57 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli: Unsur, Jenis, Struktur

Diposting pada

57 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli: Unsur, Jenis, Struktur – Pengertian puisi secara umum adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris dengan pemilihan kata yang indah. Terdapat banyak macam-macam dan jenis-jenis puisi yang ada, namun secara umum arti dan definisi puisi hampir sama tiap jenisnya.

Definisi puisi secara umum adalah suatu bentuk karya sastra ungkapan ekspresi dan perasaan penyair dengan bahasa yang  menggunakan irama, rima, matra, bait dan penyusunan lirik yang berisi makna. Arti puisi sering dikemukakan oleh para ahli dan juga tertera dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).


Daftar Isi

Unsur-Unsur Puisi

54Pengertian Puisi Menurut Para Ahli : Unsur-Unsur dan Jenisnya!

Suatu puisi dibentuk oleh struktu batin dan struktur fisik yang ada di dalamnya sehingga menjadi satu kesatuan. Adapun unsur-unsur dalam puisi adalah sebagai berikut:

  1. Struktur Batin

Struktur batin puisi disebut juga sebagai hakikat suatu puisi, yang terdiri dari beberapa hal sebagai bberikut:


  • Tema/ Makna (sense)

Yaitu unsur utama dalam puisi karena dapat menjelaskan makna yang ingin disampaikan oleh seorang penyair dimana medianya berupa bahasa.


  • Rasa (feeling)

Yaitu sikap sang penyair terhadap suatu masalah yang diungkapkan dalam puisi. Pada umumnya, ungkapan rasa ini sangat berkaitan dengan latar belakang sang penyair, misalnya agama, pendidikan, kelas sosial, jenis kelamin, pengalaman sosial dan lain-lain.


  • Nada (tone)

Nada merupakan sikap seorang penyair terhadap audiensnya serta sangat berkaitan dengan makna dan rasa. Seorang penyair dapat menyampaikan suatu puisi dengan nada mendikte melalui nada, menggurui, memandang rendah dan sikap lainnya terhadap audiens.


  • Tujuan (intention)

Tujuan dan maksud serta amanat adalah suatu pesan yang ingin disampaikan oleh sang penyair kepada audiensnya.


  1. Struktur Fisik

Struktur fisik puisi disebut juga dengan suatu metode penyampaian hakikat suatu puisi, yang terdiri dari beberapa hal berikut ini:


  • Perwajahan Puisi (tipografi)

Tipografi adalah bentuk format suatu puisi, seperti pengaturan baris, tepi kanan-kiri, halaman yang tidak dipenuhi kata-kata. Perwajahan puisi ini sangat berpengaruh pada pemaknaan isi puisi itu sendiri.


  • Diksi

Diksi adalah pemilihan kata yang dilakukan oleh seorang penyair dalam mengungkapkan puisinya sehingga didapatkan efek sesuai dengan yang diinginkan. Pemilihan kata pada puisi sangat berkaitan dengan makna yang ingin disampaikan oleh penyair.


  • Imaji

Imaji adalah susunan kata dalam puisi yang dspst mengungkapkan pengalaman indrawi sang penyair, yaitu pendengaran, penglihatan, dan perasaan sehingga dapat mempengaruhi audiens seolah-olah merasakan yang dialami sang penyair.


  • Kata Konkret

Konkret adalah bentuk kata yang dapat ditangkap oleh indera manusia sehingga menimbulkan imaji. Kata kata yang digunakan umumnya berbentuk kiasan, misalnya penggunaan kata salju untuk menjelaskan kebekuan jiwa.


  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah penggunaan bahasa yang bisa menimbulkan efek dan konotasi tertentu dengan bahasa figuratif sehingga mengandung banyak makna. Gaya bahasa ini disebut juga dengan majas, yaitu metafora, ironi, repetisi, pleonasme.


  • Rima/ Irama

Irama atau rima adalah adanya persamaan bunyi dalam penyampaian puisi, baik di awal, tengah maupun di akhir puisi. Beberapa bentuk rima yaitu:

  • Onomatope, merupakan tiruan terhadap suatu bunyi. Misalnya ‘ng’ yang mengandung efek magis.
  • Bentuk intern pola bunyi, merupakan aliterasi, asonansi, persamaan akhir, persamaan awal, sajak berselang, sajak berparuh, sajak penuh, repetisi, dan sebagainya.

Pengulangan kata, merupakan penentuan tinggi-rendah, panjang-pendek, keras-lemah suatu bunyi.


Jenis-Jenis Puisi

  1. Puisi Lama

Yaitu puisi yang masih terikat oleh berbagai aturan, seperti jumlah kata dalam baris puisi, jumlah baris dalam satu bait puisi, persajakan, jumlah suku kata dalam setiap baris, irama puisi.

Beberapa yang termasuk dalam puisi lama diantaranya adalah;

  • Mantra, merupakan ucapan-ucapan yang dipercaya memiliki kekuatan magis.
  • Pantun, merupakan bentuk puisi lama yang terdiri atas empat larik dengan rima akhir ab-ab.
  • Karmina, merupakan pantun kilat dimana bentuknya lebih pendek dari pantun.
  • Seloka, merupakan pantun berkait yang berasal dari Melayu klasik yang berisi pepatah.
  • Syair, merupakan puisi yang terdiri dari empat baris dengan bunyi akhiran yang sama.
  • Talibun, merupakan pantun yang lebih dari empat baris dan memiliki irama abc-abc.

  1. Puisi Baru

Yaitu jenis puisi yang lebih bebas dibanding puisi lama, baik dalam jumlah baris, suku kata, maupun rima. Beberapa yang termasuk dalam puisi baru diantaranya adalah;

  • Balada, sajak sederhana yang mengisahkan tentang cerita rakyat yang mengharukan, yang terkadang dinyanyikan atau disajikan dalam bentuk dialog.
  • Himne (gita puja), merupakan sejenis nyanyian pujaan, biasanya pujaan ditujukan untuk Tuhan atau Dewa.
  • Ode, merupakan puisi lirik berisikan sanjungan kepada orang yang berjasa dengan nada agung dan tema serius.
  • Epigram, merupakan puisi yang berisi tentang tuntunan/ ajaran hidup.
  • Romansa, merupakan jenis puisi cerita yang berisi luapan perasaan cinta kasih.
  • Elegi, merupakan syair atau nyanyian yang mengandung ratapan dan ungkapan dukacita, khususnya pada peristiwa kematian.
  • Satire, merupakan puisi yang menggunakan gaya bahasa yang berisi sindiran atau kritik dan disampaikan dalam bentuk ironi, sarkasme, atau parodi.
  • Distikon, merupakan puisi yang masing-masing baitnya terdiri dari 2 baris (puisi dua seuntai).
  • Terzina, merupakan puisi yang masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris (puisi tiga seuntai).
  • Kuatren, merupakan puisi yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris (puisi empat seuntai).
  • Kuint, merupakan puisi yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris (puisi lima seuntai).
  • Sekstet, merupakan puisi yang masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris (puisi enam seuntai).
  • Septima, merupakan puisi yang masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris (tujuh seuntai).
  • Oktaf/Stanza, merupakan puisi yang masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris (puisi delapan seuntai).
  • Soneta, merupakan puisi yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, dimana 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait kedua masing-masing tiga baris.

  1. Puisi Kontemporer

Yaitu jenis puisi yang berusaha keluar dari ikatan konvensional puisi itu sendiri. Kontemporer selalu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan tidak lagi mementingkan tentang irama, gaya bahasa dan hal hal lainnya yang biasanya terdapat pada puisi lama dan baru.

Beberapa yang termasuk dalam puisi kontemporer diantaranya adalah;

  • Puisi mantra merupakan puisi yang mengambil sifat-sifat dari mantra.
  • Puisi mbeling merupakan puisi yang sudah tidak mengikuti aturan dan ketentuan umum dalam puisi.
  • Puisi konkret, yaitu puisi yang lebih mengutamakan bentuk grafis (wajah dan bentuk lain) dan tidak sepenuhnya menggunakan bahasa sebagai media.

Pengertian Puisi Menurut Balai Pustaka

Pengertian puisi menurut Balai Pustaka adalah gubahan bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran akan pengalaman membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus.


Arti Puisi Menurut Bahasa

Pengertian puisi menurut bahasa berasal dari kata dalam bahasa Yunani Kuno merupakan poieo atau pocima. Dalam bahasa Inggris kata tersebut dapat diartikan I create atau aku membuat. Maka secara singkat definisi puisi merupakan seni tertulis yang dibuat oleh manusia.


Definisi Puisi Menurut KBBI

Pengertian puisi menurut KBBI adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Dapat juga diartikan sebagai sebuah sajak atau gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus.


Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Aminuddin

Menurut Aminuddin, arti puisi berasal dari kata bahasa Yunani merupakan pocima yang berarti membuat atau poeisis yang berarti pembuatan. Puisi diartikan sebagai proses membuat dan pembuatan karena lewat puisi, pada dasarnya seseorang telah menciptakan suatu dunia tersendiri, yang berisi pesan atau gambaran suasana tertentu, baik fisik maupun batin.


  1. Menurut Hudson

Puisi menurut beliau adalah salah satu cabang sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi, seperti halnya lukisan yang menggunakan garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya.


  1. Menurut Aristoteles

Pengertian puisi menurut Aristoteles adalah fragmen yang ada penyair yang menggambarkan tiga genre puisi adalah epik, komik, yang tragis dan mengembangkan aturan untuk membedakan puisi kualitas tertinggi setiap genre, berdasarkan tujuan yang mendasari genre.


  1. Menurut Parrine

Pengertian puisi menurut beliau merupakan bentuk sastra yang paling padat dan terkonsentrasi. Kepadatan komposisi tersebut ditandai dengan pemakaian sedikit kata, namun mengungkap lebih banyak hal.


  1. Menurut Sumardi

Pengertian puisi menurut Sumardi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan bahasanya dan diberi irama sesuai bunyi yang padu dengan pemilihan kata kiasan yang bersifat imajinatif.


  1. Menurut Herman Wal

Definisi puisi berdasarkan pendapat Herman Waluyo dapat diartikan sebagai karya sastra tertulis yang paling awal ditulis manusia dalam sejarah serta sebagai bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam sebuah struktur fisik dan batinnya.


  1. Menurut Daniel Ward

Definisi puisi berdasarkan pendapat dari beliau diartikan sebagai kenikmatan dalam menonton teater dengan aksi panggung yang spektakuler.


  1. Menurut Shahnon Ahmad

Pengertian puisi berdasarkan pendapat beliau merupakan unsur-unsur berupa emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan panca indera, susunan kata, kata kiasan, kepadatan dan perasaan yang bercampur baur.


  1. Menurut Thomas Carlye

Thomas Carlye mengemukakan pendapat bahwa pengertian puisi secara umum adalah ungkapan pikiran yang disampaikan secara musikalisasi.


  1. Menurut Pradopo

Arti puisi menurut beliau merupakan sebuah rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, diubah dalam wujud yang paling berkesan.


  1. Menurut Herbert Spencer

Pengertian puisi sesuai dengan pendapat Herbert Spencer merupakan bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan keindahan.


  1. Menurut Harold Bloom

Menurut beliau puisi pada dasarnya merupakan sebuah bahasa kiasan, terkonsentrasi sehingga menjadi bentuk ekspresif dan menggugah.


  1. Menurut James Reeves

Menurut pendapat dari beeliau adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh dengan daya pikat pemilihan kata.


  1. Menurut Watt-Dunton

Puisi dapat diartikan sebagai suatu ekpresi yang kongkret dan yang sifatnya artistik dari sebuah pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.


  1. Menurut Samuel Taylor Coleridge

Pengertian puisi merupakan kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair memilih kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-baikna, misalnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur lain sangat erat hubungannya dan sebagainya.


  1. Menurut Samad Said

Pengertian puisi merupakan suatu pernyataan dan pandangan hidup seorang penyair yang memandang sesuatu peristiwa alam dengan ketajaman perasaannya.


  1. Menurut Wallace Steven

Pengertian puisi berdasarkan pendapat dari beliau merupakan sebuah kenikmatan dalam kata dengan sarana kata kata.


  1. Menurut Dresden

Pengertian puisi menurut beliau adalah sebuah dunia dalam kata. Isi yang terkandung di dalam puisi merupakan cerminan pengalaman, pengetahuan dan perasaan penyair yang membentuk sebuah dunia bernama puisi.


  1. Menurut William Wordsworth

Pengertian puisi menurut pendapat William Wordsworth adalah peluapan yang spontan dari perasaan-perasaan yang penuh daya, memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yang dikumpulkan kembali dalam kedamaian.


  1. Menurut H.B. Jassin

H.B. Jassin berpendapat bahwa arti puisi secara umum merupakan suatu pengucapan dengan sebuah perasaan yang di dalamnya mengandung suatu fikiran-fikiran dan sebuah tanggapan-tanggapan.


  1. Menurut Carol

Carol berpendapat bahwa pengertian puisi menurutnya adalah pakaian perasaan atau karya sastra darimana kata-kata tampaknya dibuat khusus dari memori atau keinginan.


  1. Menurut Kamus SastraSudjiman

Pengertian puisi adalah suatu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh suatu irama, matra, rima, serta sesuatu dalam penyusunan larik dan bait.


  1. Menurut Ralph Waldo Emerson

Menurut Ralph Waldo Emerson, arti puisi adalah sebuah pengajaran sebanyak mungkin dengan kata-kata yang lebih sedikit.


  1. Menurut Steve Borne

Berdasarkan pendapat Steve Borne, arti kata puisi didefinisikan seperti seseorang yang sedang kerasukan, tetapi kata-kata indah dilontarkan.


  1. Menurut Hasanuddin

Puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif penyair yang masih abstrak dikonkretkan, untuk mengkonkretkan peristiwa-peristiwa yang telah ada di dalam pikiran dan perasaan penyair dan puisi merupakan sarananya.


  1. Menurut Tarigan

Pengertian puisi menurut Tarigan adalah pengucapan dengan perasaasn, berbeda dengan prosa yang diungkapkan melalui pengucapan dengan pikiran.


  1. Menurut Edwin Arlington Robinson

Pengertian puisi berdasarkan Edwin Arlington Robinson adalah suatu bahasa yang akan disampaikan sesuatu yang tidak hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.


  1. Menurut Adam Stelle

Pengertian puisi menurut Adam Stelle adalah susunan not musik yang berasal dari jiwa dan berirama hingga membuat orang yang mendengarnya akan terlelap.


  1. Menurut Djososuroto

Berdasarkan pendapat dari Djososuroto, pengertian puisi dapat diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan mencari dan melukiskan yang diidamkan.


  1. Menurut Antilan Purba

Pengertian puisi menurut beliau puisi sebagai salah satu karya sastra yang bersifat tradisional.


  1. Menurut Usman Awang

Arti puisi berdasarkan pendapat Usman Awang merupakan bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari suatu ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.


  1. Menurut Mulyana

Sementara menurut Mulyana, puisi merupakan sintesis dari berbagai peristiwa yang tersaring semurni-murninya dan berbagai proses jiwa yang mencari hakikat pengalamannya, tersusun dengan sistem korespondensi dalam salah satu bentuk.


  1. Menurut Andrew Bradley

Menurut beliau puisi terdiri dari rangkaian pengalaman tentang bunyi, gambar, pemikiran dan emosi yang kita alami sewaktu kita membacanya dengan cara sepuitis mungkin.


  1. Menurut Kawirian

Puisi menurut beliau diibaratkan seperti saat sedang memainkan sebuah alat dengan ekspresi yang luar biasa di atas panggung.


  1. Menurut John Keats

Puisi menurut beliau didefinisikan sebagai suatu usaha untuk membaca indah dari membayangkan suatu narasi proses pemikiran yang bersifat logis. Ia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk akal atau tidak memiliki narasi.


  1. Menurut Riffaterre

Menurut beliau puisi itu selalu berubah-ubah sesuai dengan evolusi selera dan perubahan konsepsi estetikanya.


  1. Menurut Anne Rouse

Definisi puisi menurut beliau adalah intensitas di pusat kehidupan, dan tentang kerumitan berekspresi tanpa apresiasi dari mereka, orang yang dikutuk untuk emosi sederhana dan eskpresi mentah.


  1. Menurut Frieda Hughes

Puisi merupakan cara berkomunkasi yang luas dari pikiran dan perasaan dengan berkonsentrasi mereka menjadi minimal, atau bahkan titik tunggal yang menggambarkan keseluruhan.


  1. Menurut Dick Hartono

Pengertian puisi adalah karya sastra yang terdiri dari unsur-unsur penting merupakan unsur tematik atau unsur semantik puisi dan unsur sintaksis puisi. Unsur tematik puisi lebih menunjuk ke arah struktur batin puisi, sementara unsur sintaksi menunjuk ke arah struktur fisik puisi.


  1. Menurut Charles Baudelaire

Pengertian puisi adalah karya sastra yang merupakan ekspresi konkret dan bersifat artistik yang berasal dari kehidupan manusia.


  1. Menurut Waluyo

Menurut Waluyo, pengertian puisi merupakan sebuah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan sebuah kata-kata kias atau imajinatif.


  1. Menurut W.H. Auden

Menurut beliau definisi puisi secara umum adalah sebuah ekspresi yang bening dari perasaan yang berbaur.


  1. Menurut Rahmat Joko Pradopo

Menurut beliau puisi merupakan bentuk ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan, ia mampu membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama.


  1. Menurut Schmitt dan Viala

Schmitt dan Viala menuliskan bahwa masyarakat Yunani memahami puisi sebagai seni menciptakan bahasa yang berbeda dari pemakaian bahasa sehari-hari.


  1. Menurut Burhan Nurgiyantoro

Arti puisi merupakan genre sastra yang sangat memperhatikan pemilihan aspek kebahasaan, efek keindahan dari puisi diperoleh dari pemilihan bahasa terutama aspek diksi yang menyangkut unsur bunyi, bentuk dan makna puisi itu sendiri.


  1. Menurut Umberto Eco

Menurut Umberto Eco, karya puisi bukanlah masalah perasaan, namun merupakan masalah bahasa. Puisi adalah bahasa yang menciptakan perasaan.


  1. Menurut Robert Pinsky

Pengertian puisi menurut beliau adalah karya seni kuno, lebih tua dari komputer, lebih tua dari mesin cetak, lebih tua dari menulis dan jauh lebih tua dari prosa.


  1. Menurut Matthew Arnold

Puisi menurut beliau adalah satu-satunya cara yang paling indah, impresif, dan yang paling efektif untuk mendendangkan sesuatu.


  1. Menurut Dylan Thomas

Menurut Dylan Thomas, puisi adalah apa yang membuat seseorang bisa tertawa atau menangis serta apa yang membuat seseorang ingin melakukan ini atau itu atau tidak sama sekali.


  1. Menurut Putu Arya Tirtawirya

Putu Arya Tirtawirya mengungkapkan pendapat bahwa puisi merupakan suatu ungkapan secara implisit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada suatu makna konotatif.


  1. Menurut Jason Stone

Menurut beliau puisi bertujuan untuk mengekspresikan suatu perasaan dan ide ide dengan cepat dan mengesankan, untuk berbagi perasaan dan ide dengan sahabat dan juga dengan mati dan dengan orang-orang untung datang setelah kami.


  1. Menurut Tjahjono

Menurut beliau pengertian puisi secara umum merupakan pembentuk, pembangun atau pembuat, karena memang pada dasarnya dengan menciptakan sebuah puisi maka seorang penyair telah membangun, membuat atau membentuk sebuah dunia baru, secara lahir maupun batin.


  1. Menurut Lawrence Ferlinghetti

Pengertian puisi menurut Lawrence Ferlinghetti diandaikan sebagai suara musim panas di tengah hujan orang tertawa di balik jendela menutup jalan sempit.


  1. Menurut Samuel Johnson

Arti puisi merupakan seubah karya tulis seni penyatuan kesenangan dengan kebenaran melalui senuhan imajinasi yang bernalar.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 57 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli: Unsur, Jenis, Struktur semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel tentang: