26 Pengertian 5W+1H: Unsur, Contoh, Manfaat dan Fungsi

Diposting pada

26 Pengertian 5W+1H: Unsur, Contoh, Manfaat dan Fungsi – Bagi para pencari berita tentunya tidak asing lagi mendengar tentang 5W+1H karena rumus itulah yang menjadi dasar dalam menulis serta mengembangkan sebuah berita. Tetapi,sebenarnya apakah yang dimaksud dengan rumus 5W+1H itu ? Berikut ini adalah penjelasan dan contoh detail mengenai 5W+1H.


Pengertian 5H+1W

Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Adiksimba adalah unsur yang digunakan untuk memahami sebuah berita. Secara lebih luas 5w1h tersebut dapat didefinisikan sebagai panduan yang memuat pertanyaan, yang berguna sebagai dasar pengumpulan informasi atau pemecahan masalah.

Informasi dianggap baik bila mampu menjawab pertanyaan adiksimba tersebut, adiksimba merupakan singkatan yang dibuat agar seseorang dapat mengingat kata tanya apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan mudah.


Pengertian 5W+1H Menurut Ali

  • Menurut Dean M. Lyle Spencer

Berita merupakan kenyataan yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.


  • Menurut J. B Wahyudi

Berita merupakan sebuah uraian tentang fakta dan pendapat yang mengandung nilai berita serta yang sudah disajikan melalui media massa periodik.


  • Menurut Willard C. Bleyer

Berita merupakan sesuatu yang baru yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga dapat menarik atau mempunyai makna dan dapat menarik minat bagi pembaca.


  • Menurut Adi Negoro

Berita merupakan pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.


  • Menurut Eric C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian sangat penting serta dapat menarik perhatian umum.


  • Menurut Neil McNeil

Berita merupakan gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.


  • Menurut Charles A. Dana

Berita merupakan laporan sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.


  • Menurut Catledge Turner

Berita merupakan segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin.


  • Menurut Gerarld W. Johnson

Berita merupakan penyebab dari macam-macam peritiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi memperoleh kepuasan hatinya.


  • Menurut United Press Nation

Berita merupakan segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala manifestasinya.


  • Menurut Mochtar Lubis

Berita merupakan apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.


  • Menurut Robert Tyell

Berita merupakan informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.


  • Menurut Micthel V. Charnley

Berita adalah laporan tercepat dari peristiwa penting dan menarik bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.


  • Menurut Kamus Komunikasi

Berita merupakan peristiwa yang baru saja terjadi, membawa kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa, surat kabar, majalah, radio siaran, televisi siaran.


  • Menurut Douglas Wood Miller

Berita merupakan peristiwa atau pendapat yang dapat menyentuh rasa insani yang selalu menjadi menarik perhatian banyak orang.


  • Menurut James M Neal

Berita merupakan kecenderungan, kondisi, situasi dan interprestasi.


  • Menurut Clarence Hach Dan Earl English

Berita menurut pendapat Clarence dan Earl mengesampingkan syarat penting dan aktualitas.


  • Menurut Amak Syarifuddin

Berita adalah suatu kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik media massa.


  • Menurut Dja’far H Assegaf

Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termasa ( baru ), yang dipilih oleh staff redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena pentingnya, atau akibatnya, entah pula karena ia mencakup segi – segi human interest seperti humor, emosi dan ketegangan.


  • Menurut William S Maulsby

Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.


  • Menurut Chilton R. Bush

berita adalah informasi yang “merangsang”, dengan informasi itu orang biasa dapat merasa puas dan berghairah. Sementara Charnley sendiri menyebutkan bahawa berita adalah laporan tentang fakta atau pendapat orang yang terikat oleh waktu, yang menarik dan atau penting bagi sejumlah orang tertentu.


  • Menurut W.J.S. Purwadarminta

Menurutnya berita adalah laporan tentang kejadian yang terbaru, berita juga dapat didefinisikan sebagai informasi baru tentang kejadian yang baru, penting, dan bermakna, yang berpengaruh pada para pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka (Helena, 2007: 25).


  • Menurut Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford Unviersity Press

Berita dapat diaritikan sebagai peristiwa terbaru.


  • Menurut Doug Newson dan James A. Wollert dalam News for the Mass Media

Berita adalah laporan yang perlu diketahui seseorang atau lebih luas lagi oleh masyarakat.


  • Menurut Nasution dalam Alief

Berita adalah laporan tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifatnya yang aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh terkemuka, akibat kejadian tersebut berpengaruh terhadap pembaca.


  • Menurut Masri Berita Iyalah:

  1. Suatu peristiwa atau kejadian yang tidak lazim (luar biasa)
  2. Peristiwa yang biasa, namun dilakukan atau dialami orang yang tidak biasa
  3. Suatu peristiwa yang tampak paradoksal (bertentangan)
  4. Hal sederhana, tetpi tidak mencelikkan mata banyak orang
  5. Sesuatu yang penting
  6. Sesuatu yang genting
  7. Sesuatu yang menyentak
  8. sesuatu yang menyenangkan
  9. sesuatu yang membahayakan
  10. sesuatu tragedi yang menyentuh rasa kemanusiaan dan lain-lain yang dianggap perlu diketahui, yang menarik, dan berkaitan dengan kepentingan pembaca.

Unsur-unsur 5w1h

Dalam bahasa Inggris 5w1h terdiri dari unsur what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa), how (bagaimana). Bagaimana penjelasan masing-masing dari unsur tersebut? berikut adalah rinciannya:


  • What (Apa)

Pertanyaan apa merujuk pada sesuatu/seputar apa yang sedang terjadi, adanya unsur what atau apa ini dapat mendorong penulis untuk mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya terkait peristiwa yang sedang terjadi.

Secara sederhana unsur what ini digunakan untuk menanyakan inti cerita yang ingin disampaikan. Aada beberapa contoh pertanyaan yang menggunakan unsur what:

Peristiwa apa yang sedang terjadi? Apa pendapat orang-orang terkait kejadian tersebut? apakah peristiwa tersebut menimbulkan kerugian? dan masih banyak contoh lainnya.

Kata what juga dapat digunakan untuk mengembangkan cerita dalam karya sastra. Misalkan cerita yang dimulai dengan pertanyaan mungkinkah seorang presiden adalah pelaku pembunuhan berantai?

Maka salah satu pertanyaan dari unsur what yang dipakai untuk bisa mengembangkan cerita tersebut adalah apa yang dilakukan presiden itu sesungguhnya?


  • Who (Siapa)

Jika unsur what digunakan untuk menanyakan sesuatu perkara atau peristiwa, maka jawaban dari pertanyaan who ini berguna untuk mengetahui siapa saja orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

Tentu saja setiap peristiwa akan berhubungan dengan seseorang. Misalkan dalam berita dikabarkan terdapat seorang pekerja dilaporkan terbunuh oleh salah satu suku di pedalaman papua.

Maka dapat diketahui unsur “siapa” dalam berita tersebut akan menjelaskan tentang seorang pekerja yang dilaporkan terbunuh (sebagai korban), salah satu suku di pedalaman papua (sebagai pelaku), saksi mata pembunuhan, dan juga orang-orang yang memiliki kesaksian akan kebenaran cerita tersebut.

Who digunakan untuk meningkatkan cerita dengan kasus yang sama dan contoh di unsur what, maka pertanyaan who yang bisa dibuat adalah siapa presiden itu? siapa saja korban pembunuhannya?


  • When (Kapan)

Unsur when dalam berita mengatakan keterangan waktu sebuah peristiwa yang terjadi, dengan adanya unsur when ini informasi yang didapatkan akan lebih akurat karena diperjelas dengan keterangan waktu yang nantinya bisa dibuktikan kebenarannya.

Mari kita ambil contoh lagi unsur when yang digunakan untuk mengembangkan ide cerita di contoh unsur what, maka petanyaan when yang digunakan untuk mengembangkan cerita tersebut salah satunya seperti kapan peristiwa itu terjadi, masa lalu atau masa yang akan datang?


  • Where (Dimana)

Dalam sebuah berita atau cerita hal yang pasti ingin diketahui oleh banyak orang adalah dimana peristiwa atau kejadian tersebut berlangsung. Jadi tentu saja jawaban dari pertanyaan where merujuk pada keterangan tempat.


  • Why (Mengapa)

Ada orang bijak yang mengatakan “semua terjadi untuk sebuah alasan”, sehingga akan sangat wajar jika unsur why memang harus ada dalam sebuah berita atau cerita.

Karena peristiwa yang terjadi baik itu pembunuhan ataupun bunuh diri pasti ada alasan yang melatarbelakangi kejadian tersebut. sehingga dengan adanya alasan ini setiap orang akan lebih dapat dengan mudah memahami situasi atau kondisi atas peristiwa yang terjadi, contoh pada unsur where adalah mengapa presiden itu melakukan pembunuhan berantai?


  • How (Bagaimana)

Unsur how digunakan untuk mengembangkan cerita pada karya sastra, misalnya seorang presiden adalah pelaku pembunuhan berantai? pertanyaan how yang bisa tingkatkan adalah bagaimana cara presiden membunuh para korbannya satu persatu?

Unsur 5w1h memang dapat digunakan untuk membantu seseorang mengembangkan sebuah cerita, karena berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa merumuskan cerita dengan plot, karakter, setting, dan juga orientasi cerita seperti yang telah dicontohkan di atas.

Jadi untuk kalian yang mengalami kessulitan dalam membuat sebuah cerita baik berbentuk cerita pendek atau novel bisa mencoba rumus 5w1h untuk merumuskan sebuah cerita.

Selain untuk mengembangkan sebuah cerita rumus 5W+1H tersebut bisa kalian jadikan panduan kita dalam membuat sebuah rencana, misalnya kita ingin membuka sebuah bisnis maka kita membuat perencanaannya terlebih dahulu agar nanti eksekusinya lebih siap, kita harus menyiapkan bisnis apa yang ingin kita buat? Siapa saja yang menjadi sasaran pasar bisnis tersebut? dimana bisnis tersebut akan dibangun? Kapan memulai bisnis tersebut? mengapa harus memilih bisnis tersebut?dan bagaimana teknis untuk menjalankan bisnis tersebut? dan lain sebagainya.


Contoh Teks Berita dengan 5W1H

Setelah memahami satu demi satu unsur yang terdapat dalam 5W1H, maka untuk lebih mudah memahami unsur 5w 1h, Anda dapat membaca teks berita


  • “Gempa Bumi Lombok”

Gempa bumi mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan magnitudo sebesar 5,7. Akibat gempa yang terjadi di Lombok tersebut, sebuah sekolah, yaitu SDN 25 Mataram memberikan kebijakan untuk memulangkan siswa lebih awal, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta sebagai upaya antisipasi adanya gempa susulan.

Gempa bermagnitudo 5,7 tersebut terjadi pada hari Kamis, 6 Desember 2018 pukul 08:02:46 WIB. BMKG menyatakan gempa berada pada kedalaman 10 Km yang berlokasi di 23 Km barat laut Mataram, yaitu pada 8,37 lintang selatan, dan 116,06 bujur timur. Gempa kali ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Para siswa yang sedang mengerjakan soal ujian akhir semester menangis dan ketakutan saat gempa terjadi. Hal ini dikarenakan trauma atas gempa terdahulu yang masih mereka rasakan.

Pihak sekolah memulangkan siswa lebih awal untuk menjamin keamanan dan keselamatan siswa. Para siswa boleh diijinkan pulang lebih awal namun dengan memastikan bahwa siswa dijemput oleh pihak keluarga.

Setelah membaca berita tersebut Anda dapat menyimpulkan inti berita dengan pertanyaan 5W1H seperti berikut ini.

What: Peristiwa apa yang terjadi ?

Who : Siapa yang terlibat ?

Where: Dimana peristiwa tersebut terjadi ?

When : Kapan peristiwa terjadi ?

Why : Mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi ?

How : Bagaimana proses kejadiannya ?

Berita tersebut masih dapat ditingkatkan dengan menambahkan unsur 5W1H yang bisa memperkuat berita yang ditulis. Seperti berapa banyak siswa yang dipulangkan, siapa lagi yang mengalami trauma atas gempa lombok yang terjadi.

Tulisan yang terbentuk kandungan unsur 5W1H serta unsur pelengkap lainnya dapat memberikan informasi yang akurat kepada pembaca.


  • contoh berikutnya

 contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!

Apa yang membuat Anda memutuskan berhenti dari perusahaan ini?

  1. 5W+1H terdapat pada kalimat tanya di atas: what.
  2. Mengapa Anda memecat Pak Burhan yang notabene adalah karyawam terbaik Anda?
  3. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: who.
  4. Siapa yang mengantarmu pulang ke rumah kemarin malam?
  5. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: who.
  6. Kapan kegiatan darma wisata itu akan dilaksanakan?
  7. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: kapan (when).
  8. Di mana kau mendapat informasi soal bursa kerja tersebut?
  9. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: where.
  10. Bagaimana cara menulis kalimat yang baik dan benar?
  11. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: how.
  12. Apa yang menyebabkan Anda mengambil keputusan yang ganjil tersebut?
  13. Unsur 5W+1h yang terdapat pada kalimat tanya di atas: wha).
  14. Mengapa Anda bersikukuh untuk tetap mengambil keputusan tersebut?
  15. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: why.
  16. Siapa tokoh yang menginspirasi Anda untuk menjadi seorang seniman?
  17. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: who.
  18. Kapan pembangunan jembatan itu akan selesai?
  19. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: when.
  20. Di mana pertama kali kau bertemu dengan gadis itu?
  21. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: where.
  22. Bagaimana kiat sukses berkarier sebagai seorang penulis lepas?
  23. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: how.
  24. Apa pendapat Anda mengenai kebijakan pemerintah yang baru tersebut?
  25. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: what.
  26. Mengapa Anda bersikeras menolak segala tuduhan yang dilontakan kepada Anda?
  27. Unsur 5W+1H yang terdapat pada kalimat tanya di atas: why.
  28. Siapa yang akan memenangi lomba pidato tingkat SMA tahun ini?
  29. Unsur 5W+1H yang terdapat pad akalimat tanya di atas: why.

Manfaat 5W+1H

5w + 1h bermanfaat untuk:

  1. Menerima informasi dari suatu peristiwa
  2. Mendapatkan jawaban dari narasumber pada saat wawancara.
  3. Menerima jawaban atas pertanyaan yang kamu ajukan.
  4. Mengetahui informasi penting dari suatu kejadian/peristiwa.

Fungsi 5w + 1h :

Sebagai sumber referensi untuk mengkaji kejadian/peristiwa tertentu untuk dijadikan sebuah dokumen/ teks penting

  1. Fungsi masing masing 5w + 1h terdiri atas:
  2. What (Apa) digunakan untuk menanyakan apa inti atau pokokdari kejadian/ peristiwa tertentu.
  3. Who (Siapa) digunakan untuk menanyakan atau mengetahui nama atau keluarga seseorang pada kejadian tertentu.
  4. Where (Dimana) digunakan untuk menanyakan keberadaan tempat pada peristiwa tertentu.
  5. When (Kapan) digunakan untuk menanyakan waktu peristiwa pada peristiwa tertentu.
  6. How (Bagaimana) digunakan untuk menanyakan dari peristiwa, sebab maupun akibat dari peristiwa tertentu.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 26 Pengertian 5W+1H: Unsur, Contoh, Manfaat dan Fungsi semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: