Pengertian Kewirausahaan: Proses, Peluang, Ciri, Tujuan, Manfaat

Diposting pada

Pengertian Kewirausahaan: Proses, Peluang, Ciri, Tujuan, Manfaat – Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? Secara umum, kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan, menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.

Ada juga yang menjelaskan kewirausahaan adalah suatu sikap seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko.

Secara bahasa arti kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kewirausahaan berasal dari wira dan usaha, menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti: pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur, sedangkan kata Usaha berarti: bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.


Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan: Proses, Peluang, Ciri, Tujuan, Manfaat

  • Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro, pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.


  • Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.


  • Soeharto Prawiro

Pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.


  • Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.


  • Zimmerer

Menurut Zimmerer, kewirausahaan merupakan sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memcari persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.


  • Siswanto Sudomo

Wirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.


Proses Kewirausahaan

Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave, kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan, faktor tersebut membentuk ‘’locus of control’’, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausahawan yang besar.

Secara keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang memengaruhi diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh itu, inovasi berkembang menjadi kewirausahaan melalui proses yang dipengaruhi lingkungan, organisasi, dan keluarga.


Mencari Masalah dan Peluang

Sebuah ide kreatif dan inovatif hanya bisa mendapatkan perhatian jika ada sebuah masalah yang mendasar dalam masyarakat.


  • Masalah yang Akan Menjadi Sebuah Peluang

Jika ada masalah pastinya banyak orang yang ingin mencari penyelesaiannya. Jika anda menawarkan penyelesaian untuk masalah ini, maka peluang besar untuk kemajuan kewirausahaan anda akan terbuka lebar.

Oleh karena itu jika anda ingin memulai kewirausahaan mulai cari masalah dalam masyarakat yang mendasar sesuai dengan bidang yang anda tekuni lalu cari solusi dari masalah tersebut. Karena terkadang peluang itu tidak datang dengan sendirinya tapi harus dibuat.


  • Tentukan Besar Kecilnya Peluang

Agar kewirausahaan sukses, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai besar kecilnya peluang yang anda miliki. Ketika anda menemukan masalah, maka hal penting yang perlu dilakukan adalah mengetahui seberapa dalam masalah tersebut dan seberapa banyak orang yang merugi karena masalah tersebut.

Makin banyak yang mengalami masalah, maka makin besar peluang yang anda miliki. Selain itu untuk mengetahui besar kecilnya peluang ini anda juga perlu membuka diri pada komunitas karena mereka bisa memberikan pandangan baik terhadap masalah yang ingin anda selesaikan.


  • Perencanaan

Ketika peluang sudah terbentuk, maka hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan perencanaan. Perencanaan ini digunakan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai usaha anda. Mulai segmen pasar, syarat produksi, rencana keuangan, organisasi dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan modal.


  • Mulai Mencari Sumber Daya

Setelah melakukan perencanaan dasar dalam usaha, maka anda perlu mulai melakukan pencarian sumber daya. Pencarian sumber daya ini dilakukan untuk mendapatkan sumber daya yang termurah guna produksi produk anda. Jika produk anda adalah jasa, carilah sumber daya manusia yang belum terampil dan bisa anda didik untuk mendapatkan modal yang lebih kecil.


  • Mulai Usaha

Jika semuanya sudah beres, maka mulailah melakukan usaha anda. Disinilah keberanian diperlukan. Keberanian dalam mengambil sikap dan resiko untung dan rugi di masa depan.


Ciri-ciri Wirausaha

  • Memiliki Keberanian Mempunyai Daya Kreasi

Wirausaha memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak takut untuk bermimpi dan merencanakan, segala ketakutan akan sia sia dalam bermimpi dan berencana haruslah dihilangkan, bila terjadi hal hal yang membuat ide tersebut tertunda atau mandek.


  • Berani Mengambil Risiko

Seseorang wirausaha memiliki sifat berani mengambil risiko, hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya.


  • Memiliki Semangat dan Kemauan Keras

Seorang dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk sukses.


  • Memiliki Analisis yang Tepat

Seseorang dapat dikatakan wirausaha bila memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat, diusahakan mendekati 100 % benar.


  • Tidak Konsumtif

Ini adalah penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif atau setidaknya, konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.


  • Memiliki Jiwa Pemimpin

Jiwa pemimpin harus dimiliki seorang wirausaha. Dengan ini, mereka mampu mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju.


  • Berorientasi Pada Masa Depan

Sudah jelas, anda seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif dan memiliki ciri ciri wirausaha yang lain maka anda akan memiliki kemampuan.


Tujuan Berwirausaha

Berikut ini beberapa tujuan ada seseorang wirausaha yang seharusnya dilakukan

  • Berusaha akan bertekat dalam meningkatkan pada jumlah wirausaha dengan yang baik dengan kata lain serta dapat mengader seseorang yang ingin menjadi calon untuk membangun jaringan terhadap pada bisnis
  • Salah satu yang mengikuti atau mewujudkan kemampuan para wirausaha hanya untuk meningkatkan kesejahteraan terhadap rakyat
  • Ikut serta akan menumbuhkan atau mengembangkan pada kesadaran dan orientasi kewirausahaan pada kokoh lainnya.
  • Ingin menyebarluaskan atau bisa juga dengan membuat budaya ciri ciri kewirausahaan di sekitarnya dan yang diutamakan dalam masyarakat
  • Akan mengembangkan pada bentuk inovasi atau bisa juga dalam kreasi agar tercipta dinamika dalam kewirausahaan atau bisa juga dengan dunia bisnis sehingga kemakmuran tersebut akan tercapai.

Manfaat Kewirausahaan

Keberhasilan terhadap wirausaha dengan melakukan kerja keras, teliti dalam membutuhkan waktu jangka panjang, ini merupakan yang mempunyai beberapa manfaat dari individu.


  • Memperoleh Kontrol Atas Kemampuan Diri

Nah dalam proses untuk mendirikan kegiatan usaha sampai suatu titik yang berhasil ini sangat memerlukan kerja yang sangat lama dengan mengambil risiko yang cukup.

Dalam jangka melakukan waktu panjang nanti akan terbentuk terhadap kemampuan hanya melakukan kontrol apa yang dikerjakan dan yang telah dilakukan pada kemampuan dalam diri wirausaha.


  • Memanfaatkan Potensi dan Melakukan Perubahan

Banyak para wirausaha yang telah melakukan pekerjaan atau melakukan bisnis hanya melihat kesempatan yang ada maupun ini prospek untuk masa depan. Karena kesempatan ini sangat cukup tinggi.

Dalam perubahan kehidupan ini sangat cepat untuk mendorong banyak wirausaha dan untuk mencoba dalam menjalankan bisnis hanya sekedar mengukur dari kemampuan diri sendiri, tuntutan kehidupan atau kesempatan dalam melakukan pada perubah­an ini.


  • Memperoleh Manfaat Finansial Tanpa Batas

Maupun ini dari keuntungan finansial terkadang hanya bukan motivasi utama dalam melakukan kegiatan untuk usaha, akan tetapi dari keuntungan finansial akan menjadi faktor yang terpenting dalam menggunakan secara langsung dalam hidup usaha atau pertumbuhan.

Lebih baiknya pada waktu dari keuntungan tersebut pada wirausaha merupakan yang sangat tinggi pada rata-rata keuntungan jenis usaha yang sama. Karena untuk risiko usaha yang harus ditanggung sendiri, wirausaha melakukan kegiatan lain dengan perencanaan, implementasi yang cukup hati-hati.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kewirausahaan: Proses, Peluang, Ciri, Tujuan, Manfaat. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun bisnis.

Baca juga artikel lainnya tentang: