semua web media lokal menjadi satu pada website miliknya. Website menampilkan berita yang tersedia pada web perusahaan Yogi untuk update artikel miliknya. Data-data didapatnya dari web perusahaan Yogi lalu dimasukkan ke dalam database web perusahaan Udin secara manual oleh admin supaya dapat ditampilkan pada halaman website perusahaan Udin.

Dari contoh singkat itu kalian sudah mendapat gambaran betapa susahnya untuk menampilkan data yang selalu up to date, karena setiap data pada perusahaan Yogi diubah maka admin pada perusahaan  Udin harus mengubah data yang ada di dalam databasenya. Tentu hal akan memakan waktu dan kinerja yang sangat besar dan melelahkan.

Adanya teknologi XML maka hal ini tidak akan terjadi. Semua perkerjaan meng-update data terbaru tidak perlu dilakukan, karena XML akan mengambil dan mentransfer data yang kalian butuhkan untuk ditampilkan pada situs kalian. Dengan adanya XML, jika data pada situs perusahaan A diupdate maka informasi pada web perusahaan B juga akan ikut ter-update.

Hal yang harus kalian ingat mengenai kegunaan XML adalah sebagai berikut :

  • XML Dapat Memisahkan Data Dari Tag HTML

Rata-rata data yang dimunculkan dengan HTML disave jadi satu dengan file HTML.Sekarang dengan adanya XML data bisa dipisah dari file HTML dan disimpan pada file XML tersendiri. Dengan begitu kalian bisa menkonsentrasikan pada HTML untuk menampilkan dan memformat data, dan XML yang akan berisi data tersebut.


  • XML Dipakai Untuk Pergantian Data Walaupun Berbeda Platform.

Sistem komputer serta database mengandung data yang tidak cocok satu sama lain. Dengan begitu tidak akan terjadinya pertukaran data melalui internet bila terdapat perbedaan sistem operasi dan aplikasi database yang digunakan.

Dengan menggunakan XML untuk pertukaran data, masalah perbedaan platform dan aplikasi tidak perlu diresahkan lagi. Berkat data yang disimpan di XML bisa dibaca oleh berbagai macam platform dan aplikasi.


  • Data Pada XML Berupa Teks.

Berkat data yang disimpan di XML berbentuk teks, maka data itu akan sangat mudah dibaca oleh berbagai aplikasi. Dan data akan tetap valid meskipun dilakukan updgrade terhadap sistem operasi, server, aplikasi baru dan browser baru.


  • RSS (Really Simple Syndication)

RSS merupakan pengembangan dari XML. RSS dipakai untuk membuat standarisasi pada pemakaian tag-tag XML sehingga membuat tag XML tidak lagi sebebas yang kalian inginkan. Sebebnya sederhana, agar saat mengimpor data XML dari situs lain, kalian tidak perlu mencari tahu apa nama tag XML yang digunakan. (*)


Keuntungan XML

Beberapa keuntungan yang didapat dari file XML, diantaranya:

  • Ekstensibilitas,bisa digabung dengan dokumen XML lainnya.
  • Mengharuskan pemograman yang lebih baik makanya dibuat suatu software pengurus
  • Memisahkan data dan presentasi, yang akan dicontohkan dalam XML dan XSLT.
  • penerusulan data yang cepat sebab XML iyalah dalam ukuran yang terstruktur.
  • Plain text dan platform independent.
  • Untuk pertukaran data.

Dokumen XML dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti:

  • Untuk penyimpan data yang sangat mudah dibaca oleh pengguna sebab disimpan dalam bentuk teks.
  • Standar transfer data, dapat digunakan untuk pengiriman data transaksi antar perusahaan atau mengirim data dari DBMS (Database Management System) yang berbeda (misalnya dari Oracle ke SQL Server).
  • Sebagai model pembuat bahasa baru, misalnya WML yang digunakan pada telepon seluler dengan protokol WAP (Wireless Application Protocol) atau VoiceXML yang digunakan sebagai bahasa markup untuk mengenal suara, aplikasi interaksi respon suara ataupun DTMF misal aplikasi pengisian pulsa atau call center dan sebagainya.
  • Sebagai berkas susunan, di Java dokumen XML sering kita jumpai seperti file server xml dan web.xml yang dipakai perintah-perintah query yang disimpan dalam berkas XML yang dipakai pada framework iBatis atau Hibernate.

Cara Membuat File XML

alat / bahan yang di perlukan :

  1. sebuah pc / laptop
  2. software notepad
  3. sebuah naska yang ingin kaliant jadikan file xml.

langkah – langkah :

  1. kalian cukup membuka software notepad nya saya yakin langkah awal ini kalian semua sudah mengerti.
  2. langkah selanjut nya setelah kalian buak software notepad nya sobah silahkan membuat atau pun mengopy paste kode atau skrip yang ingin di jadikan file xml nya.
  3. setelah itu kalian tinggal save project nya dengan format ” nama.xml ” dan save as type nya di ganti ” all file ” bila sudah tinggal kalian save.
  4. setelah itu silahkan lihat hasil nya, bila file sudah ber format xml berarti kalian berhasil bila belum berarti belum berhasil. contoh berhasil seperti gambar di bawah.

Jika sudah seperti gambar berarti kalian sudah berhasil membuat file xml. Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian XML: Bagian, Keunggulan, Penggunaan, Keuntungan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: